Apr 21, 2013

Jika Petani Jadi Presiden

Oleh : Atep Afia Hidayat - Dari jaman ke jaman persoalan beras selalu mencuat. Dalam sejarah Republik tercinta ini, belum ada satu presiden pun yang mampu menangani persoalan berasa secara tuntas. Memang pada jaman Orde Baru kita seolah-olah swasembada beras, khususnya mulai tahun 1984. Tapi itu tidak bertahan lama, kenyataannya impor masih tetap berjalan.

Beras menjadi komoditas ekonomi sekaligus politik, presiden bisa jatuh karena hanya persoalan beras. Kondisi sekarang, di mana harga beras sudah melampaui Rp. 7.000,- per liter di beberapa daerah, menyebabkan penduduk miskin tambah melarat. Antrian untuk mendapatkan beras sering terjadi berbagai tempat. Menyaksikan fenomena ini kita merasa miris sebagai bangsa, di mana jaman sudah berubah ke arah teknologi canggih, kita masih berurusan dengan beras.

Anehnya lagi, harga beras makin melambung, tetapi mayoritas petani tetap miskin. Suatu fenomena yang sangat tidak logis. Lantas, siapa yang menikmati kenaikan harga beras ?, siapa yang mempermainkan harga beras ?, lalu peran pemerintah bagaimana ?, ke mana ajah pemerintah, seperti tidak berkutik ..

Padahal kalau mau melihat Cina dan India, yang penduduknya miliaran, mereka tidak dipusingkan dengan soal beras. Karena pembangunan yang dijalankan dikedua negara tersebut bertahap fokusnya, pertanian dulu, baru agroindustri, industri madya, industri berteknologi tinggi, baru teknologi informasi. India misalnya, kini sudah menyaingi Amerika Serikat dalam soal IT.

Solusi untuk mengatasi perberasan, ya sebaiknya pemerintah jangan meng-anaktiri-kan atau me-marjinal-kan sektor pertanian. Sekarang pertanian itu dipandang sebelah mata, sawah digusur jadi perumahan dan industri, petani beralih profesi menjadi buruh di perkotaan. Akhirnya, kelak tidak ada lagi yang memproduksi beras.

Ke depan, sebaiknya Presiden kita dari kalangan perani. Kenapa ? Negara kita akan kuat kalau terlebih dahulu pertaniannya kuat. Selain itu, mayoritas penduduk adalah petani, terutama petani padi. Selama ini petani banyak dikibuli, mulai dari pupuk dan pestisida palsu, harga gabah dipermainkan, cari kredit sulit.

Kasihan petani. Makanya kompak donk, para petani jangan mau dibuai mimpi dan janji gombal Parpol yang ada, yang kenyataannya sampai sekarang belum bisa berbuat banyak bangi petani. Parpol-Parpol itu hanya menjadikan petani sebagai lumbung suara, setelah itu habis manis sepah dibuang. Oleh sebab itu segera bentuk Partai Petani Indonesia, menangkan Pemilu 2014, kuasai DPR/DPRD, jadilah prediden. Sebagai pembanding, Amerika Serikat sangat mantap di bawah kepemimpinan Presiden Jimmy Carter, seorang petani kacang.

Stop impor beras, bangkitkan gairah petani indonesia. Hidup beras, hidup petani . (Atep Afia)

4 comments:

  1. @C32-ELMAR , TUGAS TC05

    Beras menjadi komoditas ekonomi sekaligus politik, presiden bisa jatuh karena hanya persoalan beras. Kondisi sekarang, di mana harga beras sudah melampaui Rp. 7.000,- per liter di beberapa daerah, menyebabkan penduduk miskin tambah melarat. Antrian untuk mendapatkan beras sering terjadi berbagai tempat. Menyaksikan fenomena ini kita merasa miris sebagai bangsa, di mana jaman sudah berubah ke arah teknologi canggih, kita masih berurusan dengan beras

    ReplyDelete
  2. @C33-TRI, TUGAS TC05

    Beras memang menjadi komoditas utama untuk masyarakat Indonesia. Tak heran jika selalu dipermasalahkan karena harganya yang kian melambung. Entah apa penyebabnya atau siapa yang bermain dibelakang ini semua saya tidak tau. Yang saya tau di saat petani memanen padi, harga padi meraka menurun mungkin dengan alasan stok penyimpanan banyak. Namun tak semua petani menjual hasil panennya, ada sebagian menyimpan padi yang mereka panen entah untuk mereka makan sendiri ataupun untuk di jual saat harga padi telah kembali naik. Memang tak gampang menyelesaikan masalah soal pertanian. Dari dulu hingga sekarang belum bisa di atasi. Yaaa semoga saja suatu saat nanti ada keajaiban yang datang untuk menyejahterakan para petani... Amiinnnn

    ReplyDelete
  3. @B01-IWAN

    Beras memang menjadi komoditas utama dalam masyarakat Indonesia, tetapi jika presiden jadi petani belum tentu semua masalah dapat terpecahkan dan begitu juga hal sebaliknya jika petani jadi presiden apakah dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada? sebaiknya kita lakukan perubahan terhadap bangsa ini untuk jangan memikirkan perut sendiri tetapi pikirkan orang lain, salah presiden? salah menteri-menteri yang bersangkutan? salah kita? semuanya kan masyarakat Indonesia ya berarti KITA.

    ReplyDelete
  4. Jessica Siahaan
    @E30-Jessica, @Tugas B05

    Melihat keadaan kebutuhan beras yang semakin tinggi dengan harga yang juga melambung, sangat disayangkan bila seluruh petani di jadikan buruh. Sumber makanan utama masyarakat Indonesia khususnya adalah beras, jika para petani seluruhnya dijadikan buruh, bagaimana kita bisa mendapatkan makanan. Seharusnya ini menjadi perhatian pemerintah, jangan hanya harga jual yang melambung tinggi tapi kualitas hidup para petani nya tetap miskin. Pemerintah harus lebih peka terhadap kaum petani, harus mensejahterakan kaum petani, karena berkat mereka lah kita bisa makan. Dan untuk para petani pun, walaupun sebagian besar memiliki jenjang pendidikan yang rendah, tapi jangan mau dikelabui, kaum petani pun harus lebih cermat mengikuti peraturan pemerintah, apakan itu menguntungkan mereka, atau malah semakin merugikan mereka.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.