.

Sep 25, 2014

Temukan dan Kembangkan Talenta Anda

Oleh : Atep Afia Hidayat - Talenta sangat berpengaruh bagi keberlangsungan hidup seseorang. Ada orang yang dikenal memiliki multi-talenta, artinya kepiawaian yang dimilikinya meliputi berbagai bidang. Banyak juga orang yang dikenal memiliki talenta tertentu dengan reputasi local, nasional atau internasional.
Ya, talenta menyangkut kepiawaian seseorang dalam bidang tertentu. Lantas lingkup bidang apa saja ? Begitu luas, yang penting menyangkut sesuatu hal yang bermanfaat bagi kehidupan dirinya dan orang di sekitarnya.


Talenta itu tidak muncul seketika namun perlu ada proses yang meliputi ketertarikan terhadap bidang tertentu (dapat dikatakan terobsesi), kemudian pendalaman terhadap bidang tersebut sehingga muncul apa yang disebut keahlian. Dengan demikian orang yang memiliki telanta dibidang tertentu jelas memiliki keahlian dibidang tersebut. Di mana pencapaian keahlian itu melalui “jam terbang” yang lama dan pengulangan yang terus-menerus. Sebagai contoh seseorang yang memilili talenta dibidang musik, misalnya piawai dalam memainkan alat musik gitar sehingga mendapat julukan gitaris handal seperti Dewa Bujana, Ian Antono, Piyu Padi atau Steve Vai, Joe Satriani dan Paul Gilbert tentu telah melewati pergulatan panjang dengan alat music yang namanya  gitar, sehingga mereka dapat menikmati hasil jerih payahnya itu berupa materi dan populeritas.

Orang yang memiliki talenta dibidang tertentu memiliki apa yang disebut “kekuatan fokus”. Berfokuslah pada bidang tertentu untuk sekian lama, maka bidang tersebut dengan sendirinya akan Anda kuasai. Dalam hal ini ada proses pembiasaan dan pengulangan, sebelum dikenal sebagai gitaris handal mungkin Dewa Bujana telah menjalani sepuluh ribu jam memainkan gitar. Begitu pula seorang pilot senior yang mampu menerbangkan pesawat Airbus  A380 (dikenal sebagai Superjumbo) tentu harus memiliki keahlian di atas rata-rata dan jam terbang yang memadai.

Nah, ternyata talenta itu bisa dimiliki oleh siapapun, namun dengan syarat harus fokus pada bidang tersebut, berlatih terus dan terus, sehingga dengan “jam terbang” yang memadai dapat memiliki keahlian atau kepakaran yang mumpuni. Tentukan terlebih dahulu bidang apa yang akan Anda geluti dan gulati ? Jangan banyak rencana, teori, konsep atau wacana, perbanyak praktek, tindakan dan pelaksanan. ( 25 September 2014).

Gambar: 

Berbagai sumber

26 comments:

  1. Semua orang mempunya talenta yang bisa dikembangkan.tergantung orang tersebut tekun atau tidak dalam berlatih dan menggali talenta yang dimiliki

    ReplyDelete
  2. "Talenta itu tidak muncul seketika namun perlu ada proses yang meliputi ketertarikan terhadap bidang tertentu" dari kalimat tesebut membuktikan talenta perlu didikembang snediri oleh masing masing individu, tidak boleh dipaksakan, dan perlu fokus pada bidang yang kita sukai

    ReplyDelete
  3. Ya,saya sependapat bahwa semua orang mempunyai talenta masing-masing.Talenta adalah anugrah yang diberikan tuhan yang maha esa kepada setiap manusia.Yang perlu saya tanyakan adalah,apakah talenta itu sama dengan bakat..?terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Talenta akan terlihat dari kepiawain orang itu sendiri, dan kesuksesan nya akan didapat jika orang itu mau mengasah dan terus mengasah talenta nya sendiri.

    ReplyDelete
  5. Selamat Pagi

    Kita menerima dan memiliki anugrah yang berbeda beda dari Yang Maha Menciptakan Hidup ,Allah SWT .Akan tetapi yang menentukan jalan sukses kita adalah bagaimana kita memperlakukan anugrah anugrah Nya tersebut secara optimal .

    1. Optimal dalam menggali dan menemukannya dari dalama diri.

    Memang ada begitu banyak perangkat

    khusus yang bisa digunakan untuk menggali dan menemukan potensi diri.Yang paling populer dikalangan praktisi pengembangan SDM adalah Test Potensi Diri. Ideal memang kalau berusaha menemukan potensi diri dangn beragam Test Potensi Diri tersebut . Akan tetapi tanpa test potensi diri seperti itupun , seseorang sesungguhnya bisa menggali dan menemukan potensi dirinya dengan cara memanfaatkan secara optimal pengalaman beraktifitas diberbagai bidang kehidupan lewat proses MENGENDUS POTENSI DIRI.
    2. Optimal dalam mengelola dan mengembangkannya.

    Langkah pertama diatas hanyalah memotret diri untuk bisa mendapatkan peta objektif kondisi terkini diri.Pengelolaan dan Pengembangan terhadap potensi diri tersebutlah yang akan menentukan perbedaan hasil diantara orang orang yang milikinya

    3. Optimal dalam mendayagunakannya.

    Potensi diri yang berhasil diolah dan dikembangkan menjadi kemampuan dan keahlian diri hanya akan punya arti penting dan mulya jika ia didayagunakan selain untuk kepentingan diri sendiri ,juga untuk kepentingan orang lain

    Secara bijak pakar pengembangan SDM mengatakan :”Sukses merupakan cerminan dari siapa diri anda bukan dari apa yang anda miliki.Orang sukses bekerja keras untuk menemukan talenta terbaiknya, kemudian mengembangkan talenta tersebut , dan menggunakan talenta tersebut bagi keuntungan orang lain dan dirinya sendiri “.Tom Morris

    Tuhan telah mencipta kita dalam sebaik baik kejadian,maka hal terpantas yg harus kita lakukan adalah MELAKUKAN YG TERBAIK dalam hidup ini.
    Kita semua diberkati Tuhan dengan talenta atau bakat yang berbeda-beda dan unik. Setiap kita memiliki kelebihan dan kekuatan yang jika dapat kita latih dan kita kembangkan untuk semakin didayagunakan, sehingga akhirnya kita dapat menjadi terbaik dengan talenta yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Hal terpenting dalam seluruh kehidupan kita adalah menemukenali kekuatan atau talenta yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Pencarian atau penemuan talenta seseorang mungkin memerlukan waktu bertahun-tahun, bahkan kadang-kadang banyak dari kita tidak pernah menyadari apa sesungguhnya talenta kita. Bahkan kita sering membandingkan kelemahan atau kekurangan kita dengan kelebihan atau kekuatan orang lain. Tentu saja hal ini tidak adil sama sekali kepada diri kita sendiri.
    Seorang Joyce Meyer mengungkapkan "If you want to see your potential developed to its fullness, don't wait until everything is perfect. Do something now."

    Kita semua diberkati Tuhan dengan talenta atau bakat yang berbeda-beda dan unik. Setiap kita memiliki kelebihan dan kekuatan yang jika dapat kita latih dan kita kembangkan untuk semakin didayagunakan sehingga akhirnya kita dapat menjadi terbaik dengan talenta yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Hal terpenting dalam seluruh kehidupan kita adalah menemukenali kekuatan atau talenta yang sudah Tuhan berikan kepada kita.
    Pencarian atau penemuan talenta seseorang mungkin memerlukan waktu bertahun-tahun, bahkan kadang-kadang banyak dari kita tidak pernah menyadari apa sesungguhnya talenta kita. Bahkan kita sering membandingkan kelemahan atau kekurangan kita dengan kelebihan atau kekuatan orang lain. Tentu saja hal ini tidak adil sama sekali kepada diri kita sendiri.
    Contoh sederhana adalah misalnya seorang anak memiliki talenta di bidang musik, tetapi dia lemah dalam bidang eksakta. Namun karena ambisi orangtuanya, dia dipaksa untuk mengambil les di bidang matematika. Meskipun akhirnya dia lulus sebagai sarjana bidang akuntansi keuangan misalnya, tetapi dia tidak akan pernah menjadi yang terbaik di bidang tersebut. Dia hanya akan menjadi orang rata-rata.

    Demikian dari saya,terima kasih

    ReplyDelete
  6. talenta memang harus di kembangkan jika memang berpotensi besar pada diri kita banyak orang yang sukses dengan talenta yang dimiliki karena dengan kerja kerasnya sejak dini dan terus berkembang sampai tercapai puncaknya,seperti pemain bola saja misalnya mereka dengan semangat yang tinggi mengembangkan talentanya dan latihan yang terus menerus sejak dini terus kemudian mereka menjadi sepak bola yang handal karena talenta dan bakat yang di miliki terus di asah sejak dini

    ReplyDelete
  7. Banyak orang menerjemahkan talenta sebagai bakat. Dan mereka mengganggap bakat itu bawaan dari lahir, bahkan ada yg menyebutnya sebagai turunan. Benarkah demikian? Seseorang pemain musik yg hebat disebut sebagai orang yg sangat berbakat di bidang musik. Orang yg cakap di suatu bidang disebut berbakat di bidang tersebut. Bagaimana dengan pencopet? Benarkah mereka berbakat sebagai copet? Benarkah bakat mencopet itu bawaan dari lahir? Atau turunan dari orang tuanya?

    ReplyDelete
  8. menurut saya talenta adalah bakat yang terdapat sejak lahir yang harus kita kembangkan dan kita asah supaya dapat menjadi ketrampilan tersendiri dan untuk membawa kita kearah kehidupan yang lebih baik dengan adanya talentayang kita miliki maka peluang untuk pengembangan diri menjadi lbih luas lagi

    ReplyDelete
  9. menurut saya setiap orang selalu memiliki talenta semenjak dia dilahirkan namun talenta tersebut harus diasah terus menerus supaya talenta yang kita miliki dapat berkembang dan terarah dengan baik sehingga orang tersebut dapat mencapai kesuksesan.

    ReplyDelete
  10. Talenta adalah anugrah bakat yang di berikan Tuhan kepada masing-masing hambanya, setiap orang pasti memiliki talenta dan bermacam-macam jenisnya. talenta di dukung juga lingkungan dan orang tua yang membangun karakter/ bakat anak, talenta jika di kembangkan akan menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai. kadang ada beberapa orang yang merasa tidak memiliki talenta namun seseorang yang gigih dan tekun berusaha fokus terhadap apa yang dia sukai itupun bisa jadi bakat atau talenta.

    ReplyDelete
  11. Talenta merupakan bakat individu yang dimiliki seseorang yang berbeda - beda dengan yang lainnya, dalam arti lain talenta adalah bakat yang sudah dikembangkan oleh seseorang sehingga dapat terlihat menonjol pada dirinya. Jika seseorang telah menemukan talenta atau bakat alami pada dirinya, maka akan maksimal pencapaian jati dirinya.

    ReplyDelete
  12. Semua orang memiliki talenta, namun tidak semua dapat tereksplorasi maksimal, tinggal bagaimana cara orang tersebut untuk menggali dan mengembangkan talentanya. Rajin berlatih adalah salah satu cara untuk mengembangkan talenta.

    ReplyDelete
  13. Talenta, Tuhan telah memberikan kita otak dan kemampuan yang sama sejak lahir. tetapi bagaimana kita mengembangkan otak dan kemampuan kiat itu sendiri agar kita mempunyai talenta. karna keberhasilan seseorang dimulai dari dirinya sendiri. orang lain hanya menjadi supporting dan penilai saja. So.. Nothing is impossible in this world, so long as we want to try.

    ReplyDelete
  14. talenta,sama aja dengan bakat,,seseorang berbeda" talentanya,,saya sependapat dengan rahmat saputra bahwa talenta itu pemberian tuhan untuk kita,,talenta itu sendiri bisa berbuah hasil yang maksimal apabila kita tekun n rajin mengolah talenta yang kita punya,,sehingga bisa membuahkan hasil yang maksimal...

    ReplyDelete
  15. Semua orang sudah memiliki talenta atau kelebihan tinggal bagaimana kita menggali talenta nya dengan berlatih dan kerja keras.

    ReplyDelete
  16. Merujuk tentang artikel diatas bahwa talenta bukan lahir dari faktor genetis/keturunan saja melainkan talenta berasal dari kegiatan atau hal yang dilakukan terus menerus tanpa menyerah serta fokus apa yang ingin dia capai maupun dia inginkan talenta bisa dikatakan bakat. Jika talenta tidak terlatih maka talenta tersebut akan terpendam atau hal yang lebih buruk bahkan bisa hilang. Sebagai contoh orang yang melatih talenta, berlatih terus-menerus serta fokus dengan apa yang dia inginkan yaitu agnes monica dari dia bukan siapa-siapa sampai dia terkenal di seluruh dunia.

    ReplyDelete
  17. malam,
    bakat, kemampuan, atau kelebihan yg dimiliki oleh setiap orang sejak lahir, ya itulah talenta. mempunyai talenta bukanlah hal yg biasa, karena tidak semua orang memiliki talenta yg sama.
    talenta juga akan menjadi sia sia ketika seseorang tidak mau berlatih untuk mengembangkan talenta yg dia punya.
    salah satu cara yg harus dilakukan agar talenta sendiri itu berkembang ialah berlatih dan bekerja keras.

    ReplyDelete
  18. talenta adalah kemampuan seseorang yang di miliki manusia sejak lahir ,ada yang langsung nampak dan ada pula yang harus berusaha dengan berlatih dan fokus untuk bisa mengeluarkan talenta tersebut.

    ReplyDelete
  19. Talenta merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap umat manusia untuk menciptakan sebuah hasil karya. Namun yang jadi masalahnya adalah, bagaimana kita mengenali jati diri pribadi kita masing-masing. Sungguh disayangkan apabila talenta yang kita miliki hanya menjadi perhiasan yang tidak kita ketahui letaknya, sedangkan kita tahu bahwa kita memilikinya. Untuk itu mulai dari sekarang kenali talenta yang ada pada diri kita sehingga dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih berharga.

    ReplyDelete
  20. Talenta adalah kemampuan pribadi manusia yang dimiliki sejak ia lahir, dan akan berpengaruh pada masa depannya. Diusahakn jika kita mempunyai talenta asah lah terus kemampuan kita asah terus talenta yang kita miliki.

    ReplyDelete
  21. menurut saya talenta itu bisa digali dengan berlatih dan mencoba hal yang baru. untuk menjdi spesialis tentu harus fokus pada satu bidang yang bener bener kita senangi.

    ReplyDelete
  22. Talenta itu tidak bisa didapatkan secara instant, seseorang yang dikatakan mempunyai talenta ialah seseorang yang dalam prosesnya telah bersungguh-sungguh dan fokus terhadap apa yang ia inginkan. ketika kita ingin mempunyai talenta di bidang kita(dalam bidang teknik) maka kita juga harus fokus untuk menekuni bidang tersebut agar kita mempunyai talenta yang hebat dan baik. Jadi telenta bisa dikembangkan dalam diri kita melalui ketertarika.

    ReplyDelete
  23. Talenta atau bakau seseorang memang berbeda-beda, tetapi sebuah talenta akan amat sangat berarti jika terus digali dan dipahami sebuah talenta tersebut.

    ReplyDelete
  24. talenta atau bakat ada pada diri setiap manusia tetapi tidak dengan cara instant jika kita mempunyai talenta atau bakat kita harus bersungguh-sungguh dan fokus dengan apa yang mau kita capai atau diinginkan

    ReplyDelete
  25. talenta atau bakat ada pada diri setiap manusia tetapi tidak dengan cara instant jika kita mempunyai talenta atau bakat kita harus bersungguh-sungguh dan fokus dengan apa yang mau kita capai atau diinginkan

    ReplyDelete
  26. @D07-Ak5hmad, @ Tugas A05

    Talenta merupakan suatu kemampuan yang di miliki oleh setiap manusia untuk menciptakn sebuah karya .Setiap manusia dibenamkan talenta oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalani kehidupan sehari-hari.Tergantung peribadi masing-masing orang dalam mengembangkan talenta dengan bersungguh-sungguh dan serius.Talenta juga menentukan sukses ataupun tidaknya mereka .

    ReplyDelete