.

Apr 22, 2013

Pribadi yang Hangat

Oleh : Atep Afia Hidayat - Dingin, hangat dan panas menunjukkan temperatur suatu benda atau tempat . Seperti ketika kita sedang menikmati segelas minuman, bisa dingin, hangat atau panas. Kalau temperatur lokasi sedang panas, maka minuman dingin terasa begitu nikmat. Sebaliknya kalau temperatur tempat sedang dingin, maka minuman panaslah pilihannya. Sedangkan kalau minuman hangat bias dinikmati kapanpun, tidak terpengaruh temperatur sekitar. Begitu pula pribadi yang hangat akan mampu beradaptasi dalam kondisi bagaimanapun.

Pribadi yang hangat muncul secara internal. Adapun komponen dan struktur kepribadiannya terbangun sedemikian rupa, bersamaan dengan perkembangan usia. Beberapa faktor penentu ialah faktor bawaan (genetik), budidaya kepribadian dan lingkungan. Yang dimaksud budidaya kepribadian ialah bagaimana pola interaksi termasuk perlakuan dalam keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan. Kepribadian itu mengalami proses pembentukan, baik dengan sengaja atau tanpa sengaja. Seorang anak misalnya, kepribadiannya sangat dipengaruhi oleh pola pengasuhan. Setelah menjadi remaja dan dewasa, proses kepribadian terus berlanjut dan dipengaruhi oleh pola pergaulan.

Pribadi yang hangat terbentuk dalam pola pengasuhan yang hangat dan dalam lingkungan pergaulan yang hangat. Pribadi yang hangat dengan spontan dapat memecah kebekuan sosial. Bayangkan, ketika ada beberapa orang terkumpul atau berkumpul, satu sama lain kurang begitu akrab atau tidak saling mengenal, maka si pribadi hangat inilah yang mampu memecah kesunyian. Pribadi yang hangat ditandai dengan kemampuan yang tinggi dan teruji  untuk menempatkan diri dalam situasi dan kondisi bagaimanapun. Pribadi yang hangat selalu terlebih dahulu menyapa pribadi lainnya, dengan senyum tulus penuh persahabatan, kata-kata yang menyejukkan dan sikap yang begitu santun.

Apakah saya atau anda sudah dilengkapi dengan instrumen kepribadian yang hangat? Bagaimana cara praktis untuk mengukur temperatur kepribadian ? Mudah saja, yang pertama apakah anda memiliki banyak teman atau sahabat. Salah satu indikator pribadi yang hangat ialah memiliki banyak teman atau sahabat, bias ratusan atau ribuan orang. Pribadi yang hangat selalu dirindukan kehadirannya oleh teman-temannya. Karena kehadirannya bias menjadi inspirasi, motivasi bahkan energi. Indikator kedua dari pribadi yang hangat ialah bagaimana keberadaannya dalam keluarga.

Kalau yang sudah punya anak, apakah selalu dicari anak-anaknya atau sebaliknya selalu dijauhi anak-anaknya. Dalam contoh kasus, ada seorang ayah yang senantiasa dihindari anak-anaknya, bahkan kehadirannya seolah dianggap ‘ancaman’. Sebaliknya ada juga seorang ayah yang selalu dikangeni anak-anaknya, kehadirannya senantiasa memberikan kenyamanan. Ada juga kasus di mana kehadiran seorang ayah seolah tak ada pengaruh bagi anaknya.

Menjalani kehidupan, hari demi hari, dengan mengandalkan pribadi yang hangat, tentu terasa begitu nikmat. Segalanya akan terasa indah dan bermakna. Bagaimana supaya kepribadian kita menjadi, tetap atau makin hangat? Mulailah dengan membiasakan berpikir dan berperasaan hangat, kemudian bersikap hangat.  Kebiasaan tersebut terus dipertahankan, maka akan terbentuk karakter hangat, dan Insya Allah kehidupan secara keseluruhan pun akan terasa hangat. Bayangkan ketika kita mau mandi, lantas masuk ke bak berisi air hangat.

Badan akan terasa segar, peredaran darah makin lancer dan otot-otot pun menjadi rileks. Begitu nyaman. Sebaliknya kalau masuk ke bak berisi air panas, pasti tubuh akan spontan memberontak. Begitu pula ketika masuk ke bak yang berisi air dingin. Nah, selain badan ada yang namanya jiwa. Sama seperti badan, jiwa pun sangat menyukai suasana hangat, sebab jiwa itulah tempat bersarangnya kepribadian. Dengan pribadi yang hangat, maka proses sambung rasa akan menjadi mudah, apalagi sambung piker. Pada dasarnya kehidupan ini merupakan arena sambung rasa, makin hangat pribadi, maka rasa akan mudah terkoneksi dengan siapapun. (Atep Afia)





27 comments:

  1. Mungkin yang di maksud pribadi yang hangst disini adalah bagaimana rasa ke pekaan kita terahadap lingkungan di sekitar. jika kita bisa menghangatkan suasana di sekitar kita atau pun bisa memecahkan kebekuan kondisi di sekitar kita, pasti kita akan mempunyai banyak teman, sahabat yang mendekati kita... dan kita pun harus membuka hati kita untuk menerima siapapun orang yang mau menjadi teman kita tanpa memilih-milih untuk menjadi teman kita, Meskipun begitu kita tetap harus bisa membedakan yang baik dan yang buruk....

    ReplyDelete
  2. kalau meurut saya kepribadian yang hangat adalah kepribadian seseorang yang memiliki jiwa bersosialisasi yang tinggi dan peka terhadap lingkungan. biasanya orang seperti dapat mencairkan suasana yang sedang memanas. jika kita ingin menjadi sosok berkepribadian hangat kita harus bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan dapat membaca situasi contonya begini kalau suasana sekitar kita sedang emosional sebaiknya kita meredamnya. dan jangan pernah membeda-bedakan teman semua adalah teman tanpa dibatasi usia status atau apapun jadilah oran yang bisa menghargai orang lain karena itulah ciri-ciri orang berkepribadian hangat menurut saya.

    ReplyDelete
  3. Kalau saya pikir setiap orang memang harus memiliki rasa pribadi yang hangat, mengapa? karena kepribadian yang hangat sangat di rindukan atau disenangi dengan teman maupun saudara lainya. Menurut saya juga kepribadian hangat sebagai faktor penunjang setiap individu dalam bersosialisasi terhadap individu lainnya agar lebih cepat terjalin interaksi dengan individu lainnya.

    ReplyDelete
  4. saya sependapat dengan pernyataan di atas bahwa pribadi yang hangat itu muncul secara internal dan beberapa faktor penentu nya adalah faktor genetik, budidaya kepribadian dan lingkungan. contohnya, ada anak yang seolah-olah dia itu memiliki 2 kepribadian, di lingkungan rumah nya dia itu tidak mencerminkan kepribadian yang hangat, bahkan dia terlihat agak sulit bergaul namun di lingkungan yang berbeda dia itu terlihat sangat mudah bergaul. dan faktor yang mempengaruhi kasus tersebut adalah lingkungan. bukan berarti dia memiliki 2 kepribadian. mungkin karena di lingkungan rumah nya itu orang-orang yang ada di dalam nya pun tidak memiliki pribadi yang hangat sebaliknya di lingkungan yang lain mungkin orang-orang di dalam nya itu memiliki pribadi yang hangat senhingga terciptalah suasana yang hangat.

    ReplyDelete
  5. Saya sangat setuju dengan pernyataan-pernyataan di atas bahwa suatu individu yang berkepribadian hangat tentu merupakan contoh figur yang dapat selalu disenangi dan diidamkan oleh setiap individu lain, karena pada umumnya seseorang dengan kepribadian yang hangat tentu orang tersebut merupakan tipe seseorang yang supel atau mudah bergaul dengan siapa saja, tetapi tetap pada batasnya untuk membedakan antara teman yang baik dengan yang buruk, serta tidak membeda-bedakan teman yang dimana pada zaman sekarang mayoritas kaum remaja terjerumus pada pertemanan yang bersifat rasisme (saling membedakan dan saling menjatuhkan). Selain itu, faktor kebiasaan atau pembelajaran dari dalam lingkungan keluarga tentu dapat menciptakan suatu individu dengan kepribadian yang hangat, dimana dari sanalah individu tersebut dapat menerapkan diri pada kondisi sebagaimanapun ke lingkungan sosial untuk dapat menentramkan atau mencairkan kebekuan sosial atau interaksi sosial yang tidak terkoneksi sehingga terciptalah suasana lingkungan yang hangat dan nyaman.

    ReplyDelete
  6. Saya juga sependapat dengan pernyataan diatas, memang tidak semua orang bisa memiliki kepribadian yang hangat, tergantung inidividunya sendiri. Biasanya orang-orang yang memiliki kepribadian hangat sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan dimanapun dia berada, Ini sangat bagus karena salah satu kunci menjadi orang sukses adalah mampu beradaptasi di manapun ia berada. Orang-orang yang memiliki kepribadian hangat juga biasanya disenangi oleh teman-teman dan lingkungan sekitarnya, sehingga secara otomatis segala kegiatan yang dilakukannya akan terasa nikmat dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  7. Saya setuju dengan artikel diatas, orang yang mempunyai kepribadian yang hangat termasuk orang yang sabar dan dapat menenangkan hal hal yang sedang memanas dilingkungannya, orang yang mempunyai kepribadian hangan juga pasti termasuk orang yang selalu bersyukur kepada sang pencipta, dan orang yang mempunyai kepribadian hangat akan mempunyai banyak teman karena setiap manusia menginginkan mempunyai teman yang baik.

    ReplyDelete
  8. menurut saya kepribadian hangat itu adala seseorang yang mempunyai sosialisasi dan sikap yang bisa membuat oran lain merasa nyaman dan aman bila didekat kita. karena kepribadian hangat ini sangat jarang dimiliki ole orang2.

    ReplyDelete
  9. Menurut saya kepribadian yang hangat itu adalah bagaimana aksi dan reaksi seseorang kepada orang lain. Bagaimana cara ia berinteraksi kepada orang lain sehingga orang tersebut nyaman untuk berinteraksi dengannya. Juga bagaimana seseorang yang dingin bisa menjadi luluh ketika berinteraksi dengannya sehingga membuatnya nyaman untuk berada disekitarnya.

    ReplyDelete
  10. Menurut saya kepribadian yg hangat adalah orang2 yg pandai bersosialisasi. Biasanya orang yg memiliki kepribadian yg hangat akan memahami 'maunya orang lain', sehingga dia disenangi banyak orang disekitarnya. Memiliki kepribadian yg hangat itu penting, karena sekarang orang mana yg ingin berteman dgn pribadi yg dingin? Orang yg hangat kepribadiannya itu rata-rata banyak teman karena dia bisa mencairkan suasana lingkungan menjadi lebih seru dan asik.

    ReplyDelete
  11. Kepribadian yang hangat adalah dimana orang mampu bersosialisasi dengan baik di lingkungan sekitarnya dan mampu mencairkan suasana jika terjadi kesenggangan diantara orang-orang yang baru berkenalan, dan pastinya orang yang memiliki kepribadian yang hangat ini akan mempunyai banyak teman, karna siapa sih yang tidak mau mempunyai teman yang baik yang dapat memecahkan suasana begitu saja? Tentunya tidak ada. Jadi sebenarnya bersikap hangat terhadap orang yang baru dikenal iu perlu, agar dikedepannya suatu hubungan pertemanan itu akan menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  12. ya memang dengan memiliki kepribadian yang hangat maka akan banyak orang yang suka kepa kita dlam artian orang akan tertarik kepada apa yang kita lakukan bicarakan atau kita pikirkan karena sikap pribadi yang hangat akan menimbulkan rasa nyaman pada orang lain

    ReplyDelete
  13. Menurut saya orang yang berkepribadian hangat adalah orang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan, khususnya dalam berinteraksi dengan orang lain. Dalam suatu kelompok, penting sekali sosok orang yang mempunyai kepribadian hangat untuk mencairkan suasana di dalamnya.

    ReplyDelete
  14. Saya sependapat karna menjadi peribadi yang hangat akan dicintai dan disukai oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Seorang pemimpin jika dia berkepribadian hangat maka rakyatnya akan selalu mengenangya bahkan sekalipun langkah kakinya akan di nanti-nantikan. Tetapi tidak mudah menjadi peribadi yang hangat terkadang manusia di kendalikan oleh emosional yang mengakibatkan orang yang ada di sekitar merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu sesuatu yang akan di lakukan perlu di cerna secara baik. Agar tidak menyinggung atau bahkan membuat orang yang ada di sekitar kecewa.

    ReplyDelete
  15. pribadi yang hangat adalah seseorang yang sangat mudah bergaul dengan lingkungan yang ia baru datangi,begitu juga sebalik seseorang yang mempunyai sifat pendiam sangat tidak mudah beradaptasi

    ReplyDelete
  16. pribadi yang hangat itu sebenernya hidup yang selalu positif dan menuju tempat untuk yang menjadi lebih baik,karna kepribadian yang hangat seperti halnya yang mencari sesuatu yang seru.

    ReplyDelete
  17. pribadi yang hangat bisa membuat seseorang akan lebih nyaman ketika bersama atau berkomunikasi dengan orang lain dan bisa membuat orang lebih percaya dengan orang itu.

    ReplyDelete
  18. menurut saya seluruh manusia harus mempunyai sikap kepribadian yang hangat karena dari sikap tersebut mempunya banyak nilai yang positif yanng baik dan pasti akan mengakibatkan nilai yang sangat positif dan baik bagi diri kita masing-masing dan orang lain.

    ReplyDelete
  19. saya setuju dengan artikel di atas yang menyatakan pribadi yang hangat terbentuk dalam pola pengasuhan yang hangat dan dalam lingkungan pergaulan yang hangat. Pribadi yang hangat dengan spontan dapat memecah kebekuan sosial. Bayangkan, ketika ada beberapa orang terkumpul atau berkumpul, satu sama lain kurang begitu akrab atau tidak saling mengenal, maka si pribadi hangat inilah yang mampu memecah kesunyian. Pribadi yang hangat ditandai dengan kemampuan yang tinggi dan teruji untuk menempatkan diri dalam situasi dan kondisi bagaimanapun. Pribadi yang hangat selalu terlebih dahulu menyapa pribadi lainnya, dengan senyum tulus penuh persahabatan, kata-kata yang menyejukkan dan sikap yang begitu santun.

    ReplyDelete
  20. kalau menurut saya kepribadian yang hangat adalah dimana orang mampu bersosialisasinya sangan tinggi sekali. karena dia bisa cepat beradaptasi di lingkungan yang baru dia singgahi dan membuat seseorang akan lebih nyaman saat bersama atau berkomunikasi dengan orang lain

    ReplyDelete
  21. Pemandangan yang janggal adalah saat ada dua kelompok sahabat yang A hanya memiliki 3 teman namun sudah mengenal luar dan dalamnya. yang B punya ribuan teman tapi tidak mengenal luar dan dalam dirinya. Saat mereka berdua meninggal si A dikunjungi oleh sahabat" tercintanya , lain hal dengan yang B dia justru tidak di datanggi oleh satupun sahabatnya.
    Kilasan certia d atas menimbulkan banyak pertanyaan , apa mengapa bagaimana kenpa dan lainnya.
    Terkadang saat kita mencari teman hanya debatas mencari tidak mau mengenal lebih pribadi tersebut , dan hal itu menyebabkan orang lain merasa dilupakan serta tentu saja mereka akan berlaku sama terhadap kita. Namun tetap saja ada pribadi yang dengan senyum , keramahan dan keterbukaan untuk menyatu dengan semua temannya justru mendapat tempat khusus di hati setiap temannya.
    Apa yang menjadi perbeaanny ? hanya sedikit jika di lihat secara sekilas namun berdampak besar. Pribadi yang hangat , ya seperti yang dikatakan sang penulis bahwa pribadi yang hangat adalah yang santun, ramah, mampu di ajak bertukar pikiran , baik, dan lain sebainya. Hal'' tersebut terdengar simple bukan . Diartikel ini. mengingatkan kita untuk menjadi pribadi yang hangat , karena pribadi yang hangat adalah suatu sifat yang sangat berpengaruh saat kita bersosialisai. Dalam rumah, dalam sekolah, dalam kampus, dalam dunia kerjapun sifat yang hangat menjadi keunggulan .
    Menurut saya menjadi pribadi yang hangat adalah kemampuan setiap orang karena memang pribadi yang hangat sendiri merupakan hal yang di ajarkan dalam setiap agama. Jadi apa salahnya memiliki pribadi yang hangat jika dapat memiliki banyak teman dan sahabat yang sayang pada kita.

    ReplyDelete
  22. saya setuju sekali dengan artikel yang di atas, pribadi yang hangat itu ada pada diri kjita sendiri tidak memikirkan pemikiran yg negatif dan selalu berfikir postif. orang yang berkeperbadian yang hangat dapat memiliki banyak teman , dan sangat di kagumi oleh orang di sekitar.

    ReplyDelete
  23. Kepribadian yg hangat seharusnya dimiliki setiap individu agar mudah bergaul dengan teman teman baru dan tidak terlihat kaku ketika berpindah kelingkungan baru

    ReplyDelete
  24. pribadi yang hangat adalah ketika seseorang bisa membuat nyaman orang disekitarnya disaat dekat dengan orang tersebut.

    ReplyDelete
  25. Masih sulit mencari sosok yang bnar2 hangat . Terkadang masih memiliki sifat bunglon .. Dan itu sungguh tidak mengenakan .. Berharap semua orang memiliki sifat hangat dan mudah brbaur dengan mudah kepada sesama manusia

    ReplyDelete
  26. @B23-YUNITA, Tugas TB05
    pribadi yang hangat bisa dibilang juga sebagai pribadi yang menyenagkan. pribadi yang hangat juga sangat mudah di terima di pergaulan karena sosok pribadinya yang hangat. Tidak ada kata terlambat untuk merubah sikap kita demi menjadi pribadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  27. Gilang Pratama : @E26-gilang, @Tugas B05


    jika kita memiliki pribadi yang hangat kita akan cepat beradaptasi dengan lingkungan dimanapun kita berada.

    ReplyDelete