Dec 19, 2014

Lima Tips Memulai Usaha

Oleh : Atep Afia Hidayat - Usaha, wirausaha, dagang, bisnis atau apapun namanya merupakan salah satu pilihan kegiatan yang menarik. Bagaimana tidak, dengan usaha akan menghadapi sekian banyak tantangan yang menuntut persiapan fisik, mental dan pikiran yang optimal. Dengan terjun dalam bidang usaha maka segenap potensi diri akan terkerahkan, sangat berbeda jika hanya menjadi pekerja. Lantas, untuk memulai usaha tips apa saja yang harus dijalankan ?


Pertama, untuk memulai usaha diperlukan kesungguhan 100 persen, tidak bisa setengah-setengah. Sebab tingkat kesungguhan yang kurang dari 100 persen tidak akan menghasilkan apapun.

Kedua, untuk memulai usaha diperlukan adanya relasi. Ya, pada dasarnya usaha itu tak lain dari membangun relasi. Oleh sebab itu terlebih dahulu kembangkan relasi dengan siapapun yang akan memperlancar berjalannya usaha. Untuk berlangsungnya usaha dibutuhkan modal, bahan baku, barang modal, karyawan, mitra kerja, pasar, dan sebagainya. Semua hal tersebut akan tersedia jika sebelumnya punya relasi.

Ketiga, untuk memulai usaha diperlukan inspirasi. Lantas darimana didapatkan inspirasi dan kenapa harus ada inspirasi ? Ya, inspirasi merupakan proses awal terjadinya motivasi. Bermula dari gagasan yang didapatkan dari berbagai sumber, kemudian dapat menggerakan keinginan, dan akhirnya berbuah tindakan.

Keempat, untuk memulai usaha diperlukan kreatifitas. Dalam hal ini bisa saja memulai usaha dengan melakukan duplikasi terhadap usaha yang sudah berjalan. Namun tentu saja sangat riskan, sebab tidak ada daya tarik baru yang ditawarkan untuk calon konsumen.  

Kelima, untuk memulai usaha diperlukan modal. Betul bahwa menjalankan usaha bisa diawali dengan modal dengkul. Namun tentu saja  tidak sembarangan "dengkul", yang diperlukan ialah "dengkul" yang produktif.Artinya dengkul yang mau diajak bergerak ke sana ke mari, sehingga terbentuklah sebuah usaha. Bukan "dengkul" yang malas dan statis.

Demikian, lima tips untuk memulai usaha. Hal yang paling penting ialah bertindak, bertindak dan bertindak. (Atep Afia). Gambar: http://www.businesstipstosuccess.com/



Artikel Terkait :

Sukses Bisnis dengan Ide Cemerlang

Dunia Usaha yang Kompetitif dan Efisien

Nasib Pengusaha Kecil

Menjadi Negara Agribisnis Terbesar

Perusahaan Indonesia dan Daya Saingnya


75 comments:

  1. Assalamualaikum.....

    Bacaan yang sangat bagus yang dapat mengispirasi anak muda bahwa suksses itu membutuhkan beberapa tips yaitu sungguh2,relasi,inspirasi,kreatif dan modal.Semoga bacaan tersebut menggugah hati anak muda untuk memulainya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. terimakasih sudah menyuguhkan artikel yang sangat inspiratif

    ReplyDelete
  4. Good Information.
    Kalau Anda melihat Bill Gates atau Mark Zuckenberg, pasti Anda tergiur dengan kekayaan mereka yang luar biasa. Tapi sadarkah Anda, bahwa mereka juga memulai semuanya dari usaha kecil mereka. Dan tak satupun dari mereka yang menduga bakal mencetak keberhasilan seperti sekarang.

    ReplyDelete
  5. Informasi yang angat bermanfaat bagi kaum muda

    ReplyDelete
  6. Sukses gak segampang membalikan telapak tangan kita namun kita harus mempunyai tips nya salah satumya adalah ikhtiar dan doa

    ReplyDelete
  7. Semangat Wirausaha
    sukses muda mungkin itu keinginan banyak orang, dengan 5 tips ini kita jadi tau bahwa sukses perlu adanya usaha kemauan dan semangat untuk membangunnya,
    Terima kasih tips nya pak, semoga kita menjadi semangat untuk memulai usaha dan manambah relasi lebih banyak lagi,

    ReplyDelete
  8. saya sangat setuju pak.

    Dan saya jadi teringat dengan ucapan Alm. Bob Sadino yang mengatakan " Lebih baik menjadi bos di perusahaan kecil namun milik pribadi dibandingakn menjadi pekerja di perusahaan besar tapi milik orang lain "
    dari kata-kata tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa jika kita bekerja diperusahaan besar seberapa besarpun gaji kita diperusaahan tersebut namun kita tetaplah seorang karyawan.

    Beda dengan menjadi bos diperusahaan sendiri karena kita bisa membuat omzet kita lebih besar sesuai dengan apa yang kita harapkan .

    ReplyDelete
  9. Assalamuailaukum wr wb

    Informasi yang sangat bagus pa , untuk kita yang masih banyak peluang untuk jadi pengusaha muda . semoga kita termotivasi untuk menjadi pengusaha dari sekarang .deangan ke lima tips tersebut dan dengan ridho dari allah insya allah kita semua bisa menajdi pengusaha yang tentunya sukses .

    ReplyDelete
  10. Langkah-langkah yang sangat baik dalam memulai usaha, dapat menjadi inspirasi bagi setiap individu. Tidak susah untuk menjadi sukses.

    ReplyDelete
  11. Lima Tips dari wacana di atas sangat membantu untuk memulai suatu usaha, terutama Tips yang ke lima, modal utama untuk menjalankan suatu usaha selain mental modal dengkul merupakan roda penggerak dari usaha yg kita jalankan,

    Untuk tambahan mungkin bisa jadi enam Tips yg harus di miliki seorang pengusaha yaitu dengan berdoa kepada Tuhan, tak ada kesuksesan tanpa di iringi dengan Doa..

    ReplyDelete
  12. Jika kita hendak membuka sebuah usaha, maka kita dituntut untuk mengetahui ilmu marketing plan.

    ReplyDelete
  13. Informasi yang sangat bermanfaat bagi calon wirausahawan. Dengan adanya 5 tips tersebut membuat seseorang memilki visi misi yang kuat dalam memulai bisnis sehingga semuanya disiapkan dari aspek mental, waktu, tenaga maupun materi.

    ReplyDelete
  14. Kelima tips tersebut sangat dibutuhkan oleh siapapun yang baru akan memulai usaha. Idea - plan - action adalah langkah yang harus diterapkan oleh setiap calon pengusaha. Karena tidak akan menjadi sukses usaha seseorang hanya dengan planning (rencana), melainkan dibutuhkan juga aksi. Namun yang terpenting dari semuanya adalah keyakinan pada diri sendiri dan berdoa kepada Tuhan karena tidak ada satu kesuksesan pun yang luput dari peranan Tuhan.

    ReplyDelete
  15. Artikel ini sangat bermanfaat sekali,dan isinya bagus,saya akan menambahkan sedikit yaitu tentang 'Berani mengambil resiko' kata ini sering kita dengar.Untuk memulai suatu usaha/bisnis kita harus memberanikan diri untuk menghadapi segala resiko yang ada,agar apabila kita tidak sukses dalam bidang usaha kita tidak stres,karena sudah tahu realita yang akan di hadapi oleh seorang pengusaha.

    ReplyDelete
  16. kelima tips ini saling berkaitan, jika ingin mencapai sukses maka setiap tahapannya harus dilakukan, karena siapapun pasti ingin sukses, dan lima tips ini patut untuk di terapkan

    ReplyDelete
  17. Menjadi pengusaha adalah jalan yang terbaik dan kesuksesan yang sangat mutlak

    ReplyDelete
  18. ya saya setuju dengan artikel diatas selain lima tips diatas menurut saya yang tidak kalah penting adalah "mau terus belajar dan menghindarkan rasa malas" ini penting karena banyak pengusaha maupun pemula yang merasa ilmunya cukup dan berpikir untuk belajar sehingga mereka banyak yang bangkrut dan gagal karena tidak mengerti selera dan kemampuan bersaing dengan pesaing

    ReplyDelete
  19. ya saya setuju dengan artikel diatas selain lima tips diatas menurut saya yang tidak kalah penting adalah "mau terus belajar dan menghindarkan rasa malas" ini penting karena banyak pengusaha maupun pemula yang merasa ilmunya cukup dan berpikir untuk belajar sehingga mereka banyak yang bangkrut dan gagal karena tidak mengerti selera dan kemampuan bersaing dengan pesaing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memulai usaha dengan tips yang diberikan diatas tersebut sebagai dasar untuk mendapatkan kesuksesan, Sebagian besar orang sukses adalah dengan berwirausaha, dari usaha kecil dan berkembang menjadi besar dan keuntungan yang besar. Untuk sukses perlu upaya dan kemauan yang kuat.

      Delete
  20. tips yang sangat bermanfaat sekali. hanya sedikit menambahi , ini menjadi salah satu bagian yang penting dalam berwira usaha yaitu berdoa. :)

    ReplyDelete
  21. tips yang bagus untuk menjadi pedoman bagi kita yang ingin memulai usaha.....sukses...untuk kita semua...amin....

    ReplyDelete
  22. Saya sangat setuju dengan paparan dalam artikel ini. Tips yang sangat jitu untuk memulai sebuah usaha. Tanpa salah satu tips dari itu, usaha akan susah berkembang dan akan pincang.

    ReplyDelete
  23. Memulai usaha bukanlah hal mudah, perlu perhitungan dan pertimbanghan yang matang untuk menghindari resiko gagal di tengah jalan. Tips-tips tersebut bagus untuk diterapkan untuk membantu memulai usaha.

    ReplyDelete
  24. Kelima tips tersebut sangat bagus di terapkan dalam memulai usaha. Karena tidak akan mungkin menjadi sukses usaha seseorang hanya dengan rencana, melainkan dibutuhkan juga kerja keras dan tindakan.

    ReplyDelete
  25. dengan tips tersebut membantu usaha muda yang ingin memulai usaha .. dengan tips tersebut dapat dengan mudah memahami dan bagaimana cra berwira usaha ..

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. saya sangat setuju dengan artikel ini apalagi dengan kelima tips tersebut bagus untuk belajar, bisnis kita harus memberanikan untuk mendapat resiko.

    ReplyDelete
  28. Tips yang bagus untuk yang akan memulai usaha agar bisa mempunyai pegangan bagi para pengusaha pemula.

    ReplyDelete
  29. Tips yang bagus untuk yang akan memulai usaha agar bisa mempunyai pegangan bagi para pengusaha pemula.

    ReplyDelete
  30. untuk memulai usaha, pertama 100% kesungguhan. banyak sekarang anak muda yang lebih berfikir, "enak menjadi karyawan, tidak terlalu besar beban dan setiap bulan penghasilan sudah pasti". bagaimana untuk membangkitkan kesungguhan didalam langkah pertama Pak? bagaimana cara menarik minat generasi muda untuk berkreasi dan bersemangat untuk berwiraswasta.

    ReplyDelete
  31. usaha yang besar berasal dari kegagalan yang besar karena untuk mendapat kan hasil besar kita sebelumnya pasti mengalami kegagalan yang besar juga maka dari itu tips ini sangat bermanfaat bagi kita yang ingin memulai usaha untuk dapat meminimalisirkan besarnya risiko yang bisa kita dapatkan

    ReplyDelete
  32. Bagi siapa saja yang ingin memulai usaha Kelima tips tersebut akan sangat bermanfaat dan membantu sekali sehingga dapat mempertimbangkan resiko kesalahan atau kegagalan.

    ReplyDelete
  33. artikel di atas sangat bermanfaat bagi saya sebagai karyawan swsta untuk berencana memula sebagai pengusaha muda, dengan tips di atas ckup membantu saya untuk mengetahui langkah dan strategi apa yang perlu di lakukan sebagai pengusaha muda, langkah awal dari wirausaha memang harus mempunyai tekad terlebih dahulu kemudian meerancang strategi apa yang perlu di lakukan.

    ReplyDelete
  34. artikel di atas sangat bermanfaat bagi saya sebagai karyawan swsta untuk berencana memula sebagai pengusaha muda, dengan tips di atas ckup membantu saya untuk mengetahui langkah dan strategi apa yang perlu di lakukan sebagai pengusaha muda, langkah awal dari wirausaha memang harus mempunyai tekad terlebih dahulu kemudian meerancang strategi apa yang perlu di lakukan.

    ReplyDelete
  35. Artikel mengenai lima tips memulai bisnis ini sangat bagus dan memotivasi serta memberi gambaran kepada banyak orang yang membacanya dalam memulai bisnis.

    ReplyDelete
  36. selamat pagi pak,
    tips yang sangat memotivasi dan sangat bagus, tapi menurut saya kepercayaan diri juga harus dimiliki oleh calon pembisnis untuk memulai usahanya.

    ReplyDelete
  37. menurut pendapat saya artikel ini sangat membantu khususnya generasi muda untuk memulai usaha

    ReplyDelete
  38. Membaca artikel mungkin menarik dan sangat bermanfaat, tetapi harus ada realisasi yang nyata juga untuk berani memulai usaha, bukan hanya sekedar membaca. akan lebih menarik jika kita mampu mengikuti arus teman-teman kita yang berjiwa wirausaha, setidaknya kita mendapat ilmu baru dalam praktik usaha.

    ReplyDelete
  39. Kelima tips di atas sangat inspiratif buat saya saat ingin membuka suatu usaha. Karna kelima hal tersebut saling terkait dengan lain. Jika ada satu hal yang terpenuhi maka usaha tersebut akan gagal dan sia-sia, selain itu kita juga harus banyak belajar dari seseorang pebisnis yang sudah berhasil.

    ReplyDelete
  40. seringkali kita dihadapkan oleh 2 pilihan entah itu ingin menjadi karyawan atau ingin jadi wirausahawan, kalau jadi karyawan maka kemungkinan untuk berkembangnya sangat sulit dan ketika kita melihat di luar sana ada peluang yang cukup besar, dan pangsa pasarnya ada maka cara berpikir kita sudah menjadi wirausahawan.
    kelima tips diatas semuanya berasal dari dalam diri, yah betul dari dalam dirilah semuanya berasal kesungguhan, relasi, inspirasi, kreatifitas, modal.
    maka tak salah bila ada pepatah yang mengatakan bahwa "sesungguhnya tidak ada satu pun yang dapat menyelamatkanmu, kecuali dirimu sendiri.

    ReplyDelete
  41. info yang baik dan juga bermanfaat . membuka suatu usaha adalah keinginan yang baik tapi jika ingin membuka suatu usaha harus mempunyai menthal yang lebih karena setiap kita membuka usaha akan terus jatuh bangun apalagi jika orang yang baru pertama kali membuka usaha

    ReplyDelete
  42. jadi inti dari artikel ini adalah untuk menjadi seorang pengusaha sukses diperlukan niat yang kuat agar bisa menjadi sukses

    ReplyDelete
  43. informasi yang sangat berguna. terimakasih

    ReplyDelete
  44. Selain hal tersebut menurut saya juga sangat dibutuhkannya konsep yang matang dan gambaran mengenai akan seperti apa nantinya usaha yang akan kita buat? Bagaimana kemungkinan terburuk dan terbaik dari usahanya? Bagaimana kemampuan kita dalam bidang usaha yang kita geluti?
    Mengingat modal untuk memulai usaha, dengan maraknya sosial media saat ini, modal yang besar pun bukan lagi menjadi suatu hal yang amat penting untuk membuat usaha. Seperti kita ingin membuka online shop, bisa terlebih dahulu menjadi reseller yang cenderung mengambil sedikit modal.

    ReplyDelete
  45. Muhammad Reza Wahyu .A.
    @A09

    Langkah-langkah yang sangat baik dalam memulai usaha, dapat menjadi inspirasi bagi setiap individu. Tidak susah untuk menjadi sukses.
    Terimakasih atas infonya, infonya sangat bermanfaat untuk kita semua

    ReplyDelete
  46. Muhammad Reza Wahyu .A.
    @A09

    Langkah-langkah yang sangat baik dalam memulai usaha, dapat menjadi inspirasi bagi setiap individu. Tidak susah untuk menjadi sukses.
    Terimakasih atas infonya, infonya sangat bermanfaat untuk kita semua

    ReplyDelete
  47. Rendi
    @Rendi-D06,@TugasA05
    Semua orang pasti ingin sukses dalam berwira usaha, dan kebanyakan orang tidak bisa sukses karena tidak tahu cara memulai usaha tersebut,tapi dari artikel ini saya dapat memahami konsep dan cara untuk memulai wirausaha.

    ReplyDelete
  48. Arief Dharma, 43216110230, KWU Senin

    setelah saya baca dan pahami artikel diatas, yg merupakan sebagian isi dari modul, 5 tips menjalankan bisnis diatas sangat membantu, tetapi susah untuk saya memenuhi tips kedua, karna saya susah bersosialisasi dan itu membuat saya tidak punya banyak relasi untuk membangun bisni. apakah ada tips untuk masalah yg saya alami ?

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  49. Aresti,43116120133, KWU Senin

    Menurut saya dalam berbisnis itu Jujur dan kepercayaan adalah awal yang paling dasar dari pengusaha

    ReplyDelete
  50. Angga Artha S, 44217010064, KWU Senin

    Tips yang sangat berguna untuk orang yang ingin memperdalam dunia usaha. Perlunya niat yang kuat dalam diri, relasi yang luas & pentargetan yang matang ditambah action / bergerak sudah pasti usaha yang dibuat akan memperoleh hasil yang maksimal.
    Terima Kasih, tips yang sangat berguna untuk memotivasi semua orang

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. ANDES DWI SAPUTRA - 41616110016 KWU SENIN

    Ada baiknya sebelum kita mengambil keputusan untuk berbisnis, kita sebagai penonton terlebih dahulu, karena kita dapat mempelajari dari pebisnis yang sudah senior dari pada kita yang ingin berbisnis .
    Artikel ini pun sangat membantu bagi kita yang ingin terjun ke dunia bisnis .
    Terima kasih ..

    ReplyDelete
  53. Nana Supriyatna_41115120005_Kwu Senin

    Artikel ini sangat bermanfaat bagi kaum muda yamg sangat senang denagn dunia bisnis, bahkan suatu pembelajaran bagi para pekerja yang akan terjun pada dunia bisnis.

    ReplyDelete
  54. samsul faqih 41616110124 kwu senin
    terlihat mudah saat membacanya, namun sangat sulit dilakukan, entah kenapa?

    ReplyDelete
  55. Nunung Arifah-43217110020-KWU Senin
    Untuk memulai bisnis modal utama adalah tekad dan niat yang kuat, karena didalam perjalanan bisnis tentu akan banyak sekali kerikil tajam atau tantangan yang akan dihadapi, harus siap jatuh bangun dalam bisnis dan tidak mudah menyerah, karena dari jatuh bangun itulah akan banyak pelajaran tersirat yang bisa kita ambil untuk melakukan perbaikan-perbaikan bisnis yang kita jalankan dari hari ke hari. Dukungan dan motivasi dari orang terdekat kita seperti keluarga juga sangat penting, karena merekalah yang akan menguatkan kita disaat kita jatuh. Selain itu juga harus dibarengi dengan ketaatan kita berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis.

    ReplyDelete
  56. Abdulah dwi sayogi,41616110060,KWU senin
    Artikel ini sangat bermanfaat, tetapi untuk memulai sebuah usaha kita juga perlu siap dengan kegagalan yang akan kita alami jadi sebagai pembisnis kita tidak boleh pantang menyerah hanya karna kita gagal bisa jadi kegagalan yang kita alami bisa membuat kita lebih giat lagi.

    ReplyDelete
  57. Nur Vira Audina 43217110041 KWU Senin
    artikel ini sangat membantu dan sangat bermanfaat. dengan 5 tips yang diberikan memang saling berkaitan, jika sudah adanya 5 tips ini membuat seseorang memiliki visi dan misi yang sudah disiapkan dari segi waktu, pemikiran,mental dll

    ReplyDelete
  58. Dodi Tri Wibowo 41116120100 KWU Senin
    Artikel ini sangat bermanfaat, tetapi untuk memulai usaha pastinya kita siap akan kegagalan yang kita alami dan tidak boleh putus asa pantang menyerah. Karena kegagalan yang kita alami akan membuat kita punya motivasi untuk bangkit dan membuat spirit menjadi giat.

    ReplyDelete
  59. Dede Kurniawan 41616110119 KWU Senin
    Artikel ini sangat bermanfaat bagi calon pengusaha yang ingin memulai karir dengan membuat bisnis, artikel ini menjelaskan langkah-langkah yang mesti diambil oleh seorang yang ingin bergelut di bidang enterpreneur.ada 5 langkah dari tips ini yang disarankan harus dilakukan

    ReplyDelete
  60. Novi Lestari3/11/2018 11:15 PM

    Novi Dwi Lestari // 41117110089 // KWU Senin

    Kesungguhan, relasi, inspirasi, kreatifitas, dan modal memang menjadi tips dasar untuk memulai usaha selain itu berani untuk menerima kegagalan pun juga penting karna memulai usaha tidak bisa langsung sukses butuh kesabaran jatuh-bangun dalam berusaha menjadikan seorang pengusaha memiliki banyak pengalaman untuk usahanya kedepan.

    ReplyDelete
  61. Priyo Dwi Wijaksono/41615120035/KWU KAMIS

    Artikel yang sangat inspriratif sekali bagi yang mau menjalankan wirausaha, seperti saya yg belum begitu paham mengenal bisnis. Memang betul berwirausaha haruslah mempunyai kesungguhan, relasi, inspirasi, kreatif, dan modal.
    Agar usaha bisa berjalan berorientasi ke masa depan, maka selanjutnya dibutuhkan visi misi dan strategi yang matang agar langkah yang dilaksanakan jelas.

    ReplyDelete
  62. The, Eka Yuliarto / 41616110006 / Kwu 1 Kamis

    Usaha bisa dimulai dari kapan saja asal ada kemauan dan mental untuk keluar dari zona nyaman untuk memulai suatu usaha.dan perlu adanya juga pembelajaran tentang usaha yang akan dikehendaki.

    ReplyDelete
  63. Hening Arrum H / 43116120250 / KWU 1 Kamis

    dari artikel ini saya mendapatkan makna jika ingin melakukan sesuatu yang paling awal diperlukan adalah niat yang sungguh-sungguh, maka selanjutnya akan mengikuti.

    ReplyDelete
  64. May Suci Kusuma(41117110057)-KWU Kamis
    usaha dapat kita mulai kapan saja, yang sangat dibutuhkan selain modal awal saat memulai usaha adalah niat dan tekad yang kuat agar semua bisa berjalan dengan lancar

    ReplyDelete
  65. Fransisca Selly - 46114110128 - Kewirausahaan 1 Kamis

    Selamat Sore,
    saya sangat setuju dengan opini penulis dalam artikel ini. Untuk memulai usaha diperlukan kesungguhan 100 persen bahkan kalau bisa berkali kali lipat kesungguhannya, tidak bisa setengah-setengah.
    Bacaan ini sangat informatif dan bisa memberikan motivasi terbuka untuk para pemula yang ingin berwirausaha.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  66. Mudzakar salim 41216110049 - Kewirausahaan 1 kamis.

    Saya sangat setuju dengan quotes hal yang paling penting adalah bertindak, bertindak, & bertindak. dari situlah kita bisa memulai 5 tips memulai usaha. dari artikel ini, pernah saya terapkan dalam memulai usaha dibidang arsitektur, artikel yang bagus pak.

    terima kasih.

    ReplyDelete
  67. Sita Amaliasari 43116120056- KWU Kamis

    Wah.. Artikel bapak membantu sekali dalam usaha yang sedang saya jalankan. Dalam berusaha memang kelima langkah yang sudah bapak jelaskan adalah saling berkaitan. Yang terpenting dalam usaha adalah bertindak dan jangan takut akan gagal atau rugi. Karena gagal adalah salah satu pembelajaran kita untuk meunuju lebih baik.

    ReplyDelete
  68. Sita Amaliasari 43116120056- KWU Kamis

    Wah.. Artikel bapak membantu sekali dalam usaha yang sedang saya jalankan. Dalam berusaha memang kelima langkah yang sudah bapak jelaskan adalah saling berkaitan. Yang terpenting dalam usaha adalah bertindak dan jangan takut akan gagal atau rugi. Karena gagal adalah salah satu pembelajaran kita untuk meunuju lebih baik.

    ReplyDelete
  69. Try Muftahudin Hidayah 41216110100 - KWU Kamis

    5 tips yang sangat membantu dalam upaya memulai usaha pak.. saya paling tertarik pada poin 1 dan 2,bahwa perlunya kesungguhan serta relasi dalam proses memulai usaha.

    ReplyDelete
  70. Galang Abif Hermawan 41117110050 KWU KAMIS

    artikel yang bapak buat sangat membantu saya dalam membuat suatu perusahaan nantinya

    ReplyDelete
  71. Diana Try Ariani/ 46114110123 / KWU 1 Kamis

    Saya setuju dengan artikel yang bapa tulis ini, 5 tips ini memang sangat diperlukan untuk mulai suatu usaha atau bagi calon pengusaha. saya tertarik dengan poin harus memiliki kreativitas, memang jarang pengusaha yang memiliki hal ini sehingga usahanya begitu-begitu saja atau standar saja yang sering mengakibatkan usaha yang tidak berkembang atau bahkan bisa gulung tikar. Seharusnya hal ini bisa saja tidak terjadi bila seorang pengusaha memiliki kreatifitas yang dapat membuatnya berbeda dengan umumnya. Berbeda disini dalam hal yang baik dan positif.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  72. Diana Try Ariani/ 46114110123 / KWU 1 Kamis

    Saya setuju dengan artikel yang bapa tulis ini, 5 tips ini memang sangat diperlukan untuk mulai suatu usaha atau bagi calon pengusaha. saya tertarik dengan poin harus memiliki kreativitas, memang jarang pengusaha yang memiliki hal ini sehingga usahanya begitu-begitu saja atau standar saja yang sering mengakibatkan usaha yang tidak berkembang atau bahkan bisa gulung tikar. Seharusnya hal ini bisa saja tidak terjadi bila seorang pengusaha memiliki kreatifitas yang dapat membuatnya berbeda dengan umumnya. Berbeda disini dalam hal yang baik dan positif.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  73. muhammad Azis Fikri /41515120073/KWU 1 KAMIS

    Artikel ini sangat membantu untuk calon pengusaha baru atau pengusaha muda yang ingin memulai usahanya agar tidak salah mengambil langkah dan membaca peluang usaha di sekitar kita.

    terima kasih

    ReplyDelete
  74. Ade ika 46116120043 KWU senin

    Artikelnya sangat bgus pak, apalagi untuk pirang yang mau memulai suatu usaha.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.