.

Apr 22, 2013

Idealisme Berita Lingkungan


Oleh : Atep Afia Hidayat - Berita Lingkungan – Referensi Berita Lingkungan yang beralamat di http://www.beritalingkungan.com/  merupakan situs berita yang mengkhususkan diri pada pengungkapan beragam informasi dan opini mengenai lingkungan. Secara umum tampilan situs web ini sangat menarik dilengkapi rubrikasi Agenda, Air, Bencana, CSR (Corporate Social Responsibility), Energi, Gaya Hidup, Giat Hijau, Hutan, Jelajah, Laut, Limbah, Perubahan Iklim, Satwa dan Tambang. Cukup lengkap mengupas tuntas beragam persoalan lingkungan. Selain itu juga dilengkapi Kolom, Green Tips, Green Pics dan Green Video.

Menurut pengelolanya, bahwa semua berita di situs BeritaLingkungan.com adalah berita-berita pilihan, yang dilengkapi dengan konteks, data, sumber yang berimbang dan dikemas ringan dan enak dibaca, tidak menimbulkan dan menyebarkan prasangka, dan bisa bersahabat dengan semua kalangan termasuk dunia usaha. Dijelaskan pula, bahwa pembaca akan mendapat berita aktual seputar isu lingkungan hidup, juga akan mendapatkan perspektif dan pengetahuan yang memadai tentang sebuah peristiwa yang terkait dengan isu lingkungan.

Berita Lingkungan mengusung tema besar bagaimana menyebar-luaskan informasi mengenai lingkungan secara aktual, sehingga terbangun perspektif yang positif pada masyarakat. Situs web yang didirikan oleh Marwan Azis dan Asep Saefullah tersebut berkantor di Jalan Palbatu V No 4 Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Untuk kontak bisa menghubungi 081808347729 dan 0218311171, Pin BB : 21DFA691, serta Email: beritalingkungan@gmail.com.

Isu lingkungan menjadi semakin penting, sehingga pemberitaannya perlu mendapat porsi yang lebih luas dan mendalam. Dengan demikian adanya situs web Berita Lingkungan patut diberikan apresiasi oleh masyarakat, paling tidak menjadi referensi penting yang tidak boleh terlewatkan. Ternyata menurut Alexa.com, The Web Information Company (7 Agustus 2012), situs web Berita Lingkungan memiliki Alexa Traffic Rank (dunia) 4.777.420 dan Traffic Rank di Indonesia tidak tercatat. Hal itu menunjukkan bahwa jumlah pengunjung online untuk situs web ini masih sangat sedikit. Padahal jika memperhatikan keseriusan pengelola, tampilan dan konten web yang sangat menarik, sudah selayaknya situs ini memiliki banyak pengunjung.

Tentu saja menjadi PR yang sangat serius bagi pengelola situs web Berita Lingkungan, untuk terus memperbaiki traffic rank-nya. Sebagai gambaran, situs sejenis yang sama-sama mengusung tema lingkungan, yaitu MATOA Green Magz (http://matoa.org/), dalam waktu yang hampir bersamaan memiliki Alexa Traffic Rank 500.425 dan Traffic Rank di Indonesia 7.133. Namun memperhatikan tampilan dan konten yang sangat menarik, maka situs web Berita Lingkungan layak menjadi salah satu green website terbaik di Indonesia versi PantonaNews.com. (Atep Afia)

3 comments:

  1. sebuah referensi yang bagus dan mempunyai judul yang menarik pasti membuat pembaca penasaran. dengan semakin banyaknya situs berita lingkungan hal ini menambah wawasan kita, namun berita yang disampaikan tidak asal dibuat harus sesuai dengan fakta. di jaman modern ini membuka situs yang berisi berita sudah tidak heran lagi, oleh sebab itu banyak situs web yang bersaing untuk menduduki traffic rank.

    ReplyDelete
  2. Dengan semakin banyaknya situs berita lingkungan seperti halnya yang dimuat pada artikel diatas kita mampu menambah wawasan tentang betapa pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia dan supaya mampu menumbuhkan kesadaran diri manusia terhadap lingkungan semakin tinggi.

    ReplyDelete
  3. Sangat positif sekali penyebaran informasi-informasi tentang lingkungan , bisa memperbesar tingkat kesadaran masyarakat agar selalu menjaga lingkingan nya, dengan ada nya berita-berita bencana alam akibat tidak peduli nya dengan lingkungan membuat rasa takut akan terjadi pada mereka,hingga diharapkan dengan informasi lingkungan masyarakat dapat meningkatkan rasa kepedulian mereka terhadap lingkungan.

    ReplyDelete