.

Jul 23, 2013

Andai Chelsea FC Lawan Persib Bandung

Oleh : Atep Afia Hidayat - Setelah Timnas Belanda, Arsenal dan Liverpool, menyusul klub liga inggris terkemuka, Chelsie FC datang di Indonesia. Chelsea FC akan berhadapan dengan BNI Indonesia All Stars memperebutkan BNI Cup pada hari Kamis, 25 Juli 2013 di Gelora Bung Karno, Jakarta. Selain itu Chelsea FC akan menggelar beragam acara seperti meet and greet, coaching clinic, maupun jersey signing. Sudah bisa diduga sambutan pendukung klub asal London yang memiliki filosofi “Here to play, Here to stay” akan begitu fantastis, mengingat klub ini begitu populer di Indonesia.

BNI Indonesia All Stars sendiri merupakan perpaduan antara pemain Timnas senior dan Timnas U-23 yang sempat beberapa kali latihan dengan pelatih Rahmad Darmawan. Pertandingan antara Chelsea FC versus BNI Indonesia All Stars akan disiarkan langsung oleh Chelsea TV, tanggal 25 Juli 2013, tepatnya pada pukul 02.15 siang hari waktu setempat. Di Indonesia sendiri akan disiarkan oleh MNC TV pada hari yang sama, sekitar pukul 20.15 WIB.

Meyangkut klub paling hebat dan terpopuler di dunia, ternyata menurut situs pemeringkat  The Top Tens tidak diditempati oleh Chelsea FC atau klub elit Inggris lainnya, tidak juga oleh klub asal Spanyol atau Jerman yang paling berprestasi di tingkat Eropa bahkan Dunia, namun diduduki oleh kesebelasan elit asal Indonesia, Persib Bandung. Lho kok bisa ? Padahal di tingkat nasional Persib tercatat baru sekali menjadi juara Liga Indonesia, yaitu tahun 1994 – 1995. Untuk tingkat Asia klub yang akan bermarkas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tersebut belum berbicara banyak. Untuk Liga Super Indonesia musim kompetisi tahun 2012 – 2013 pun masih di bawah bayang-bayang Persipura (Jaya Pura) dan Arema (Malang).

Hasil pemeringkatan The Top Tens  tersebut tentu saja membingungkan banyak pihak, bahkan komentar di situs tersebut banyak yang mempertanyakan dan mengajukan keheranannya, kenapa FC Barcelona, Manchester United dan Real Madrid peringkatnya bisa di bawah Persib. Bahkan Chelsea FC hanya menempati peringkat kelima.  Sebenarnya Persib hanyalah sebuah klub dari negara dengan peringkat 168 FIFA, begitu mengherankan. Ya, itulah hasil jajak pendapat online yang dilakukan  The Top Tens dengan katagori “Best Football (Soccer) Clubs in the World”.

Hasil pemeringkatan tersebut untuk sementara Persib menduduki peringkat pertama dengan dukungan 14 persen suara, sementara Chelsea FC berada pada posisi kelima dengan 5 persen suara. Sementara Barcelona FC peringkat kedua dengan 10 persen suara; Machester United peringkat ketiga dengan 10 persen suara; dan Real Madrid peringkat keempat dengan 9 persen suara. Melejitnya posisi Persib tak lain dari dukungan fans atau bobotoh yang mencapai jutaan orang, tersebar di Jawa Barat, Provinsi lain di Indonesia dan berbagai negara. Bagi masyarakat Jawa Barat Persib bukan sekedar klub sepak bola, Persib sudah menjadi ikon dan tradisi yang turun-menurun.

Nah, andai yang disajikan di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 25 Juli 2013 itu Chelsea FC versus Persib maka akan menjadi euforia yang luar biasa. Stadion terbesar di Indonesia itu akan menjadi Bital (biru total), dan bisa saja jumlah penonton melempaui 100 ribu orang dan akan memecahkan rekor dunia dengan jumlah penonton terbanyak. Sebuah euforia persepakbolaan nasional yang akan menjadi sorotan sebagian besar media utama dunia.

Inilah beberapa catatan penting  mengenai Chelsea FC dan Persib :

Chelsea FC :

Tahun berdiri : 1905
Markas : Stamford Bridge, Fulham, London, Inggris
Prestasi terakhir :  Juara Piala FA (2012) dan Liga Champion UEFA (2012)
Skuad Chelsea FC : http://indo.chelseafc.com/player
Situs resmi : http://www.chelseafc.com/, halaman berbahasa Indonesia : http://indo.chelseafc.com/


Persib Bandung :

Tahun berdiri : 1933
Markas : Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Bandung, Indonesia
Prestasi terakhir : Juara Liga Indonesia 1994-1995
Skuad Persib : http://www.persib.co.id/player/squad/2-persib
Situs resmi : http://www.persib.co.id/

Demikian, hanya sekedar berandai-andai semoga ada promotor yang tertarik dalam merealisasikannya, Bank Jabar Banten misalnya, Setidaknya untuk tahun depan, sehingga dalam situs resmi Chelsea FC akan terpampang tulisan : “Live on Chelsea TV : Asia Tour 2014, Persib Bandung Vs Chelsea FC”. Kenapa harus lawan Persib Bandung ? Yaitu tadi, karena dukungan fans (bobotoh) yang begitu luar biasa, sehingga situs pemeringkatan The Top Tens, menempatkan Persib Bandung sebagai peringkat pertama dalam katagori “Best Football (Soccer) Clubs in the World”. (Atep Afia)
  



4 comments:

  1. setuju kang.. Hidup PERSIB.. Hehe
    kapan kapan mampir ya http://kang-atep.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Afifah Putri Nadiyah
    @A20-AFIFAH

    Pada laga melawan Chelsea FC harus benar-benar dimatangkan oleh Persib Bandung. Walaupun melawan tim besar seperti Chelsea FC tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin Persib bisa memenangkan pertandingan tersebut apabila Persib bersunggug-sungguh.

    ReplyDelete
  4. Yosep setiawan
    @AO5-Yosep

    semoga bisa terwujud laga class dunia ini aminn

    ReplyDelete