.

Apr 20, 2013

Mengembangkan Web Blog Edukasi


Oleh Atep Afia Hidayat - Keberadaan teknologi internet sangat menunjang proses belajar mengajar. Melalui keberadaan internet pencarian referensi belajar menjadi dipermudah, tersedia kapan saja dan dapat diakses dimanapun. Sebagian materi belajar sudah tersimpan dalam data base global dan pencariannya menjadi sangat mudah dengan keberadaan mesin pencari (search engine).  Anda kuliah di program studi apa, ada tugas mata kuliah apa, tinggal ketik kata kunci, maka berbagai pilihan pun tersedia.

Persoalannya budaya copy paste (Copas)  menjadi sangat dipermudah. Untuk pembuatan tugas tinggal copy sana copy sini, permak, maka jadilah  satu makalah. Untuk menyikapi hal tersebut maka mau tidak mau dosen atau guru (pengajar) wajib melek teknologi informasi. Ada baiknya tugas tidak lagi dalam bentuk hard copy, apalagi sampai dijilid lengkap dengan plastiknya. Untuk memudahkan pendeteksian copas sebenarnya sangat sederhana, yaitu tugas dalam bentuk sof copy, bisa melalui compact disc (CD) atau dikirim melalui email.

Tinggal cuplik beberapa kalimat (copy), lalu di kolom pencarian (misalnya dengan mesin pencarian Google) di-paste-kan. Jika kalimat tersebut hasil Copas, maka mesin pencari akan menemukan beberapa kalimat serupa dari berbagai situs yang berbeda.

Keberadaan teknologi web blog perlu dimanfaatkan secara optimal, apalagi disediakan secara gratis seperti di blogspot dan wordpress. Tugas yang diberikan oleh pengajar bisa dikerjakan para peserta belajar dengan menggunakan web-blog, tidak lagi memanfaatkan kertas. Dengan adanya sistem pembelajaran berbasis paperless ini, maka secara langsung akan mendukung gerakan peduli lingkungan (go green).  

Lantas, bagaimana membuat web-blog edukasi ? Saat ini begitu mudah, dengan panduan berbahasa Indonesia siapapun akan segera menyukainya. Setelah itu tinggal posting tugas secara rutin, semua mata kuliah bisa menggunakan hanya satu web-blog. Karena sifatnya online, maka pengajar akan mudah memberikan koreksi darimana dan kapan pun.

Keberadaan web-blog edukasi  juga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, karena pengunjung blog tidak hanya pengajar dan peserta belajar. Hal ini secara langsung berarti turut memberikan edukasi bagi masyarakat luas. (Atep Afia/KangAtepAfia.com) 

1 comment:

  1. sangat setuju sekali dengan hal tersebut, selain mengurangi penggunaan kertas untuk mendukung gerakan go green. cara ini sangat efisien dan modern. haruslah teknologi dan dunia informasi digunakan semaksimal mungkin secara hal tersebut positif dan berguna. hal ini akan mempermudah pengajar dan murid dalam kegiatan belajar mengajar tanpa dibatasi ruang dan waktu.

    ReplyDelete