.

Apr 21, 2013

Kampus Terhijau Sedunia

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kembali model pemeringkatan universitas sedunia muncul. Kali ini merupakan inisiatif dari Universitas Indonesia (UI), yaitu UI GreenMetric World University Ranking. UI GreenMetric sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu, saat itu terpilih 95 perguruan tinggi dari 35 negara. Dengan peringkat lima teratas ditempati oleh University of California, Berkeley (AS), University of Nottingham (Inggris), York University (Kanada), Northeastern University (AS), dan Cornell University (AS). UI sendiri berada pada posisi 15. (Peringkat 2010 di sini)


Sedangkan untuk tahun 2011 terpilih 178 perguruan tinggi berasal dari 42 negara, dengan lima teratas University of Nottingham (Inggris), Northeastern University (AS), University of Connecticut (AS), University College Cork (Irlandia), dan Linkoping University (Swedia). Sedangkan UI berada pada posisi 22. (Peringkat 2011 di sini)

Lantas, faktor apa yang menjadi dasar pemeringkatan tersebut ? Ternyata mengacu pada  hasil korespondensi dan survei serta pemeringkatan langsung yang dilakukan secara online,  dengan   indikator dan kriteria  penilaian yang meliputi Pengaturan dan Infrastruktur,  meliputi 20 kriteria, mulai dari lokasi kampus, luas area termasuk ruang hikau dan terbuka, luas bangunan, pemakaian listrik, jumlah kendaraan yang dimiliki, jumlah keluar-masuk mobil, jumlah sepeda, jumlah mahasiswa, jumlah dosen dan admin, jumlah program yang berhubungan dengan lingkungan yang berkelanjutan, sampai keberadaan situs web, terutama kaitanya dengan konten informasi mengenai kampus hijau, kriteria ini diberi pembobotan 24 persen;

Indikator Energi dan Perubahan Iklim, diberi pembobotan 28 persen, meliputi 10 kriteria, antara lain sumber energi terbarukan, program konservasi energi,  elemen bangunan hijau, adaptasi perubahan iklim dan program mitigasi, kebijakan pengurangan emisi gas rumah kaca, persentasi luas vegetasi atau hutan kampus, kebijakan pengurangan pemakaian kertas, dan plastik, kebijakan bebas asap rokok dan bebas Narkoba.

Indikator Limbah (Sampah),  diberi pembobotan 15 persen, meliputi lima kriteria yaitu program daur ulang limbah dan sampah, daur ulang limbah beracun, pengelolaan sampah organik, pengelolaan sampah anorganik, dan metode pembuangan sampah atau limbah. Indikator Air (penggunaan air), diberi pembobotan 15 persen, meliputi tiga criteria, yaitu konservasi air, persentasi luas wilayah, serta sistem pipa dan sumber air.

Transportasi (Sistem Transportasi), terutama keterkaitannya dengan emisi karbon dan tingkat polusi di sekitar kampus. Indikator ini  diberi pembobotan 18 persen, meliputi empat kriteria, yaitu kebijakan transportasi untuk membatasi jumlah kendaraan bermotor, kebijakan transportasi untuk mengurangi dan membatasi area parkir, ketersediaan bus kampus, serta kebijakan mengenai jalur sepeda dan pejalan kaki. Sedangkan filosofi pemeringkatan meliputi Environment, Economic, dan Equity atau the three E’ s. (Panduan lengkap di sini).

Menurut Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari M.Sc, MM, profesor bidang teknik komputer dan Kepala Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (PPSI) UI, bahwa UI GreenMetric telah diterima sebagai anggota International Ranking Expert Group (IREG Observatory) yang berpusat di Belgia, dengan referensi dari US News Ranking, HEEACT Ranking Taiwan, dan IHEP Washington DC. Menurutnya IREG adalah lembaga yang penting karena IREG melakukan program audit dan sertifikasi bagi lembaga pemeringkatan universitas sedunia (dalam Kompas.com)

Apa yang ditempuh UI bisa menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi atau kampus yang ada di dunia untuk segera beralih status menjadi kampus hijau, di mana keberadaan kampus akan menjadi pionir untuk terwujudnya Planet Bumi yang hijau. Ribuan perguruan tinggi yang ada di Indonesia selayaknya berpartisipasi dalam kegiatan ini (Atep Afia).  


27 comments:

  1. Sangat menginspirasi bagi perguruan tinggi yang belum memiliki status green campus.Mungkin akan banyak manfaat dengan adanya status green campus,apalagi yang diakui oleh dunia.Semoga kedepannya kampus dimana tempat saya menuntut ilmu pun akan terinspirasi dari hal ini.

    ReplyDelete
  2. Artikel ini bisa menjadikan kampus lain untuk berbondong-bondong meningkatkan mutu demi menjadi kampus terhijau. Terlebih jika kampus tersebut ingin masuk kedalam jajaran kampus-kampus terhijau didunia, ini menjadi semacam semangat demi sebuah penghargaan. Dan tolak ukur nya menjadikan kampus-kampus lain untuk segera melaksanakan apa langkah-langkah untuk menjadi seperti itu. Alangkah indahnya apabila semua di dunia menjadi "green kampus" bukan sekedar untuk mendapatkan penghargaan.

    ReplyDelete
  3. setelah kita membaca Artikel ini kita bisa menjadikan kampus lain bahkan kampus kita sendiri untuk berbondong-bondong menjdi followers untuk meningkatkan mutu demi menjadi kampus terhijau. Terlebih jika kampus kita ingin masuk kedalam jajaran kampus-kampus terhijau didunia, ini menjadi semacam semangat demi sebuah penghargaan. Dan tolak ukur nya menjadikan kampus-kampus lain untuk segera melaksanakan apa langkah-langkah untuk menjadi brand. Alangkah indahnya dan bangganya apabila semua di dunia menjadi "green kampus" bukan sekedar untuk mendapatkan penghargaan tapi juga bisa menjadikan campus tempat yang nyaman.

    ReplyDelete
  4. artikel ini sangat memotivasi perguruan tinggi karena dengan kampus yang hijau untuk akan membuat kita pun menajdi merasa nyaman dengan kegiatan yang kita lakukan di kampus. dengan kampus hijau udara di sekitar kampus pun menjadi bersih dan lingkungan kampus pun menjadi terlihat asri.dengan kampus kita seperti ini akan menjadikan tolak ukur kampus-kampus lain untuk melaksanakan GREEN KAMPUS.

    ReplyDelete
  5. Artikel ini dapat memotivasi perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk menjadi kampus yang hijau. Dengan melihat daftar kampus terhijau di atas, kampus lain dapat melihat serta mencontoh bagaimana kampus-kampus tersebut memenuhi kriteria atau standar yang ditetapkan untuk masuk ke dalam daftar tersebut. Dan yang penting, bukan tentang predikat atau penghargaan yang didapat,melainkan kenyamanan dan ketenangan dari keuntungan menjadi green campus atau kampus hijau.

    ReplyDelete
  6. Artikel ini bisa mendorong universitas-universitas lain untuk menjadi kampus hijau. Banyak pengaruh atas kegiatan ini dimana kita tahu bahwa dunia kita sekarang krisis hutan. Ini perlu dipertahankan dan dikembangan serta dapat diikuti oleh universitas yang lebih banyak.

    ReplyDelete
  7. Saya setuju dengan artikel diatas, kampus yang hijau dapat berfungsi kepada setiap mahluk hidup didalamnya, tidak hanya manusia, kampus yang hijau juga pasti akan terlihat indah, sejuk, nyaman dan yang lainya, selain itu artikel diatas pun dapat memberikan wawasan dan motivasi bagis kampus kampus yang lain.

    ReplyDelete
  8. yap . sangat keren bahwasanya bukan hanya di hutan saja kita bisa berkontribusi tapi di lingkungan sekitar kita pun bisa.. artikel yang membangun dan segala sesuatu yang besar pasti diawali dengan hal yang kecil

    ReplyDelete
  9. indikator-indikator tersebut dapat memacu semangat universitas-universitas didunia untuk dapat mencipatakan suasana kampus terlihat indah,nyaman, dan sejuk untuk melakukan kegiatan apapun di lingkungan universitas. yuk mari ciptakan kampus hijau! :)

    ReplyDelete
  10. Memang sudah seharusnya menampilkan kebanggaan tersendiri dengan tujuan untuk memicu pihak lain untuk melakukan hal yang sama dan mempunyai rasa keinginan untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik.

    ReplyDelete
  11. Dengan adanya pemeringkatan kampus hijau sedunia tersebut akan merangsang universitas lainnya untuk juga turut andil dalam melestarikan lingkungan.
    Harapan kedepan bukan hanya ada pemeringkatan lingkungan di area perguruan tinggi, namun juga pemeringkatan kelestarian lingkungan di area pemukiman dan industri.

    ReplyDelete
  12. Sangat menginspirasi bagi perguruan tinggi yang belum memiliki status green campus.Mungkin akan banyak manfaat dengan adanya status green campus,apalagi yang diakui oleh dunia. Tidak hanya hutan atau taman wisata, ternyata kmpus jg bisa memberikan kontribusi dalam menghijaukan bumi kita.

    ReplyDelete
  13. Penghijauan memang sangat perlu untuk bumi ini,tergantung atas kesadaran masing-masing sendiri,dengan adanya penghijauan kampus bisa memotivasi kampus yang ada di dunia juga,maka manfaat dari itu penghijauan secara berlomba lomba plus bisa menjaga,merawat,melestarikan bumi ini.

    ReplyDelete
  14. kampus hijau ini mestinya menjadi inspirasi bagi semua universitas di dunia terlebih dijakarta , semestinya kampus hijau kita sendiri yang mesti memulai dan mengajak orang lain ikut berpatisipasi dalam hal terebut selaluin keuntungan untuk kita akan dapat kesehatan karena banyaknya kadar oksigen dan lingkungan yang bersih .

    ReplyDelete
  15. Artikel ini sangat bagus sekali .. Dengan adanya penghargaan terhadap kampus yang hijau atau kampus yang bersih. Maka universitas-universitas yang lain akan berlomba-lomba untuk mendapatkan peringkat atau gelar kampus hijau atau Green Campus..

    ReplyDelete
  16. saya sangat setuju dengan artikel di atas, agar semua sadar akan pentingnya penghijauaan. Dan juga bisa menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi atau kampus yang ada di dunia untuk segera beralih status menjadi kampus hijau agar terciptanya lingkungan yang bersih dari polusi.

    ReplyDelete
  17. Green Campus adalah kampus yang bersih,indah,sejuk
    kampus yang telah menanamkan jiwa jiwa cinta lingkungan bagi penduduknya (mahasiswanya).

    ReplyDelete
  18. Artikel ini bisa menjadikan kampus meningkatkan mutu demi menjadi kampus terhijau. Terlebih jika kampus tersebut ingin masuk kedalam jajaran kampus-kampus terhijau didunia, ini menjadi semacam semangat demi sebuah penghargaan. Dan tolak ukur nya menjadikan kampus-kampus lain untuk segera melaksanakan apa langkah-langkah untuk menjadi seperti itu. Alangkah indahnya apabila semua di dunia menjadi "green kampus" bukan sekedar untuk mendapatkan penghargaan

    ReplyDelete
  19. Artikel diatas sangat membantu terutama ditujukan untuk kampus yang belum menerapkan green lifestyle. sehingga mereka akan terdorong dan terpacu serta berlomba-lomba untuk melaksanakan ide cemerlang ini. selain itu manfaat lainnya adalah mahasiswa/i kampus tersebut secara tidak langsung mendapat pembekalan ilmu terhadap dampak dan upaya penanganan efek dari gas rumah kaca.

    ReplyDelete
  20. saya setuju dengan artikel di atas, penghijauan memang perlu ditekan lagi karena selain penghijauan sebagai paru paru dunia penghijauan juga menambah estetis atau keindahan. Beberapa jenis tanaman jika diatur dengan baik penempatannya, akan bisa menjadi penghias lingkungannya.

    ReplyDelete
  21. sukur tabah pamuji11/21/2014 6:48 PM

    bahkan kampus kita sendiri untuk berbondong-bondong menjdi followers untuk meningkatkan mutu demi menjadi kampus terhijau. Terlebih jika kampus kita ingin masuk kedalam jajaran kampus-kampus terhijau didunia, ini menjadi semacam semangat demi sebuah penghargaan. Dan tolak ukur nya menjadikan kampus-kampus lain untuk segera melaksanakan apa langkah-langkah untuk menjadi brand. Alangkah indahnya dan bangganya apabila semua di dunia menjadi "green kampus" bukan sekedar untuk mendapatkan penghargaan tapi juga bisa menjadikan campus tempat yang nyaman.

    ReplyDelete
  22. pengelolaan lahan yang kosong,efektif sebagai lahan hijau sangat membantu mengurangi dampak pemanasan global oleh karena itu kita sebagai generasi penerus agar menjaga kelestarian lingkungan untuk anak cucu kita di masa depan

    ReplyDelete
  23. Konsep "Green Campus" ini sudah seharusnya diterapkan diseluruh Universitas, karena akan menjadi contoh untuk masyarakat awam, sehingga bisa ditularkan ke bidang lain oleh masyarakat sekitarnya, sehingga konsep "Green Campus" ini menjadi inspirasi masyarakat awam, dalam menceiptakan lingkungan hijau di sekitar tempat tinggalnya

    ReplyDelete
  24. Raka Ardi Pratama
    @C28-RAKA

    Artikel yang sangat menginspirasi universitas universitas lain untuk menjadikan lingkunganya menjadi lebih hijau dan bersih. konsep Green Campus sangat membantu para mahasiswa agar lebih nyaman dan betah di kampus. et tapi jangan kelamaan dikampus ntar gak lulus lulus lagi... semoga kedepanya banyak universitas di Indonesia yang masuk jajaran peringkat 10 besar kampus terhijau.

    ReplyDelete
  25. @B25-Diky Ardiwinata

    artikel yang bermanfaat dan sangat menginspirasi universitas lain agar menjadikan lingkungan nya tetap hijau dan bersih dengan konsep Green Campus .

    ReplyDelete
  26. slamet hariadi

    @E25-Slamet, @Tugas B05

    artikel diatas benar-benar bermanfaat untuk perguruan tinggi yang ada di indonesia, untuk itu mahasiswa harus membawa nama baik indonesia untuk bersaing secara internasional.

    ReplyDelete
  27. gilang pratama : E26-gilang, @Tugas B05

    saya sangat setuju dengan artikel diatas seharusnya untuk universitas" yang lain yang ada diindonesia khususnya untuk beralih menjadi kampus hijau.

    ReplyDelete