.

Apr 23, 2013

Menelusuri Bahasa Di Dunia

Oleh : Atep Afia Hidayat - Menurut M. Paul Lewis dalam bukunya Ethnologue – Language of the World yang diterbitkan tahun 2009 dan tersedia dalam versi web, setidaknya terdapat 6.909 bahasa yang ada di seluruh pelosok Planet Bumi. Bahasa sebanyak itu tersebar di Afrika 2.110; Amerika 993; Asia 2.322; Eropa 234; dan Pasifik 1.250, digunakan oleh hampir enam milyar manusia.

Buku tersebut mengungkapkan, bahwa bahasa terbesar di dunia ialah kelompok Bahasa Cina dituturkan oleh lebih dari 1,213 milyar orang. Bahasa Cina digunakan di 31 negara, meliputi 12 macam bahasa, mulai dari Mandarin (yang terbesar); Wu; Yue, Mi Nan; Jinyu, dan sebagainya. Berikutnya Bahasa Spanyol (329 juta penutur di 44 negara); Inggris (328 juta di 112 negara); Arab (221 juta di 57 negara); dan Bahasa Hindi (182 juta di 20 negara). Hal yang menarik menurut buku tersebut Bahasa Jawa menempati urutan ke 11 dengan 84,6 juta penutur dan digunakan di lima Negara. Sedangkan Bahasa Sunda menempati peringkat 31 digunakan 34 juta penutur. Daftar Bahasa dengan lebih dari 3 juta orang penutur dapat dilihat  di sini.

Jumlah bahasa di Indonesia mencapai 722, menempati peringkat kedua di dunia setelah Papua New Guinea (830); peringkat ketiga Nigeria (521); peringkat keempat India (445); dan kelima Amerika Serikat (364). Daftar lengkap jumlah bahasa di setiap negara di sini.

Bagaimana cara menjelajah keberadaan bahasa di Indonesia di sini. Lantas cara menelusuri bahasa yang ada di Asia bagaimana ? Ya di sini. Kalau di seluruh dunia ? Ya di sini. Semoga bermanfaat. (Atep Afia)         

2 comments:

  1. Bahasa adalah alat pemersatu bangsa memang menarik untuk ditelusuri. Di Indonesia saja terdapat berbagai macam bahasa di setiap daerahnya, bayangkan jika tidak ada bahasa Indinesia sebaga bahasa pemersatu, mungkin kita dalam negeri sendiri akan sulit untuk berkomunikasi. Namun tidak akan ada masalah bila orang sesame daerah menggunakan daerahnya masing-masing, tetapi itu akan sangat menggangu bila ada teman yang tidak mengerti bahasa yang kita gunakan. Jadi penggunaan bahasa daerah harus digunakan pada orang dan saat yang tepa pula. Agar tidak menimbulkan kecurigaan bagi yang lain yang tidak mengerti bahasanya. Gunakan Bahasa Indonesia itu lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Bintang Pamungkas
    @E10-Bintang, @Tugas B05
    Jangankan bahasa didunia, bahasa yang ada di Indonesia saja sangat banyak karena setiap suku di Indonesia memiliki bahasa daerahnya sendiri. Tetapi dengan adanya perbedaan bahasa tersebut lantas tidak harus ada perpecahan dan permusuhan diantara kita. dengan adanya perbedaan membuta kita bisa saling menghargai satu sama lain.

    ReplyDelete