Jun 26, 2021

Urgensi Pembentukan Kabupaten Kepulauan Taka Bonerate (Pemekaran Kabupaten Kepulauan Selayar)

Peta CDOB Kab Kep Taka Bonerate (Ilustrasi)
Oleh : Atep Afia Hidayat - Wacana dan rencana pemekaran wilayah atau pembentukan daerah otonom baru (DOB) terus bergulir di berbagai daerah, termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Dari sekian banyak usulan pembentukan DOB, yang paling progresif ialah rencana pemekaran wilayah Kabupaten Bone dengan menghasilkan DOB Kabupaten Bone Selatan; dan pemekaran Kabupaten Luwu dengan "melahirkan" Kabupaten Luwu Tengah. 

Sebenarnya dari aspek kepentingan wilayah, terutama berkaitan dengan upaya pengembangan pulau-pulau "terpencil", upaya pemekaran wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dengan membentuk Kabupaten Kepulauan Pangkajene (seperti pembentukan Provinsi Kepulauan Riau yang dimekarkan dari Provinsi Riau) dan pemekaran wilayah Kapupaten Kepulauan Selayar dengan "melahirkan" Kabupaten Kepulauan Taka Bonerate, memiliki nilai yang sangat strategis.

Peta Kab Kep Selayar (Sumber : BPS Kab Selayar)
 

Kabupaten Kepulauan Selayar meliputi 11 kecamatan yang terbagi menjadi 81 desa dan tujuh kelurahan. Luas wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar mencapai 10.503,69 km2 terdiri dari 1.357,03 km2 daratan (12,92 persen) dan 9.146,66 km2 lautan (87,08 persen). Ke-11 kecamatan tersebut terbagi menjadi dua sub area wilayah pemerintahan, wilayah daratan terdiri dari Kecamatan Benteng, Bontoharu, Bontomanai, Buki, Bontomatene dan Bontosikuyu; serta wilayah kepulauan yang terdiri dari Kecamatan Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Taka Bonerate, Pasirmarannu dan Pasambena. 

Pada tahun 2020 jumlah penduduk Kabupaten Kepulauan Selayar mencapai 137.071 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 130 jiwa per km, terdistribusi di 130 pulau yang secara administrasi terbagi menjadi 81 desa dan tujuh kelurahan.

Nama Taka Bonerate sudah  dikenal di manca negara, terutama karena keberadaan Taman Nasional Taka Bonerate. Taman laut dengan kawasan atol terbesar ketiga di dunia tersebut pada tahun 2005 pernah dicalonkan UNESCO menjadi situs warisan dunia, sebagaimana Taman Nasional Komodo (Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur). Kawasan atol merupakan kawasan yang terdiri dari gugusan terumbu karang yang mengelilingi sebuah pulau atau serangkaian pulau.

Taka Bonerate merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar yang meliputi 29 pulau yang terbagi dalam sembilan desa. Selain Kecamatan Taka Bonerate, kecamatan lain yang akan bergabung membentuk Kabupaten Kepulauan Taka Bonerate ialah Pasilambena (enam desa), Pasimarannu (delapan desa), Pasimasunggu (tujuh  desa) dan Pasima Sunggu Timur (enam desa). 

Luas daratan calon DOB Kabupaten Kepulauan Taka Bonerate sekitar 558,45 km2 atau sekitar 41,15 persen dari luas daratan Kabupaten Kepulauan Selayar, meliputi 86 dari 130 pulau di Kabupaten Selayar yang secara administrasi pemerintahan terbagi menjadi 36 desa. Wilayah calon DOB Kabupaten Kepulauan Tana Bonarate terletak di Laut Flores, di sebelah utara daratan Pulau Sulawesi dan di sebelah selatan Pulau Flores.

Jika pada suatu saat Kabupaten Kepulauan Taka Bonerate berhasil diwujudkan, maka diharapkan mengalami pertumbuhan yang pesat di segala bidang, sehingga kehidupan masyarakat setempat dapat lebih baik. Sektor pariwisata, perikanan dan kelautan akan menjadi primadona perekonomian setempat, apalagi dengan makin mendunianya nama Taman Nasional Taka Bonarate.

 

 

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Taka_Bonerate

Kabupaten Selayar dalam Angka 2021. BPS Kab Kepulauan Selayar, 2021.

https://selayarkab.bps.go.id/

https://inipasti.com/pemekaran-kepulauan-selayar-memerlukan-proses-panjang/

https://kepulauanselayarkab.go.id/hal-sejarah.html

https://www.kemendagri.go.id/files/2019-05/Kode&Data%20Wilayah/73.%20sulsel.fix.pdf

https://www.mkri.id/public/content/pemilu/KKPU/SK%20290%20THN%202018.pdf








No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.