.

Oct 17, 2014

Menyambut Desa Online

Oleh : Atep Afia Hidayat - Luar biasa, seluruh desa yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sampai dengan tahun 2010 berjumlah  77.548 akan diintegrasikan secara online melalui situs web desa.id . Sebagai catatan sebaran jumlah desa untuk setiap provinsi tidak merata, adapun lima provinsi terbanyak ialah Jawa Tengah (8.577 desa), Jawa Timur (8.506 desa); Nangroe Aceh Darussalam (6.459 desa); Jawa Barat (5.891 desa); dan Sumatera Utara (5.770 desa).   Provinsi dengan jumlah desa paling sedikit ialah DKI Jakarta, yaitu hanya 267 desa. Dengan demikian yang dimaksud "desa" pada data dari Biro Pusat Statistik (BPS) tersebut, termasuk kelurahan. 

Pemberdayaan seluruh desa melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tentu saja akan memberikan dampak yang sangat positif bagi pemerintahan dan masyarakat setiap desa. Program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) seperti Desa Informatika (Destika) perlu dikembangkan untuk semua desa, antara lain melalui penerapan e-participation untuk semua desa. Hal itu pun pernah dikemukakan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kemenkominfo,  Bambang Heru Tjahyono, 30 September 2014 yang lalu di Jakarta (dalam id.berita.yahoo.com).

Dijelaskannya, bahwa  melalui Destika, seluruh desa di Indonesia  dapat mempromosikan produk unggulannya kepada publik yang lebih luas. Selain itu masyarakat desa selalu  terkoneksi dengan informasi. Di sisi lainnya, seluruh desa  akan terkonsolidasi satu sama lain sehingga dapat terjalin kerja sama yang menguntungkan. Setiap desa dapat berbagi  pengalaman dan informasi dengan desa lainnya. Adapun menyangkut anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan TIK atau Destika dapat menggunakan anggaran desa, hal itu telah sesuai dengan UU No 6 Tahun 2014 tentan Desa. 

Salah satu desa yang telah memanfaatkan fasilitas desa.id ialah Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat dengan alamat situs web ciburial.desa.id dan Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah dengan alamat situs web melung.desa.id. Tampilan situs web Desa Ciburial sudah cukup baik dengan menu dan konten yang beragam. Dapat dikatakan tampilan situs Desa Ciburial jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan tampilan beberapa situs Pemerintah Kota (Pemkot) atau Pemerintah Kabupaten (Pemkab). (Atep Afia, Jkt 171014)

14 comments:

  1. Menurut saya baik sekali dengan adanya desa online ini sehingga masyarakat diseluruh Indonesia dari sabang hingga merauke dapat mengakses secara langsung situs tersebut sehingga kita dapat dengan cepat memperoleh informasi tentang daerah-daerah lain tersebut tanpa harus bersusah payah melakukan survey/kunjungan dahulu ke daerah tersebut.

    ReplyDelete
  2. menurut saya baik dengan adanya desa online ini.tapi terpenting adalah sumber daya manusia yang mengolah sistem tersebut harus mumpuni.dan fasilitas pendukung jga harus ada.jangankan desa online listrik saja belum seluruh warga negara indonesia menikmati.

    ReplyDelete
  3. Saluran kabel telp saja g ada didesaq,sdg internet termurah terkoneksi dgn wifi,kalo anggaran desa cuma buat bayar modem/ beli paket internet kan sayang..

    ReplyDelete
  4. menurut saya sangat baik sekali dengan adanya desa online dimana dengan banyaknya asumsi negatif tentang teknologi internet saat ini, tapi masih ada yang mengembangkan menjadi hal yang positif, seperti mencari informasi tentang perkebunan ,mencari informasi tentang sumber daya alam , dan lain sebagainya ...

    ReplyDelete
  5. Keren,
    program yang mesti didukung oleh semua pihak

    ReplyDelete
  6. program nya, membuat tugas pemerintah akan lebih mudah untuk bisa mengetahui jumlah penduduk desa, berarti akan lebih mudah juga untuk mengalokasikan untuk perkembangan desa.

    ReplyDelete
  7. Adanya realisasi desa online tentunya akan diambut baik bagi seluruh warga indonesia. Banyak terdapat dampak positif yang ada seiring muncul nya program ini . Tentunya masyarakat yang cerdas akan memanfaatkan program ini secara maksimal .

    ReplyDelete
  8. mungkin dengan online kita bisa mengekplor bidaya kita yang beragamkeseluruh penjuru dunia.....

    ReplyDelete
  9. baik sekali program ini. kita bisa memiliki informasi dan ini harus dikembangkan.

    ReplyDelete
  10. @A18-ARDHIKA
    ARDHIKA NUGRAHA

    Pemerataan memang harus dilakukan di kota-kota kecil di Indonesia. Seperti desa-desa kecil, tetapi pengawasan haruslah ditingkatkan agar tidak terjadi yang disebabkan oleh kemajuan teknologi. Teknologi memang sagatlah bermanfaat tetapi jangan dilupakan bahwa perkembangan teknologi juga banyak sekali yang berdampak buruk.

    ReplyDelete
  11. Muhammad Reza Wahyu.A.
    @A09

    Dengan adanya desa online ini sudah sangat cukup baik, tetapi hal yg terpenting adalah sumber daya manusia yang mengolah sistem tersebut harus mumpuni.dan fasilitas pendukung jga harus ada.

    ReplyDelete
  12. Muhammad Reza Wahyu.A.
    @A09

    Dengan adanya desa online ini sudah sangat cukup baik, tetapi hal yg terpenting adalah sumber daya manusia yang mengolah sistem tersebut harus mumpuni.dan fasilitas pendukung jga harus ada.

    ReplyDelete
  13. Rendi
    2Rendi-D06,A05
    Saya harap dengan adanya desa online ini informasi menjadi lebih terintregrasi dan sebuah desa dapat mengeksplor entah itu dari segi pariwisata maupun wirausaha mandiri agar masyarakat desa menjadi lebih sejahtera

    ReplyDelete