.

Feb 10, 2016

Teknologi Hijau untuk Planet Bumi yang Hijau


Oleh : Atep Afia Hidayat - Jika kita tengok ke masa lampau menuju awal kebangkitan peradaban manusia, maka salah satu kunci keberhasilannya ialah adanya teknologi yang terus berkambang.
Ya, dari masa ke masa teknologi tidak pernah stagnan, selalu tumbuh dan berkembang. Namun persoalannya di satu sisi aplikasi teknologi dapat menyebabkan kenyamanan dalam kehidupan umat manusia, ternyata di sisi lainnya menimbulkan gangguan, bahkan bencana. Tercatat dalam sejarah adanya peristiwa besar berupa kecelakaan atau akibat ulah manusia yang "mencelakakan" diri, komunitas dan lingkungannya, yang menelan korban jiwa puluhan hingga ratusan ribu orang. 

Berbagai tragedi akibat penyalah-gunaan aplikasi teknologi menyebabkan kerusakan ekosistem yang sulit diperbaiki. Beberapa contoh kasus Tragedi Chernobyl, Bhopal, Minamata, dan sebagainya, belum termasuk perang berskala kecil sampai berkelas dunia.  Teknologi dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia, di sisi lainnya teknologi digunakan untuk saling membinasakan. Adanya bom atom, senjata nuklir, senjata kimia dampai senjata biologis, tak lain merupakan praktek aplikasi teknologi yang salah tempat. 

Lantas, bagaimana supaya teknologi dimanfaatkan dengan baik dan benar? Tentu saja perlu ada kesepakatan warga Planet Bumi ini untuk bersama-sama menerapkan teknologi yang ramah lingkungan, yang sangat peduli pada keberadaan dan keberlangsungan Planet Bumi sebagai satu-satunya habitat umat manusia.. Ya, jawabannya adalah teknologi hijau (green technology) yang harus diaplikasikan di berbagai penjuru Planet Bumi, oleh siapapun dan kapanpun. Selain dalam aplikasi, teknologi hijau juga perlu didukung melalui inovasi. Siapapun berhak memikirkan keberadaan "rumah" tempat tinggalnya. bagaimana supaya "rumah" tersebut tetap nyaman dan menyehatkan penghuninya, tentu saja hindari berbagai aktivitas dan pemanfaatan teknologi yang menimbulkan polutan dan limbah. Hindari penggunaan teknologi yang bersifat memboroskan material dan energi. 



Marilah secara bersama-sama untuk turut menghijaukan Planet Bumi. Berbagai cara mudah dan praktis antara lain mulai dari mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, sebagaimana diketahui hampir semua jenis kendaraan bermotor mengkonsumsi bahan bakar minyak yang berpotensi mengeluarkan emisi gas karbon ke atmosfer. Kalau diakumulasikan berpotensi menimbulkan pemanasan global, karena gas tersebut akan tertahan di atmosfer dan menahan pantulan panas matahari. Kurangi penggunaan mobil atau sepeda motor, perbanyak jalan kaki atau naik sepeda. Hal-hal lainnya yang mudah dilakukan, kurangi penggunaan energi listrik baik di rumah, di kantor atau di manapun. Gunakan lampu, kipas angin atau AC  seperlunya saja. Bahkan menurut hasil penelitian, tidur yang terbaik adalah ketika ruangannya tidak ada cahaya, sehingga mata bisa beristirahat dengan sempurna. Dan masih banyak hal lainnya. (Atep Afia)

12 comments:

  1. saatnya menggunakan teknologi yg go green

    ReplyDelete
  2. Dewasa ini memang sudah sangat banyak sekali tekhnologi yang dikembangkan, namun semuanya tak selalu menjurus dengan efek samping yang baik, kadang dengan tekhnologi yang sangat pesat ini malah memicu adanya kerusakan lingkungan, terlebih para "pencipta" tekhnologi yang kurang peduli dengan lingkungan. Seharusnya dengan tekhnologi yang semakin cangginh maka semakin canggih pula penanganan dari dampak terhadap perusakan lingkungan. moto "Green Tekhnology" harus terus ditingkatkan.

    ReplyDelete
  3. Teknologi memang sangat penting, akan tetapi harus diimbangi serta ditinjau ulang terhadap dampak yang akan ditimbulkan teknologi itu sendiri, alangkah lebih baik lagi jika teknologi yang dibuat itutidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan, karena jika Planet Bumi rusak, kita mau tinggal dimana lagi?

    ReplyDelete
  4. Kita sebagai makhluk hidup di upayakan harus melestraikan lingkungan,contoh technology go green,agar tercipta nyaa suasana yang asri tentram dan nyaman. sehingga manusia bisa melakukan aktivitas dengan ramah lingkungan

    ReplyDelete
  5. Disaat era modern saat ini banyak teknologi canggih yang mempermudah pekerjaan manusia dari segi apapun agar terciptanya kehidupan yang praktis, tapi manusia di era modern saat ini kurang memikirkan teknologi yang ramah terhadap lingkungan dan alam, mungkin salah satu faktornya adalah biaya membuat teknologi yang ramah lingkungan, akibatnya lingkungan disekitar kita sudah tidak ramah terhadap manusia karena factor manusia itu sendiri.. maka dari itu untuk kita manusia yang sadar akan pentingnya lingkungan tetaplah menjaga lingkungsn terdekat kita terlebih dahulu…

    ReplyDelete
  6. saya sangat setuju sekali bahwa teknologi hijau ini bisa membuat pelanet bumi menjadi lebih terjaga, dan untk kedepannya harus ada sosialisasi secara terus menerus kepada masayarakat tentang manfaat teknologi hijau ini untuk menjaga kelangsungan hidup umat manusia di masa depan.

    ReplyDelete
  7. Berbicara teknologi taklepas dari kemajuan iptek,kecanggihan,serta kemudahan dalam aktivitas hidup.Namun,dibalik kehebatan teknologi tidak hanya hal positif yang ditimbulkan,tapi hal negatif juga muncul.seperti tercemarnya udara karna asap karna kendaraan bermotor,pabrik,dll.maka dari itu,kerjasam ataupun kesadaran manusia di bumi efek dari suatu penemuannya di bidang teknologi untuk alam.

    ReplyDelete
  8. Marilah mulai sekarang kita jaga lingkungan di sekitar kita kalau bukan dari kita sendiri dari siapa lagi, terimakasih pak

    ReplyDelete
  9. Muhammad Reza Wahyu.A.
    @A09

    Teknologi memang sangat penting, tetapi juga harus diimbangi serta ditinjau ulang terhadap dampak yang akan ditimbulkan oleh teknologi itu sendiri, alangkah lebih baik lagi jika teknologi yang dibuat itu tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan.

    ReplyDelete
  10. Muhammad Reza Wahyu.A.
    @A09

    Teknologi memang sangat penting, tetapi juga harus diimbangi serta ditinjau ulang terhadap dampak yang akan ditimbulkan oleh teknologi itu sendiri, alangkah lebih baik lagi jika teknologi yang dibuat itu tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan.

    ReplyDelete
  11. Yuliani Mardikawati
    Tugas TAT
    @A04-YULIANI
    Planet yang hijau memiliki banyak manfaat untuk kita semua. bukan hanya untuk kita namun juga untuk anak cucu kita nanti. bagaiman bisa anak cucu kita nanti bisa menikmati hijaunya planet ini jika kita sendiri tidak menjaga hijaunya planet bumi kita.

    ReplyDelete
  12. @B12-RIZKY

    memang seharusnya bumi sudah menggunakan teknologi yang ramah lingkungan karna usia bumi yang semakin tua dan penggunaan sumber dayanya yang habis habisan oleh karna itu ini sangat penting sekali untuk menjaga kelestarian bumi kita

    ReplyDelete