.

Apr 22, 2013

Matoa Green Magz


Oleh : Atep Afia Hidayat - Bagi para penggiat atau pencinta lingkungan situs web yang satu ini menjadi penting untuk selalu dikunjungi. Ya, situs dengan URL http://matoa.org/ dengan nama tampilan MATOA Green Magz memang mengusung kepentingan lingkungan. Secara umum tampilan situs web yang didominasi warna hijau tersebut sangat menarik. Ada beberapa flash yang berkaitan dengan advertorial namun tetap bernuansa ekologis.

Situs web MATOA meliputi beragam katagori, seperti : Beranda, Advertorial, Berita MATOA, Dari Sahabat, Info Dana Lingkungan, Info Lingkungan, Inspirasi, Lowongan Kerja, Menuju RIO+20, Newsletters, Ngaso Dulu, Opini, Pengantar, Perubahan iklim, Rekomendasi, Survei, Suryakanta, Taman Nasional, Tips dan toko MATOA. 

Hampir semua konten dalam beragam katagori tersebut berkaitan dengan topik lingkungan paling aktual. Bahkan semua konten advertorial mengusung tema hijau seperti promosi Kaos Seri Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Tas Matoa yang menyerukan pengurangan tas plastik, dan sebagainya. Sedangkan toko MATOA merupakan link dengan tokoMatoa Online , sebuah toko online yang menyediakan merchandise dan berbagai produk bertemakan lingkungan. Kalau kita membeli sebuah kaos di toko MATOA (sekitar Rp. 75.000,-), maka akan disumbangkan Rp. 5.000,- untuk dana konservasi.

Tampilan dan konten situs web MATOA memang berfokus pada lingkungan, hal itu karena visi yang diembannya yang meliputi : Pemberi Inspirasi; Bangun lingkungan lebih baik; dan Wujudkan gaya hidup ramah lingkungan. Ya, diharapkan selalu memberikan inspirasi untuk mewujudkan gaya hidup yang lebih ramah dan peduli lingkungan, sehingga pada akhirnya terbangun lingkungan yang baik. Menurut pengelolanya, melalui situs web MATOA mengajak untuk bersama-sama bersinergi, berbagi inspirasi dan informasi untuk mewujudkan lingkungan Indonesia yang lebih baik, harmonis, serasi serta bersahabat dengan alam untuk hidup yang lebih baik.

Situs web MATOA merupakan bagian dari kegiatan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) MATOA Albarits (singkatan dari Abdul Bari Ts). Sedangkan Abdul Bari Ts (bersama istrinya) adalah pendiri LSM tersebut, di Desa Pasir Eurih Ciapus Tamansari Kabupaten Bogor tahun 1995, yang semula bernama Pusat Pendidikan Lingkungan MATOA. Untuk kontak dengan LSM MATOA Albarits - Friend of Nature, bisa melalui telpon atau fax dengan nomor 0251 – 8333 267; e-mail info@matoa.org dan budi@matoa.org ; dengan HP 0818 0294 2111 (Rima) dan 0817 404092 (Budi)

Berdasarkan catatan Alexa – The Web Information Company, saat ini (6 Mei 2012) situs web MATOA menempati peringkat 7.133 di Indonesia dan 500.425 di dunia berdasarkan traffic rank. Menurut Search Analytics dari Alexa, beberapa kata kunci yang paling sering digunakan melalui mesin pencari (serach engine) untuk situs web MATOA ialah : “memanfaatkan kertas kantor yang tidak terpakai”, “manfaat semangka”, “limbah b3”, “pupuk untuk tanaman hias”, “matoa”, “manfaat sansevieria”, “pepaya”, “bahaya borax”, “pembuatan kompos”, dan “daur ulang kertas”.

Ada idealisme yang kental di balik LSM MATOA Albarits dengan situs web MATOA (Green Magz). Oleh sebab itu situs web ini layak masuk dalam “Green Website” terbaik di Indonesia Versi PantonaNews.com . (Atep Afia).

No comments:

Post a Comment