.

Sep 4, 2014

Persiapan Kabupaten Cilangkahan

KangAtepAfia.com - Kabupaten Cilangkahan merupakan rencana pemekaran dari Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Wilayah Kabupaten Cilangkahan meliputi 10 dari 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak, meliputi Bayah, Cibeber, Wanasalam, Banjarsari, Cigemblong, Cijaku, Malingping, Cihara, Panggarangan dan Cilograng.
Luas wilayah Kabupaten Cilangkahan mencapai 1.488,44 km2 atau sekitar 48,89 persen dari luas Kabupaten Lebak, dengan jumlah penduduk 420.129 jiwa (tahun 2012) atau sekitar 33,89 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Lebak. Calon ibukota Kabupaten Cilangkahan di Kota Malingping. RUU Pembentukan Kabupaten Cilangkahan telah disetujui DPR.
Pemekaran Kabupaten Lebak menjadi sangat penting mengingat wilayah yang terlalu luas dan termasuk salah satu Kabupaten yang paling luas di Pulau Jawa. Dengan terbentuknya Kabupaten Cilangkahan diharapkan kawasan Lebak Selatan menjadi lebih maju dan dapat mengejar ketertinggalan dari kawasan lainnya. Potensi sumberdaya alam Lebak Selatan cukup berlimpah, mulai dari perikanan dan kelautan, pertambangan, perkebunan, pariwisata, dan sebagainya.

Data dan peta :
http://kpu.go.id/dmdocuments/2_kab_lebak.pdf
http://lebakkab.bps.go.id/index.php?hal=subject&id=11
http://www.dpr.go.id/uu/appbills/RUU_RUU_Tentang_Pembentukan_Kabupaten_Cilangkahan_Di_Provinsi_Banten.pdf

19 comments:

  1. Pembentukan Kabupaten Cilangkahan sangat lah baik. gagasan ini penting dan terealisasinya pemekaran ini akan sangat menguntukna banyak pihak, terutama masyarakat yang terdapat didaerah terpensil, yang jauh dari sarana dan prasarana pemerintahan. dengan adanya pemekaran ini diharapkan masyarakat akan dengan mudah dan gampang mendapatkan akses untuk urusan pemerintahan dan perekonomian juga akan meningkat seiring kesejahteraan meningkat.

    ReplyDelete
  2. Selamat Pagi Pak,

    Cilangkahan adalah desa yang berada di kecamatan Malingping,Kabupaten Lebak,Banten,Indonesia.Pada masa penjajahan Inggris,Cilangkahan menjadi ibukota Banten Kidul.
    Pembentukan daerah otonom baru dibanten yaitu Kabupaten Cilangkahan di wilayah Kabupaten Lebak,Kabupaten Cibaliung,dan Kabupaten Pandeglang akan terlaksana pada 2014.
    Dengan adanya pembentukan Kabupaten Cilangkahan maka akan membuka kemakmuran bagi masyarakat.Proses birokrasi yang biasanya panjang dapat dipersingkat,sedangkan kesejateraan masyarakat dapat diperpanjang.
    Cialngkahan merupakan daerah yang makmur karena mempunyai banyak kekayaan alam.Di Cilangkahan saat ini terdapat sekitar 400 ribu penduduk
    Secara substansial pembentukan Kabupaten Cilangkahan tersirat dalam tujuan otonomi daerah pada UU No.32 tahun 2004 yang meliputi dua tujuan utama yaitu tujuan politik dan tujuan administrasi. Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan
    dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

    Pembentukan Cilangkahan ini, bukan kepentingan segelintir elit melainkan mandate dari warga Banten yang ada di Lebak Selatan. Pembentukan Bakor yang bakala mengantarkan Kabupaten Cilangkahan ini, perwujudan dari mandat warga yang ada di 10 kecamatan di Lebak Selatan. Selain itu, pemekaran daerah secara spesifik diatur dalam PP NO.78 TAHUN 2007 tentang tata cara Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Daerah, sebagai pengganti PP No.129 tahun 2000.
    Dampak positif pemekaran Cilangkahan dari aspek ekonomi, tentunya akan memberi manfaat bagi warga, sentra ekonomi yang hanya berdenyut di perkotaan saja, akan turut lahir di Cilangkahan. Tulangpunggung perekonomian warga yang awalnya pada pertanian, karena terbangunnya daerah otonom baru yang bukan tidak mungkin akan mendiversifikasikan pekerjaan warga mulai dari pertanian, industri, hingga jasa. Apalagi daerah Selatan Cilangkahan adalah pantai yang berpasir bersih yang belum dieksplorasi secara baik. Manakala upaya pemekaran dilakukan, maka akan sangat mungkin mempengaruhi aspek ekonomi warga.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. menurut saya dengan adanya pemekaran wilayah kabupaten cilangkahan sangat berpengaruh positip bagi masyarakat kabupaten tersebut, karena masyarakat dapat mengolah hasil kekayaanya sendiri guna untuk kemakmuran masyarakat kabupaten Cilangkahan

    ReplyDelete
  5. Dengan adanya pemekaran ini sangat baik sekali bagi daerah tersebut karena dengan hal itu maka Pemerintah akan lebih fokus untuk mengembangkan daerah itu menjadi lebih maju dan inovatif sehingga akan berdampak positif dan mampu meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat itu sendiri.

    ReplyDelete
  6. Menurut saya dengan adanya rencana pemekaran di wilayah Kabupaten cilangkah merupakan langkah pemerintah yg sangat tepat sekali mengingat akan potensi dari kekayaan di wilayah tersebut yang amat sangatlah berlimpah,selain merupakan Kabupaten yang paling luas di Pulau Jawa Kabupatn cilangka juga dapat berpotensi sebagai pariwisata yang dapat di kembangkan oleh pemerintah

    ReplyDelete
  7. Menurut saya dengan adanya rencana pemekaran di wilayah Kabupaten cilangkah merupakan langkah pemerintah yang sangat tepat sekali mengingat akan potensi dari kekayaan di wilayah tersebut yang amat sangatlah berlimpah,selain merupakan Kabupaten yang paling luas di Pulau Jawa Kabupatn cilangka juga dapat berpotensi sebagai pariwisata yang dapat di kembangkan oleh pemerintah

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Menurut saya tidak masalah suatu kota memisahkan diri dan membuat kabupatennya sendiri, hal itu di lakukan mungkin selama ini banyak kecamatan yang tidak terurus atau maju karena kabupatennya tidak memiliki jangkauan ya cukup karena terlalu banyak kecamatan yang di urusinya. kadang ada beberapa kecamatan yang menyimpan potensi wisata yang bagus namun tidak terekspos oleh masyarakat karena kurangnya promosi oleh kabupatennya.

    ReplyDelete
  10. Semoga pemekaran ini benar-benar demi kepentingan rakyat dan demi kesejahteraan rakyat. Jangan sampai hanya dijadikan ladang korupsi baru oleh para pemimpin yang tak bertanggungjawab.

    ReplyDelete
  11. menurut saya dengan adanya pemekaran wilayah kabupaten cilangkahan sangat berpengaruh positip bagi masyarakat kabupaten tersebut, karena masyarakat dapat mengembangkan dan mengolah hasil kekayaanya sendiri guna untuk kemakmuran masyarakat kabupaten Cilangkahan.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Menurut saya dengan adanya pemekaran wilayah kabupaten cilangkahan mempunyai dampak positif bagi masyarakat tersebut,karena masyarakat bebas untuk mengolah hasil SDA nya untuk pendapatan kabupaten Cilangkahan.

    ReplyDelete
  14. Tidak ada salahnya untuk pembentukkan Kabupaten Cilangkahan yang merupakan rencana dari pemekaran Kabupaten Lebak, mengingat wilayah Lebak terlalu luas. Dengan terbentuknya Kabupaten Cilangkahan merupakan sesuatu yang positif karena pemerintah dapat lebih fokus dalam proses pembangunan apalagi ditambah sumber daya alam yang sangat melimpah di wilayah Cilangkahan sehingga dapat digunakan dengan optimal yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

    ReplyDelete
  15. Sangatlah baik jika adanya pemekaran wilayah dengan membentuk kabupaten karena dengan itu masyarakat disekitarnya dapat megolah sumber daya yang lebih banyak lagi.

    ReplyDelete
  16. pemekaran daerah ini banyak memiliki dampak yang baik,misalnya dengan pemekaran wilayah menjadikan suatu daerah menjadi lebih terkontrol sehingga kesejahteraan masyarakat lebih di perhatikan.
    Dengan pemekaran daerah ini juga mempersempit ruang bagi para oknum pemerintahan yang ingin bermain proyek/korupsi karena wilayah yang tidak terlalu luas sehingga memungkinkan pengawasan yang lebih ketat.

    ReplyDelete
  17. jika melihat bakal kecamatan yang masuk di kabupaten cilangkahan memng sangat menarik , di situ banyak beberpa tempat wisata yang pernah saya kunjungi , sebenarnya dengan sedikit perhatian dari pemerintah , taraf hidup untuk warga di situ bisa menjadi sangat meningkat , bisa menghasilkan banyak lapangan pekerjaan baru mengingat luar biasanya pesona khususnya wisata di daerah tersebut

    ReplyDelete
  18. pemakaran daerah ini banyak memiliki danpat yang positif sehingga suatu daerah menjadi lebih terkontrol sehingga kesejahteraan masyarakat lebih di perhatikan.dengan adanya pemakaran daerah ini bisa membuat para oknum pemerintahan yang ingin korupsi mempersempit mereka dalam melakukanya wilayah yang tidak terlalu luas sehingga memungkinkan kita untuk lebih ketat dalam pengawasan

    ReplyDelete
  19. pemakaran daerah ini banyak memiliki danpat yang positif sehingga suatu daerah menjadi lebih terkontrol sehingga kesejahteraan masyarakat lebih di perhatikan.dengan adanya pemakaran daerah ini bisa membuat para oknum pemerintahan yang ingin korupsi mempersempit mereka dalam melakukanya wilayah yang tidak terlalu luas sehingga memungkinkan kita untuk lebih ketat dalam pengawasan

    ReplyDelete