.

Apr 23, 2013

Trik Menghalau Galau


Oleh : Atep Afia Hidayat - Kata galau saat ini makin popular saja, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Terutama di kalangan kaum muda usia, seolah tiada hari tanpa kata galau. Untuk memastikan tingkat populeritas kata galau, maka dicobalah penelusuran melalui situs pencari Google, ternyata diperoleh 2.810.000 hits, luar biasa. Sedangkan Yahoo! mencatat 755.000 hits. Kata galau juga kerap tampil di situs jejaring social Facebook dan Twitter.

Lantas, apa yang dimaksud dengan galau itu ? Galau serumpun dengan cemas, namun beda dalam takaran. Dengan kata lain galau adalah gejala cemas. Jika galau dibiarkan maka akan terakumulasi menjadi cemas. Nah, kalau cemas dibiarkan maka akan terkumpul menjadi depresi. Galau adalah suatu kondisi ketika pikiran dan perasaan tidak tenang, tidak menentu dan kurang nyaman. Gejalanya muncul gelisah, bingung, bête, mumet, serba salah, bosan, dan beragam perasaan negatif lainnya, semuanya menyatu sehingga menimbulkan kegalauan.

Galau bisa menimpa siapa saja, baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan manula. Namun penyebab kegalauannya tentu saja berbeda dan beragam. Di kalangan remaja hal yang sering menyebabkan kegalauan ialah keberadaan “teman dekat”.

Masa remaja diwarnai dengan mulai munculnya perasaan suka sama lawan jenis, mulai memperhatikannya, mulai memikirkannya, dan tentu saja mulai menggalaukannya. Seorang remaja yang masih SMP atau SMA  sering termenung dalam kesendirian, mulai dilanda kegelisahan dan perasaan serba tidak menentu, dilengkapi dengan asa dan harap cemas mengenai ketertarikannya pada lawan jenis.

Galau juga melanda kelompok usia di atasnya, misalnya kalangan mahasiswa, baik karena “kisah cintanya”, krisis identitas yang dialaminya, menyangkut perkuliahan, bahkan ada juga mahasiswa yang galau dengan kondisi bangsa dan negaranya. Ya, galau bisa melanda siapapun, termasuk kalangan Manula yang galau dengan kelanjutan perjalanan hidupnya.

Lantas, bagaimana trik untuk menghalau galau ? Berikut 10 trik menghalau galau yang mudah untuk diterapkan.


Pertama, ketika galau melanda segera alihkan perhatian, ganti chanel. Seperti ketika sedang menonton televisi,  ada acara yang tidak disukai, lekas ganti chanel, cari program yang menghibur dan membuat semangat.

Kedua, galau biasanya datang saat sedang sendiri, oleh sebab itu carilah teman. Terutama teman yang bersikap, berkebiasaan, berkata dan berpikiran positif. Teman di sini maksudnya siapa saja yang bisa diajak ngobrol, tukar pikiran, atau curhat.

Ketiga, isilah hari-hari dengan penuh kesibukan yang positif dan produktif. Galau muncul saat ada kekosongan, ada waktu luang, dengan menyibukan diri maka tidak ada kesempatan untuk “diinvasi” dan “diintervensi” galau.

Keempat, sudah terbukti bahwa berolahraga dapat menyehatkan fisik, mental dan pikiran. Dengan demikian, olah raga merupakan penghalau galau yang paling efektif. Sebenarnya yang dimaksud olah raga begitu luas dan beragam. Jenis olah raga yang paling murah, mudah dan meriah adalah jalan kaki. Nah, ketika gejala galau mulai datang, enyahkanlah dengan berjalan kaki, ke mana saja, kalau perlu ajak adik, kakak, teman atau siapun supaya sekalian berbagi rasa.

Kelima, kalau kondisi kegalauan sudah kronis dan sistemik, maka harus ditangani secara profesional, sebab yang terjadi ialah awal depresi, yaitu mulai terjadinya gejala gangguan jiwa.

Dalam menjalani kehidupan setiap orang menghadapi beragam persoalan, baik yang subyektif maupun yang obyektif. Setiap hari dihadapkan pada ketidakpastian yang menimbulkan kegelisahan berkepanjangan dan munculah galau. Oleh sebab itu, cara berpikir harus mendapat perhatian, begitu pula sikap dan kebiasaan dalam menjalani kehidupan. Perlu ada tata kelola dalam berpikir, berperasaan, berkata, bersikap, berbuat dan berinteraksi. Diperlukan acuan atau software yang jelas dan orisinal dalam menjalani kehidupan. (Atep Afia).



33 comments:

  1. menurut saya 1 tambahan tips hindari galau yaitu jalan-jalan ke luar dan jangan merenung di kamar terus
    dan jangan terlalu dipikirkan masalah yang dihadapi
    harus MOVE ON

    ReplyDelete
  2. kalau pendapat saya galau itu suatu hal yang gak pasti dalam diri sendiri dan galau itu muncul karna kegelisahan seperti pengertian artikel diatas tambahan dari saya galau itu terjadi karena diri kita yang membuatnya cobalah jangan berpikiran terlalu cepat atau istilah mudah nethink. perbanyaklah berpikir positif dan kalau galau coba dehh intropeksi diri kenapa kamu bisa galau dan kenapa suatu hal itu bisa membuat kamu galau. dengan intropeksi diri sendiri kan jadi tau kenapa hal yang tidak diinginkan bisa terjadi.

    ReplyDelete
  3. Menurut saya, galau itu wajar melanda setiap orang karena setiap orang meiliki perasaan yang sedikit labil sesuai dengan mood yang dia rasakan. namun adakalanya, perasaan galau itu tidak berlebihan karena dapat berdampak serius dengan kondisi mental dan pikiran kita. oleh karena itu, saya sangat setuju terhadap solusi diatas karena dengan kesibukan dapat membuat kita lupa akan masalah yang terjadi.

    ReplyDelete
  4. Menurut saya manusia memiliki rasa galau ya wajar ya berarti manusia itu normal kan gak selalu manusia itu senang terus adakalanya dia juga galau. mungkin adanya galau hidup ini lebih jadi berwarna hehe. Saya setuju dengan tips diatas apalagi dengan mencari aktivitas atau kesibukan lain yang menyenangkan dan positif di jamin deh rasa galau bakal hilang seketika.

    ReplyDelete
  5. saya setuju dengan pendapat Bapak bahwa galau itu timbu ldikarenakan faktor-faktor yang sudah dijelaskan pada artikel di atas. namun sebenarnya galau itu hanyalah sugesti yang keluar dari dalam diri kita, karena mungkin pada saat itu kita menyugestikan diri kita dengan hal-hal yg negatif. salah satu tambahan untuk menghalau rasa galau yaitu dengan berserah diri kepada Allah, dengan seperti itu diri kita akan lebih merasa lega.

    ReplyDelete
  6. Saya sangat setuju dengan kelima trik di atas tentang bagaimana cara menghalau rasa galau, namun kembali lagi itu semua harus dikembalikan ke pribadi masing-masing bagaimana mengatasi kegalauannya sendiri hingga benar-benar hilang. Maksudnya, misalkan jika kita ingin menghalau rasa galau dengan cara berjalan santai dengan orang-orang terdekat, tetapi setelah itu kita pulang dan termenung kembali di rumah sehingga rasa cemas yang berlebihan itu muncul kembali, buat apa kita berjalan santai sebelumnya? Apalagi sekarang khususnya bagi kaum remaja yang perasaannya terkadang labil dan melaksanakan aktivitasnya tergantung dengan mood yang dirasakan, tentu kegalauan sudah dijadikan "hobi", baik tentang urusan percintaan, karir, maupun pencarian jati diri. Namun, adakalanya rasa kegalauan itu jangan terlalu berlebihan yang nantinya akan berdampak negatif terhadap kondisi psikis kita, lebih baik kita berpikiran positif saja dan mulailah mengintrospeksi diri apa yang salah pada diri kita karena pada umumnya kita hidup di dunia dihadapkan dengan berbagai macam persoalan dan persoalan tersebut (seperti kegalauan) hanyalah diri kita sendiri yang dapat mengatasinya dan bertawakal adalah jalan terakhirnya.

    ReplyDelete
  7. Saya setuju dengan artikel diatas. Memang galau itu bisa datang kapan dan dimana saja, tapi memang tergantung individunya sendiri. Kalau menurut saya cara paling efektif untuk menghilangkan galu adalah dengan berkumpul bersama teman, saling sharing dan bertukar pikiran, atau bisa juga dengan melakukan hal-hal lainnya seperti bermain game atau berolahraga, yang jelas hal yang kita lakukan bernilai positif dan tidak merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  8. saya setuju dengan artikel di atas tapi saya hanya ingin menambahkan kegalauan itu adalah gejala yang dibuat oleh orang itu sendiri tapi karena sifat manusia itu sendiri galau menjadi hal yang wajar tapi apabila kita hendak menghilangkan kegalauan yang terutama harus dilakukan adalah niat dan kemauan karena kegalauan pula bisa berdampak positif apabila outpu kegalauan tersebut berdampak baik nantinya.

    ReplyDelete
  9. Saya sependapat dengan artikel diatas, rasa galau tumbuh karna kegelisahan, rasa galau disebabkan karna kita selalu memikirkan hal yang membuat kita galau itu, pengalaman saya sih kalo boleh cerita, bila saya galau, saya akan pergi kesuatu tempat yang nyaman dan tenang seperti dilaut, dan disana saya memakai hetset dan mendengarkan lagu, dan saya lepaskan semua penat saya saat itu, lalu saya tari nafas panjang dan membuang nya kekanan sambil mengatakan Bismillah didalam hati, kita harus berfikir, banyak hal hal baik yang masih banyak yang bisa kita lakukan , galau itu hal yang wajar, karna kita setiap manusia mempunyai hati dan perasaan, dan menurut saya rasa galu itu perlu karna dengan kita galau kita akan memikirkan suatu kesalahan yang membuat kita galau, dan kita mencoba untuk tidak mengulaginya kembali.

    ReplyDelete
  10. Saya sependapat dengan artikel diatas karena galau itu muncul selaras dengan perasaan yang negatif dan rasa cemas, kususnya pada kalangan remaja baik sma maupun mahasiswa. rasa galau kerap kali datang dalam bentuk permasalahan yang membuat para galauers menderita.

    ReplyDelete
  11. menurut saya triknya hanya cukup bertawaju/mengingat allah.
    teringat saya masih pesantren disaat saya galau tidak jengukin oleh ke dua onrang tua, saya lasung mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat setelah itu saya ber dzikir, ber do'a, membaca al-qur'an, bertawaju dan disitulah saya merasakan bertapa nikmatnya kemudian hilang lah rasa galau saya.

    ReplyDelete
  12. zaman sekarang memang terkenal sekali kata galau apalagi dikalangan remaja.terutama anak SMP karena disanalah meraka mulai mencari-cari jati diri mereka dan bahkan mungkin mereka mulai ada rasa suka terhadap lawan jenis nya sehingga membuat mereka galau.dalam hal pelajaran pun terkadang mkembuat kita galau.trik galau yang saya lakukan ketika saya galau dengan cara shalat,mengaji,membaca novel,dan mendengarkan musik.setelah itu rasa galau pun akan hilang apalagi dengan shalat dan mengaji itu adalah trik yang sangat bagus sekali karena sehabis shalat dan mengaji suasana hati akan lebih tenang dan teduh rasanya.

    ReplyDelete
  13. Saya setuju dengan artikel bapak. Seperti yang dituliskan, galau bisa melanda dikalangan mana saja terutama anak muda. Kegalauan sebenarnya banyak memberi efek negatif seperti jadi malas beraktifitasdan sebagainya. Namun kita bisa memanfaatkan kegalauan menjadi sesuatu yang positif seperti mengarang lagu dan sebagainya. Jadi galau itu tidak selalu salah sebenarnya asal jangan keseringan aja.

    ReplyDelete
  14. Jika kita mendengar kata galau maka kita akan terlintas suatu permasalah hidup yang yang dialami oleh anak muda. Galau uitu sendiri seperti deperesi, cemas, gelisah. Biasanya gala uyang dialami oleh anak muda itu disebakan oleh masalah yang dhadapinya. Sebaiknya jka kita sedang menghadapi suatu masalah, sebaiknya kita berbicara dengan teman atau orang tua. Mungkin cara unutk menghilangkan galau sudah ada diatas mungkin saat akan menambahkannya saja yaitu bedoa kepada Allah agar urusan kita dimudahkannya

    ReplyDelete
  15. Galau itu pada dasarnya wajar dialami tiap orang. Karena tiap orang pasti memiliki masalah, entah itu masalah cinta, karir, bahkan keuangan. Rasanya tidak mungkin ada orang yg ingin hidupnya selalu diselimutin dgn kegalauan, pasti mereka langsung thinking hard bagaimana supaya kegalauan itu hilang. Sisi positif yg bisa kita ambil dari galau adalah timbul rasa semangat untuk merubah hidup kedepannya dan berusaha untuk menjadi orang yg lebih baik lagi. Bisa dengan cara yg seperti bapak katakan diatas dan ditambah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT

    ReplyDelete
  16. Galau, ya saya setuju dengan pengertian galau diatas, galau itu boleh asalkan tidaklah berlebihan, karna ketika kita galau kita akan memikirkan masalah yang membuat kita galau dan pastinya akan mencari solusi untuk keluar dari masalah tersebut, dan biasanya di kalangan anak muda sekarang galau itu lebih sering dikaitkan dengan masalah percintaan, untuk masalah ini supaya tidak berlarut-larut sebaiknya kita harus bergegas mencari kegiatan yg positif, kalau pengalaman saya, saya biasanya melampiaskan kegalauan dengan bermain bersama teman-teman dan disana saya bisa sharing tentang masalah-masalah yang sedang saya hadapi, dan tentunya lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  17. ya kegalauan itu sendiri timbul karena perasaan yang tidak enak dalam hati yang jika dibiarkan memang akan sulit diatasi seperti depresi dan gangguan jiwa maka saya snagat setuju dengan beberapa cara yang disebutkan diatas terutama dengan cara olah raga dengan olah raga bukan hanya fisik kita yang sehat mental kita pun akan sehat dan satu lagi banyak-banyak ingat kepada Allah maka kegalauan itu akan berkurang

    ReplyDelete
  18. Banyak orang mengatakan hidup itu bagaikan roda sepeda, yang terkadang kita berada di atas untuk mengetahui kondisi yang dibawah , bisa kita berada di bawah ataupun di tengah-tengah , semua kondisi itu pasti akan dialami setiap umat manusia. Dalam menghadapi keadaan itu banayk kondisi emosi yang menghiasi. Salah satu diantaranya adalah kecemasan , kegelisahan atau kita sebut saja dengan bahasa sehari-hari yaitu "Kegalauan". Dari apa yang saya baca diartikel ini kegalauan adalah masalah atau kondisi yang universal dan dengan faktor yang bermacam-macam. Kegalauan ini sebenarnya hanya sebuah pikiran yang awalnya hanya khayalan yang lama-lama akan berubah menjadi sebuah sugesti yang tertanam di dalam diri seseorang dan pada akhirnya akan mengganggu kondisi kejiwaan seseorang yang mungkin memiliki dampak yang berbeda-beda tergantung setiap pribadi. Dari tips artike yang saya baca memang merupakan tips-tips terbaik dari semua artikel yang mambahas tentang kegalauan. Namun setiap tips yang diberikan tidak akan berdampak jika pribadi orang tersebut tidak menerima dengan positif. Dan hal tentang penerimaan suatu hal dengan positif memang diajarkan dalam setiap agama. Jadi menurut saya penerimaan dari setiap pribadilah yang menjadi faktor terbesar

    ReplyDelete
  19. saya setuju dengan artikel bapak, cara mengatasi kegalauan yaitu dengan cara berolahraga ya seperti bapak bialang olahraganya dengan berjalan kaki, bersepeda juga bisa menghilangkan rasa galau kita selain itu kita juga harus beribadah kepada tuhan, pasti rasa galau itu akan hilang dengan sendirinya

    ReplyDelete
  20. Galau itu suatu hal yang wajar. Banyak hal yang bisa membuat kita galau. Saya setuju dengan cara-cara mengatasi galau yg tertulis pada artikel di atas, tetapi itu semua kembali kepada diri kita masing-masing. Jika berpikir positif galau akan membawa kita kepada hal yang lebih baik kedepannya.

    ReplyDelete
  21. tepat sekali pak galau=cemas , kita semua memang tidak lepas dari kecemasan , cemas memikirkan hal terburuk yang akan terjadi seperti galau memikirkan masa depan .. itulah yang seakan menjadi polemik di dalam pemikiran saya sendiri , namun hal yang paling tepat adalah seperti salah satu komentar diatas (berserah diri kepada tuhan) dan tentunya adalah sebuah usaha , terimakasih

    ReplyDelete
  22. kalo menurut saya galau itu hal yang wajar atau lumrah bagi seumuran kita atau yang biasa di bilang remaja yang masih labil,ya cara mengatasi galau itu sendiri dengan cara melakukan aktifitas yang bisa membuat kita lupa akan galau itu sendiri...

    ReplyDelete
  23. kata galau itu menjadi tren semenjak orang orang yang sedang patah hati dan tersakiti karna putus cinta .dan dia merasa galau,kalo saya tidak pernah galau karna saya bisa menghilangkan cara galau yang up to date,kita bisa tersenyum bersama temen temen saja itu bisa menghilangkan rsa galau

    ReplyDelete
  24. Setiap orang pasti mengalami kegalauan.namun seperti yang kita tahu pemikiran setiap orang berbeda-beda termasuk cara mereka menyikapi kegalauan mereka.Ada yang dengan bijak menyikapinya,adapula yang malah memilih jalan pintas yang sebenarnya itu menjadi bumerang bagi dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  25. setiap insan masnusia pasti akan meraskaan kegalauan oleh karna itu hidup ini jangan di persulit jalanin saja yg ada , lawan rasa galau dengan aktifisat kita . cepet cepet MOVE ON jangan terpatok dengan kegalauan. dan saya sangant setuju dengan artikel bapak, dengan mengasih tips mengatasi kegalauan.

    ReplyDelete
  26. saya suka dari 4 cara mengatasi galau diatas namun saya keberatan dengan cara mengganti pemikiran yang membuat kita galau diganti kepemikiran yang membuat kita nyaman. ketika seseorang merasa takut maka hadapilah rasa takut tersebut agar tidak hanya musnah seketika tapi untuk seterusnya, ketika kita galau lalu kita menghindari itu, apa kalian tidak memikirkan lagi ?, kalau suatu waktu nanti kita menghindari pasti akan bermunculan terus mau ditingkah kehidupan atau dimana saja. musnahkan apa yang menjadi kendala didiri kalian sendiri lalu ganti dengan lembaran baru, bukan hanya membaliknya ke halaman berikutnya namun buang lembaran yang tidak perlu lalu tulis lagi lembaran-lembaran dengan kisah yang lebih berguna.

    ReplyDelete
  27. GALAU semua umat manusia pasti pernah merasakan galau entah itu galau cinta,keuangan,pekerjaan api menurut saya galau itusangatlah merugikan karena disaat anda galau pasti selalu memfikirkan yang sedang anda galauin bagi saya seharusnnya kalau sedang galau cepat berusaha untuk berhienti lebih baik anda mengerjakan kerjaan yang lebih positif

    ReplyDelete
  28. saya sangat setuju dengan tips tips diatas,terutama tips no 4 yang isi itu dengan berolah raga dapat menyehatkan fisik,mental,dan pikiran.dengan demikian,dengan berolah raga merupakan cara yang paling efektif untuk menghalu galau

    ReplyDelete
  29. menurut saya galau merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap manusia terutama pada remaja, namun ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah galau atau cara menghindari galau. yaitu dengan cara mendekatkan diri kepada sang pencipta dan perbanyak kegiatan diluar serta hindari sendirian

    ReplyDelete
  30. Setiap pribadi pasti pernah yang merasakan rasa galau. Tapi yang membedakan adalah bagaimana dia "memanajemeni" rasa galau yang ada dihatinya.

    Tapi tentu kita tidak lupa bahwa rasa galau datang dari Tuhan. Tuhan maha membolak-balikan hati manusia. Jadi perlulah mendekatkan lagi diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  31. Rasa galau saat ini sedang populer dikalangan remaja, ketika kita galau kita harus inget cita-cita dan selalu ingat dengan allah swt. Rasa galau akan membuat kita malas, saya sangat setuju dengan solusi yg dibahas di artikel diatas

    ReplyDelete
  32. galau mah udah biasa didalam kehidupan remaja,bila galau tiba itu mungkin salah satu membuat kita lebih kuat lagi,karnamungkin itu cobaan dari tuhan karna untuk menguji kita

    ReplyDelete
  33. Saya yakin setiap pribadi pernah merasakan yang bernama GALAU. Entah itu disebabkan oleh Keluarga,Masalah Cinta,Keuangan dan lain - lain. Sudah merupakan hal yang wajar jika setiap manusia Galau. Asal jangan sampai berlebihan dalam menghadapi galau dan melakukan hal yang tidak rasional. Jika Galau itu sudah melanda diri kita sampai pada titik yang Tergalau maka segeralah dekatkan diri anda kepada sang Pencipta.

    ReplyDelete