.

Apr 20, 2013

Gerakan Langkah Hijau

Oleh : Atep Afia Hidayat - Gerakan Go Green saat ini semakin meluas, baik di tataran konsep maupun pelaksanaan. Ya, Go Green merupakan upaya bersama untuk menyelamatkan kondisi Planet Bumi yang kondisinya makin mengenaskan. Planet Bumi idealnya menjadi ekosistem yang ideal untuk kehidupan manusia dan mahluk Bumi lainnya, namun tampaknya kondisi yang terjadi justru makin banyak manusia yang berperan dalam pengrusakan lingkungan.

Kerusakan lingkungan terjadi di seluruh penjuru Planet Bumi, baik di Eropa, Afrika, Asia, Amerika maupun Australia, bahkan di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Kerusakan lingkungan bukan lagi menjadi persoalan seseorang, satu kampung, satu kota atau satu negara, namun satu planet. Tujuh miliar manusia yang menghuni Planet Bumi kehidupannya akan terusik dan makin terusik jika Gerakan Go Green gagal dijalankan.

Beragam motif pengrusakan lingkungan menimbulkan efek yang spesifik, ada yang pengaruhnya bersifat lokal ada juga yang global. Sebagai contoh penebangan pohon di hutan dengan tidak terkendali, maka akan menimbulkan pengaruh lokal mulai dari banjir, longsor, dan sebagainya.

Sedangkan pengaruh global ialah terhadap perubahan iklim global. Bagaimanapun hutan di manapun keberadaannya berperan sebagai paru-paru-nya Bumi. Bagaimana jadinya jika organ paru-paru itu makin rusak dan menjadi kronis, maka pernafasan pun menjadi sulit dilakukan. Bumi menjadi sesak nafas, Bumi pun terancam sakit parah, koma bahkan mati. Matinya Planet Bumi berarti berhentinya berbagai proses dan reaksi yang terjadi di dalamnya, dengan kata lain berarti berhentinya kehidupan umat manusia secara kesleuruhan. Memang masih ada kemungkinan untuk migrasi ke Planet Lain, namun peluangnya sangat kecil. Boleh dikatakan tempat tujuan dan teknologi transportasinya belum jelas.

Tidak ada pilihan lain, langkah hijau harus dilaksanakan oleh siapapun yang menjadi warga Bumi. Mulai dari menghemat penggunaan energi fosil (bensin seperti premium dan pertamax, minyak tanah, minyak solar, minyak bakar, avtur, avgas dan sebagainya). Caranya, kurangi frekuensi bepergian dengan kendaraan yang menggunakan BBM, gunakan sepeda atau sering jalan kaki. Penggunaan BBM sebagai sumber energi terpenting secara perlahan harus mulai dialihkan dengan menggunakan beragam jenis energi terbarukan, seperti energi surya, energi angin, energi air, bioenergi, dan sebagainya.

Langkah hijau mulai diterapkan dari kehidupan diri sendiri, terutama dengan membangun habit hijau, yaitu berperilaku, persikap dan berkebiasaan hijau, atau menjalani langkah-langkah kehidupan dengan mengutamakan kepentingan lingkungan. Sebagai contoh, jika tidur di kamar matikan lampu, gunakan kipas angin atau AC seperlunya, usahakan memiliki kamar tidur atau rumah tinggal dengan ventilasi yang mencukupi dan memaksimalkan penerangan matahari ke dalam ruangan.

Ya, apapun yang dilakukan, tampaknya langkah hijau menjadi semakin penting. Supaya kehidupan di Planet Bumi bisa berkelanjutan dalam situasi dan kondisi yang nyaman bagi siapapun. (Atep Afia/KangAtepAfia.com)

19 comments:

  1. Saya setuju dengan GO GREEN lahan lahan yang ada di negara ini akan semakin terpelihara. Berbagai kerusakan akan semakin berkurang, Selain itu, dengan go green menyadarkan kita bahwa perhatian kita kepada lingkungan berupa menjaganya bukan merusaknya. Menjadikan bumi menjadi lebih indah, mengurangi dampak dari global warming, serta membantu menyelamatkan bumi kita. Sudah banyak, kampus kampus di Indonesia yang sudah menerapkan go green. Seperti : Universitas Mercu Buana, Universitas Indonesia, dll.

    ReplyDelete
  2. Efek global warming semakin hari semakin terasa. Penghijauan merupakan cara terbaik untuk mengurangi hal tersebut. Ya saya setuju dengan pernyataan Bapak di atas bahwa kita sebagai warga Bumi memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan langkah hijau. Namun yang menjadi kendala saat ini mungkin semakin berkurang nya lahan untuk penghijauan itu sendiri. Bahkan sekarang lahan yang berpotensi untuk dijadikan sebagai lahan untuk penghijauan tersebut malah dijadikan sebagai tempat untuk pembangunan perumahan, pertokoan dan sebagainya. Menurut saya lebih baik kita mulai gerakan langkah hijau ini dari lingkungan terdekat. Seperti misalnya halaman rumah kita yang bisa ditanami dengan pepohonan, misalnya pohon mangga, rambutan dan sebagainya. Karena selain rumah kita menjadi sejuk, buah-buahan yang dihasilkan juga bisa kita manfaatkan. Atau apabila tidak ada lagi lahan dirumah kita, kita bisa mulai menanam di pinggir-pinggir jalan, di pinggir lapangan atau tempat umum disekitar kita.

    ReplyDelete
  3. Kita sebagai khalifah bumi hendaknya berprinsip untuk memulai suatu gerakan berperilaku, bertindak, dan berkebiasaan "hijau", saya setuju itu. Kita harus terlebih dahulu melakukan kesadaran diri sendiri akan kepentingan lingkungan sekitar, terkhusus lingkungan di dalam rumah kita sendiri. Hal-hal sekecil pun, seperti kurang adanya penghijauan di halaman sekitar teras rumah, itu pun bisa dikatakan kita tidak perduli terhadap kondisi bumi saat ini dan merasa acuh dengan gerakan Go Green yang dicanangkan di setiap daerah. Selain itu, menurut saya akan menjadi lebih baik jika dilakukan penghematan pemakaian kendaraan bermotor dan sebaiknya dialihkan dengan berjalan kaki dan bersepeda, seperti program CFD atau jalan sehat. Kemudian yang paling penting, di zaman sekarang ini sudah maraknya perindustrian di kota-kota kecil atau pedesaan yang dimana pengalihan fungsi lahan hijau menjadi fungsi pembangunan mall, property, perindustrian, dan lain-lain yang menurut saya itu sama saja bunuh diri, bunuh mereka, dan bunuh kita yang masih berdomisili di bumi ini. Tentu kita tidak ingin bumi menjadi kadaluarsa karena ulah dari kita sendiri, bukan?

    ReplyDelete
  4. Saya setuju dengan artikeldia atas. Tidak ada pilihan lain, langkah hijau harus dilaksanakan oleh siapapun yang menjadi warga bumi. Tidak esok, tidak pula nanti. Gerakan GO GREEN ini harus dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali dan saat ini juga karena kerusakan bumi yang semakin parah. Cukup dengan memulai untuk menghemat pemakaian energi bbm dan sebagainya. Atau dengan menanam pohon di halaman rumah, atau yang lebih sederhana lagi yaitu mengurangi pemakaian plastik dan mempromosikan gerakan langkah hijau ini di berbagai media social. Pada intinya, gerakan-gerakan sederhana tersebut dapat memberikan dampak positif bagi bumi kita asal kita memang benar-benar melakukannya, bukan hanya ucapan belaka saja.

    ReplyDelete
  5. Gerakan langkah hijau (Go Green) memang sangat diperlukan dalam kelestarian lingkungan saat ini karena dengan kondisi lingkungan yang sangat menghawatirkan yang disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Sehingga menyebabkan dampak buruk bagi kelangsungan makhluk hidup. Maka dari itu gerakan langkah hijau harus di galakkan di sejumlah daerah maupun kota dengan cara sistem yang mengedepankan kehijauan lingkungan serta kelestarian, minimal salah satu tindakan kecil yang harus dilakukan yaitu dengan menanam pohon disekitar rumah sebanyak-banyaknya agar dapat membantu dalam membangun kondisi lingkungan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  6. Perlu kesadaran dari semua pihak untuk melaksanakan gerakan langkah hijau ( Go Green ). Ini adalah upaya yang bagus dimana kita tahu bahwa hutan di dunia sudah pada posisi yang krisis. Kita wajib melakukan penghijauan kembali, benar-benar melakukannya bukan hanya ucapan belaka.

    ReplyDelete
  7. Saya sependapat dengan artikel diatas dengan mengadakan gerakan Go Green, gerakan ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita nanti kelak, melakukan penghijauan atau reoisasi adalah langkah terbaik untuk memperbaiki dan menjaga bumi kita.

    ReplyDelete
  8. gerakan go green sangat baik untuk dilakukan karena bumi sebagai tempat tinggal kita harus kita jaga selayaknya rumah kita sendiri, dimulai dari diri kita sendiri untuar terk menjaga lingkungan yg kita tempati dengan contoh kecilnya kita menanam pohon dipekarangan rumah dan disekitar tempat tinggal kita agar terbebas dari banjir. secara umumnya manfaat dari gerakan go green ini akan menciptakan lingkungan yg nyaman dan yg segar.

    ReplyDelete
  9. Go green bisa terwujud jika semua pihak di muka bumi ikut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan go green. Di bumi ini jumalah hutan semakin berkurang . bahkan ditebang dengan tidak menyisahkan pohon lainnya. Seharusnya lebih di perbanyak lagi menanam pohon .

    ReplyDelete
  10. Berbagai upaya untuk menhijaukan kembali bumi ini telah dilakukan, namun sangatlah terbatas manusia yang berupaya menghijaukan dan mayoritas manusia berperan sebagai perusak lingkungan. Akibatnya adalah kondisi alam yang semakin memburuk karena ulah manusia. Oleh karena itu sangatlah diperlukan kesadaran penduduk bumi untuk mnghijaukan kembali bumi yang telah rusak ini.

    ReplyDelete
  11. Sangat setuju dengan program go green,selain upaya menyelamatkan bumi ini juga upaya hidup sehat untuk manusia dan makhluk hidup lainya,dan juga di dasari atas kesadaran sendiri juga dalam perlakuan tersebut,"kalau bukan kita siapa lagi"

    ReplyDelete
  12. program go green ini sangatlah baik tetapi tidak banyak orang akan perduli terhadap lingkungan , maka dari itu proses penghijauan itu harusnya didasari dari diri sendiri dan perilaku perilaku hidup go green harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari .

    ReplyDelete
  13. Membutuhkan kesadaran diri yang sangat tinggi bahwa manusia tidak hidup sendirian di dunia ini, dan yang terpenting adalah, bahwa semua makhluk hidup di mana manusia termasuk di dalamnya mendiami Bumi sebagai tempat hunian dan tempat bernaung. Untuk itu mari kita dukung gerakan langkah hijau demi terciptanya bumi yang aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  14. Gerakan Langkah Hijau : suatu gerakan atau gebrakan untuk membakitkan jiwa go green atau jiwa cinta lingkungan kepada masyarakat yang saat ini mungkin sudah hilang untuk terciptanya lingkungan hijau bersih dan sehat.

    ReplyDelete
  15. Tipikal watak masyarakat sekarang cenderung apatis, tidak aware terhadap permasalahan mengenai lingkungan. Setidaknya harus ada konsep jitu yang harus merubah sikap apatis menjadi kepedulian, dalam hal ini memang Pemerintah lah yang harusnya bisa memperingati ataupun mensosialisasikan mengenai global warming. Memang dewasa ini apalagi anak muda cenderung hidup dengan gaya hedonis, tak mau ambil pusing pada peristiwa yang terjadi disekitarnya. Konsep Go Green yang kekinianlah yang seharusnya menjadi langkah jitu bagi masyarakat sekarang agar bisa peduli dengan lingkungan.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Global warming sudah menjadi isu yang sampai saat ini orang-orang selalu berusaha mencari solusi nya, saya setuju sekali jika penanggulangan ini seharusnya dimulai dari sendiri, akan tetapi penerapan mind set kepada setiap individu itu merupakan hal yang sulit, seharusnya pemerintah membuat suatu program khusus untuk edukasi terhadap masalah ini, dan diterapkan juga dalam lingkungan sekolah, supaya setiap individu sudah terbiasa dari kecil ditanami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, jika sudah terbiasa menjaga kelestarian dari kecil, bukan tidak mungkin, dampak global warming bisa berkurang dengan signifikan

    ReplyDelete
  18. gerakan langkah hijau, semangat baru agar kita lebih cinta dengan lingkungan, untuk hasil lingkungan yang sehat, bersih, dan nyaman tanpa ada pemandangan atau bau bau yang mengganggu kenyamanan

    ReplyDelete
  19. Lingkungan yang bersih, sejuk dan nyaman adalah dambaan semua orang. Ini semua dapat terealisasikan apabila semua pihak berpartisipasi dan bekerjasama menciptkannya. Salah satu contohnya adalah gerakan hijau. Gerakan hijau ini dapat kita mulai dari diri kita sendiri, misalnya dengan cara menanam pohon-pohon, bunga-bunga di sekitar lingkungan rumah kita, dan mengurangi pemakaian barang-barang yang menimbulkan polusi dan pencemaran lingkungan.

    ReplyDelete