.

Apr 21, 2013

Kewirausahaan Dapat Dipelajari

Oleh : Atep Afia Hidayat - Ada orang yang beranggapan bahwa kewirausahaan itu bakat, bahkan karena keturunan. Hal itu merujuk pada adanya fakta pada etnis tertentu yang umumnya berbakat wirausaha, di mana kemampuannya jauh melampaui etinis lainnya. Sebenarnya kewirausahaan itu bisa dipelajari oleh siapapun, kapanpun dan di manapun. Namun pada akhirnya akan tergantung pada orang-per-orangnya juga.

Douglas Mc Gregor dalam bukunya The Human Side of Entreprise, mengemukakan Teori X dan Y. Teori X menyebutkan bahwa pada dasarnya manusia itu malas, maka harus dipaksa dan dikontrol ketat, supaya pekerjaannya memenuhi target tertentu. Sedangkan Teori Y menyatakan, bahwa manusia sebenarnya gemar bekerja, dan bila diberikan motivasi yang tepat dan tanggung-jawab yang sesuai, pasti akan terdorong untuk berprestasi.

Untuk menjadi seorang wirausahawan yang handal dan tangguh, kedua teori tersebut sangat mendukung dan bisa diterapkan. Terutama menyangkut kemalasan, gemar bekerja, motivasi, kontrol, target, tanggung jawab dan prestasi. Dalam diri seorang calon wirausahawan, faktor kemalasan tentu saja ada, bahkan pada setiap orang. Dengan demikian langkah pertama untuk menjadi wirausahawan ialah melenyapkan faktor kemalasan tersebut, lantas diganti dengan karakter gemar bekerja.

Perubahan karakter dari pemalas menjadi pekerja keras tentu tidak mudah, menuntut kedisiplinan yang tinggi. Untuk itu faktor-faktor motivasi, kontrol, target, tanggung jawab dan prestasi harus disertakan dalam berusaha. Upaya penerapannya dilakukan secara mandiri, tanpa bantuan dan instruksi dari siapapun. Itulah salah satu keunggulan dari para wirausawan, yakni berdisiplin untuk berprestasi dengan dorongan yang utama berasal dari diri sendiri.

Sedangkan Michael Maccoby dalam bukunya The Gamesman, menyebutkan bahwa salah satu keunggulan wirausahawan dibanding kelompok lainnya, ialah gemar perubahan dan peningkatan.

Karakter unggul dari wirausahawan sukses bisa diadopsi, yaitu melalui tahapan perubahan cara berpikir, perubahan sikap dan perubahan kebiasaan. Hal itu memerlukan proses belajar dan latihan yang terus-menerus. Untuk berhasil menjadi wirausahawan sukses diperlukan jam terbang belajar yang tinggi, dengan menggunakan model belajar kisah sukses tokoh-tokoh wirausahawan atau pengusaha terkemuka.

Saat ini kewirausahaan sudah dimasukan ke dalam kurikulum di perguruan tinggi dan SMA/SMK. Sehingga kelak berwirausaha akan menjadi pilihan utama, tidak seperti saat ini menjadi pegawai, bahkan PNS menjadi keinginan utama lulusan perguruan tinggi. Persoalannya, materi yang diajarkan sering terjebak pada teori dan teori, kurang dalam menerapkan praktek kewirausahaan. Padahal kewirausahaan itu praktek, hanya akan berhasil jika ditempuh melalui tindakan, aksi yang nyata. Sebagaimana ingin bisa berenang, yang terpenting ialah bukan mengkaji teorinya secara mendalam, tetapi segera nyebur ke kolam. Mau jadi wirausahawan ? Tidak ada pilihan lain, segera nyebur ke kolam, lautan, kalau perlu ke samudera kewirausahaan. (Atep Afia)

17 comments:

  1. Setuju dengan artikel diatas, dimana pada dasarnya jiwa kewirausahaan dapat dipelajari melalui pendidikan dan perubahan pola pikir . Terutama pada mahasiswa, adanya motivasi bagi mahasiswa agar mampu menciptakan peluang usaha merupakan langkah positif guna meningkatkan jumlah wirausahaan muda di Indonesia. Selama ini lulusan sarjana terjebak dalam pola pikir harus mencari pekerjaan, padahal lebih lebih baik menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain melalui memperlajari kewirausahaan, disertai dengan latihan dan praktek tentunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dengan artikel diatas, pada dasarnya setiap orang mempunyai jiwa wirausaha pada potensi di dalam dirinya seorang masing - masing. tergantung dari dirinya sendiri mau atau tidak nya. untuk mengembangkannya.

      Delete
  2. Belajar berwirausaha dapat kita peroleh dari buku kewirausahaan yang di dalamnya terdapat cerita dan trik – trik para pelaku usaha yang telah menempuh kesuksesan dalam berwirausaha. Selain itu terdapat juga cara – cara mengatasi masalah – masalah dalam berwirausaha. Belajar berwirausaha dapat kita Tanya langsung kepada mereka para pelaku usaha bagaimana untuk menjadi pelaku usaha yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  3. Raka Ardi Pratama
    @C28-RAKA

    Artikel yang sangat memotivasi bagi para pembaca yang ingin berwirausaha. kewirausahaan menurut saya bukan tentang hanya berwirausaha tapi perlu mempelajari kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga ancaman atas usaha apa yang akan kita jalani dan untuk mengetahui hal tersebut harus dilakukan percobaan. sependapat dengan artikel diatas jika kita mau berwirausaha ya harus nyebur ke kolam kewirausahaan. mari kita jadi bos..

    ReplyDelete
  4. @B25-DIKY ARDIWINATA

    Untuk menjadi seorang wirausahawan yang handal dan tangguh, Tergantung dari Karakter wirausahawan itu sendiri,contoh yaitu bisa melalui tahapan perubahan cara berpikir, perubahan sikap dan perubahan kebiasaan.

    ReplyDelete
  5. slamet hariadi

    @E25-Slamet, @Tugas B05

    saya sangat setuju sekali pada artikel diatas yang menjelaskan seseorang untuk berwirausaha, berwirausaha sangat penting untuk kita dalam faktor ekonomi kita, dengan berwirausaha kita dapat mendapatkan keuntungan yang lebih besar di bandingkan kerja ikut orang asing.

    ReplyDelete
  6. Nur Khafi 41616110110 KWU-Senin

    Kewirausahaan dapat dipelajari lewat materi pembelajaran namun guru terbaik adalah pengalaman sendiri. Kewirausahaan hanya menjadi bualan jika kita tidak mencoba untuk berwirausaha.

    ReplyDelete
  7. Vivi Ratnasari3/12/2018 1:42 PM

    Vivi Ratnasari // 43217110160 // KWU Senin

    Sangat setuju sekali dengan artikel ini , asal ada kemauan niat dan usaha semua orang bisa berwirausaha . Memang untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses tidak akan instan banyak yang harus merasakan jatuh bangun untuk menjadi sukses , tapi jika kita sudah benar benar yakin kita tidak akan akan terpengaruh dengan semua itu justru malah akan menambah motivasi untuk belajar dari kegagalan yang seblumnya . Kuncinya adalah bekerja keras ,motivasi, kontrol, target, tanggung jawab dan prestasi.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Musarofah/46116120029/KWU-Senin

    Yap. setuju sekali dengan artikel bapak. Sebuah usaha itu pasti membutuhkan proses, yang dimana kita sendiri yang menjadi tanduk proses tersebut. Kita sendiri lah yang harus melalui bagaimana proses tersebut dengan ikhlas, motivasi dan keyakinan yang tinggi. Karena pada akhirnya hasil itu tidak akan menghianati proses. Happiness is a journey not a destination! Thank you

    ReplyDelete
  10. Hening Arrum Hanifah / 43116120250 / KWU 1 Kamis

    saya setuju, karena kewiraushaan merupakan ilmu penngetahuan yang dapat dipelajari siapaun, asal kita mau dan memiliki niat untuk mengawalinya dan tidak mudah menyerah.

    ReplyDelete
  11. sulistianingsih 43116120091 KWU senin

    saya sangat setuju sekali pada artikel diatas yang menjelaskan seseorang untuk berwirausaha, berwirausaha sangat penting untuk kita dalam faktor ekonomi kita, dengan berwirausaha kita dapat mendapatkan keuntungan yang lebih besar di bandingkan kerja ikut orang asing.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  12. ANGELA MERICI RIANAWATI – 41117110127-KWU KAMIS

    saya seyuju dengan “Karakter unggul dari wirausahawan sukses bisa diadopsi, yaitu melalui tahapan perubahan cara berpikir, perubahan sikap dan perubahan kebiasaan. Hal itu memerlukan proses belajar dan latihan yang terus-menerus. Untuk berhasil menjadi wirausahawan sukses diperlukan jam terbang belajar yang tinggi, dengan menggunakan model belajar kisah sukses tokoh-tokoh wirausahawan atau pengusaha terkemuka”.
    Menjadi wirausaha tidaklah mudah, semua membutuhkan proses yang panjang serta pengorbanan yang tak sedikit. Namun semua itu perlu di mulai agar tidak menelan mentah-mentah teorinya saya .Kita harus menanamkan “PLAN DO CHECK ACTION” Rencanakan, Kerjakan, Cek, Tindak lanjuti adalah suatu proses pemecah masalah empat langkah iteratif yang umum digunakan dalam pengendalian kualitas sebuah usaha.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  13. Sita Amaliasari 43116120056-KWU Kamis

    Saya sangat setuju dengan artikel di atas diamana disebutkan Untuk menjadi seorang wirausahawan yang handal dan tangguh, kedua teori tersebut sangat mendukung dan bisa diterapkan. Terutama menyangkut kemalasan, gemar bekerja, motivasi, kontrol, target, tanggung jawab dan prestasi.
    Untuk menjadi wirausahawan haruslah mempunyai keinginan dan tekad yang kuat.Jika kita ingin melakukan usaha saja malas bagaimana kita ingin merubah hidup kita menjadi pribadi yang bernilai.
    Kita juga harus mempunyai suatu prestasi untuk menjadi seorag wirausahawan yang mempunyai daya saing dan mental yang kuat.

    ReplyDelete
  14. Try Muftahudin Hidayah 41216110100 - KWU Kamis

    benar juga pak,pada dasarnya manusia itu malas, maka harus dipaksa dan dikontrol ketat, supaya pekerjaannya memenuhi target tertentu.
    dan manusia akan terdorong jika diberi motivasi yang tepat. oleh karenanya,kewirasausahaan tersebut dapat dipelajari.

    ReplyDelete
  15. Wahyu Widianingsih - 41117110170 - KWU Kamis
    ya benar kewirausahaan dapat dipeajari karena dalam berwiraushaan ada banyak sekali yang harus di pelajari, agar mampu menciptakan hal yang baru, bisa di sebut juga dengan kreatif. Kreatif adalah sifat yang selalu mencari cara-cara baru dan inovatif adalah sifat yang menerapkan solusi kreatif. Kreatif tapi tidak inovatif adalah mubazir karena ide hanya sebatas pemikiran tanpa ada realisasi. Bisnis yang tidak dilandasi upaya kreatif dan inovatif dari sang wirausaha biasanya tidak dapat berkembang. Dari wirausaha, kita belajar untuk bersaing secara sehat, dan mampu optimis. Uang dari hasil wirausaha kita, dapat ditabungkan untuk bekal kita di masa depan.

    ReplyDelete
  16. Ade ika 46116120043-KWU senin

    Yap, artikel ini sangat bagus untuk kita yg mau mencoba memanajemen karir, untuk mencari peluang usaha, yaitu kewirusahaan dapat dipelajari. Untuk menjadi wirausahawan haruslah mempunyai keinginan dan tekad yang kuat.

    ReplyDelete