.

Jul 16, 2016

Menelusuri Kota-kota Di Kabupaten Bogor

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kabupaten Bogor memiliki posisi yang sangat strategis, terutama sebagai penyangga megapolitan Jakarta sebagai ibukota negara.
Beberapa nama daerah di Kabupaten Bogor muncul dan dikenal secara nasional, seperti Sentul, Hambalang, Puncak, Cikeas, Jonggol dan Tapos. Selain berpotensi "melahirkan" dua daerah otonom berbentuk kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor Barat dan Kabupaten Bogor Timur, sebenarnya Kabupaten Bogor dapat melahirkan beberapa kota otonom baru.

Kabupaten Bogor meliputi 40 kecamatan yang dalam satu atau beberapa dekade mendatang dapat berubah menjadi kota-kota baru, bahkan saat ini gabungan empat-lima kecamatan sudah layak ditingkatkan statusnya sebagai kota otonom. Sebagai contoh Ciomas, Dramaga, Ciampea dan Cibungbulang dapat dikembangkan menjadi kota otonom Dramaga; Begitu pula Gunung Putri dan Cileungsi dengan terlebih dahulu melalui pemekaran kecamatan, dapat dikembangkan menjadi Kota Gunung Putri; Potensi kota otonom lainnya ialah Ciawi, Cisarua dan Megamendung dengan membentuk Kota Otonom Megamendung (atau Puncak); Begitu pula dengan Babakan Madang, Citeueup dan Sukaraja dengan membentuk Kota otonom Sentul. Selain itu Bojong Gede dengan kecamatan di sekitarnya seperti Gunung Sindur, Tahur Halang dan Parung dapat membentuk Kota Otonom Bojong Gede.

Berikut link KotaKita.com untuk kota-kota di Kabupaten Bogor :

No.
Kota (Kecamatan)
1
Nanggung
2
Leuwiliang Leuwiliang
3
Leuwisadeng
4
Pamijahan  Pamijahan
5
Cibungbulang Cibungbulang
6
Ciampea
7
Tenjolaya
8
Dramaga  Dramaga
9
Ciomas  Ciomas
10
Tamansari  Tamansari
11
Cijeruk Cijeruk
12
Cigombong
13
Caringin
14
Ciawi Ciawi
15
Cisarua  Cisarua
16
Megamendung  Megamendung
17
Sukaraja  Sukaraja
18
Babakan Madang Babakan Madang
19
Sukamakmur
20
Cariu
21
Tanjungsari  Tanjungsari
22
Jonggol  Jonggol
23
Cileungsi  Cileungsi
24
Klapanunggal
25
Gunung Putri  Gunung Putri
26
Citeureup  Citeureup
27
Cibinong  Cibinong
28
Bojonggede  Bojong Gede
29
Tajurhalang  Tajur Halang
30
Kemang
31
Rancabungur
32
Parung  Parung
33
Ciseeng
34
Gunung Sindur Gunung Sindur
35
Rumpin  Rumpin
36
Cigudeg  Cigudeg
37
Sukajaya
38
Jasinga  Jasinga
39
Tenjo  Tenjo
40
Parung Panjang  Parungpanjang


Gambar:

1 comment:

  1. Ada plus sama minusnya ketika memutuskan untuk menjadikan daerah otonom baru. Terlepas dari itu semua pastinya hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

    ReplyDelete