Oct 22, 2013

Pencemaran Kawasan Perairan

KangAtepAfia.com - Populasi manusia di Planet Bumi yang tersebar di hampir 200 negara terus meningkat pesat, dan saat ini sudah melampaui angka tujuh miliar jiwa. Di sisi lainnya perkembangan peradaban semakin maju ditandai dengan penggunaan teknologi yang makin modern. 

Ternyata aplikasi teknologi banyak menyisakan bahan buangan, termasuk limbah kimia. Di beberapa kawasan limbah kimia sudah terakumulasi sedemikian rupa, sehingga merusak kondisi lingkungan. Dalam batas-batas tertentu ekosistem, termasuk laut, sebenarnya mampu mengurangi efek negatif limbah kimia. Namun karena jumlah limbah kimia yang makin tak terkendali, maka daya pulih ekosistem pun terlampaui.

Pencemaran minyak merupakan awal dari kerusakan ekosistem laut, termasuk mengancam kelangsungan hidup flora dan fauna sekitar laut. Tumpahan minyak di permukaan laut dapat merusak bulu burung, sehingga menghilangkan kemampuan terbangnya, secara perlahan burung pun terkapar. Begitu pula terjadi penyumbatan pada bagian insang ikan, sehingga menimbulkan kematian secara masal. Di sisi lainnya lapisan minyak dapat menyelimuti tubuh mamalia laut, sehingga menjadi sulit untuk mempertahankan kondisi suhu tubuhnya. Begitu pula dengan tumbuhan laut tidak bisa lagi melangsungan aktifitas fotosintesis, karena dilumuri minyak.

Sebenarnya ekosistem laut maupun perairan lainnya begitu penting bagi kehidupan manusia. Hal itu karena ekosistem laut dan perairan lainnya menjadi sarana rekreasi, transportasi, sumber makanan, dan beragam potensi lainnya.

Air yang tersebar di permukaan seperti sungai dan danau, maupun air tanah, merupakan sumber air minum. Namun ternyata di sisi lainnya badan-badan air tersebut sekaligus menjadi tempat pembuangan limbah. Sehingga secara perlahan namun pasti akses untuk memperoleh air bersih semakin terbatas.

Sebagian penduduk bermukim di kawasan pesisir, seringkali berbagai aktivitasnya mencemari perairan. Penggunaan moda tranportasi perairan menimbulkan buangan minyak dan gas ke dalam air. Di sisi lainnya wisatawan yang berkumpul di pantai kerap meninggalkan sampah dan limbah. Begitu pula abrasi dan erosi pun terus menerpa kawasan pantai. Lebih jauh lagi hal tersebut dapat memusnahkan habitat untuk beragam flora dan fauna.

Pencemaran limbah, minyak atau bahan kimia di sekitar ekosistem perairan, terutama laut dan pantai perlu segera dikendalikan. Bagaimanapun manusia adalah mahluk yang paling utama yang berada di Planet Bumi ini. Bakat dan otak manusia sebenarnya mampu merevolusi lingkungan alam. Secara kolektif manusia dapat membangun lingkungan yang paling ideal bagi kehidupannya, asalkan pilihannya demikian. (Atep Afia/Sumber : www.pollution.co.in)

Gambar:
http://www.blueplanet.nsw.edu.au/mrm--water-pollution/.aspx

91 comments:

  1. jadi kita hars entropeksi diri ke diri masing" untuk menjaga kebersihan air laut,danau,sungai tidakuntuk tempat pembuangan sampah maupun dimana aja.
    lalu tidak membangun perumahan di bantaran kali.
    jadi kita harus menjaga tempat perairan di semua daerah dan menjaga mahluk hidup flora dan fauna

    ReplyDelete
  2. Menurut pendapat saya, hal ini balik lagi kepada kesadaran manusia atas apa yang mereka perbuat. Menggunakan hati dan otak apabila ingin melakukan sesuatu terhadap lingkungan. Laut merupakan sumber daya alam yang amat sangat berharga untuk manusia. Banyak ekosistem yang hidup disana. Ekosistem tersebut berfungsi sebagai penyeimbang. Apabila laut tersebut tercemar bagaimana kehidupan disna? Semua akan musnah karena pembuangan limbah pabrik. Sebaiknya para mechanical engineering membuat filter penyaring limbah industri. Jadi apabila limbah tersebut dibuang ke laut sudah tidak terdapat zat zat yang mematikan ekosistem laut.

    ReplyDelete
  3. pencemaran laut banyak terjadi akibat ulah manusia baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga menimbulkan akibat sedemikian rupa kepada alam dan membahayakan kesehatan serta kehidupan manusia dan ekosistem serta merugikan lingkungan yang baik dan fungsi laut sebagaimana mestinya. Tumpahan minyak menjadi penyebab utama pencemaran laut. Minyak yang tumpah diakibatkan beberapa hal misalnya saja oleh operasi kapal tanker, docking (perbaikan/perawatan kapal), terminal bongkar muat tengah laut, tanki ballast dan tanki bahan bakar, scrapping kapal (pemotongan badan kapal untuk menjadi besi tua), kecelakaan tanker (kebocoran lambung, kandas, ledakan, kebakaran dan tabrakan), sumber di darat (minyak pelumas bekas, atau cairan yang mengandung hydrocarbon ( perkantoran & industri ), dan tempat pembersihan (dari limbah pembuangan Refinery )
    Komponen minyak yang tidak dapat larut di dalam air akan mengapung yang menyebabkan air laut berwarna hitam. dampak-dampak yang disebabkan oleh pencemaran minyak di laut adalah akibat jangka pendek dan akibat jangka panjang.
    1. Akibat jangka pendek
    Molekul hidrokarbon minyak dapat merusak membran sel biota laut, mengakibatkan keluarnya cairan sel dan berpenetrasinya bahan tersebut ke dalam sel. Berbagai jenis udang dan ikan akan beraroma dan berbau minyak, sehingga menurun mutunya. Secara langsung minyak menyebabkan kematian pada ikan karena kekurangan oksigen, keracunan karbon dioksida, dan keracunan langsung oleh bahan berbahaya.
    2. Akibat jangka panjang
    Lebih banyak mengancam biota muda. Minyak di dalam laut dapat termakan oleh biota laut. Sebagian senyawa minyak dapat dikeluarkan bersama-sama makanan, sedang sebagian lagi dapat terakumulasi dalam senyawa lemak dan protein. Sifat akumulasi ini dapat dipindahkan dari organisma satu ke organisma lain melalui rantai makanan. Jadi, akumulasi minyak di dalam zooplankton dapat berpindah ke ikan pemangsanya. Demikian seterusnya bila ikan tersebut dimakan ikan yang lebih besar, hewan-hewan laut lainnya, dan bahkan manusia. Secara tidak langsung, pencemaran laut akibat minyak mentah dengan susunannya yang kompleks dapat membinasakan kekayaan laut dan mengganggu kesuburan lumpur di dasar laut. Ikan yang hidup di sekeliling laut akan tercemar atau mati dan banyak pula yang bermigrasi ke daerah lain.
    oleh karenanya marilah kita sebagai generasi muda untuk mulai membuka kesadaran diri bahwa laut sangat penting dan janganlah melakukan hal-hal yang dapat mencemari alam kita
    terimakasih

    ReplyDelete
  4. menurut pendapat saya,aplikasi teknologi yang banyak menyisakan bahan buangan,termasuk limbah kimia itu benar-benar membuat pro dan kontra yang berbeda,disatu sisi memiliki keuntungan,dan di sisi yang lain memiliki suatu hal yang negatif bagi ekosistem,seperti yang telah dijabarkan di artikel tersebut.
    suatu ekosistem berjalan seimbang bila kedua unsur yang mengatur,alam dan manusia dapat bekerjasama dengan baik.
    termasuk dalam hal ini adalah ekosistem laut yang jika tidak dipelihara dengan baik akan tercemar dan berdampak baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kehidupan manusia dan alam.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  5. Untuk hal seperti ini, semua kembali pada manusianya itu sendiri. Dimana semua tergantung pd anusianya bagaimana kita seharusnya mempelihara lingkungan disekitar kita termasuk saluran air. Jika kita mencemari air dengan limbah2 yg merusak itu akan merugikan diri sendiri dan merugikan lingkungan terutama tumbuhan yang membutuhkan air. Untuk itu mari kita hentikan pencemaran air. Karena air adalah salah satu kebutuhan pokok makhluk hidup

    ReplyDelete
  6. menurut hemat saya, semua yang berkaitan dengan pencemaran semuanya akan kembali pada dua hal yaitu kesadaran dan pengatahuan. dalam kasus ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem lingkungkan (perairan) masih sangat kurang dan perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah. karena jika begini terus bukan mustahil pada suatu saat nanti perairan di indonesia akan tercemar semua! padahal kita tahu sumber mata air kita adalah perairan dan lautan. oleh karena itu kita harus mempunyai kesadaran untuk menjaga stabilitas ekosistem yang kita tempati. yang kedua adalah pengetahuan, minimnya ilmu pengetahuan dan teknologi kita untuk membuat suatu sistem pembuangan limbah yang baik menjadi salah satu penyebab juga tercemarnya perairan. jadi semoga ke depan ada suatu teknologi yang baik untuk mengelola limbah tanpa harus menimbulkan pencemaran, khususnya di lingkungan perairan.

    ReplyDelete
  7. pencemaran kawasan perairan yang biasanya terkontaminasi zat zat kimia menjadi sangat rumit diatasi, seperti contoh yang disebutkan di atas yaitu pencemaran minyak, dimana kita ketahui bahwa memang sumber minyak bumi banyak berada dibawah permukaan air, hal ini dibuktikan dengan banyak nya RIG dari perusahaan oil and gas yang berada di lepas pantai. dan minyak sendiri pun merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh manusia. dan menurut saya, dalam hal penanggulangan pencemaran kawasan perairan ini dibutuhkan kerjasama dengan para ahli teknik kimia

    ReplyDelete
  8. Untuk mencegah bertambahnya pencemaran di kawasan perairan, kita harus sadar untuk tidak membuang sampah di air dan membuang limbah yang mengandung bahan kimia agar tidak terkontaminasi dengan zat-zat lainnya.

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum..menurut saya masalah pencemaran lingkungan itu entah itu pencamaran air, udara, tanah sudah menjadi tanggungjawab kita semua. dan kita sebagai manusianya akan menjadi obyek sekaligus subyek daari pencemaran lingkungan itu. kita yang melakukan pengrusakan terhadap lingkungan dan kita juga yang akan menjadi obyek dari dampak kerusakan lingkungan itu. jadi untuk itu demi kenyamanan kita bersama odalam hidup di bumi ini sebaiknya kita mulai mengkoreksi diri kita masing-masing dan berpikir panjang dulu sebelum kita melakukan sesuatu apakah itu mempunyai dampak yang merugikan untuk lingkungan kita atau tidak. jadi semua itu bermula dari kesadaran kita masing-masing. terimakasih

    ReplyDelete
  10. Menuurut saya dalam artikel ini. kita jangan membuang limbah disembarang tempat, lebih baiknya lagi limbah tersebut kita olah lagi yang bisa menjadi lebih bermanfaat lagi dan karena kalau sudah tercemar dilaut itu sangat banyak sekali dampak yang bisa merusak ekosistem laut

    ReplyDelete
  11. artikel ini sangat berperan dalam membantu ke indahan alam semesta indahnya lautan membuat kita semakin sejuk pencemaran air yang bersih jernih dan dapat kita gunakan

    namun terkadang dari manusia itu sendiri merusak keindahan itu sendiri dengan hal spele merusak dengn membiarkan limbah yng mengalir ke perairan, minyak minyak yang ngalir sembarangn itu merusak pencernaan air. seluasnya air yang jernih ketika kita merusak sedikit pasti akan tercemar.

    kita harus menanggulangi limbah atau minyak yang mengalir ke perairan

    ReplyDelete
  12. artikel ini mengingatkan kita tentang pencemaran air yang semakin hari semakin parah,oleh karena itu kita manusia yang diberikan otak untuk berfikir seharusnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang limbah ke perairan.

    ReplyDelete
  13. Menurut pendapat saya,pencemaran laut banyak terjadi akibat ulah manusia baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga menimbulkan akibat sedemikian rupa kepada alam dan membahayakan kesehatan serta kehidupan manusia dan ekosistem serta merugikan lingkungan yang baik dan fungsi laut sebagaimana mestinya.
    namun terkadang dari manusia itu sendiri merusak keindahan itu sendiri dengan hal spele merusak dengn membiarkan limbah yng mengalir ke perairan, minyak minyak yang ngalir sembarangn itu merusak pencernaan air. seluasnya air yang jernih ketika kita merusak sedikit pasti akan tercemar.

    ReplyDelete
  14. perairan bisa menjadi penghasil ekonomi yang menguntungkan jadi kita harus bisa menjaga perairan agar ikan ikan tetap banayak di perairan bisa hidup sebagai mestinya

    ReplyDelete
  15. Pencemaran air itu disebabkan oleh aktifitas manusia, untuk mengatasi hal ini di diperlukan kesadaran kita semua untuk menjaga perairan kita dengan tidak mencemarinya. Karena air sangat dibutuhkan oleh kita semua, Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatan danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan juga dapat digunakan sebagai objek wisata.

    ReplyDelete
  16. pencemaran air sangat banyak di sebapkan oleh aktifitas manusia , seperti pendirian lahan perumahan di sekitar sungai dan sampah yang menumpuk , jadi kita harus memperhatikan untuk kedepannya cara mengatasi limbah - limbah atau pencemaran air yang di sebapkan manusia.

    ReplyDelete
  17. setelsh saya membaca artikel ini ternyata tidak baik membuang sampah atau limbah,karna kita sendiri nanti yang merasakan akibatnya.

    ReplyDelete
  18. artikel ini menarik, menurut saya pencemaran lingkungan terlebih khusus pada air(laut, sungai, dll) sangat harus diminimalisir, mungkin perlu dibentuk tim khusus untuk memonitor dan mengaudit setiap perusahaan secara berkala pada limbah yang dihasilkan, agar lingkungan tetap sehat, karena bagaimanapun juga air adalah sumber kehidupan.

    ReplyDelete
  19. Dalam sebuah kasus pencemaran, banyak bahan kimia yang berbahaya berbentuk partikel kecil yang kemudian diambil oleh plankton dan binatang dasar, yang sebagian besar adalah pengurai ataupun filter feeder (menyaring air). Dengan cara ini, racun yang terkonsentrasi dalam laut masuk ke dalam rantai makanan, semakin panjang rantai yang terkontaminasi, kemungkinan semakin besar pula kadar racun yang tersimpan. Pada banyak kasus lainnya, banyak dari partikel kimiawi ini bereaksi dengan oksigen, menyebabkan perairan menjadi anoxic. Sebagian besar sumber pencemaran laut berasal dari daratan, baik tertiup angin, terhanyut maupun melalui tumpahan.

    Penanggulangan pencemaran laut antara lain :
    1. Melakukan proses bioremediasi, diantaranya melepaskan serangga untu menetralisir pencemaran laut yang disebabkan oleh tumpahan minyak dari ledakan ladang minyak.
    2. Fitoremediasi dengan menggunakan tumbuhan yang mampu menyerap logam berat juga ditempuh. Salah satu tumbuhan yang digunakan tersebut adalah pohon api-api (Avicennia marina). Pohon Api-api memiliki kemampuan akumulasi logam berat yang tinggi.
    3. Melakukan pembersihan laut secara berkala dengan melibatkan peran serta masyarakat.

    Melalui penanggulangan pencemaran ini diharapkan bahwa pencemaran akan berkurang dan kualitas hidup manusia akan lebih ditingkatkan, sehingga akan didapat laut yang bersih, sehat, dan nyaman

    ReplyDelete
  20. Pencemaran air dilaut, sangatlah berbahaya bagi Ekosistem dan biota laut, karna laut merupakan aset suatu negara yang sangatlah penting, karna disitu sumber mata penceharian seorang nelayan pun dipertaruhkan dalam ini, jadi jaganlah sistem perairan laut^^ terutama pembatasan pembuangan limbah industri dan mengunaakan kapal laut motor yang berbahan bakar solar^^

    ReplyDelete
  21. tidak dapat dipungkiri air merupakan komponen penting bagi kehidupan manusia, jika air yang terdapat di bumi sudah tercemar oleh zat-zat yang berbahaya maka kehidupan ekosistem laut dapat terganggu yang berdapak pula bagi kehidupan manusia, jadi limbah-limbah akan akan dibuang ke sungai ataupun ke laut hendaknya di proses terlebih dahulu agar zat-zat yang dapat mencemarkan air dapat berkurang dan tudak berbahaya lagi.

    ReplyDelete
  22. Karena kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan perairan, seharusya pemerintah mewajibkan penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan seperti bahan bakar Bio Solar kepada setiap transportasi laut yang melintas di perairan, sehingga dapat mengurangi efek pecemaran air laut yang dapat merusak biota dan ekosistem perairan, serta membuat zona steril di setiap tepi perairan laut atau pantai yang sering di kunjungi wisatawan domestik maupun manca negara, sehingga dapat menjaga dari orang - orang yang tidak bertanggung jawab akan lingkungan perairan seperti membuang sampah secara bebas dll.
    Dengan metode tersebut memungkinkan untuk minimalisir dari kerusakan perairan, dan manusia akan lebih sadar jika terdapat peran pemerintah negara yang lebih ketat dan disiplin dalam menjaga lingkungan.

    ReplyDelete
  23. Sungguh sangat miris kondisi perairan di indonesia ini. Suatu kawasan (perairan) yang bisa menjadi sumber kekayaan negara berupa hasil laut, kini perlahan hasil laut tersebut mulai berkurang karena ulah para pengusaha pengusaha industri yang membuang limbah ke dalam perairan. Selain itu, kondisi seperti ini juga akan membuat fauna fauna di perairan berkurang/punah dan juga akan berdampak pada flora yang terdapat di tepi perairan.
    Selain berdampak pada flora dan fauna, hal ini juga akan berdampak pada kesehatan manusia sendiri karena air yang dimunum sudah tercemari oleh limbah limbah industri yang dibuang secara berlebihan. Untuk mengatasi hal seperti ini adalah diperlukannya kesadaran dari pengusaha industri tersebut akan pentingnya air bersih tidah hanya untuk manusia tetapi untuk flora dan fauna yang terdapat di wilayah perairan tersebut. Pemerintah juga perlu membuat standar baku mutu kualitas secara ketat atau minimalis agar kondisi perairan di Indonesia tetap terjaga.

    ReplyDelete
  24. Peran penting manusia sebagai pengatur kelestarian lingkungan di planet bumi ini seharusnya tau bagaimana menjaga dan merawatnya. Akan tetapi dengan hasil industri menimbulkan banyak limbah yang berbahaya dan kemudian dibuang ke sungai dan laut sehinnga dapat merusak perairan.
    Sepertinya masalah pencemaran perairan perlu diperhatikan Karena air juga sangat penting bagi kehidupan manusia dengan berbagai fungsi yang banyak manfaatnya. Seperti yang dikatakan pakar ilmiah juga diketahui jika 2/3 tubuh manusia adalah cairan.

    Contoh yg saya baca yaitu : Organisasi nirlaba Blacksmith Institute yang berbasis di New York dan Green Cross, Swiss, menyebutkan bahwa Sungai Citarum di Jawa Barat adalah satu dari 10 sungai paling tercemar di dunia tahun ini. Sungai ini masuk dalam daftar karena pencemaran limbah industri dan bahan kimia.

    Laporan Blacksmith menyebutkan lebih dari 500 ribu orang terkena dampak langsung pencemaran di Sungai Citarum. Sementara lebih dari 5 juta orang terkena dampak tak langsung akibat polutan kimia yang dibuang ke sungai dan terbawa aliran air. Kandungan timah, aluminium, mangan, dan konsentrat besi di sungai itu beberapa kali lebih tinggi dari angka rerata dunia. Sumber pencemaran berasal dari aktivitas industri dan domestik di sekitar sungai.

    ReplyDelete
  25. pencemaran lingkungan dan polusi udara akhir - akhir ini semakin meningkat. Terutama polusi udara, semakin meningkatnya perkembangan pabrik pabrik yang menghasilkan asap-asap beracun sisa pembakaran dan semakin pesat pula pertumbuhan kendaraan di dunia, menyebabkan polusi udara yang sangat parah.

    ReplyDelete
  26. pencemaran perairan lingkungan diindonesia tergantung dari daerahnya masing masing karena pemantauan perairan dilakukan oleh BPLHD masing masing apabila kinerja BPLHD nya kurang baik juga akan berdampak kepada kualitas limbah dan perairan daerah tersebut maka hal ini dapat menjadi fokus juga sebaiknya untuk pemerintah agar dapat lebih memperhatikan lagi karena hal ini apabila dibiarka akan berdampak panjang pada masadepan anak cucu kita

    ReplyDelete
  27. pencemaran perairan di muka bumi ini kebanyakan memang di sebabkan oleh manusia yg kurangnya rasa kepedulian dan kesadaran akan kelestarian lingkungan perairan dari laut,sungai,dan danau padahal itu semua berdampak buruk juga untuk kelang sungan hidup manusia itu sendiri

    ReplyDelete
  28. Semuanya kembali pada kesadaran manusia masing-masing dalam menjaga perairan sekitar. Dan paling parah yang membuat perairan tercemar biasanya pabrik pabrik industri, sebaiknya dilakukan penanggulangan limbah sebaik mungkin agar dampaknya tidak merugikan orang banyak selain merusak alam.

    ReplyDelete
  29. Perairan, menangkap hal yang satu ini juga membuat saya peduli pada ekosistem air, katanya air sudah dekat? apanya yang dekat? iya dekat dengan kelangkaan akan kebersihannya. pentingnya penangan limbah cair atau pembuangan bersifat mengeksploitasi air harus segera ditinjau lebih lanjut, sistem perairan di Ibu Kota sudah sangat memprihatinkan, kasihan jika kita selalu membeli dahulu air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

    ReplyDelete
  30. Manusia diciptakan untuk mengemban tugas mulia yaitu menjadi pemimpin atau khalifah di muka bumi ini. Maksud dari khalifah adalah manusia di ciptakan menjadi penguasa yang mengatur apa apa di muka bumi seperti tumbuhan, hewan, airnya, hutannya, sungainya, gunungnya, serta lautnya dengan baik, bukan mencemarinya dengan limbah, sampah, minyak, oli dan lainnya yang dapat merusak ekosistem terutama pencemaran air, karena sumber air dibumi sudah banyak yang tercemar, lalu dari mana lagi kita akan mendapatkan sumber air yang bersih bila bila sudah tercemar, untuk itu marilah dari sekarang kita mulai menjadi manusia yang sadar, bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan, dengan tidak membuang sampah kesungai atau laut, menjaga kebersihan air sungai, laut dengan mencegah pencemaran – pencemaran limbah yang merusak sumber air di muka bumi, karena air adah sumber kehidupan.

    ReplyDelete
  31. pencemaran air akan berakibat pada rusaknya tingkat kualitas ekosistem yang ada di dalamnya,,dan air serta ekosistem air juga merupakan salah satu sumber kehidupan bagi umat manusia. jadi pencemaran dalam bentuk apapun itu, baik sampah,limbah industri maupun pencemaran minyak, sudah seharusnya kita tanggulangi bersama-sama, dan kesadaran itu dimulai dari masing-masing individu jika tidak ingin hidupnya dan keturunanya di masa yang akan datang yang hidup di bumi mengalami kerusakan ekosistem alam yang mengakibatkan menurunya kualitas hidup manusia.

    ReplyDelete
  32. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan YME yang paling sempurna dengan dibekali oleh hati dan pikiran yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lain nya yang bisa menentukan baik dan buruk nya suatu perbuatan yang dia lakukan. Dengan demikian kita sebagai makhluk yang sempurna seharusnya bisa melestarikan dan menjaga ekosistem perairan yang berada di indonesia, akan tetapi kesadaran manusia itu sendiri yang terkadang tidak terlalu perduli akan penting nya suatu ekositem perairan. karena Indonesia sangat butuh sekali air bersih dalam kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  33. tingkat kesadaran akan menjaga ingkungan di indonesia sangat minim, terutama jakarta yang sebagian banyak di duduki pabrik dan kawasan produksi , tentu saja berpengaruh untuk menimbulkan polusi,limbah dan biokimia yang lainya...ini yag harusnya menjadi tugas kita dan pemerintah untuk ikut menertibkan ibukota jakarta yag notabenenya kawasan ekonomi manusia..shurusnya untuk pabrik-pabrik dialokiasikan ke kawasan industri yang sudah di sediakann,,guna menghindari kerussakan kerusakan lingkungan melalui pencemaran,, wlwpun dampak nya belum terlihat sekarang ini, lbh baik agar ditindak lanjuti untuk mencegah dan membangun kota bebas polusi..

    ReplyDelete
  34. memang benar air sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup terlebih oleh manusia yang setiap saat membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Jika air tercemar oleh berbagai hal, itu juga karena ulah manusia yang membuang limbah secara tidak cermat. Seharusnya kita sebagai pengguna air dapat menjaga air tersebut walaupun hanya dengan hal kecil saja membuang sampah pada tempatnya tidak dibuang di sungai itu sudah meemberikan dampak positif pada pencemaran air.

    ReplyDelete
  35. dan memang kurangnya kesadaran dari manusia itu sendirilah yang menyebabkan dampak seburuk ini,padahal manusia itu sendiri lah yang akan merasakan dampak dari kerusakan ekosistem kehidupan yang ada.serta kurang tegasnya sanksi yang diberikan pada sang pelaku pencemaran juga lah pendorong dari semakin pesatnya kerusakan-kerusakan alam yang terjadi.

    ReplyDelete
  36. memang sangat nya minim kurang nya kesadarn kita untuk melestarikan laut kita, dimana laut sering menjadi reproduksi pembuangan limbah limbah, di sini kta bisa ubah cara kebiasaan kita, mulai lah dengan cara menyangi laut kita dengan cara melestarikan laut kita, dengan contoh mugkin yang sederhana tidak membuang sampah yang dapat mencemari ekosistem laut kita

    ReplyDelete
  37. Pencemaran laut, laut sebagai muara dari sungai sungai yang sebagian besar sudah tercemar semakin menambah beban pencemaran laut. Perlu kesadaran dari seluruh masyakat untuk tidak membuang sampah kesungai yang akhirnya bermuara ke laut baik sampah padat maupun limbah cair

    ReplyDelete
  38. harry wijayanto5/25/2014 12:48 PM

    air memang penting bagi kehidupan kita . jadi kita sebagai makluk yang paling sempurna harus menjaga kelestarian air dan perlu juga dukungan dari pemerintah untuk menjaganya . dan kita juga harus bercermin kepada diri kita sendiri jangan sampai kita melakukan pencemaran air.

    ReplyDelete
  39. Dalam kelangsungan hidup makluk hidup di muka bumi ini pasti semua memerlukan air sebagai kebutuhan hidupnya. Tanpa adanya air, Makhluk hidup di dunia ini akan mati.
    Dari artikel di atas, sangat di sayangkan sekali suatu pencemaran yang tersebar di perairan seperti laut, danau, sungai dan bahkan sumber air minum yaitu air tanah. Padahal, di dalam perairan tersebut terjadi kelangsungan hidup makhluk hidup sendiri dan makhluk hidup itu bisa sebagai penopang hidup manusia untuk kebutuhan makannya.
    Maka dari itu, perlu di tangani limbah yang semakin merajalela di wilayah perairan. Salah satu cara yang mungkin bisa dilakukan adalah membatasi pembuangan limbah yang dihasilkan dari industri agar limbah yang dibuang tidak terlalu berlebihan.

    ReplyDelete
  40. Untuk hal seperti ini, semua kembali kepada manusianya sendiri. bagaimana kita seharusnya mempelihara lingkungan disekitar kita termasuk saluran air. Jika kita mencemari air dengan limbah2 yg merusak itu akan merugikan diri sendiri dan merugikan lingkungan terutama ekosistem di air serta tumbuhan yang membutuhkan air. Untuk itu mari kita hentikan pencemaran air. Karena air adalah salah satu sumber kebutuhan pokok makhluk hidup

    ReplyDelete
  41. Sebenarnya untuk masalah seperti ini penanggulannya harus timbul dari kesadaran manusia sendiri. Jika semua orang sudah sadar akan kebutuhan air bersih,mereka akan berfikir berkali kali untuk mencemari perairan. Masalahnya adalah mereka tidak memikirkan warisan lingkungan untuk anak cucunya kelak,mereka hanya mementingkan keadaan untuk saat ini.

    ReplyDelete
  42. Cara mengatasi pencemaran air dapat dilakukan mulai dari pengenalan dan pengertian yang baik oleh perilaku masyarakat. Cara mengatasi pencemaran air dapat dilakukan usaha preventif, misalnya dengan membuang sisa-sisa makanan dan bahan organic ke dalam tong sampah dan jangan dibuang di sungai.

    ReplyDelete
  43. Menurut saya dalam permasalahan ini manusia sangat berperan penting untuk menjaga lingkungan khususnya perairan di indonesia, karena air sangatlah penting bagi kehidupan manusia,tumbuhan dan hewan.

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Limbah / Pencemaran air sudah tidak terkendali lagi , terutama di kawasan industri di daerah jakarta , sungai pun menjadi pilihan akhir untuk membuang limbah-limbah rumah tangga , kesadaran masyarakat ibu kota sangat kurang , jadi Disnilah peran Pemerintah dan masyarakat untuk saling mengingatkan betapa pentingnya Lingkungan yang bersih dan sehat.by 200 40

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. pencemaran kawasan perairan seperti ini, sulit untuk di hindari karena menyangkut kebutuhan bahan bakar, di negara kita, , seharusnya dari pihak pemerintah perlu lebih tegas lagi dalam menanggulangi hal hal seperti ini.

    ReplyDelete
  47. pencemaran kawasan perairan yang di sebabkan oleh limbah membuat ekosistem laut tercemar, tapi di samping itu kita juga membutuhkan minyak untuk kehidupan kita, sebaiknya penggunaan minyak dalam membuang limbahnya harus ada penyaringan biar tidak langsung

    ReplyDelete
  48. menurut saya yang paling penting untuk meanggulangi masalah ini adalah mengubah cara pikir atau mindset dari masyarakat bahwa perairan bukan lah bak sampah raksasa

    ReplyDelete
  49. pengawasan pemerintah melalui kementrian lingkungan hidup.dengan melakukan inspeksi mendadak ke perusahaan/instansi pekerjaan khusus nya di daerah perairan. motede ini cukup ampuh untuk menegaskan kepada setiap perusahaan untuk lebih memperhatikan penggelolaan limbah. agar tidak mencemari lingkungan.

    ReplyDelete
  50. air adalah sumber kehidupan, tanpa air makhluk hidup di dunia bisa saja mati. oleh karena itu kita harus menjaga ekosistem laut agar terhindar dari pencemaran limbah. Selain itu masyarakat yang tinggal disekitar laut harus dapat menjaga dari kerusakan dengan cara tidak membuang sampah ke laut, dan para nelayan juga tidak menggunakan bom untuk menangkap ikan.

    ReplyDelete
  51. pencemaran air di indonesia kebanyakan disebabkan dari limbah limbah industri, Para manusia manusia tak bertanggung jawablah pelakunya. Itu menyebabkan keindahan alam menjadi terganggu, bahkan ekosistem di dalamnya pun juga ikut terganggu. Karena limbah yang mencemari tersebut mengandung zat kimia. tidak jarang kita melihat ikan mati mengambang di laut, itu semua terjadi disebabkan oleh limbah yang dibuang sembarangan.

    ReplyDelete
  52. Seperti artikel yang saya tulis tentang kelestarian lingkungan. Mari dukung Greenpack sebagai kemasan makanan ramah lingkungan yang aman untuk makanan serta dapat didaur ulang. Anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang Greenpack di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete
  53. Seharusnya ada pengawasan dan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat terutama yang ada di daerah pesisir, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan disekitarnya dengan demikin pencemaran lingkungan dapat di pantau dan di minimalisir.

    ReplyDelete
  54. setelah saya membaca artikel diatas hampir bisa disimpulkan pencemaran" yang terjadi saat ini yaitu sebgaian besar yaitu ulah manusia , dan saya ingin bertanya apa peranan bapak untuk mengurangi pencemarn dilingkungan sampai saat ini dan apa saja yang sudah bapak lakukan untuk berkata mengurangi mungkin terlalu sulit setidaknya tidak menambahkan sumber pencemaran ??
    Terima kasih

    ReplyDelete
  55. setelah saya membaca artikel diatas hampir bisa disimpulkan pencemaran" yang terjadi saat ini yaitu sebgaian besar yaitu ulah manusia , dan saya ingin bertanya apa peranan bapak untuk mengurangi pencemarn dilingkungan sampai saat ini dan apa saja yang sudah bapak lakukan untuk berkata mengurangi mungkin terlalu sulit setidaknya tidak menambahkan sumber pencemaran ??
    Terima kasih

    ReplyDelete
  56. air merupakan unsur penting dalam kehidupan, pencemaran air yang terjadi selama ini tidak lain tidak bukan karena ulah manusia, sifat serakah manusia yang mengeksploitasi alam tanpa mempertanggungjawabkan tindakannya sangat merugikan ekosistem baik manusia maupun alam itu sendiri

    ReplyDelete
  57. Soleh Hakim Ansori
    @A11 - SOLEH
    seperti halnya udara, perairan pun telah berada diambang batas kemanan dan pencemarannya. dewasa ini para pendiri pabrik industri sangat kurang memperhatikan aspek pencemaran terutama pencemaran air, mereka hanya memikirkan aspek jangka pendek saja namun tidak meikirkan aspek jangka panjangnya sehingga kita harus memulai dari diri sendiri untuk menjaga kelestarian lingkungan air tersebut.

    ReplyDelete
  58. A12-INDA
    air adalah ekosistem yang sangat mendukung keberlangsungan hidup manusia, kalau air tercemar manusia pun terancam . seharus nya kita meminimalisir agar tidak terjadi pencemaran air yang berlebihan.

    ReplyDelete
  59. Nisrina Zahra E8/24/2019 9:30 AM

    Nisrina Zahra Elfani
    @L11-Nisrina

    Air merupakan sumber kehidupan yang penting bagi kelangsungan makhluk hidup . Dengan adanya pecemaran yang terjadi di air laut maupun air sungai terjadi bukan semata-mata karena perilaku sendiri namun juga ada andilnya yaitu pemerintah. Seharusnya pemerintah memiliki aturan yang tegas dan sanksi yang berat pagi para pelaku dalam penecemaran lingkungan seperti air . Negara-negara maju seperti Jepang sudah melakukan aturan ketat terhadapat industri-industri atau rumah-rumah yang menghasilkan limbah buang air. Tidak hanya peraturan yang di buat oleh pemerintah Jepang , namun juga penanggulangannya. Seperti robot ikan pendeteksi pencemaran air , alat penjernih dan penetralisir air limbah agar air yang di buang ke laut atau sunga sungai sudah dalam kondisi netal. Sayangnya Indonesia masih belum mau fokus terhadap hal itu , padahal mahasiswa-mahasiswa di Inonesia sudah banyak yang melakukan penelitian dan pembuata alat alat untuk menanggulangi pencemaran air.

    ReplyDelete
  60. @L10-OKI (Oki Pratama)
    Pencemaran perairan sangat banyak di sebabkan oleh aktifitas manusia,sebagai manusia seharusnya kita harus bias untuk menjaga kebersihan lingkungan kita,seperti tidak membuang sampah ke perairan,karena salah satu unsur pencemaran air adalah sampah dan juga limbah industri dan rumah tangga,untuk pemerintah mungkin perlu upaya yang lebih untuk memikirkan upaya untuk membersihkan perairan yang telah tercemar,mungkin pemerintah bisa belajar dari Negara lain yang telah memiliki pengolahan air yang lebih canggih,dan untuk kita sebagai masyarakat Indonesia seharusnya kita sadar akan kebiasaan buruk kita agar lingkungan perairan kita menjadi lebih bersih

    ReplyDelete
  61. @L09-Raka ( Raka Himawan )

    Saya punya pengalaman akan pencemaran kawasan perairan ini , tepatnya dua minggu lalu , teman saya yang berada di bangkok thailand , menemukan sampah sampah Indonesia yang tersebar di sepanjang pantai thailand , ini sangat mengkhawatirkan sekali , bungkusan mie instan serta makanan ringan indonesia bisa sampai perairan dinegara orang , ini membuktikan masih kurang sadar nya kita sebagai orang indonesia tentang menjaga lingkungan yang ada khususnya laut dan perairan , banyak sekali hal hal yang kita gantungan dalam air,

    karena zaman dahulu pepatah pernah mengatakan bahwa air adalah sumber kehidupan. dimana ada air disitulah kehidupan berada,

    so buat temen temen semua , yuk jaga perairan kita , kita manfaat kan sebisa kita untuk menjaga nya , karena aset indonesia sebagian besar dari perairan , salam literasi

    sekian pendapat dari saya , terimakasih
    Best Regards
    Raka Himawan

    ReplyDelete
  62. @L08-Yoliati ; Rena Yoliati Waruhu

    Ekosistem kehidupan mahluk air merupakan inti utama dari tanda kualitas dari perairan tersebut. aktifitas manusia yang mengakibatkan kerusakan pada air merupakan cerminan diri dari manusia yang tidak bertanggung jawab. Seharusnya kita sebagai mahluk yang menginginkan kenyamanan hidup wajib untuk bertanggung jawab atas lingkungan hidup. menjaga dan memelihara kehidupan perairan tidaklah sulit, hanya membutuhkan kesadaran dari diri manusia.
    dengan tidak membuang sampah maupun limbah lainnya ke dalam air, memperhatikan agar tidak terjadinya tumpahan minyak ataupun bahan kimia lainnya ke dalam air merupakan satu wujud kepedulian kita terhadap ekosistem air.

    ReplyDelete
  63. @L0-4 YOYOK (Yoyok Muji Raharjo)

    Polusi air adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lainya ke dalam air sehingga kualitas air terganggu. Sumber polusi air antara lain limbah industri, pertanian, dan rumah tangga. Polusi air juga dapat menimbulkan bencana diantaranya banjir. Elektrofikasi adalah penimbunan mineral yang menyebabkan peledakan alga secara serentak menutupi pencemaran air. Bahan atau logam berbahaya seperti arsenat, benzon, timah dan lain-lain dapat merusak organ tubuh manusia dan menyebabkan kanker. Akibat yang ditimbulkan polusi air dalam zangua pasang adalah kanker dan kelahiran bayi cacat. Melakukan intensifikasi pertanian. Banjir genangan dapat diatasi dengan membersihkan saluran air dari penyumbatan

    Terimakasih

    ReplyDelete
  64. @L05 - Rexa Ramadhan

    artikel ini sangat berperan dalam membantu ke indahan alam semesta indahnya lautan membuat kita semakin sejuk pencemaran air yang bersih jernih dan dapat kita gunakan

    namun terkadang dari manusia itu sendiri merusak keindahan itu sendiri dengan hal spele merusak dengn membiarkan limbah yng mengalir ke perairan, minyak minyak yang ngalir sembarangn itu merusak pencernaan air. seluasnya air yang jernih ketika kita merusak sedikit pasti akan tercemar.

    kita harus menanggulangi limbah atau minyak yang mengalir ke perairan

    ReplyDelete
  65. @M20-AmaliaRizki ; Amalia Rizki Putri

    Saya setuju bahwa pencemaran air oleh minyak sangat sering terjadi, dampak yang ditimbulkan dirasakan tidak hanya oleh ekosistem laut tapi manusia yang tinggal di sekitarnya juga. Tumpahan minyak apabila tidak segera ditangani maka akan menyebabkan biota yang hidup di air keracunan dan akan mati, sedangakan manusia akan merasakan dampak air yang digunakan tidak bersih, mata pencaharian nelayan hilang, estetika perairan hilang juga

    ReplyDelete
  66. @LO3-Rena Melani Nur Cahaya Putri

    Pencemaran air disebabkan oleh berbagai macam baik sampah, pelepasan minyak bahkan logam berat
    Contoh kasus pencemaran akibat logam berat di Indonesia
    Teluk Buyat, terletak di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, adalah lokasi pembuangan limbah tailing (lumpur sisa penghancuran batu tambang) milik PT. Newmont Minahasa Raya (NMR). Sejak tahun 1996, perusahaan asal Denver, AS, tersebut membuang sebanyak 2.000 ton limbah tailing ke dasar perairan Teluk Buyat setiap harinya. Sejumlah ikan ditemui memiliki benjolan semacam tumor dan mengandung cairan kental berwarna hitam dan lendir berwarna kuning keemasan. Fenomena serupa ditemukan pula pada sejumlah penduduk Buyat, dimana mereka memiliki benjol-benjol di leher, payudara, betis, pergelangan, pantat dan kepala.

    ReplyDelete
  67. @L02-Fahri Bramantyo

    Pencemaran air sangatlah berbahaya karena air sangatlah dibutuhkan bagi makhluk hidup. Pencemaran air dapat terjadi baik diatas permuaan tanah, didalam permukaan tanah maupun di laut. pada umumnya pencemaran air terjadi di sungai oleh pembuangan limbah pabrik. Hal ini terjadi lantaran kurang ketatnya pengawasan terhadap standar kualitas pengolahan limbah.

    ReplyDelete
  68. @M14-AGUS (Agus Sanjaya Putra)

    Dalam kehidupan ini semua makhluk hidup membutuhkan satu zat yaitu air. Tanpa adanya air di dunia maka tidak akan ada kehidupan di dunia ini karena air merupakan sumber kehidupan dan akan sangat berbahaya jika air mendadak menghilang. Ada banyak fungsi yang kita butuhkan dari air seperti untuk minum, mandi, mencuci, irigasi dan lainnya. air yang harus dikonsumsi oleh manusia dan makhluk hidup lainnya juga merupakan air yang bersih dengan warna jernih dan juga tidak menimbulkan bau. Namun ironisnya saat ini dimana pertumbuhan penduduk semakin pesat dan juga dibersamai tumbuhnya sektor perindustrian membuat air banyak tercemar oleh berbagai polutan.

    Hal ini bisa dilihat pada daerah yang padat penduduk dimana di sungai sudah banyak menumpuk sampah plastic dan juga sampah anorganik lainnya yang membuat kualitas air menjadi lebih buruk. Padahal air yang sudah terkena berbagai jenis pencemar ini sangatlah tidak baik dan berbahaya bagi para penggunanya apalagi kalau sampai dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh maka berbagai penyakit dapat muncul dari air tersebut. Dewasa ini pencemaran air merupakan masalah global yang melanda berbagai negara di dunia.

    ReplyDelete
  69. Fitri Dwi A (@M02-FITRI)

    Contoh yang berhubungan dengan artikel Pak Atep ini adalah Sungai kalimalang. sering sekali saya lihat sungai kalimalang tercemar berbagai bahan bahaya dari pabrik-pabrik sekitar Kota Cikarang. sudah dipastikan kualitas air pada sungai kalimalang sangat buruk bahkan dikatakan tidak layak untuk digunakan. Tanpa memperdulikan kualitas air pada sungai kalimalang, tidak jarang masyarakat sekitar tetap menggunakan untuk keperluan sehari-hari dan banyak sekali berbagai kasus terjangkit penyakit mulai ringan hingga berat menjadi laporan yang paling banyak dari rumah sakit sekitar

    ReplyDelete
  70. @M19-SANTOSO (Santoso Nyo)

    Kesadaran penduduk akan kebersihan sungai merupakan salah satu hal yang penting,karena dengan kesadaran tersebut masyarakat dapat menjaga dan melestarikan sungai tanpa paksaan dari pihak manapun sehingga sungai-sungai di Indonesia menjadi terawat dan terjaga kelestarianna yang dapat dimanfaatkan untuk mensejahterakan kehidupannya. Dengan sungai yang bersih dan sehat maka dapat kita rasakan manfaatnya dan lingkungan kehidupan pun bisa menjadi lebih baik lagi.
    Pencemaran sungai perlu ditanggulangi sedini mungkin agar sungai bisa menjadi sahabat yang dapat menopang kesejahteraan masyarakat. Sungai yang sehat merupakan etalase kepribadian sebuah bangsa. Jadi jangan berpikir bahwa masalah sungai sekedar persoalan sederhana.

    ReplyDelete
  71. @M23-WINNI (Winni Fazriah Mahmudah)

    Pencemaran air di Indonesia sebagian besar diakibatkan oleh aktifitas manusia yang menghasilkan limbah pemukiman, limbah pertanian, dan limbah industri. Limbah pemukiman ini adalah limbah yang dihasilkan dari pemukiman atau rumah tangga, seperti : sisa makanan, limbah detergent, sampah plastik, kotoran, dll. Sedangkan limbah pertanian merupakan limbah yang dihasilkan dari aktifitas pertanian seperti: sisa pestisida dan pupuk anorganik yang digunakan.
    Kemudian limbah industri adalah limbah yang dihasilkan dari kegiatan industri baik industri makanan, pertambangan, bahan kimia, dll. Biasanya limbah industri ini seharusnya diolah dulu sebelum dibuang kea lam, karena dari limbah industri inilah banyak menghasilkan pencemaran air. Pencemaran air yang diakibatkan oleh industri ini menyebabkan air menjadi beracun karena banyaknya bahan kimia yang digunakan dalam kegiatan perindutrian.
    Penyebab pencemaran air yang tak kalah pentingnya ialah limbah minyak seperti yang disebutkan dalam artikel di atas. Limbah minyak banyak dihasilkan dari industri minyak bumi, berupa kotoran minyak yang terbentuk dari proses pengumpulan dan pengendapan kontaminan minyak.pencemaran air akibat limbah minyak ini mampu membunuh berbagai jenis organisme air dan menyebabkan lingkungan mengalami kerusakan secara permanen.
    Selain dampak diatas, konsumsi jangka panjang dari air beracun ini menunjukkan dampak nyata pada manusia. Ada banyak penyakit yang dapat disebabkan oleh pencemaran air.
    Selain itu juga biaya yang dikeluarkan akibat pencemaran air ini sangat besar, mencakup biaya kesehatan, biaya penyediaan air bersih, dan kerugian pariwisata akibat citra buruknya. Dampak lainnya yang tidak kalah merugikan dari pencemaran air adalah terganggunya lingkungan hidup, ekosistem, dan kenakeragaman hayati. Air yang tercemar dapat mematikan berbagai organisme yang hidup di air.
    Untuk menanggulangi dan mengurangi pencemaran air ini diperlukan pendidikan dan pengetahuan tentang lingkungan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena pengetahuan tanpa penerapan akan sia – sia. Pencemaran air semakin menjadi-jadi tapi kita hanya diam tanpa melakukan usaha untuk menanggulangi dan menguranginya, bumi akan semakin buruk tanpa adanya usaha kita untuk menyelamatkannya.
    Selain itu, hukum juga harus ditegakkan untuk menanggulangi pencemaran air tersebut, bukan hanya peraturan tertulis saja namun juga diterapkan dan dijalankan. Sistem denda pun harus diterapkan dalam hal ini, sehingga manusia tidak semena-semena terhadap alam. Sebagian besar ahli lingkungan sudah menyetujui cara ini sebagai cara terbaik untuk menanggulangi pencemaran lingkungan.

    ReplyDelete
  72. @M01- RAKA (Raka Ardi Pratama)
    Pencemaran Kawasan Perairan. Memang betul adanya awal pencemaran air terjadi karena tumpahan minyak dari kapal kapal yang lalu lalang melewati perairan laut maupun sungai selain itu pencemaran akibat limbah pabrik yaitu air yang sudah diolah didalam pabrik belum tentu sudah bebas dari zat zat berbahaya mungkin hanya beberapa persen dari keseluruhan limbah yang dibuang. Namun dengan akumulasi dari berbagai perusahaan dan industri akan terkumpul dan mengakibatkan kerja penyeimbang dari alam sudah tidak mampu menyeimbangkan ekosistem yang telah tercemar. Maka dari itu perlu diadakan pengawasan dari pemerintah akan pembuangan limbah yang dilakukan perusahaan apakah dapat berpengaruh terhadap lingkungan dan aman untuk ekosistem. Dan tugas kita menjaga limbah tersebut dapat diminimalisir dengan maksimal.

    ReplyDelete
  73. @M18-RIFKI

    saya setuju dengan pendapat pak atep yaitu :
    Pencemaran limbah, minyak atau bahan kimia di sekitar ekosistem perairan, terutama laut dan pantai perlu segera dikendalikan. Bagaimanapun manusia adalah mahluk yang paling utama yang berada di Planet Bumi ini. Bakat dan otak manusia sebenarnya mampu merevolusi lingkungan alam. Secara kolektif manusia dapat membangun lingkungan yang paling ideal bagi kehidupannya, asalkan pilihannya demikian.

    Ekosistem sebetulnya mampu "meregenerasi" dirinya sendiri jika kerusakan hanya sedikit, tapi yang terjadi sekarang adalah kerusakan dalam jumlah yang sangat besar. Efeknya pun mungkin kita tidak akan rasakan dalam waktu dekat ini, tapi anak cucu kita pasti akan merasakan efek kerusakan dalam jumlah besar jika tidak ada perubahan dari manusia itu sendiri dalam membuang limbah. Limbah yang dibuang ke laut tanpa ada proses pengolahan limbah contohnya akan menyebabkan flora dan fauna yang berada di ekosistem laut akan terganggu yang pastinya akan merugikan manusia itu sendiri karena tidak bisa memanfaatkan lagi apa yang Allah sediakan di laut.

    ReplyDelete
  74. @M17-IKRAMAN

    Dampak dari pencemaran air sangatlah besar, banyak makhluk hidup yang akan mati jika kekurangan air, bahkan pendapatan serta pemasukan pajak negara bisa menyusut akibat pencemaran air. perlu penanganan cepat dalam masalah ini, semua pihak harus ikut ambil bagian dalam penangan pencemeran perairan.

    ReplyDelete
  75. Dendi Anggara (@M28-DENDI)

    Pemerintah harus benar - benar menerapkan peraturan AMDAL terhadap industri - industri yang berada di DAS dan sekitarnya. harus dilakukan inspeksi dan ganjaran hukum tanpa kongkalikong dan sogok menyogok dalam menjalankan peraturan tersebut. ditambahlagi menydarkan masyarakat sekitar baik industri rumahtangga maupun prilaku rumahtangga untuk sadar limbah.

    ReplyDelete
  76. @M13-AFRIZAL (Muhamad Afrizal)

    Dengan hal ini kita semua harus sadar diri dan saling berbondong bondong untuk menjaga kelestarian perairan yang ada di sekeliling kita untuk kehidupan kita sekarang dan anak cucu di masa yang akan datang.
    kalau bukan kita,,, siapa lagi !!!!

    ReplyDelete
  77. @M15-AZAM ; Muhammad Azam Basri

    Dampak yang sudah terlihat nyata, pengurangan sampah kasat mata. Tapi sampah limbah industri masih sangat luar biasa, ini menunjukkan bahwa industri tidak memgolah limbah dengan baik.

    ReplyDelete
  78. @M22-DWI

    pencemaran air di indonesia sangatlah marak terjadi namun dirasa pemerintahan masih enggan untuk melirik apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, negara kita negara perairan namun kita tak peduli dengan kualitas perairan kita, pemerintah harus fokus dalam permasalahan ini, memberikan solusi dan sanksi yang keras jika melanggarnya.

    ReplyDelete
  79. @M10-DIMAS (Dimas Wahyu H)
    kasus pencemaran air yang selama ini terjadi merupakan dampak dari berbagai macam aktivitas manusia yang mengakibatkan penurunan kualitas air. Salah satu kasus pencemaran air yang baru saja terjadi yaitu tumpahan minyak (oil spill) di sumur lepas pantai karawang milik Pertamina Hulu Energi di blok migas ONWJ. Akibatnya seluruh wilayah bibir pantai menghitam oleh tumpahan minyak tersebut. Hal ini juga berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar pantai yang mayoritas profesinya adalah nelayan.

    ReplyDelete
  80. Pencemaran air dewasa ini semakin meningkat seiring dengan industri yang semakin berkembang, dan tingkat kesadaran masyarakat akan dampak pencemaran air yang mulai menurun. Seharusnya pemerintah memberikan sanksi tegas untuk masyarakat dan instansi yang turut menyumbang peningkatan pencemaran air.

    ReplyDelete
  81. Juslinaria Mahulae @M05_JUSLINARIA Salah satu contoh kejadian pencemaran air di ibu kota dapat kita liat dari apa yang terjadi pada danau Sunter yang berbusa yang diberitakan Januari silam. Busa itu berasal dari deterjen yang merupakan limbah rumah tangga yang mencemari air. Pencemaran air bukan hanya bersumber dari skala besar seperti tumpahan minyak di laut namun juga dapat bersumber dari skala kecil yang dilakukan dari setiap kita individu yang mencuci baju dengan detergen dan membuangnya dengan sembarangan. Dari promosi gencar yang dilakukan pabrik penghasil detergen tidak ada satupun yang mengklaim detergennya ramah lingkungan. Maka dibutuhkan kerjasama pelaku industri penghasil produk detergen dalam mengurangi polusi air dengan menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  82. ANALISA ARTIKEL

    ANDINI VINSENCIA @M06-ANDINI

    Pencemaran kawasan perairan saat ini menjadi momok yang mengerikan dan mencuri perhatian dunia, pencemaran perairan mengancam kehidupan seluruh biota laut, bayangkan jika biota laut punah?apa yang akan terjadi?
    Pencemaran perairan bukan hanya akan merugikan biota laut, tapi juga kehidupan seluruh makhluk hidup, tanpa air manusia, hewan,dan tumbuhan tidak dapat hidup. Sehingga pencemaran perairan harus segera di tanggulangi dan bagi yang melanggar harus diberikan sanksi tegas.

    ReplyDelete
  83. @M11-SEPTIAWAN (Septiawan)
    menurut artikel ini pencemaran perairan di muka bumi ini kebanyakan memang di sebabkan oleh manusia sendiri yang kurangnya rasa kepedulian dan kesadaran terhadap kelestarian lingkungan perairan dari laut,sungai,dan danau padahal itu semua berdampak buruk juga untuk kelangsungan hidup manusia sendiri. Maka dari itu kita harus jaga kelestarian perairan terutama disekitar kita dulu.

    ReplyDelete
  84. @M33-FEBI (Febi Widyastutik)
    Tingkat pencemaran laut di Indonesia masih sangat tinggi. Pencemaran berat terutama terjadi di kawasan laut sekitar muara sungai dan kota-kota besar. Tingkat pencemaran laut ini telah menjadi ancaman serius bagi laut Indonesia dengan segala potensinya. Pencemaran laut ini terjadi hampir di seluruh pesisir lautan di Indonesia. Teluk Jakarta salah satu kawasan dengan pencemaran laut terparah. Warna air laut di teluk ini semakin menghitam dan sampah yang rapat mengambang di permukaan air. Hal ini sangat memprihatinkan, pemerintah harus cepat dalam menangani kasus tersebut agar makhluk hidup yang berada di laut tidak mengalami mati masal dan punah akibat pencemaran limbah.

    ReplyDelete
  85. Elfra Media Replita
    @M21-ALFRA
    Penyebaran penduduk di dunia yang terus kian meningkat dan menyempitnya kawasan hunian, dan penyebaran penduduk yang lebih menyukai kota adalah hal yang menyebabkan terjadinya penyencemaran air. Belum lagi penataan tata kota yang kurang baik, menambah deretan panjang terjadinya pencemaran air.
    Pencemaran air terjadi yang terbesar lagi dari limbah industri yang pembuangan limbahnya tidak diatur atau di tata sesuai peraturan pemerintah ataupun peraturan industri lainnya. Mereka belum menggunakaan tecnologi green sebagai kesadaran diri akan terjadinya limbah yang merusak ekosistem bumi ini.
    Pencemaran air dan juga lainnya tidak akan teratasi atau meminimalis bila tidak ada kesadaran diri bukan saja dari pusat pemerintah, tetapi keseluruhan dan segenap masyarakat akan kesadaran memulai hidup disiplin. Dari pihak Industri menngunakan teknologi hijau, dari air rumah tangga membiasakan penggunaan detergen tidak berlebihan. Dan mari kita membatasi penggunaan air dengan slogan “GUNAKAN AIR SEPERLUNYA’.

    ReplyDelete
  86. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  87. @M30-IQRO (iqro maulana hadi)
    Populasi penduduk yang semakin meningkat dan juga teknologi yang terus berkembang mengakibatkan pencemaran dimana-mana. Tidak hanya kesadaran manusia akan lingkungan yang perlu diperbaiki, peran pemerintah juga diperlukan seperti dibuatkan peraturan tentang pembuangan limbah dan juga badan pengawas diarea tersebut yang diharapkan masyarakat lokal dan non lokal menjadi lebih tertib dan disiplin.

    ReplyDelete
  88. @M26-TESALONIKA / Tesalonika Sheren EFrata

    Wilayah perairan merupakan salah satu bagian terbesar di planet bumi. Apabila mengalami pencemaran dapat mengakibatkan terhambatnya kehidupan manusia. Ketika suatu tumpahan minyak telah mencemari permukaan tanah, maka tumpahan tersebut dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah, yang dapat berdampak langsung kepada manusia
    ketika bersentuhan atau dapat mencemari air permukaan maupun air tanah. Selain itu tumpahan minyak dapat menurunkan kestabilan tanah dan mendegradasi fungsi
    tanah hingga dapat menyebabkan lahan kritis. Status mutu air adalah tingkat kondisi mutu air yang menunjukkan kondisi cemar atau kondisi baik pada suatu sumber air dalam waktu tertentu dengan membandingkan dengan baku mutu air yang baik sesuai dengan standar.

    ReplyDelete
  89. @M12-TERBIT (terbit kakung sadewa)
    Menurut pendapat saya,pencemaran laut banyak terjadi akibat ulah manusia baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga menimbulkan akibat sedemikian rupa kepada alam dan membahayakan kesehatan serta kehidupan manusia dan ekosistem serta merugikan lingkungan yang baik dan fungsi laut sebagaimana mestinya.
    namun terkadang dari manusia itu sendiri merusak keindahan itu sendiri dengan hal spele merusak dengn membiarkan limbah yng mengalir ke perairan, minyak minyak yang ngalir sembarangn itu merusak pencernaan air. seluasnya air yang jernih ketika kita merusak sedikit pasti akan tercemar.

    ReplyDelete
  90. @M03-Yan Yan (Yan Yan Apriyana)
    Pencemaran perairan bukan hanya akan merugikan biota laut, tapi juga kehidupan seluruh makhluk hidup, tanpa air manusia, hewan,dan tumbuhan tidak dapat hidup. Sehingga pencemaran perairan harus segera di tanggulangi dan bagi yang melanggar harus diberikan sanksi tegas.

    ReplyDelete