.

Apr 21, 2013

Yuk Menabung Pohon

Adalah Pertamina Foundation (PF) melalui situs http://www.sobatbumi.com/ menggelar gerakan Menabung Pohon bagi siapapun yang siap menjadi relawannya. Dalam hal ini tugas relawan adalah mencari lahan dan mengajak petani dan pemilik lahan untuk bergabung dengan program menabung pohon PF.


Di sisi lainnya PF berupaya  memberikan bantuan untuk proses penanaman untuk setiap lahan-lahan yang sudah diverifikasi oleh pihak yang sudah ditunjuknya. Sebuah aksi yang harus diberikan apresiasi, sudah selayaknya setiap perusahaan, apalagi berkelas besar, untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Situs Sobat Bumi yang dikelola oleh Kang Bumi dan kawan-kawan memang tergolong situs hijau yang interaktif dan memuat konten peduli lingkungan.  Selain Beranda, beberapa katagori yang ada ialah Isu dan People. Katagori Isu meliputi Sub Katagori Lintas Isu, Sampah, Air, bisnis, Pendidikan, Hutan, Transportasi, Makanan, Bagunan dan Energi. Sedangkan dalam Katagori People berisi profil Sobat Bumi yang sampai saat ini sudah mencapai 12.393 orang.  Selain itu juga ada katagori Kanal, Tips, Aksi Terpilih, Aksi dan Cerita. Untuk menjadi Sobat Bumi bisa daftar di sini. Sedangkan untuk bergabung dengan Sobat Bumi di Facebook bisa gabung di sini.

Keberadaan situs Sobatbumi.com sangat bermanfaat, terutama untuk komunitas pencinta lingkungan di manapun berada. Namun saat tulisan ini diturunkan situs Sobatbumi berada pada peringkat 35.376 di Indonesia dan 1.026.611 di dunia berdasarkan pemeringkatan traffic dari Alexa.com (The Web Information Company).  Hal itu menunjukkan jumlah pengunjung ke situs tersebut hanya menempati peringkat 35.376, bisa diduga pengunjung harian hanya berkisar di bawah 2.000 orang. Sudah selayaknya pengelola situs dapat memperbaiki peringkat melalui Search Engine Optimation (SEO) yang lebih baik, dengan kata lain jangkauan pengunjung atau pembacanya makin diperluas.

Gerakan menabung pohon yang digulirkan Sobatbumi.com termasuk ide kreatif, sudah semestinya didukung berbagai kalangan. (Atep Afia – LG 0113 – 003/ Sumber : Sobatbumi.com).  

13 comments:

  1. Menabung pohon bukan menebang pohon adalah terobosan tag line yang bagus unuk mendorong semua manusia untuk sadar bahwa salah satu peran penting pohon adalah menghasilkan oksigen, jika pohon-pohon habis, maka kehidupan dan ekosistem dialam bisa menjadi sangat berantakan.

    ReplyDelete
  2. Ini kegiatan yg bagus dimana kita tahu bahwa dunia kita krisis hutan. Menabung pohon bukan menebang pohon, ini untuk kelangsungan generasi setelah kita. Perlu perhatian dari semua pihak untuk merawat dan menanam pohon kembali.

    ReplyDelete
  3. Menabung pohon bukan menebang pohon adalah ide cemerlang untuk memperbaik bumi kita, akan tetapi mungkin gerakan ini agak sulit dilaksanakan apabila masih banyak manusia manusia yang tidak bertanggung jawab, maka dari itu hal ini perlu dikaitkan kepada semua peran manusia terhadap lingkungan dan pohon.

    ReplyDelete
  4. kegiatan menabung pohon ini bagus sekali, president ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono pun pernah berkontribusi dalaam hal ini menanam 1 milliar pohon dalam rangka mewariskan hutan untuk generasi penerus agar lebih baik. jadi mari kita menanam pohon :)

    ReplyDelete
  5. Menanam pohon berfungsi untuk mengembalikan baku mutu tanah dan mencegah erosi. Terobosan yang dilakukan oleh sobat bumi dalam dunia maya dan intenet merupakan sarana yang tepat untuk mempublikasikan konsep-konsep pelestarian lingkungan, karena dapat diakses kapan saja dan biaya yang relatif murah.

    ReplyDelete
  6. menabung pohon merupakan gagasan yang sagat cemerlang selain mengembalikan fungsi tanaman yang sekarang semakin berkurang juga memperindah lingkungan , dan disepanjang daan mogot jakarta barat sedang diadakan penanaman pohon .

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat sekali dalam program menabung pohon,kabaikannya bukan hanya untuk bumi tetapi untuk semua makhluk hidup..

    ReplyDelete
  8. Menanam pohon sangat bermanfaat sekali .. Program ini bisa mencegah pencemaran populasi udara yang sangat buruk.

    ReplyDelete
  9. Menanam pohon sangat banyak manfaatnya selain sebagai penangkal populasi udara,menanam pohon juga bisa menjadikan rumah atau tanah kosong menjadi pemandangan indah.Mari kita budayakan menabung pohon dimulai dari diri kita sendiri dan dimulai dari sekarang.

    ReplyDelete
  10. Menanam pohon atau reboisasi adalah hal yang paling mendasar dan termudaha dalam memperbaiki hutan.ayok sama sama kita menanam pohon.

    ReplyDelete
  11. dengan menabung pohon pasti kita bisa memetik hasilnya, udara sehat, lingkungan sehat itulah hasilnya

    ReplyDelete
  12. @B29-RIVALDI , TUGAS TB05

    Melihat kondisi hutan di Indonesia yang saat ini sudah banyak yang dibabat habis dan tidak dilakukan reboisasi menjadi masalah untuk kita. Kaarena pohon kita dapat merasakan udara yang sejuk dan sehat, bayangkan bila di Indonesia pohonya abis, pasti iklim di Indonesia pun menjadi tidak jelas. Oleh karena itu kita harus mendukung para relawan relawan yang melakukan penanaman kembali hutan hutan yang telah gundul, agar anak & cucu kita pun dapat merasakan udara yang sehat dan sejuk

    ReplyDelete
  13. jaenudin angga, @E29-jaenudin
    membahas tentang pohon, saya jadi ingat pada waktu saya masih duduk di kls 3 smp, kalaitu pada taun 2009, saya menanam pohon sengon laut (jeungjing) 2 batang,& sampai hingga saat ini masih tetap gagah berdiri.
    pohon adalah sumber oksigen (o2) yang begitu penting bagi seluruh kehidupan di bumi, maka dari itu kepada seluruh rakyat indonesia agar menjaga, melindungi & merawat hutan & segala macam pohon agar tetap hidup.

    ReplyDelete