.

Aug 14, 2013

Daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

dikti.go.id

KangAtepAfia.com - Keberadaan perguruan tinggi (PT) menjadi semakin penting untuk menopang pembangunan bangsa dan negara. Setiap PT seharusnya menjadi agen perubahan dan kemajuan di tengah-tengah masyakat sekitarnya, jangan sampai keberadaannya hanya menjadi menara gading yang "dingin" dengan lingkungan sekitar. Menurut situs dikti.go.id , saat ini jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia ada 98, meliputi universitas, institut, sekolah tinggi dan politeknik, tersebar di 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Daftar Perguruan Tinggi negeri

16 comments:

  1. PTN di Indonesia biaya kuliahnya menurut saya murah, akan tetapi masih ada PTN di Indonesia yang biaya kuliahnya mahal. Menurut saya itu disebabkan oleh subsidi pemerintah yang rendah yang mengakibatkan pihak universitas langsung memungut biaya kepada mahasiswa yang cukup mahal sebut saja Universitas Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya perguruan tinggi negeri di indonsia masih kurang karena dengan jumlah penduduk indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta orang PTN ( pergurguruan tinggi negeri ) masih sangat minim ,dan untuk di daerah-daerah juga belum banyak sehingga para pelajar dan mahasiswa berbondong-bondong ke kota besar untuk masuk ke perguruan tinggi negeri tersebut.

      Delete
  2. Menurut saya PTN di indonesia ini sudah cukup banyak,hanya biaya kuliah di PTN ini masih agak berat untuk warga negara indonesia yang perekonomiannya masih belum berkembang,maka dari itu pemerintah harus berperan dalam ini agar pendidikan indonesia bisa berkembang...

    ReplyDelete
  3. Asalamualaikum wr.wb

    Selamat Malam Pak,


    Perguruan tinggi tidak hanya bertugas menerapkan pengetahuan yang ada terhadap masalah-masalah. Namun juga bertugas untuk menambah cadangan pengetahuan yang ada, mengembangkan struktur teoritis yang menjadikan pengetahuan baru yang mempunyai makna, dan mampu menunjukkan arah-arah penelitian lebih lanjut.


    Perguruan tinggi oleh sementara orang dimaknai semakin sederhana, yaitu hanya digunakan untuk mendapatkan gelar akademik. Seseorang masuk ke perguruan tinggi seharusnya bermaksud agar yang bersangkutan kelak menjadi ilmuwan sesuai dengan bidang yang diminatinya


    Tri dharma perguruan tinggi, akan menyumbang tata nilai estetika dalam peradaban bangsa. Perguruan tinggi merupakan salah satu subsistem pendidikan nasional yang tidak dapat dipisahkan dari subsistem lainnya baik di dalam maupun di luar system pendidikan. Keberadaan perguruan tinggi dalam keseluruhan kehidupan berbangsa dan bernegara, mempunyai peran yang sangat besar.Peran perguruan tinggi sangatlah diharapkan, perguruan tinggi harus menjalankan tri darmanya untuk mewujudkan generasi pemimpin masa mendatang yang cerdas dan bermoral.


    Perguruan tinggi harus mampu memberdayakan proses pendidikan yang sedemikian rupa agar seluruh mahasiswanya berkembang menjadi lulusan yang berkualitas dan memiliki kompetensi paripurna secara intelektual, profesional, sosial, moral dan personal. Pendidikan merupakan wujud bakti perguruan tinggi untuk bangsa.


    Perguruan tinggi yang hebat akan bagaikan mercusuar di tengah lautan yang luas. Perannya adalah memancarkan sinar yang diperlukan oleh siapapun yang sedang mengalami kegelapan di tengah lautan.


    Selama ini sementara perguruan tinggi memang, bentuk kegiatannya masih terbatas. Setiap musim penerimaan mahasiswa baru, sibuk mempromosikan diri agar didatangi calon mahasiswa sebanyak-banyaknya, menyelenggarakan kuliah, mengurus tugas akhir mahasiswa, ujian, dan mewisuda lulusannya.


    Perguruan tinggi disebut hebat manakala jumlah peminat masuk jauh lebih banyak dari yang diterima, sanggup menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai, jumlah dosen cukup, dan mahasiswa bisa lulus dan diwisuda tepat waktu. Selain itu, ukuran keberhasilan lainnya adalah seberapa lama lulusannya mendapatkan pekerjaan.


    Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab yang besar mengingat perguruan tinggi memiliki peran dan strateginya dalam memanusiakan manusia, maka perguruan tinggi tidak bisa lepas dari tuntutan dan tantangan zaman. Kemajuan IPTEK dewasa ini muntun perguruan tinggi untuk slalu kreatif dan inofatif dalam mengembangkan kemampuan dan menciptakan karya-karya yang dapat di pergunakan untuk menghadapi tren globalisasi


    Demikian dari saya,terima kasih

    TYO

    ReplyDelete
  4. Menurut saya Pemerintah harus lebih serius menangani persoalan ini yaitu pendidikan ,yang keberadaannya sangat penting karena menentukan masa depan indonesia kedepan.PTN dan PTS harus lebih di perbanyak seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk di indonesia,selain itu pemerintah juga memberikan pelyanan - pelayanan infrastruktur yang baik contohnya jalan,agar semua daerah -daerah kecil tidak terisolir.Sekian terimakasih.

    ReplyDelete
  5. saya pernah sekali daftar masuk ke PTN tapi bukan masalah biaya yang jadi penghambat namun persaingan yang ketat,dulu sekitar 2000 calon yang daftar namun yang diterima hanya 31.
    jadi seharusnya negri ini membuka PTN lebih banyak untuk menjadi unggulan di negeri lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka dari situ, mengapa PTN unggulan sangatlah diminati oleh banyak orang dan hanya membuka sedikit untuk bangku yang tersedia, karena dia mementingkan kualitas lulusan tersebut dibandingkan kuantitas. Mungkin ini cerminan kita agar selalu untuk bisa menjadi bibit masa depan yang memiliki bekal yang sangat dibutuhkan ketika lulus dari perguruan tinggi tersebut

      Delete
  6. PTN memang menjadi impian para lulusan SMA yang memang ingin melanjutkanke jenjang yang lebih tinggi selanjutnya, banyak yang harus dipersiapkan untuk dapat masuk ke PTN tersebut, dari segi materi, akademis, psikis, dan banyak lainnya

    ReplyDelete
  7. persaingan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri di indonesia sangatlah ketat, ini dikarenakan kapasitasnya masih terlalu sedikit untuk menyamai permintaan yang ada. oleh karena itu pemerintah harus mengambil langkah yang cepat dengan mendirikan perguruan tinggi negeri yang baru.

    ReplyDelete
  8. PTN hingga saat ini masih menjadi kampus favorit bagi mahasiswa baru namun persaingan yang ketat hatus ditempuh sebelum masuk perkuliahan ,ini berguna untuk mendapatkan mahasiswa yang benar-benar berkualitas.

    ReplyDelete
  9. jika PTN menjadi semakin penting untuk menopang pembangunan bangsa dan negara, ada baiknya pemerintah menambah kampus PTN di wilayah yang belum terdapat kampus tersebut sehingga masyarakat tidak perlu keluar kota.

    ReplyDelete
  10. Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab yang besar mengingat perguruan tinggi memiliki peran dan strateginya dalam memanusiakan manusia, maka perguruan tinggi tidak bisa lepas dari tuntutan dan tantangan zaman. Kemajuan IPTEK dewasa ini muntun perguruan tinggi untuk slalu kreatif dan inofatif dalam mengembangkan kemampuan dan menciptakan karya-karya yang dapat di pergunakan untuk menghadapi tren globalisasi

    ReplyDelete
  11. Mungkin perlu di tambahkan PTN di indonesia dengan tujuan bisa membantu pemuda dalam hal mewujudkan pendidikan berkualitas terjangkau tapi tidak murahan. Selain itgu mungkin perlu juga di adakan kerjasama antara pemerintah dengan yayasan pengelola PTS sehingga dengan banyaknya PT yang di kelola pemerintah akan semakin membuat pemuda tersadar bahwa pemerintah serius dalam membuat pendidikan indonesia lebih baik.

    ReplyDelete
  12. dengan sedikitnya PTN di indonesia apakah mungkin pendidikan di indonesia akan berkembang dan bisa bersaing dengan negara negara lain di dunia? harusnya pemerintah lebih serius lagi dalam mengembangkan pendidikan dengan membangun PTN yang baru demi kemajuan bangsa ini

    ReplyDelete
  13. PTN di Indonesia masih sangat sedikit bila di banding dengan jumlah PTN di negri tetangga. bila pemerintah ingin memajukan pendidikan Indonesia langkah nyata yang perlu di lakukan dengan membangun secara merata PTN di berbagai daerah.

    ReplyDelete
  14. Aam Komalasari
    @A17-AAM

    Sekarang ini PTN di Indonesia sudah cukup banyak, diharapkan Perguruan Tinggi tersebut dapat meningkatkan kualitas mahasiswa didalamnya dan menjadikan mahasiswa yang aktif dalam segala hal bukan hanya dalam akademik nya saja, tapi dalam berbagai hal. Tak mau kalah, sekarang di Indonesia sudah banyak Perguruan Tinggi Swasta yang kualitasnya tak kalah saing dengan PTN. Dimanapun Perguruan manapun kita menuntut Ilmu, kita berpeluang yang sama untuk mencapai kesuksesan dengan cara yang berbeda.

    ReplyDelete