.

Aug 2, 2013

Menyambung Pulau-pulau Nusantara

Oleh : Atep Afia Hidayat - Anda pernah menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak Banten ? Ya, tentu menjadi pengalaman yang mengesankan, bagaimana meninggalkan ujung barat Pulau Jawa, satu sampai dua jam ada di lautan, tepatnya Selat Sunda, lantas menepi di Pulau Sumatera, tentu saja melalui Pelabuhan Bakauheni. Lantas menyeberangnya menggunakan apa ? Antara lain dengan menaiki kapal motor penumpang (KMP) Port Link III, yang berkemampuan mengangkut  kurang lebih 1.000 penumpang dan 155 mobil dan truk.


Sebagai catatan KMP Port Link III merupakan tipe kapal ro-ro, berbobot mati (deadweight tonnage) 4000 Ton, dan berukuran PxLxT 150,88 x 25,01 x 13,31 meter, merupakan  kapal motor penumpang terbesar dibanding KMP Port Link lainnya.

KMP Port Link semuanya ada tujuh, semuanya beroperasi di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Menurut Danang S. Baskoro, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry - Persero (dalam Kompas, 29 Juli 2013), Port Link merupakan kapal bekas yang dibeli dari Inggris dengan harga Rp  50 miliar dengan biaya perbaikan Rp 40 miliar. Keunggulan kapal ini memiliki register dari Lloyd  yang mendapat mengakuan di seluruh dunia. Saat ini perusahaan tersebut mengoperasikan 127 kapal di seluruh Indonesia.

Ternyata PT ASDP Indonesia Ferry sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak hanya melayani penyeberangan Pelabuhan Merak – Bakauheni atau sebaliknya, tetapi melayani 164 lintasan, 32 di antaranya merupakan lintasan perintis di daerah terisolir, dikordinasikan melalui 31 cabang dengan 48 pelabuhan. Cabang Merak dan Bakauheni dengan Pelabuhan Merak – Bakauheni atau sebaliknya hanya berupa satu lintasan.

Adapun pelabuhan yang memiliki lintasan paling banyak ialah cabang Kupang dengan tiga pelabuhan, yaitu Bolok, Rote dan Larantuka dengan 19 lintasan; berikutnya cabang  Ambon dengan lima pelabuhan dan 16 lintasan; cabang Sorong dengan 15 lintasan; cabang Merauke 10 lintasan; dan sebagainya. Lintasan yang paling banyak ternyata di kawasan Indonesia bagian timur. Dengan demikian PT ASDP Indonesia Ferry turut berperan dalam menyambungkan pulau-pulau yang tersebar di seantero Nusantara.  

Lantas bagaimana cikal bakal PT ASDP Indonesia Ferry ? Menurut situs resmi www.indonesiaferry.co.id, ternyata berawal dari tahun 1973, ketika itu muncul penyelenggaraan Angkutan Sungai  Danau  dan Penyeberangan yang pelaksanaannya ditangani oleh Proyek Angkutan Sungai Danau dan Ferry (PASDF), dalam perkembangannya mulai tahun 2004 terjadi perubahan corporate identity dari PT ASDP (Persero) menjadi  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Kemudian tahun 2008 mengalami transformasi bisnis ditandai dengan redefinisi visi, misi dan moto perusahaan  serta modernisasi operasional menuju standar internasional.

Kemudian tahun  2011 Menteri BUMN  Dahlan Iskan menunjuk Danang S. Baskoro sebagai Dirut, yang antara lain membuat gebrakan berupa antara lain berupa penggantian kepala cabang yang dianggap berkinerja kurang; Menerapkan strategi penjualan tiket secara elektronik  sehingga mengurangi kebocoran; penambahan kapal; Memperbaiki sistem penggajian berdasarkan kinerja. Ber bagai gebrakan Danang membuahkan hasil, antara lain berupa pendapatan saat ini yang sudah mencapai Rp 1,4 triliun dengan laba 179 miliar. Padahal sebelumnya pendapatan hanya Rp 800 miliar dengan laba Rp 50 miliar.

Ya, bangsa Indonesia adalah bangsa maritim, sekitar 70 persen dari luas negara kita merupakan lautan, sedangkan 30 persen berupa daratan yang meliputi lebih dari 17.000 pulau yang terpencar. Dengan demikian selain mengemban visi menjadi perusahaan jasa pelabuhan dan penyeberangan yang terbaik dan terbesar di tingkat regional, serta mampu memberikan nilai tambah bagi stakeholders, juga mengemban tugas mulia mempersatukan bangsa dengan cara menyambung pulau-pulau Nusantara. (Atep Afia)



24 comments:

  1. Menurut saya, akan lebih menguntungkan lagi untuk perekonomian bangsa, bila PT ASDP Indonesia Ferry juga bisa ikut serta dalam memajukan Pariwisata Laut Indonesia. yang paling utama mungkin memperbaiki sistem yang ada di Pelabuhan, seperti hal nya bandara International. Dari segi akses ke Pelabuhan, keamanan dan kenyamanan, dsb.Sehingga nantinya bukan hanya menyambungkan pulau-pulau se-nusantara saja tapi juga pulau-pulau se-dunia.

    Negara kita, Republik Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan bentang alam yang sangat mempesona, negara ini mempunyai potensi yang besar dibidang pariwisata, bila kita dapat mengembangkannya.

    Dari segi transportasi, berikut beberapa pesona alam yang bisa kita nikmati :

    1. Melalui transportasi darat, kita dapat menikmati pemandangan pegunungan, perbukitan, danau, dll
    2. Melalui transportasi laut, kita dapat menikmati luasnya laut indonesia dan jika beruntung, kita bisa melihat satwa air yang ada di laut indonesia.
    3. Melalui transportasi udara, kita dapat menikmati semua pemadangan yang ada di darat dan laut secara vertikal.

    Subhanallaah :D

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. Wilayah Kedaulatan NKRI memang lebih luas perairannya dibandingkan dengan daratannya, sehingga transportasi laut atau sungai perlu ditinggkatkan lagi. PT ASDP Indonesia Ferry harus meningkatkan kualitas pelayanan terutama transportasi laut apalagi semakin banyaknya orang yang menggunakan transpotasi laut dan yang paling penting adalah faktor keselamatan penumpannya.

    ReplyDelete
  3. Untuk PT. ASDP Indonesia atau siapa pun yang menyelenggarakan alat transportasi laut harus lebih diperhatikan lagi sistem keselamatan dan kualitas pelayanannya baik didalam kapalnya maupun di Dermaga. Terutama pada saat libur lebaran pengaturan di dermaga itu sangat kacau sekali. Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Dengan adanya penggantian Dirut sejak tahun 2011 dinilai membuahkan hasil. di harapkan transportasi laut pelayanannya lebih di tingkatkan lagi agar lebih banyak yang berminat menggunakan transportasi lewat laut.

    ReplyDelete
  5. Kinerja bagus dari PT. ASDP Indonesia yang telah dipercaya oleh pemerintah dan masyarakat sejak lama. Negara Indonesia sangatlah luas, dengan banyaknya pulau yang tersebar di seluruh Indonesia membuat masyarakat yang ingin pulang kekampung halaman dan sekedar mengisi liburannya tidaklah khawatir karena dengan semakin ditambahnya jalur penyeberangan ke masing-masing pulau dan system yang sudah dibenahi memberikan kesan positif untuk PT. ASDP Indonesia. Semoga Pemerintah dan PT. ASDP mau bekerja keras untuk terus memberikian pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Terutama tentang tingkat keselamatan dan fasilitas yang diberikan.

    ReplyDelete
  6. semoga PT.ASDP ataupun instansi-instansi yang bukan BUMN dapat membantu meningkatkan kualitas trasportasi laut di Indonesia.

    ReplyDelete
  7. PT. ASDP Indonesia Ferry sebagai salah satu BUMN yang ikut berperan dalam memudahkan masyarakat Indonesia dalam hal transportasi. perjalanan laut lebih menyenangkan dibandingkan dengan perjalanan darat yang sering kali terjadi kemacetan dan kecelakaan. Selain itu dengan menggunakan kapal laut sebagai alat transportasi, kita bisa menikmati indahnya pemandangan laut nusantara.

    ReplyDelete
  8. Negara indonesia memang negara maritim, dikarenakan 70% sebagian wilayahnya berupa lautan dan 30% berupa daratan, pantas saja kalau negara indonesia mampu memberikan jasa penyeberangan ke berbagai pulau di kawasan benua asia. Namun yang saya sayangkan disini adalah, masih lemahnya pertahanan lautan kita, sehingga dengan mudah warga negara asing dapat bertempat tinggal di negara Indonesia dengan gratis. Ini perlu lebih diketatkan lagi dalam penjagaan sehingga selain di cap sebagai negara "penyambung pulau - pulau di nusantara" dan juga dalam pertahanan, karena negara kita masih mendapatkan predikat "macan asia".

    ReplyDelete
  9. Indonesia adalah negara kepulauan, banyak proses perekonomian berlangsung melalui transportasi laut. Gebrakan yang dilakukan oleh Mentri BUMN sangat baik untuk menunjang aktivitas di berbagai transportasi khususnya laut. PT ASDP maupun instansi lain yang ikut berperan dalam menyambung pulau- pulau Nusantara harus meningkatkan kualitas dan kerjasama untuk Nusantara yang lebih baik.

    ReplyDelete
  10. untuk mendukung Wilayah Kedaulatan NKRI yang kita tahu perairan indonesia lebih luas dibandingkan dengan daratannya, maka manjadi wajib hukumnya transportasi laut atau sungai harus di tingkatkan. PT.ASDP Indonesia Ferry harus meningkatkan kualitas pelayananya, seperti jaminan keselamatan yang ditingkatkan agar konsumen menjadi tambah percaya dan tidak ragu untuk menggunakan transportasi ini.

    Jiki Prayuda
    44310110053

    ReplyDelete
  11. Seperti kita ketahui negara kita adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 36.000 pulau tersebar dari sabang sampai merauke. Jelas transportasi pada bidang perairan harus sangat di utamakan untuk menjadi penghubung utama pulau di Indonesia. Jelas pemerintah harus melakukan tindakan nyata supaya tidak ada kendala dalam transportasi perairan ini.

    Haryo Bintoro Putra
    46113110022

    ReplyDelete
  12. sebenarnya ini sudah dipikirkan oleh presiden indonesia yang pertama yaitu Presiden Sukarno betapa dibutuhkannya sebuah industri strategis tentang perkapalan di Indonesia. langkah pertama dahulunya saat awal negara Indonesia berdiri yaitu mengirimkan putra-putra terbaik bangsa untuk bisa menimba ilmu untuk teknologi perkapalan diluar negri. Saat sekarang ini sudah berdiri sebuah perusahaan yang membuat kapal di indonesia dengan berdirinya PT PAL disurabaya, tantangannya kedepannya sebenarnya adalah membuat sebuah kapal yang menggunakan energi selain BBM.

    ReplyDelete
  13. sejatinya PT ASDP masih harus meninjau ulang armada-armada lautnya yang pada kenyataanya masih banyak yang harus distandarkan sebagai kapal pengangkut dan penumpang saya yang pernah merasakan sendiri menyebrang ke pulau sumatra ternyata masih banyak fasilitas yang elum memadai yang membuat penumpang nyaman dan aman contohnya disaat musim mudik tiba banyak kasus terjadi dengan penumpang yang membludak terkadang masih saja ada oknum2 d awak kapal yang tidak memperdulikan keselamatan para penumpang dengan memuat penumpang melebihi kapasitas sebenarnya..hal ini akan menjadi buntut dari suatu masalah jika terjadi sesuatu akibat terlalu banyak mengangkut penumpang tentunya sangat membahayakan bagi para penumpang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyambung pulau-pulau Nusantara adalah dengan akan di bangunnya TOL laut yang akan dilakukan oleh pemerintaahan Jakowi, karena dengan adanya TOL laut tersebut maka akan dapat mempermudah akses menuju pulau-pulau tersebut

      Delete
  14. Kebutuhan akan transportasi yang aman dan nyaman merupakan hal penting yang harus diperhatikan pemerintah Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Agar perkembangan terjadi secara merata di seluruh kawasan di Indonesia dalam segala aspek kehidupan, diperlukan suatu tindakan penting untuk menyambung pulau-pulauyang menyebar dengan luas ini, hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pembenahan sistem transportasi agar lebih efisien di seluruh kawasan di Indonesia, terutama di pulau Jawa.

    ReplyDelete
  15. negara indonesia yang wilayahnya sebagian besar lautan maka transportasi kapal laut menjadi pilihan yang baik.selama tata kelola transportasi tersebut baik dan tidak ada kecurangan maka pilihan menggunakan kapal akan terus diminati dan negara dalam hal sektor transportasi laut akan terus berkembang

    ReplyDelete
  16. Negara Indonesia dengan adalah bangsa maritim dengan 70 persen dari luasnya merupakan lautan. Untuk menyambung pulau-pulau Nusantara dengan menggunakan Kapal tentu memakan waktu yang tidak sebentar. Untuk mengeffisiensi waktu semoga Periode Pemerintahan Presiden Jokowi mampu terselesaikan pembangunan jalan tol Trans Sumatera - Jawa

    ReplyDelete
  17. NKRI perlu meningkatkan transportasi via laut. karena perairan kita yang sangat luas harus bisa menjadi poros di asia khususnya sebagai negara maritim terbaik

    ReplyDelete

  18. sebenarnya ini sudah dipikirkan oleh presiden indonesia yang pertama yaitu Presiden Sukarno betapa dibutuhkannya sebuah industri strategis tentang perkapalan di Indonesia. langkah pertama dahulunya saat awal negara Indonesia berdiri yaitu mengirimkan putra-putra terbaik bangsa untuk bisa menimba ilmu untuk teknologi perkapalan diluar negri. Saat sekarang ini sudah berdiri sebuah perusahaan yang membuat kapal di indonesia dengan berdirinya PT PAL disurabaya, tantangannya kedepannya sebenarnya adalah membuat sebuah kapal yang menggunakan energi selain BBM.

    ReplyDelete
  19. Seharusnya, bangsa indonesia memiliki lebih banyak kapal. Menginat geografis indonesia yang terdiri dari lebih 17,000 pulau dan lus wilayah indonesia yang terdiri dari Laut. Jika dengan kondisi yang sekarang, banyak pulau di indonesia yang belum terhubung. Banyak perkembangan yang tidak bisa tersebar secara merata. Pulau Jawa dan Papua Barat, begitu jauh perbedaan perkebangan teknologi. Padahal, semuanya adalah wilayah indonesia. Seharusnya, pemerintah dapat menyediakan lebih banyak sarana transportasi untuk ini.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Afifah Putri Nadiyah
    @A20-AFIFAH

    Indonesia patut berbangga memiliki PT. ASDP yang siap sedia dengan kapal pelayanan baik. Dengan itu PT. ASDP harus memaksimalkan pelayanan untuk penumpang. Terutama di saat musim mudik yang penumpangnya membludak

    ReplyDelete
  22. yosep setiawan
    @A05-Yosep

    indonesia negara dengan perairan terluas di dunia industri transportasi sangat efisien untuk menambahkan pemasukan uang negara.melalui ASDP seharusnya mampu menanganinya dengan menambah jumlah armada dan safety nya .

    ReplyDelete
  23. YOSEP SETIAWAN
    @D17-YOSEP, @Tugas A05

    indonesia negara dengan perairan terluas di dunia industri transportasi sangat efisien untuk menambahkan pemasukan uang negara.melalui ASDP seharusnya mampu menanganinya dengan menambah jumlah armada dan safety nya

    ReplyDelete