.

May 8, 2013

Hati yang Gundah

Oleh : Atep Afia Hidayat - Hati yang gundah gulana adalah kondisi hati yang tiada menentu, resah, gelisah, bagaikan kapal yang terapung di samudera luas. Tidak tahu arah, sulit menepi, bahkan tidak tahu arah pelabuhan.


Hati yang gundah menyiksa diri, karena menjadi sulit untuk menyikapi hidup dan kehidupan. Padahal arena kehidupan terus bergulir, tak pernah berhenti. Hati dengan kehidupan menjadi tidak klop, kurang harmoni. Inilah awal penderitaan.
Hati yang gundah harus segera diobati. Bagaimana caranya ? Hampiri Sang Pencipta Hati, Allah SWT. Tuhan pencipta alam semesta. Allah SWT yang membolak-balikan hati. Mintalah melalui do'a yang khusyu supaya hati ditentramkan. Supaya hati dibimbing ke jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang telah diberiNya nikmat, bukan jalan yang dimurkaiNya, dan bukan jalan yang sesat.

Hati yang gundah bisa tergelincir ke jalan yang sesat. Jalan yang membawa manusia ke arah kehancuran, kerugian besar, ketidak-jelasan masa depan. Bagaimanapun, masa depan itu ada pada aktivitas hati. Bagaimana mata hati melihat, bagaimana kata hati berbicara, di situlah masa depan yang sebenarnya.

Hati yang gundah jangan dipertahankan lama-lama. Segera enyahkan kegundahan itu. Songsong cahaya Ilahi yang menerangi setiap relung hati. Hati pun menjadi bercahaya, kehidupanpun dijalani penuh kebermaknaan dan keberkahan. Hati yang gundah pun perlahan berlalu, berganti dengan hati yang nyaman, tenang, percaya diri, karena sepenuhnya bersandar pada kekuatan Allah SWT. (Atep Afia)

10 comments:

  1. Bagi anak muda hati yang gundah mungkin lenih ngetop dengan kata "galau". Galau bisa menjadi hal positif jika dikelola dengan baik. Galau adalah proses pendawasaan diri kita dan melatih kita untuk ikhlas, sabar, dan tenang dalam setiap masalah. Karena Allah SWT tidak akan memberikan masalah diluar kemampuan hamba-Nya. Keep positive thinking...

    ReplyDelete
  2. Begitu lah lika liku kehidupan manusia, terkadang manusia itu dihadapkan pada kondisi yang tak tentu arah, disitu lah keimanan mulai di uji. Pikiran jernih pun tertutupi dengan berbagai macam masalah yang timbul. Benar sekali kita harus mendekatkan diri kita kepada sang pencipta yaitu AAllah SWT, karena dengan pertolongan Nya lah kita dapat selamat dunia dan akhirat. Amin, Adapun salah satu contoh untuk menghindari keadaan itu terjadi pada diri kita adalah dengan menyibukkan diri dengan hal hal yang positif, apalagi kita selaku mahasiswa. Sudah saat nya kita kreatif untuk berkreasi, karena keadaan ini hanya akan terjadi pada orang yang bermalas malasan, apabila kita terhindar dari bermalas malasan mana mungkin kita ada fikiran untuk tak tau arah tujuan, justru kita akan di sibukkan dengan pekerjaan kita yang bermanfaat untuk mencapai kesuksesan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. itulah kehidupan manusia, penuh pertanyaan, penuh pilihan dan penuh kegundahan . pikiran yg positif yang tentram lama kelamaan bisa ditutupi dengan berbagai macam masalah konflik dan lain lain. salah satunya itu adalah kegundahan tidak tau kemana arah tujuan kita gelisah ya yang disebut jaman sekarang itu galau . hmm itu harus cepat2 dihilangkan dan dihindari karna berdampak negatif yg seperti bapak jelaskan bahwa hati yang gundah bisa tergelincir ke jalan yang sesat. Jalan yang membawa manusia ke arah kehancuran, kerugian besar, ketidak-jelasan masa depan. bagaimana menhilangkannya ? yaitu dengan mendekatkan diri kepada ALLAH SWT beribadah kepadanya dan perbanyakan melakukan hal positif .

    ReplyDelete
  4. Hati yang Gundah berawal dari pikiran yang kacau yang selalu berfikiran buruk dan membuat hati tidak tenang, oleh karena itu selalu berfikir positive lah dalam menjalani aktivitas sehingga kita dapat mengeluarkan kemampuan terbaik kita.

    ReplyDelete
  5. menurut saya cara menenangkan Hati yang gundah dan selalu gelisah, obat yang paling ampuh untuk itu semua sebenarnya ada pada diri anda sendiri, walaupun anda merasa membutuhkan bantuan sahabat atau saudara, mintalah tolong pada orang yang paling anda percayai dan bisa menghibur anda walaupun hanya sejenak,

    ReplyDelete
  6. Hati yang gundah tidak lain karena mempunyai masalah yang belum terselesaikan atau yang lainnya. namun untuk membuat hati tidak gelisah yaitu dengan cara mendekatkan diri ke sang pencipta yaitu dengan membaca al qur'an maka hati kita langsung tenang tentram dan damai. bila dipikirkan terus tanpa berdoa dan mohon kemudahan itu tidak akan pernah selesai. maka dari itu kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT harus selalu bersandar dan meminta kemudahan dan ketentraman hati agar kita bisa menjalani hidup dengan harmonis, dan penuh semangat. tidak gundah lagi.

    ReplyDelete
  7. hati yang gunah karena masih mempunyai masalah yang belum selesai atau pun mempunyai salah terhadap orang lain yang menyebabkan hati gunah dan tidak tenang. dan cara agar hati tenang agar tidak gunah adalah selesaikan masalah dan mitalah maaf atau saling memaafkan, dan berdo'a lah memohon ketenangan.

    ReplyDelete
  8. Perjalanan hidup manusia memang seperti itu kadang manusia dihadapkan dengan suasana hati yang tenang atau sebaliknya manusia dihadapkan dengan hati yang gundah. Tentu saja yang menjadi masalah dan yang harus segera diambil tindakan adalah ketika hati kita menjadi gundah yaitu suatu kondisi hati yang resah, gelisah, dan tak membuat arah serta tujuan hidup yang tidak menentu.
    Oleh karena itu, menurut saya hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau menangani hati yang gundah adalah dengan kembali mendekatkan diri kepada sang pencipta yaitu Allah SWT karena hanya Allah SWT yang dapat mengembalikan hati kita yang gundah menjadi hati yang tenang kembali. Karena Allah SWT merupakan sang pencipta hati manusia.
    Selain itu kita sebagai manusia dapat berusaha selain dengan mendekatkan diri kepada Allah SWt adalah dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif sehingga diri kita akan menjadi sibuk sehingga hati akan senantiasa menjadi tenang dan tidak akan memikirkan sesuatu-sesuatu yang akan membuat hati kita menjadi gundah.

    ReplyDelete
  9. Hati yang Gundah salah satu penyebabnya karena kita tidak diberi cahaya oleh Allah swt. Mintalah kepada Allah cahaya untuk menerangi hidup kita. Sehingga kita merasa selalu diberkahi dan diberi petunjuk

    ReplyDelete
  10. @D20-Ayu, Tugas A05 hati yang gundah salah satu penyebabnya kita tidak bisa bersyukur dengan apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Untuk menghindari hati yang gundah tersebut kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dan lebih beryukur dalam hal apapun.

    ReplyDelete