.

Dec 19, 2014

Lima Tips Menambah Rasa Percaya Diri

Oleh : Atep Afia Hidayat - Percaya diri itu menyangkut perasaan, sama hal-nya dengan marah, sedih, malas, dan sebagainya. Aktifitas perasaan itu ternyata sangat tidak stabil, mudah berubah arah, dan sangat dipengaruhi oleh situasi dan kondisi sekitar. Tingkat percaya diri yang mumpuni merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan di segala bidang. Orang dengan rasa percaya diri yang memadai akan menjalani kehidupan dengan lebih nyaman, karena dapat menikmati setiap interaksi sosial yang terjadi. Berikut lima tips untuk menambah rasa percaya diri :


Pertama, yakinkan bahwa semua manusia, siapapun, di manapun dan kapanpun masa kehidupannya, tidak lebih dari sekedar mahluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan Sang Maha Pencipta. Dengan demikian harus ditanamkan bahwa terdapat banyak kesamaan di antara sesama manusia.

Kedua, yakinkan bahwa semua manusia diberikan potensi, peluang dan kesempatan yang sama. Semuanya sama diberikan waktu 24 jam dalam sehari, diberi kelengkapan organ tubuh yang sama, diberi akal dan pikiran, diberi kemampuan berkomunikasi, dan sebagainya. 

Ketiga, ingatlah bahwa arena kehidupan itu berbatas waktu. Setiap orang memiliki Surat Ijin Menghuni Dunia (SIM-D), dengan batas akhir detik "T", menit "M", jam "J", hari "H", minggu "M", bulan "B" dan tahun "T" yang telah ditentukan. Nah, sebelum batas akhir kehidupan itu tiba ada baiknya menjalai kehidupan dengan pikiran, perasaan, perkataan dan tindakan yang terbaik. Tak ada pilihan lain, kehidupan yang singkat ini harus dijalani dengan rasa percaya diri yang mumpuni.

Keempat, hanya terdapat dua pilihan dalam menjalani kehidupan, yaitu adanya kebahagiaan dan ketidak-bahagiaan. Semua orang bebas memilih, tergantung pada cara berpikir, kebiasaan dan sikapnya sehari-hari. Dengan rasa percaya diri yang mumpuni maka akan menjadi lebih dekat ke arah kebahagiaan.

Kelima, arena kehidupan merupakan ajang interaksi di antara sesama mahluk, juga antara mahluk dengan penciptanya. Interaksi sosial atau pergaulan sehari-hari akan lebih bermakna, bernilai atau berbobot jika disertai dengan rasa percaya diri yang mumpuni.

Itulah lima tips untuk menambah rasa percaya diri. Dalam hal ini yang diperlukan ialah bukan rasa percaya diri yang tinggi, tetapi rasa percaya diri yang mumpuni. Orang dengan rasa percaya diri yang tinggi akan terkesan begitu dominan, sehingga membuat orang lainnya merasa sungkan dan malas mendekat. Namun dengan rasa percaya diri yang mumpuni akan terjadi pergaulan yang hangat dan akrab. (Atep Afia). Gambar : http://cdn.shopify.com/


Artikel Terkait :
Tips Menemukan Titik Balik
Tips Mengatasi Blokade Mental
Tips Mengembangkan Talenta
Tips Memaksimalkan Kinerja Otak
Tips Supaya Bergairah Di Pagi Hari

17 comments:

  1. memang benar untuk tiprs yang diatas,,,tapi selain itu muncul dadi didikan orang tua juga bisa,jika sejak didik untuk menjadi pribadi yang sosial,dikenalkan tentang lingkungan sekir,diajari rasa berani itu bisa memunculkan percaya diri sejak dini


    yang jadi pertanyaan saya bagaiman amembedakan antara percaya diri yang dominan dengan percaya diri yang mumpuni

    ReplyDelete
  2. menaggapi pertanyaan dari mabak fitri, apa beda nya percaya diri yang dominan dan percaya diri yang mumpuni.
    kalau percaya diri yang dominan yaitu kepercayaan diri dari seseorang yang hanya dominan di 1 atau 2 bidang saja, contoh : bidang politik, keagamaan,bisnis dll
    sedangkan percaya diri yang mumpuni yaitu kepercayaan diri dari seseorang yg mampu mencakup di semua bidang, contoh: pemimpin negara

    ReplyDelete
  3. percaya diri adalah salah satu kunci sukses namun untuk menumbuhkan rasa itu terkadang susah misalnya saja dari hal kecil saat kita presentasi saja rasa itu muncul seketika
    saya mau tanya bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri 100% dlm diri kita???

    ReplyDelete
  4. Setelah Anda memiliki rasa percaya diri, maka selanjutnya Anda perlu meningkatkan kepercayaan diri Anda, sampai pada level dimana Anda merasa nyaman berada di depan umum, berbicara, bahkan bisa menerima atau menangkap peluang bisnis dan karir.

    Yang penting sekarang adalah Anda mengetahui cara menambah percaya diri Anda sendiri. Setelah mengetahui, maka teruslah berusaha untuk meningkatkan dan menumbuhkan rasa percaya diri Anda terus menerus.

    ReplyDelete
  5. percaya diri adalah tanda anak sehat bukan??? setiap orang harus memiliki rasa itu karna itu salah satu kuncinya jika kita mau menjadi orang sukses.

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum wr wb...
    Rasa percaya diri itu merupakan anugerah, dan hal itu terdapat dalam diri setiap manusia ciptaan Tuhan. Kita hanya perlu mengembangkannya dengan berlatih, berlatih dan berlatih.
    Rasa percaya diri akan semakin kuat jika ditopang dengan pemahaman dan penguasaan materi atau masalah yang sedang dibicarakan atau dijalani.
    Wassalamu'alaikum wr wb....

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum wr wb...
    Rasa percaya diri itu merupakan anugerah, dan hal itu terdapat dalam diri setiap manusia ciptaan Tuhan. Kita hanya perlu mengembangkannya dengan berlatih, berlatih dan berlatih.
    Rasa percaya diri akan semakin kuat jika ditopang dengan pemahaman dan penguasaan materi atau masalah yang sedang dibicarakan atau dijalani.
    Wassalamu'alaikum wr wb....

    ReplyDelete
  8. Assalamuailaikum wr wb

    Kita hidup didunia tidak sendiri , kita hidup didunia dengan jutaan manusia dan muslim lainnya . Untuk itu tuhan menganugrahkan kita suatu Rasa yang kita bisa katakan rasa percaya diri yang mana setiap orang memiliki rasa itu berbeda beda , dengan perbedaan itu kita bisa belajar bagaimana cara nya kita bisa seperti orang lain yang dengan kepercayaan dirinya hidupnya pun menjadi bahagia dan sukses . dengan kata lain tuhan memberikan rsa percya diri yang berbeda beda agar orang yang mempunyai rasa percaya diri yang besar bisa memotivasi atau bisa menjadi suatu contoh agar kita harus bisa seperti itu pula .

    ReplyDelete
  9. Percaya diri itu dimulai dari keyakinan kepada Tuhan, bahwa Tuhan menciptakan manusianya sama tidak ada bedanya, setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, jika kita yakin dan percaya itu semua maka rasa percaya diri itu akan muncul dengan sendirinya, yakinlah kita bisa melakukan segala sesuatu yang membuat kita semakin maju dan menjadi manusia yang sukses,.

    ReplyDelete
  10. percaya diri itu akan tumbuh apabila kita dapat mensyukuri dengan apa yang telah kita punya, dan tidak pernah mengeluh bahkan kita harus bangga dengan apa yang ada pada diri kita.

    ReplyDelete
  11. Rasa percaya diri pada seseorang merupakah sebuah anugerah dari Tuhan. Pada dasarnya setiap orang memiliki rasa percaya diri yang kadarnya berbeda dimana hal tersebut dapat dipengaruhi oleh lingkungan.

    ReplyDelete
  12. Rasa percaya diri tumbuh dari keberanian hidup kita dalam menatap dunia luar, dengan rasa percaya diri yang kita miliki akan mampu bersosialisasi dengan banyak orang, sehingga pergaulan kita terhadap dunia luar akan semakin luas dan mendapatkan banyak ilmu.

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Tips diatas cocok sekali untuk orang yang masih minder atau kurang percaya diri, karena minder tidak akan mengantarkan kita kepada kebahagiaan, kita harus percaya diri, percaya dengan kemampuan diri kita sendiri. Tetapi kita juga tidak boleh terlalu percaya diri. Karena jika kita tidak tau bagaimana menempatkan rasa percaya diri kita bisa jadi akan berakibat buruk untuk kita nantinya.
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  14. Percaya diri adalah kunci dari kesuksesan karena kalo kita merasa diri kita minder atau malu kita tidak akan pernah bisa untuk menjadi sukses

    ReplyDelete
  15. @A18-ARDHIKA
    ARDHIKA NUGRAHA

    Arikel ini sangat menarik karena membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri. menurut saya rasa percaya diri memang harus ada pada diri kita semua. Karena ketika kita akan melakukan sesuatu atau bertindak pasti harus mempunyai rasa percaya diri untuk memulainya.

    ReplyDelete
  16. Muhammad Reza Wahyu.A.
    @A09

    Rasa percaya diri itu memang penting. Kita harus menambah rasa percaya diri kita. Karena ketika akan melalukan sesuatu harus mempunya rasa percaya diri untuk memulainya

    ReplyDelete
  17. Muhammad Reza Wahyu.A.
    @A09

    Rasa percaya diri itu memang penting. Kita harus menambah rasa percaya diri kita. Karena ketika akan melalukan sesuatu harus mempunya rasa percaya diri untuk memulainya

    ReplyDelete