Aug 19, 2013

Negara Bagian Washington dan Washington DC

Oleh : Atep Afia Hidayat – Berbeda halnya dengan New York City yang merupakan region yang berada di negara bagian New York, maka antara negara bagian Washington dengan Washington DC tidak ada kaitannya, bahkan lokasinya ribuan kilometer. Jarak antara kota Olympia, ibukota negara bagian Washington dengan Washington DC mencapai 4.511 km. Sedangkan jarak antara kota Seattle, kota terbesar di negara bagian Washington dengan Washington DC mencapai 4.446 km (bandingkan jarak antara Jakarta dan Surabaya yang hanya 792 km).


Negara bagian Washinton berada di barat daya negara Amerika Serikat, berbatasan dengan negara Kanada di sebelah utara, serta negara bagian Oregon di sebelah selatan dan Idaho di sebelah timur. Adapun Washington DC terletak di antara negara bagian Maryland dan Virginia di sisi timur Amerika Serikat.

Negara bagian Washington memiliki luas wilayah 184,827 km2, dengan jumlah penduduk 6,9 juta jiwa (tahun 2012), berarti memiliki kepadatan penduduk hanya 39,6 jiwa per km2. Bila dibandingkan dengan Provinsi Jawa Barat di Indonesia, berarti luas wilayahnya mencapai 5,25 kali Jawa Barat, sedangkan jumlah penduduknya hanya 0,16 kali penduduk Jawa Barat. Elevasi daratan di negara bagian Washington mulai dari ketinggian nol dpl di pesisir pantai (Samudera Atlantik) sampai ketinggian 4.392 m dpl (Mount Rainer). 

Selain Olympia sebagai ibukota negara bagian Washington, yang memiliki luas 46,2 km2 dan berpenduduk 48 ribu jiwa (tahun 2012),  di negara bagian ini terdapat beberapa kota lainnya, seperti Seattle, sebagai kota terbesar yang memiliki luas 217,4 km2 dengan jumlah penduduk 635 ribu jiwa Tahun 2012); berikutnya Spokane (153,5 km2 dan 210 ribu penduduk), Tacoma (128,8 km2 dan 202 ribu penduduk), Vancouver (120,3 km2 dan 166 ribu penduduk), serta puluhan kota lainnya.

Negara bagian Washington dihuni oleh penduduk dari berbagai ras, sekitar 20,7 persen merupakan keturunan Jerman, Irlandia (12,6 persen), Inggris (12,3 persen), Spanyol (8,2 persen), Norwegia (6,2 persen), Perancis (3,9 persen), dan sebagainya. Lebih jauh mengenai negara bagian Washington kunjungi access.wa.gov dan en.wikipedia.org.


View Larger Map

Washington DC (District of Columbia) merupakan ibukota negara Amerika Serikat, memiliki luas wilayah 177 km2 meliputi 159 km daratan dan 18 km perairan, berada pada ketinggian tempat antara 0 – 125 m dpl.  Washington DC (federal district)  dihuni oleh 632 ribu penduduk, berarti kepadatan penduduk mencapai 3.977 jiwa  km2 (bandingkan dengan kota Bandung di Indonesia yang jumlah penduduknya sudah mencapai 2.4 juta jiwa, dengan kepadatan sudah mencapai 14.255 jiwa/km2).

Beberapa kawasan di Washington DC antara lain Downtown, Southwest Federal Center, Washington Navy Yard, Southwest Washington, Barry Farm, Douglass, Congres Heights, Washington Highlands, Near Northesat, Kingman Park, Greenway, American University Park, Brightwood, dan sebagainya.  

Wilayah Washington DC berbatasan dengan Montgomery County (negara bagian Maryland) di sebelah barat laut, Prince George's County (Maryland) di sebelah timur, serta Arlington dan Alexandria (negara bagian Virginia), di sebelah selatan dan barat.

Lebih jauh mengenai Washington DC silahkan kunjungi dc.gov dan en.wikipedia.org. (Atep Afia) 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.