Feb 10, 2016

Teknologi Hijau untuk Planet Bumi yang Hijau


Oleh : Atep Afia Hidayat - Jika kita tengok ke masa lampau menuju awal kebangkitan peradaban manusia, maka salah satu kunci keberhasilannya ialah adanya teknologi yang terus berkambang.
Ya, dari masa ke masa teknologi tidak pernah stagnan, selalu tumbuh dan berkembang. Namun persoalannya di satu sisi aplikasi teknologi dapat menyebabkan kenyamanan dalam kehidupan umat manusia, ternyata di sisi lainnya menimbulkan gangguan, bahkan bencana. Tercatat dalam sejarah adanya peristiwa besar berupa kecelakaan atau akibat ulah manusia yang "mencelakakan" diri, komunitas dan lingkungannya, yang menelan korban jiwa puluhan hingga ratusan ribu orang. 

Berbagai tragedi akibat penyalah-gunaan aplikasi teknologi menyebabkan kerusakan ekosistem yang sulit diperbaiki. Beberapa contoh kasus Tragedi Chernobyl, Bhopal, Minamata, dan sebagainya, belum termasuk perang berskala kecil sampai berkelas dunia.  Teknologi dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia, di sisi lainnya teknologi digunakan untuk saling membinasakan. Adanya bom atom, senjata nuklir, senjata kimia dampai senjata biologis, tak lain merupakan praktek aplikasi teknologi yang salah tempat. 

Lantas, bagaimana supaya teknologi dimanfaatkan dengan baik dan benar? Tentu saja perlu ada kesepakatan warga Planet Bumi ini untuk bersama-sama menerapkan teknologi yang ramah lingkungan, yang sangat peduli pada keberadaan dan keberlangsungan Planet Bumi sebagai satu-satunya habitat umat manusia.. Ya, jawabannya adalah teknologi hijau (green technology) yang harus diaplikasikan di berbagai penjuru Planet Bumi, oleh siapapun dan kapanpun. Selain dalam aplikasi, teknologi hijau juga perlu didukung melalui inovasi. Siapapun berhak memikirkan keberadaan "rumah" tempat tinggalnya. bagaimana supaya "rumah" tersebut tetap nyaman dan menyehatkan penghuninya, tentu saja hindari berbagai aktivitas dan pemanfaatan teknologi yang menimbulkan polutan dan limbah. Hindari penggunaan teknologi yang bersifat memboroskan material dan energi. 



Marilah secara bersama-sama untuk turut menghijaukan Planet Bumi. Berbagai cara mudah dan praktis antara lain mulai dari mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, sebagaimana diketahui hampir semua jenis kendaraan bermotor mengkonsumsi bahan bakar minyak yang berpotensi mengeluarkan emisi gas karbon ke atmosfer. Kalau diakumulasikan berpotensi menimbulkan pemanasan global, karena gas tersebut akan tertahan di atmosfer dan menahan pantulan panas matahari. Kurangi penggunaan mobil atau sepeda motor, perbanyak jalan kaki atau naik sepeda. Hal-hal lainnya yang mudah dilakukan, kurangi penggunaan energi listrik baik di rumah, di kantor atau di manapun. Gunakan lampu, kipas angin atau AC  seperlunya saja. Bahkan menurut hasil penelitian, tidur yang terbaik adalah ketika ruangannya tidak ada cahaya, sehingga mata bisa beristirahat dengan sempurna. Dan masih banyak hal lainnya. (Atep Afia)

42 comments:

  1. saatnya menggunakan teknologi yg go green

    ReplyDelete
  2. Dewasa ini memang sudah sangat banyak sekali tekhnologi yang dikembangkan, namun semuanya tak selalu menjurus dengan efek samping yang baik, kadang dengan tekhnologi yang sangat pesat ini malah memicu adanya kerusakan lingkungan, terlebih para "pencipta" tekhnologi yang kurang peduli dengan lingkungan. Seharusnya dengan tekhnologi yang semakin cangginh maka semakin canggih pula penanganan dari dampak terhadap perusakan lingkungan. moto "Green Tekhnology" harus terus ditingkatkan.

    ReplyDelete
  3. Teknologi memang sangat penting, akan tetapi harus diimbangi serta ditinjau ulang terhadap dampak yang akan ditimbulkan teknologi itu sendiri, alangkah lebih baik lagi jika teknologi yang dibuat itutidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan, karena jika Planet Bumi rusak, kita mau tinggal dimana lagi?

    ReplyDelete
  4. Kita sebagai makhluk hidup di upayakan harus melestraikan lingkungan,contoh technology go green,agar tercipta nyaa suasana yang asri tentram dan nyaman. sehingga manusia bisa melakukan aktivitas dengan ramah lingkungan

    ReplyDelete
  5. Disaat era modern saat ini banyak teknologi canggih yang mempermudah pekerjaan manusia dari segi apapun agar terciptanya kehidupan yang praktis, tapi manusia di era modern saat ini kurang memikirkan teknologi yang ramah terhadap lingkungan dan alam, mungkin salah satu faktornya adalah biaya membuat teknologi yang ramah lingkungan, akibatnya lingkungan disekitar kita sudah tidak ramah terhadap manusia karena factor manusia itu sendiri.. maka dari itu untuk kita manusia yang sadar akan pentingnya lingkungan tetaplah menjaga lingkungsn terdekat kita terlebih dahulu…

    ReplyDelete
  6. saya sangat setuju sekali bahwa teknologi hijau ini bisa membuat pelanet bumi menjadi lebih terjaga, dan untk kedepannya harus ada sosialisasi secara terus menerus kepada masayarakat tentang manfaat teknologi hijau ini untuk menjaga kelangsungan hidup umat manusia di masa depan.

    ReplyDelete
  7. Berbicara teknologi taklepas dari kemajuan iptek,kecanggihan,serta kemudahan dalam aktivitas hidup.Namun,dibalik kehebatan teknologi tidak hanya hal positif yang ditimbulkan,tapi hal negatif juga muncul.seperti tercemarnya udara karna asap karna kendaraan bermotor,pabrik,dll.maka dari itu,kerjasam ataupun kesadaran manusia di bumi efek dari suatu penemuannya di bidang teknologi untuk alam.

    ReplyDelete
  8. Marilah mulai sekarang kita jaga lingkungan di sekitar kita kalau bukan dari kita sendiri dari siapa lagi, terimakasih pak

    ReplyDelete
  9. Muhammad Reza Wahyu.A.
    @A09

    Teknologi memang sangat penting, tetapi juga harus diimbangi serta ditinjau ulang terhadap dampak yang akan ditimbulkan oleh teknologi itu sendiri, alangkah lebih baik lagi jika teknologi yang dibuat itu tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan.

    ReplyDelete
  10. Muhammad Reza Wahyu.A.
    @A09

    Teknologi memang sangat penting, tetapi juga harus diimbangi serta ditinjau ulang terhadap dampak yang akan ditimbulkan oleh teknologi itu sendiri, alangkah lebih baik lagi jika teknologi yang dibuat itu tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan.

    ReplyDelete
  11. Yuliani Mardikawati
    Tugas TAT
    @A04-YULIANI
    Planet yang hijau memiliki banyak manfaat untuk kita semua. bukan hanya untuk kita namun juga untuk anak cucu kita nanti. bagaiman bisa anak cucu kita nanti bisa menikmati hijaunya planet ini jika kita sendiri tidak menjaga hijaunya planet bumi kita.

    ReplyDelete
  12. @B12-RIZKY

    memang seharusnya bumi sudah menggunakan teknologi yang ramah lingkungan karna usia bumi yang semakin tua dan penggunaan sumber dayanya yang habis habisan oleh karna itu ini sangat penting sekali untuk menjaga kelestarian bumi kita

    ReplyDelete
  13. @21-Efif ,@Tugas-B05

    bumi,satu satunya planet dengan anugrah keinahan serta keamanan , sudah sepatutnya manusia memutar otak,akan sampai kapan mengeksplorasi bumi dengan sifat menjaga yang masih minim. tekhnologi yang di kembangkan sudah seharusnya di sesuaikan antara potensi dengan antisipasi dari akibat yang ditimbulkan.

    ReplyDelete
  14. @L08-Yoliati; Rena Yoliati Waruhu

    Analisa:
    pada dasarnya teknologi hijau (green technology) dapat dijalankan dan dikembangkan jika kita sebagai mahluk penghuni bumi memiliki kesadaran.Contoh kecilnya ialah dalam penggunaan tissue yang terbuat dari kayu pepohonan, kita dapat meminimalisasikan pemakaian tissue dengan menggantikannya dengan kain khusus membersihkan diri. atau juga dalam berkendara lebih memilih menggunakan sepeda yang ramah lingkungan dan juga baik bagi kesehatan.

    Dengan melaksanakan hal-hal kecil tersebut, tanpa sadar kita sudah ikut berpartisipasi dalam menghijaukan planet bumi.

    sekian, terimakasih.

    ReplyDelete
  15. @L0-4 YOYOK

    Teknologi merupakan suatu sistem penggunanaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan. Pembangunan yang mengandalkan teknologi dan industri dalam mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi seringkali membawa dampak negatif bagi lingkungan hidup manusia. Pencemaran lingkungan akan menyebabkan menurunnya mutu lingkungan hidup, sehingga akan mengancam kelangsungan mahluk hidup, terutama ketenangan dan ketentraman hidup manusia.

    Sebaiknya dalam mengeksploitasi sumber daya alam dan lingkungan serta kegiatan yang berorientasi pada teknologi, yang dilakukan oleh dunia industri tidak hanya bertujuan meningkatkan keuntungan ekonomi semata, tetapi harus pula memperhatikan lingkungan dan SDA serta diiringi dengan kemauan untuk menyisihkan biaya pemeliharaan lingkungan. Perlu dilibatkan masyarakat dalam pengawasan pengolahan limbah buangan industri agar lebih intens dalam menjaga mutu lingkungan hidup. Ikhtiar ini merupakan salah satu bentuk partisipasi dan pengawasan biar untuk memelihara kelestarian lingkungan hidup.

    ReplyDelete
  16. @L03-Rena Melani Nur Cahaya Putri

    Teknologi hijau adalah aplikasi ilmu lingkungan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber daya untuk mengekang dampak negatif dari keterlibatan manusia. Teknologi hijau menyangkut penggunaan metode dan bahan untuk menghasilkan produk dan energi yang bersih dan ramah lingkungan. Contohnya : Mengurangi penggunaan air yang berlebihan, dan mematikan kran air setelah tidak menggunakannya lagi. Memanfaatkan teknologi yang ada untuk mengolah limbah pabrik agar tidak dibuang secara langsung ke saluran air sehingga menyebabkan pencemaran air.

    ReplyDelete
  17. @M20-AmaliaRizki ; Amalia Rizki Putri
    Green technology yang bisa diterapkan oleh kita saat ini adalah dengan mengurangi penggunaan kertas dan tissue. Penggunaan kertas saat ini sudah banyak dilakukan dengan cara berbelanja secara e-commerce sehingga struk kertas yang dihasilkan lebih sedikit. Sedangkan untuk mengurangi penggunaan tissue, lebih baik kita membawa sapu tangan sendiri dari rumah. Perubahan kecil bisa berdampak besar jika rutin dilakukan

    ReplyDelete
  18. @L-05 - Rexa Ramadhan

    saya sangat setuju sekali bahwa teknologi hijau ini bisa membuat pelanet bumi menjadi lebih terjaga, dan untk kedepannya harus ada sosialisasi secara terus menerus kepada masayarakat tentang manfaat teknologi hijau ini untuk menjaga kelangsungan hidup umat manusia di masa depan.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. @L-02Fahri Bramantyo

    Teknologi hijau adalah teknologi yang menggunakan alam sekitar. teknologi hijau mengahsilkan rendah emisi atau bahkan zero emisi, itu sebabnya kita harus mendukung dan menggunakan teknologi hijau demi keberlangsungan kualitas bumi yg sama atau lebih baik dimasa depan. Salah satu contohnya adalah menggunkan kendaraan bertenaga listrik atau hybrid untuk menekan emisi dan mengurangi pemakaian bbm

    ReplyDelete
  21. @M13-AFRIZAL

    Di era modern saat ini kita tidak bisa hidup tanpa teknologi, karena hampir semua peran hidup manusia saat ini bergantung dengan teknologi, semua aplikasi tersedia untuk kebutuhan hidup manusia. Dengan adanya Green Teknologi akan lebih baik karena bukan hamya manusia tapi bumipun merasakan dampak dari teknologi tersebut. kita sebagai manusia turut serta untuk budayakan teknologi tersebut.

    ReplyDelete
  22. @M19-SANTOSO (Santoso Nyo)

    Inovasi teknologi hijau diyakini mampu membantu memecahkan permasalahan tersebut. Teknologi hijau melalui penghematan dan substitusi penggunaan input bahan dan energi tak terbarukan, produksi barang dan jasa ramah lingkungan dan meminimumkan emisi (padat, cair dan gas) menjadi solusi prospektif dalam pemecahan masalah pertumbuhan industri dan pencemaran lingkungan.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. @M33-FEBI

    Berbicara mengenai Teknologi Hijau ( Green Tehnology) merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
    teknik untuk pencapaian sustainabilitas antara lain :
    1. Produk Daur Ulang yaitu penciptaan (siklus) produk-produk manufaktur yang sepenuhnya dapat direklamasi atau digunakan kembali.
    2. Inovasi teknologi hijau merupakan pengembangan teknologi alternatif baik berupa bahan bakar fosil atau bahan kimia hasil dari budidaya tanaman – yang telah terbukti tidak merusak kesehatan dan lingkungan hidup.

    ReplyDelete
  26. @M17-IKRAMAN

    Di era modern, manusia sudah tidak bisa dipisahkan dari teknologi. Di keranakan saat ini setiap kegiatan manusia membutuhkan bantuan teknologi, hanya sedikit jumlah manusia di bumi ini yang tidak menggunakan teknologi. Sampah elektronik pun sudah semakin banyak, tercatat untuk skala global pada 2018 diperkirakan jumlah sampah elektronik akan terus bertambah mencapai 49,8 juta ton, dengan tingkat pertumbuhan 4%-5% (Menurut: Muhamad Imron Rosyadi - detikInet). Jika terus seperti ini, maka semakin sedikit ruang hijau di masa mendatang. perlu perubahan kecil sebelum melakukan perubahan yang besar dan menghasilkan dampak yang besar.contoh kecilnya hentikan pembelian alat elektronik yang berlebih.

    ReplyDelete
  27. @M15-AZAM ; Muhammad Azam Basri

    sekarang Teknologi hijau sangat penting bagi bumi, namun produk-produk inovasi ini tidak akan banyak bermanfaat jika tidak didukung oleh konsumen yang peduli terhadap alam. Oleh karena itu, mari kita dukung produk-produk yang menerapkan teknologi hijau untuk masa depan bumi yang lebih baik dengan cara pengedukasian pada masyarakat . Gunakan, beli, atau terapkan teknologi hijau dalam kehidupan kita sehari-hari! Jadi, seluruh pihak yang terkait, baik produsen, konsumen, maupun distributor sama-sama menerapkan/mendukung “Teknologi Hijau” demi masa depan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  28. @M23-WINNI (Winni Fazriah Mahmudah)

    Teknologi semakin meningkat dari zaman ke zaman, namun kebanyakan teknologi saat ini tidak dimanfaatkan dengan baik dan banyak menghasilkan efek samping yang buruk terhadap lingkungan. Bahkan tak sedikit teknologi digunakan untuk saling membunuh antar manusia. Namun sebagai manusia yang menempati bumi, sudah seharusnya menjaga dan merawat tempat tinggalnya, dengan menerapkan teknologi yang ramah lingkungan.
    Saat ini banyak orang yang telah melakukan penelitian untuk mengembangkan teknologi yang amat berguna bagi bumi kita. Mereka berlomba – lomba untuk menciptakan teknologi yang mutakhir, namun pada akhirnya teknologi tersebut tidak diterapkan dalam kehidupannya, sungguh sangat disayangkan.
    Untuk bisa menghijaukan kembali bumi kita, dibutuhkan teknologi hijau yang ramah lingkungan atau teknologi yang bisa menanggulangi pencemaran lingkungan yang ada. Saat ini sudah tersedia teknologi pengolahan limbah dengan bahan kimia dan ramah lingkungan, namun limbah masih mencemari lingkungan. Kemudian ada juga teknologi pengolahan minyak bumi yang lebih ramah lingkungan, sehingga mengurangi pembuangan limbah minyak ke lingkungan, namun hal ini pun belum sepenuhnya diterapkan oleh industri minyak bumi di dunia.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. @M26-Tesalonika / Tesalonika Sheren Efrata

    Teknologi hijau (Green technology) sangat diperlukan untuk planet bumi yang sekarang ini sudah mengalami banyak perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global. Perubahan iklim ini sangat berdampak pada keadaan alam di bumi, contohnya perubahan iklim yang terjadi pada kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian dan ekosistem wilayah pesisir. Hal ini tentu memiliki dampak negatif bagi kelangsungan hidup manusia. Teknologi hijau ini dapat dilakukan salah satunya dengan upaya membuat langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam memperbaharui proses-proses kimia dalam teknologi dengan pengaplikasian Kimia Hijau. Salah satu prinsip kimia hijau yaitu dengan mencegah terciptanya limbah atau polutan. Hasil analisa saya untuk dapat menciptakan teknologi hijau untuk bumi yang hijau harus dapat melaksanakan prinsip-prinsip kimia hijau untuk dapat menghindari hasil toksisitas dari produk yang dihasilkan dari sebuah teknologi. Bumi dibuat menjadi hijau karena warna hijau merupakan warna kehidupan alam yang sesungguhnya dan lahan hijau adalah lahan yang subur yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia secara berkesinambungan. Mulai dari sekarang harus dibiasakan untuk hidup mencapai tujuan bumi hijau yaitu dengan mengurangi kegiatan-kegiatan yang menyebabkan bumi menjadi rusak, contohnya pemanasan global. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor perbanyak jalan kaki, menggunakan sepeda ataupun kendaraan umum dan gunakan listrik seperlunya yang tidak berlebihan. Dengan mencoba memulai membiasakan kebiasaan tersebut maka upaya teknologi hijau dan kimia hijau akan dapat berdampak besar bagi tujuan planet bumi yang hijau.

    ReplyDelete
  31. @M01- RAKA
    Raka Ardi Pratama
    Teknologi Hijau untuk Planet Bumi yang Hijau. Saya sangat setuju dengan apa yang diinisiasikan oleh penulis. Dizaman yang serba canggih ini perkembangan teknologi dan juga otomatisasi industry sangat diperlukan. Kemajuan teknologi ini perlu diikuti namun jangan lupa bahwa kita hidup dibumi ini dengan berbagai mahluk yang saling berdampingan yang mana pada saat tertentu kita membutuhkan mahluk hidup lainya sseperti tanaman dan hewan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menerapkan atau membuat teknologi – teknologi yang ramah lingkungan. Contoh yang dapat saya ambil yaitu penerapan aplikasi online pada ojek hal ini dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang dapat mengurangi polusi udara yang terjadi.

    ReplyDelete
  32. @M11-SEPTIAWAN

    Teknologi memiliki berbagai dampak positif maupun negatif yang dapat memberi keuntungan atau kerugian pada kehidupan kita. Kita sebagai penguna teknologi modern harus dapat mengunakanya dengan baik dan benar tanpa menyebabkan kerugian yang berdampak pada hidup kita maupun orang lain. Gunakanlah teknologi untuk membantu orang lain dan hindarilah berbagai hal-hal yang berbau negatif. Jangan sampai merusak lingkungan sekitar kita dan mari mulai menikamati dunia di alam yang indah.

    ReplyDelete
  33. Sudah tertanam dalam diri seorang manusia yang sebagai mana punya idealis dalam manjadi penguasa dan menghalalkan segara cara agar dapet mencapai impian Dan keinginan nya.
    Sehingga melupakan dampak buruk bagi orang banyak dan lingkungan Hidup serta pengetahuan yg sangat terbatas akan sebap dan akibat,contoh dampak Radiasi nuklir yang sampai saat ini masih belum bisa di cegah dan di netralisir bisa pun harus butuh waktu yang lama dan biayanya cukup besar,bila di lihat dari hasil energi yang dihasilkan sangat bermanfaat dan luar biasa tapijuga memiliki dampak negatif yang luar biasa juga(Tragedi Chernobyl)

    ReplyDelete
  34. @M18-RIFKI

    saya setuju dengan pak Atep :
    Siapapun berhak memikirkan keberadaan "rumah" tempat tinggalnya. bagaimana supaya "rumah" tersebut tetap nyaman dan menyehatkan penghuninya, tentu saja hindari berbagai aktivitas dan pemanfaatan teknologi yang menimbulkan polutan dan limbah. Hindari penggunaan teknologi yang bersifat memboroskan material dan energi.

    Dengan mengurangi penggunaan plastik dan menggunakan transportasi umum akan memberikan dampak mengurangi limbah dan polutan dimana zaman sekarang "rumah" yang kita huni saat ini sudah tidak nyaman lagi.

    ReplyDelete
  35. @M30-IQRO(iqro maulana hadi)
    Pada intinya meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku manusia menjadi faktor penting dalam pengaplikasian teknologi hijau ini, kurangnya kesadaran akan lingkungan membuat manusia tetap melakukan kebiasannya seperti membuang sampah sembarangan, penggunaan plastik yang berlebihan dan penggunaan teknologi yang boros atau berlebihan. Kadang pula manusia baru sadar akan lingkungan jika sudah terjadi bencana dan mengalaminya sendiri yang merupakan bencana karena hasil dari perbuatan mereka sendiri.

    ReplyDelete
  36. Teknologi Hijau merupakan satu bentuk kesadaran manusia dalam mengurangi dampak buruk perkembangan industri dan teknologi. Semakin berkembangnya industri dewasa ini, tentu semakin banyak pula dampaknya yang terjadi di lingkungan, baik itu dampak positif maupun negatif. Sebagian masyarakat tidak memikirkan dampak negatif yang timbul, sehingga penggunaan teknologi hijau ini diharapkan memberikan kesadaran kepada msayarakat luas untuk semakin menjaga lingkungan dan melakukan upaya untuk mengurangi dampak buruk perkembangan industri dan teknologi

    ReplyDelete
  37. @M24-HARIYANTO

    Saya sangat setuju dengan artikel tersebut, akan tetapi di era globalisasi saat ini dengan semakin banyaknya perkembangan teknologi yang semakin maju sangatlah susah, banyak sekali penyalah gunaan atau ketidak tepatan yang seharusnya tidak boleh dilakukan, contoh kecil banyak penduduk jakarta yang membuang sampah sembarangan.Dengan semakin berkembangnya teknologi diharapkan dapat menciptakan inofasi baru terhadap perkembangan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar, semua kembali kepada kesadaran diri masing masing dan kembali kepada kualitas sumber daya manusia (SDM).

    ReplyDelete
  38. @L07-Auliya; Auliya Siti Anbar Santosa
    Perkembangan teknologi yang semakin maju, menjadikan manusia semakin berinovasi dan menemukan hal - hal baru dari sisi positif dan sisi negatif, terkadang hal tersebut mampu menjadikan bumerang untuk para penemu, karena jika salah digunakan mampu mencelakaan manusia. Solusi dari itu semua adalah teknologi hijau (green technology) yang harus diaplikasikan di berbagai penjuru Planet Bumi, oleh siapapun dan kapanpun. Selain dalam aplikasi, teknologi hijau juga perlu didukung melalui inovasi.

    ReplyDelete
  39. Elfra Media Replita
    M@21-ALFRA
    Untuk mengurangi pemansan global Dunia saya setuju dengan Teknologi Hijau.Karena berdasarkan catatan santoso(2008) yang mengutip pendapatkoch (2007, bahwa dalam 50 tahun kedepan, terdapat 10 besar yang dihadapi umat manusia, mulai dari energi, air, makanan, lingkungan, kemisikinan, terorisme dan perang, penyakit, pendidikan, demokrasi dan populasi. ternyata liama di antaranya , yaitu masalah energi, air, makanan, lingkungan dan penyakit berkaitan erat dengan kimia, dan hanya dapat diselesaikan secara seksama dengan pengembangan lebih lanjut konsep dan aplikasi kimia hijau.
    Dengan komitmen bersama dari diri sendiri kita bisa menciptakan lingkungan hijau, dan dapat menyehatkan badan kita sendiri. Dengan tidak harus menggunakan kendaraan yang menggunakan bensin atau yang lain yang dapat menimbulkan gas yang merusak atmosfir. Membiasakan diri berjalan kaki bila pergi atau keerja yang dekat atau menaiki sepeda yang tidak menggunakan bensin. selain mengurangi polusi udara dapat menyehatkan badan.

    ReplyDelete
  40. ANALISA ARTIKEL

    ANDINI VINSENCIA @M06-ANDINI

    Kemajuan teknologi yang semakin maju dan terus berkembang memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan seluruh makhluk hidup dan juga planet bumi itu sendiri. Sisi positif dengan adanya kemajuan teknologi adalah memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan manusia di berbagai lini, tetapi sisi negatifnya adalah terjadi penyalahgunaan teknologi itu sendiri seperti dimanfaatkan untuk berperang, maupun eksploitasi Sumber daya alam demi memenuhi kebutuhan manusia dalam pemakaian teknologi, contohnya tambang batu bara.
    Oleh karena itulah, kita harus mulai beralih ke teknologi hijau demi menjaga kelestarian planet bumi kita. Menurut catatan Semarno (2011) dalam Hidayat & Kholil (2018) Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan atau produk yang prosesnya tidak mencemari lingkungan. Hal-hal sederhana yang dapat kita mulai dari diri kita sendiri untuk mendukung teknologi hijau ini salah satunya adalah dengan mengurangi pemakaian barang elektronik(listrik) dan juga memperbanyak jalan kaki/sepeda guna mengurangi pemakaian kendaraan bermotor yang perlu bahan bakar.

    ReplyDelete
  41. Juslinaria Mahulae @M05_JUSLINARIA Teknologi hijau yang sangat sederhana adalah berjalan kaki atau bersepeda, ya berjalan kaki atau bersepeda merupakan teknik untuk menghasilkan energi yang tidak mencemari lingkungan. Untuk saat ini, teknologi hijau di Indonesia seperti kendaraan listrik belum mendapat perhatian sehingga belum diproduksi massal dan belum digunakan. Jadi untuk sementara, teknologi yang memiliki emisi tinggi masih berlalu lalang disekitar kita. Jadi jangan hanya menunggu, jika memang saat ini beginilah keadaannya, maka sebaiknya kita mulai dari diri kita dengan mengurangi penggunaan kendaraan dengan lebih memaksimalkan penggunaan kendaraan dengan zero emisi yaitu jalan kaki atau bersepeda.

    ReplyDelete