Apr 22, 2013

Gerakan Kali Bersih Di Jakarta

Oleh : Atep Afia Hidayat - DKI Jakarta memiliki luas wilayah daratan 661,52 km persegi dan lautan 6.977,5 km persegi. Berdasarkan Sensus Penduduk 2010 berpenduduk 9,6 juta jiwa. Itu penduduk resmi yang berdomisili di Jakarta, belum termasuk para komuter dari Bodetabek dan daerah lainnya. Di wilayah DKI Jakarta mengalir beberapa sungai seperti Kali Angke, Kali Pesangrahan, Kali Grogol, Kali Krukut, Kali Cedeng, Kali Sunter, Kali Ciliwung, Kali Cipinang, Kali Buaran, Kali Cakung, dan sebagainya.


Yang menjadi obyek Kamkasih atau Prokasih hanya sebagian saja, belum seluruhnya. Padahal kondisi ekologi semua sungai tersebut amat memperhatikan, tercemar berat. Dengan demikian, sudah selayaknya Kampanye Kali Bersih (Kamkasih) dan Program Kali Bersih (Prokasih) di perluas, hingga mencakup semua sungai yang ada di DKI Jakarta.

Baik secara kualitas atau kuantitas Kamkasih dan Prokasih layak diperluas, lebih di masyarakatkan, hingga sasarannya benar-benar tercapai. Sungai merupakan faktor pendukung kehidupan, terutama menyangkut sumber daya perairan. Apalagi untuk wilayah DKI Jakarta yang menyandang beban semakin berat, karena tekanan jumlah penduduk dan industrialisasi.

Pencemaran sungai-sungai di wilayah DKI Jakarta sudah jauh melampaui ambang batas. Hal itu tak lain karena masih rendahnya kepatuhan pengusaha dan masyarakat luas terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Atau mungkin saja berbagai perangkat hukum tersebut belum benar-benar di kenali atau belum populer. Untuk berkembangnya sadar hukum terlebih dahulu harus ada upaya pengenalan, melalui penyuluhan atau pendidikan dan latihan.

Untuk terwujudnya masyarakat yang sadar lingkungan (darling) harus ada upaya yang di tempuh, mulai dari memasyarakatkan sadar hukum lingkungan, hingga pemberian sanksi dan hukum yang tegas terhadap para pelanggar.

Sungai-sungai di DKI Jakarta harus di selamatkan, dan hal tersebut merupakan tanggung jawab semua pihak, siapa pun tanpa kecuali berhak mengamankannya. Data sekitar awal tahun 1990-an saja menunjukkan, Ciliwung mendapatkan suplai limbah tak kurang dari 1.654 kg per hari, berasal dari 10 pabrik. Belum lagi berkubik-kubik sampah rumah tangga. Begitu pula kali Cipinang dialiri limbah 10.658 kg setiap hari, berasal dari 32 pabrik. Lantas, bagaimana dengan kondisi saat ini ? Sebenarnya hal tersebut tak bisa di biarkan berlarut larut. Bagaimanapun keberadaan sebuah sungai menyangkut kepentingan orang banyak, sungguh tidak bermoral mengotori dan meracuninya. Sudah selayaknya, setiap industriawan ada di DKI Jakarta mematuhi SK Gubernur DKI mengenai baku mutu air limbah.

Agar operasional di lapangan bias berjalan sepenuhnya, Bapedal (Badan Pengendali Dampak Lingkungan) harusa menjalankan fungsinya dengan optimal. Dengan kehadiran Bapedal, Pemda DKI Jakarta diharapkan lebih cepat tanggap dan lebih mampu bertindak tegas terhadap para pencemar sungai. Apalagi dengan adanya perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL ) seolah merupakan jawaban yang tepat. PD PAL memang di perlukan, mengingat ada puluhan ribu industri yang ada di wilayah DKI Jakarta, di hasilkan limbah padat jutaan meter kubik, gas jutaan meter kubik, dan cair ratusan ribu meter kubik. Sebagian besar limbah cair tersebut dialirkan ke sungai-sungai, baik melalui proses waste water treatment atau langsung.

Kamkasih atau Prokasih DKI Jakarta hanya akan benar-benar berhasil jika mendapat dukungan segenap anggota masyarakat. Bagaimanapun semua sungai tersebut merupakan jaminan untuk kelangsungan hidup, terutama menyangkut pemenuhan kebutuhan air. Apalagi mengingat cadangan air bawah tanah (ground water) yang makin menipis, bahkan di beberapa kecamatan di Jakarta Utara dan Barat, air tanah sudah payau, keruh, asam dan asin karena rembesan air laut.

Sekali lagi, Kamkasih dan Prokasih bukan hanya program milik Pemda DKI Jakarta, Bapedal, KLH atau pemilik pabrik, tetapi juga merupakan program seluruh warga DKI. Sudah selayaknya perdikat sebagai provinsi bersungai jernih bisa dicapai. Suatu saat, selain jernih airnya, sungai-sungai di Jakarta bisa dimanfaatkan untuk sarana transportasi dan pariwisata, sebagaimana di Amsterdam.

Daya dukung lingkungan Jakarta sudah terlampaui. Artinya seumberdaya lingkungan atau alam sudah tidak mampu lagi mendukung kehidupan yang ideal bagi penduduk. Kondisi lingkungan DKI Jakarta telah mengalami degradasi, hingga berbagai ekosistem seperti sungai, laut (pantai), sudah tercemar berat. Begitu pula dengan udara Jakarta, kualitasnya menurun drastis.

Selain Kamkasih dan Prokasih di tuntut adanya program udara bersih, program pantai bersih, program permukiman bersih, dan sebagainya. Di antara ekosistem terdapat keterkaitan erat. Sebagai contoh di antara ekosistem sungai dengan pantai yang menjadi muara saling berpengaruh. Program kali bersih layak di perluas menjadi program lingkungan bersih (Prolingsih). (Atep Afia)

Sumber Gambar:
http://megapolitan.kompas.com/

63 comments:

  1. Apa mungkin upaya pembersihan kali-kali di Jakarta dapat dilaksanakan dan diwujudkan? karena kesadaran dari masyarakat dan pemerintah sendiri pun sekarang sudah mulai berkuran, malah justru negara kita ini dijadikan tempat pembuangan limbah dari negara lain. Stok air bersih di kota pun masih sulit, karena air kali yang sudah tercemar. Semoga program itu bisa terlaksanakan dan tidak hanya impian saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dapat menjalankan Kamkasih dan Prokamsih perlu dukungan dan partisipasi pemerintah dan masyarakat jakarta.
      Namun hal tersebut masih belum dapat berjalan dengan baik karena kurangnya kepedulian dari semua pihak tentang masalah sampah dan limbah yang tidak ada penyelesaian bagaimana mengaturnya.Sehingga titik akhir yang dituju adalah sungai un tuk membuangnya.

      Delete
  2. semoga semua program itu dapat diimplementasiakn dan sukses.
    penyebab dari hal ini adalah SAMPAH dan bagaimana cara pengendaliannya.

    ReplyDelete
  3. Berbicara tentang kali di Jakarta saya rindu kondisi kali-kali di Jakarta pada saat saya masih kecil pertama kali datang ke Jakarta.Pada saat itu saya masih bisa berenang dan mencari ikan di kali bersama teman-teman baru saya.Apakah mungkin kondisi kali pada jaman saya kecil bisa kembali lagi sedangkan kondisi sekarang sudah cukup parah,pencemaran di setiap kali yang ada.Kalau menurut saya berapapun dan apapun program yang kita galakkan tidak akan sukses kalau manusianya tidak sadar tentang hal ini dan peraturan yang setengah-setengah.Tetapi pasti saya dukung program kali bersih ini agar anak cucu saya bisa merasakan apa yang saya dulu rasakan.

    ReplyDelete
  4. Moh.muarif

    Dengan program kamkasih dan prokasih masyarakat jakarta
    akan semakin peduli terhadap sungai yang bisa menjadi
    sarana transportasi dan wisata yang lebih maju.

    ReplyDelete
  5. seandainya saja kalau masyarakat yang hidup di bantaran kali sadar bahwa manfaat sungai bukan hanya dijadikan TPA (tempat pembuangan akhir), tp dijadikan pemandangan depan halaman rumah, pasti akan lebih bermanfaat dan lebih indah,

    ReplyDelete
  6. Hal yang sangat sulit untuk membuat lingkungan kali-kali di jakarta menjadi bersih dan terbebebas dari sampah karena kita semua tahu bahwa fasilitas untuk melakukan pembersihan sampah-sampah masih terbatas dan kubikasi sampah yang masuk kedalam aliran sungai tiap harinya semakin bertambah, tapi bukan hal yang tidak mungkin untuk menjadikan kali tsb bersih dari sampah asal ada kesadaran dari masing-masing masyarakat dan dinas kebersihan lingkungan akan hal tsb.


    Nurdin
    41611120064

    ReplyDelete
  7. saya sangat setuju dengan artikel ini,
    memang sudah seharus nya kita sebagai warga jakarta peduli akan nasib kali yang ada di jakarta ,
    dalam hal program ini di butuhkan masyarakat yang ingin perduli lebih dengan lingkungan kali yang ada dijakarta ini
    selain itu program ini harus di dasari dengan peran dan ikut serta masyarakat yang baik untuk membuat kali bersih untuk jakarta
    terimakasih

    ReplyDelete
  8. Memang sudah saatnya masyarakat peduli akan kebersihan kali-kali di jakarta,sudah banyak solusi untuk mengatasi banjir di jakarta akan tetapi masih saja banjir melanda jakarta, untuk itu butuh kesadaran diri dari masyarakat itu sendiri untuk mejaga lingkungan.

    ReplyDelete
  9. menurut saya apa yang disamapaikan oleh penulis sudah lengkap dan meluas, saya setuju dengan artikel ini karna kita sebagai penduduk jakarta tetapi tidak mau merawat jakarta, dengan merawat jakarta bukankah juga merawat tempat tinggal kita? tentu ini menjadi jalan yang baik yang harus dilakukan oleh semua pihak tentunya.semoga dengan program yang ada diharapkan dapat berjalan dengan semestinya.

    ReplyDelete
  10. ya, terutama kesadaran masyarakat juga. masyarakat juga harus turun tangan melakukannya. artikel diatas menyadari bahwa kita harus peduli dengan lingkungan disekitar kita.

    ReplyDelete
  11. seharusnya ada sanksi-sanksi atau hukum-hukum untuk masyarakat yang ingin melakukan kerusakan lingkungan agar tidak sembarang merusak lingkungan dengan seenaknya.

    ReplyDelete
  12. Kali di jakarta sudah dibilang sangat tercemar karna masyarakat tidak memahami dan kurangnya pemahaman dari fungsi kali tersebut. oleh karna itu pemerintah harus lebih tegas bertindak agar kali-kali di jakarta tidak tercemar dan bisa menjadikan obejek wisata jika kali-kali di jakarta bersih, aman, dan sejuk tidak seperti sekarang

    ReplyDelete
  13. saya betul-betul prihatin dengan keadaan jakarta, apa lagi pada bagian bagian orang yang bisa di bilang tidak mampu dengan keadaan jakarta yang sering banjir yang di sebapkan oleh kali yang menyumbat

    ReplyDelete
  14. bisa dibilang kali yang satu ini letaknya diperbatasan antara tangerang dan jakarta barat. disekitar daerah daan mogot km 18 saya menyebutnya kali warung pojok karena dekat dengan gang warung pojok tersebut. setiap hujan lebat jika saya melewati jembatan tersebut yang saya lihat adalah air yang derasa berwarna coklat pekat dan ada juga daun eceng gondok, gabus atau sampah lain yang ikut hanyut terbawa arus. jika keadannya kemarau yang saya lihat adalah endapan lumpur dan air berwarna hitam dengan aroma khasnya yang menyengat, kemudian berbagai jenis sampah baik dari industri, rumah tangga ataupun limbah lainnya. padahal ada di satu tempat gerbang atau pintu air yang sepertinya ada pengurusnya. akan tetapi mengapa seperti tidak terurus padahal program dari pemerintah jakarta jelas sekali ingin membentuk jakarta lebih baik dan bersih. ya semoga saja tidak lagi saya lihat keadaan kali tersebut yang seperti itu.

    ReplyDelete
  15. gerakan seperti ini harus segera dilakukan, kalo hujan banjir, kalo tidak dari sekarang kapan negara kita akan maju

    ReplyDelete
  16. tidak hanya itu saja saya rasa yg harus dilakukan untuk menciptakan kali yg bersih, seharusnya ada tindak pidana yg keras bagi pelaku yg tidak mematuhi program pemerintah kota ini dengan begitu timbul dari diri masyarakat akan betapa indahnya kalau kali seluruh dijakarta menjadi bersih

    ReplyDelete
  17. menurut saya yang penting akan kesadaran oleh masyarakat itu sendiri dimana sampah yang menumpuk harus segera dilakukan daur ulang.dan pemerintah harus menyediakan fasilitas tempat sampah yang memadai di sepanjang kali..

    ReplyDelete
  18. Gimana mau suksesin "gerakan kali bersih" pak?
    wong masyarakatnya aja gak gerak gerak :(

    ReplyDelete
  19. Kamkasih dan Prokasih bukan hanya program milik Pemda DKI Jakarta, Bapedal, KLH atau pemilik pabrik, tetapi juga merupakan program seluruh warga DKI.
    jika semua unsur tersebut tidak berjalan bersamaan,maka program tersebut tidak terlaksana dengan baik dan lancar.

    ReplyDelete
  20. mungkin inilah saatnya bagi semua warga negara untuk menghidupkan kembali rasa cinta terhadap lingkungan dan tanah air tercinta ini,,mungkin figur seorang pemimpin seperti Bpk.Jokowi dan Ahok inilah yang negara kita butuhkan untuk saat ini dan seterusnya untuk memimpin bangsa ini dan membawa perubahan yang berarti pada negara kita ini.mungkin kita sudah lama tidak melihat seorang pemimpin yang turun langsung dan ikut berpartisipasi dalam kehidupan warganya,tetapi sejujurnya walaupun kita memiliki ratusan pemimpin seperti mereka,itu tidak akan menjamin keberhasilan semua program jika kita sebagai warga negara dan masyarakat yang langsung merasakan dampak dari semua masalah lingkungan tidak perduli dan seakan masa bodoh dengan masalah yang sudah terjadi selama bertahun-tahun ini.

    ReplyDelete
  21. Rendahnya kepatuhan pengusaha dan masyarakat luas terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, menjadi momok paling menakutkan untuk kelestarian lingkungan terutama di wilayah kota besar sekaliber jakarta. berkembangnya sadar hukum terlebih dahulu harus ada upaya pengenalan, melalui penyuluhan atau pendidikan dan latihan. mungkin pengaruh kewibawaan dari sang pemimpin memberi contoh dan teladan yang baik akn memberi semangat kesadaran kepada masyarakat sekitar kota Jakarta.


    Untuk terwujudnya masyarakat yang sadar lingkungan (darling) harus ada upaya yang di tempuh, mulai dari memasyarakatkan sadar hukum lingkungan, hingga pemberian sanksi dan hukum yang tegas terhadap para pelanggar.

    ReplyDelete
  22. menurut saya yang jadi permasalahannya adalah kesadaran masyarakat, biasanya kita sadar karena diingatkan terlebih dahulu, ngeri juga kan kalau yang ngingetin Tuhan misalnya dengan terjadinya bencana alam seperti banjir.
    berapa banyak korban lagi yang harus terengggut akibat kelalain kita sendiri, pendisiplinan harus dibenahi, pemberian sanksi terhadap pelanggra harus seberat mungkin agar timbul rasa takut keitka akan melakukan kesalahan, memang awalanya rasa takut tapi setelah timbulnya lingkunagn bersih masyarakat akan sadar betapa pentingnya lingkunagn bersih, lebih baik seperti itu kan daripada disadarkan oleh bencana.

    ReplyDelete
  23. Prokasih dan Kamkasih digalakkan tapi juga kesadaran warga juga penguaha harus di bangkitkan,misal kepada pengusaha lebih ketat lagi sanksi yang diberikan apabila pengelolaan limbah tidak sesuai dengan UU,karna kebanyakan masih banyak yang mencuri curi membuang limbah di sungai.Kepada masyarakat di galakkan penyuluhan.

    ReplyDelete
  24. Menurut saya, pemerintah sama sekali belum serius ingin benar benar menjadikan kali kali dijakarta ini bersih. kita bisa liat dari program kali bersih (prokasih) yang "hanya" dilakukan beberapa kali saja di kali kali tertentu dijakarta. padahal kali yang dijakarta ada banyak sekali. dan menurut saya program seperti ini kurang efektif apalagi yg dilakukan pemerintah saat ini. yang harus dilakukan pertama pemerintah yg sudah pasti adalah menyelesaikan penyebabnya, yaitu pabrik2 limbah dijakarta. ini patut diberi peringatan dan disanksi berat apabila melanggar. dan soal masyarakat sekitar sungai juga hrs diberi penyuluhan dan dijaga tentunya oleh pemerintah setiap harinya agar klo ada yang msh melanggar mendapat sanksi. hal ini harus dilakukan mengingat sumber air tanah semakin menipis, bahkan daerah cengkareng atau utara air tanah nya itu udh asin krn tercampur oleh air laut. nah krn penduduk jakarta banyak maka kali kali bersih ini akan sangat berguna untuk masyarakat, khususnya warga jakarta.

    ReplyDelete
  25. Pendapatsaya sangat baik kegiatan ini yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta. Tetapi semua itu percuma jika dari semua segi kelompok lain tidak saling mendukung kegiatan kali bersih ini. Percuma jika Dari golongan masyarakat yang acuh untuk tidak membuang sampah ke sungai tetap saja di lakukan, tetap saja sungai akan terus kotor dah banyak sampah nya.

    ReplyDelete
  26. selain berbarbagai upaya cara yg dapat dilakukan agar kali-kali terbebas dari sampah,namun dengan kurang patuhnya masyarakat luas terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku bersamaan dengan berkembangnya sadar hukumpun terlebih dahulu hendaknya harus ada upaya pengenalan melaului penyuluhan,sehingga dapat memberikan kesadaran pada masyarakat sekitar.dengan upaya lingkungan akan semakin sehat tanpa adanya kotoran2 sampah.

    ReplyDelete
  27. saya sangat setuju dengan artikel ini,
    memang sudah seharus nya kita sebagai warga jakarta peduli
    akan nasib kali yang ada di jakarta ,
    Klo bukan kita sapa lg, untuk menjaga kebersihan dan kelestarian kali di DKI jakarta.

    ReplyDelete
  28. gerakan kali bersih memang sangat perlu dilakukan sebagai upaya penanggulangan bahaya banjir yang sudah sangat lama menjadi masalah besar buat ibukota. normalisasi sungai-sungai dijakarta saat ini sedang dilakukan untuk agar dapat menampung debit air hujan yang tirun dan bisa dibuang kelaut, selain penormalisasian sungai waduk-waduk yang ada dijakarta pun ikut di normalisai sehingga bisa menampung air hujan untuk digunakan sebagai cadangan air untuk masyarakat.
    saya sangat mendukung sekali program yang di galakan olehbapak JOKOWI ATERSEBUT

    ReplyDelete
  29. akan sangat berdampak besar bila normalisasi yang diinstruksikan oleh gubernur DKI Jakarta bpk Jokowi , karena sungai yang ada dijakarta pada saat ini sangatlah parah kondisinya. Sampah sangat banyak di sungai yang berakibat mampetnya aliran sungai , lebar sungai yang sempit karena dibantarannya menjadi tempat tinggal . Bersihkan dan jernihkan kembali aliran sungai untuk lancarnya jalannya air yang nantinya bisa mencukupi debit air yang tinggi dari hulu . Dukung langkah Jokowi untuk kebaikan kita bersama

    ReplyDelete
  30. Selain kurang memadainya fasilitas untuk membersihkan sungai-sungai di Jakarta dari sampah yang masih minim,kesadaran masyarakat untuk tidak menjadikan sungai sebagai TPA sampah rumah tangga merupakan faktor paling penting dalam usaha untuk menjaga sungai-sungai di Jakarta supaya bebas sampah.dan masyarakat yang bertanggung jawab untuk ini tidak hanya masyarakat Jakarta tetapi,masyarakat yang wilayahnya dilalui oleh sungai-sungai tersebut.

    memang untuk mendapatkan sungai yang bebas sampah sangat tidak mudah.terbukti hal ini menjadi agenda utama setiap pergantian gubernur kepala daerah di DKI Jakarta


    FP
    41 6111 20 130

    ReplyDelete
  31. Agar gerakan kali bersih berjalan dengan lancar sebaiknya pemerintah bertindak dengan tegas tentang peraturan tentang membuang sampah dan pemerintah seharusnya juga mengontrol denga sunnguh-sungguh pabrik-pabrik tentang pengolahan limbahnya dan dan memberi sangsi yang tegas terhadap pelanggarnya seperti memberikan denda terhadap pihak yang melakukan pelanggara.

    ReplyDelete
  32. pemerintah hanya menggerakkan tapi yang lebih peduli adalah masyarkat sekitar,tidak hanya mengandalkan dan menyalahkan pemerintah jika suatu saat sungai sungai yang ada di DKI ini sudah semakin keruh dengan banyaknya limbah yang semakin menumpuk, tapi masyarakat harus punya kesedaran yang tunggi karena potensinya masyakat sekitar juga yang terkena dampaknya.dan pemrintah juga harus bisa memberi sangsi terhadap pelanggar yang menjadikan sungai sebagai TPA

    ReplyDelete
  33. Gerakan kali bersih ini sungguh sangat bermanfaat bagi kebersihan air. Disini harus ada peran pemerintah dan masyarakat dalam membangunnya bersama-sama. Pemerintah juga harus tegas dengan peraturan yang mengatur tentang lingkungan sekitar, terutama tentang membuang sampah sembarangan. Begitupun masyarakat, ketika program ini sudah terlaksana tinggal masyarakatnya yang harus mampu merawat yang sudah atau telah diperbaiki. Pemerintah hanya sebagai wadah untuk menyelanggarakan, selebihnya adalah tanggung jawab bersama.

    ReplyDelete
  34. Daerah DKI jakarta sangat lah banyak di kelilingi oleh kali oleh karena itu pemerintah harus melaksanakan program kali bersih.Peran penting pemerintah tidak akan berhasil apabila masyarakat jakarta tidak penting terhadap kebersihan kali,masih banyaknya masyarakat membuang sampah di kali.oleh karena itu pemerintah harus bertindak secara tegas apabila terdapat masyarakat yang membuang sampah sembarangan.danterhadap pabrik yang membuang limbah ke kali.pemerintah hanya menjadi pelaksana program kali bersih tetapi semua pihak yang harus menjaga kali tetap bersih.

    ReplyDelete
  35. Walaupun ada beribu-ribu program pemerintahan dalam mengatasi kali-kali yang ada di jakarta agar menjadi bersih dan sedia kala itu sangat percuma apabila program itu tidak dilakukan dengan secara kontinu/berulang-ulang dan terlebih dari itu peranan kesadaran masyarakat kota Jakarta sangat penting sekali terhadap kondisi kali yang ada di wilayah Jakarta ini. Apapun yang dilakukan pemerintah terhadap program program yang mengusung pembersihan kali di daerah Jakarta tidak akan berjalan apabila kesadaran masyarakat belum ada. Diharapkan untuk kedepannya masyarakat harus lebih peduli dan sadar atas peranan kali yang ada di daerah Jakarta ini.

    ReplyDelete
  36. kondisi lingkungan di jakarta memang sudah tidak memungkikan lagi banyak sungai sungai yang sudah tercemar akibat ulah manusia, mungkin bisa dikatakan lingkungan jakarta sudah tidak bisa menyeibangi jumlah manusia yang ada disini. semua program dari pemerintah memang cukup bagus dan ada kemajuan saat ini. tapi sangat disayangkan masih banyak warga yang menghalangi niat pemerintah untuk merapikan ibu kota kita ini. pemerintah menolong kita untuk merasakan hidup yang lebih baik lagi tapi kita malah menghalanginya. sadar dengan apa yang kita lakukan apakah kita akan berfikir dampaknya. jakarta butuh perbaikan, butuh orang - orang yang peduli, sedangkan banjir melanda masyarakat jakarta hanya bisa menyalahkan pemerintah. belajarlag dengan tidak menyalahkan orang lain intropeksi apakah diri kita sudah benar ??. kesadaran dalam diri sendiri itulah kunci utama jika jakarta ingin menjadi kota yang bersih dan nyaman.

    ReplyDelete
  37. Program kali bersih hanya bisa terjadi jika masyarakat Jakarta terutama yg tinggal di pinggir kali itu sadar akan pentingnya hidup bersih. Semua hukum dan peraturan yg diberikan kpd si pembuang limbah atau pembuang sampah ke kali percuma jika masyarakatnya sendiri masih merasa 'bodo amat' terhadap hal tersebut. Kali-kali di Jakarta memang sangat tidak layak dan sangat memprihatinkan. Warga Jakarta sendiri masih banyak yg boros sampah, harusnya mereka belajar untuk mendaur ulang sampah. Lingkungan kota Jakarta sendiri juga banyak yg tercemar, tidak hanya pencemaran di kali tetapi juga pencemaran udara dari asap berjuta-juta kendaraan bermotor. Maka dari itu, Jakarta butuh orang yg peduli. Peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya sendiri. Bukan hanya 1-2 orang saja, tapi semua warga Jakarta harus ikut berpartisipasi memperbaiki Ibukota ini sebelum terlambat.

    ReplyDelete
  38. Permasalahannya adalah kesadaran masyarakat, biasanya masyarakat sadar jika sudah terjadi.Dan masyarakat hanya menyalahkan orang lain tanpa menyadari bahwa untuk menjadikan sungai yang indah bagi Jakarta di mulai dari diri sendiri dan dari kebiasaan yang akan menjadikan sungai terlihat apik. sungai di Jakarta memanglah sulit untuk di normalisasikan namun setidaknya sungai menjai fungsinya yang wajar bukan untuk tempat pembuangan sampah.

    ReplyDelete
  39. faktor yang paling utama dalam menjaga kebersihan sungai adalah kesadaran dari element masyakat baik yang menghuni di daerah sungai atau para pengguna jalan yang melintasi sungai tersebut.jika kita tidak memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan sungai maka impian untuk melihat sungai yang bebas dari berbagi smapah hanyalah angan angan saja

    ReplyDelete
  40. semoga penggantinya presiden kita ini pak jokowi jk libih bisa mengatasi masalah- masalah yang ada diindonesia
    terutama ibu kota jakarta yang sangat kotor lingkungannya dan kalinya yang begitu banyak sampah

    ReplyDelete
  41. sungai sumber kehidupan ,banyak yang bisa kita lakukan di sungaai. banyak pula yang bergantung akan sungai , untuk itu perlu kita jaga kelestarian sungai ini

    ReplyDelete
  42. Sangat sulit menjalankan rencana tersebut . Karena banyak masyarakat jakarta yang belum mengerti pentingnya kebersihan kali atau sungai

    ReplyDelete
  43. Masyarakat jakarta sudah tidak bisa menikmati indahya salahsatu pemberian yaitu sungai, karna sungai2 dan kali di jakarta sudah tercemar oleh limbah pabrik dan sampah yang dibuanmg masyrakat. Yasudaaah..

    ReplyDelete
  44. Semoga nantinya sungai-sungai di Jakarta bisa kembali bersih, meskipun tidak bisa sepenuhnya tapi kita tidak boleh pesimis. Kita dukung program pemerintah dalam menangani masalah ini.

    ReplyDelete
  45. program kali bersih belum dapat terlaksana jika belum ada penanggulangan limbah industri dan limbah rumah tanga secara tepat dan akurat, misalnya mengubah limbah tersebut untuk menghasilkan nilai tambah pemasukan bagi masyarakat

    ReplyDelete
  46. Sekuat apapun usaha pemerintah untuk menjalan kan semua program agar terbentuk nya Kali Bersih di daerah DKI jakarta,kalau tidak ada kepedulian dari masyarakt nya sendiri mungkun akan mugkin sangak akan susah terwujud, disini sangat dibutuh kan kesadaran dari diri masing-masing, mulai lah dari hal-ha yang kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya dan kepedulian terhadap lingkungan disekitar tempat tinggal masing-masing.

    ReplyDelete
  47. Gerakan kali bersih di jakarta tidak akan terwujud kalau masyarakatnya sendiri masih kurang sadar dalam menjaga lingkungan kalinya. masih banyak warga yang buang sampah di kali dengan seenaknya akibatnya aliran sungai tidak lancar karena sampah menumpuk dan dampak buruknya lagi pada musim hujan akan banjir, maka tidak heran jakarta sering banjir akibat ulah warganya sendiri yang buang sampah di kali.
    maka dari itu perlu adanya pembinaan dan pendekatan kepada masyarakat dari Pemprov DKI agar masyarakat sadar dampak akibat tidak menjaga kali dan membuang sampah dikali.

    ReplyDelete
  48. Tingkat kepedulian masyarakat akan gerakan/program kali bersih yang sangat kecil mengakibatkan gerakan ini susah terealisasi.pada akhirnya masyarakat yang menanggung sendiri akibat perbuatan mereka sendiri.Maka dari itu perlu ada sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat dari gerakan kali bersih secara mendalam.

    ReplyDelete
  49. semoga dengan adanya program-progam yang dilaksanakan dapat memberikan perbaikan pada sungai-sungai di jakarta, akan tetapi yang paling penting adalah perlu dipupuknya kesadaran masyarakat tentang pentingnya sumber air bersih untuk kehidupan. Karena jika dibiarkan terus-menerus maka dengan bertambahnya penduduk maka sampah dan limbah yang mencemari sungai akan semakin banyak dan tidak terkendali dan yang akan dirugikan adalah masyarakat sendiri. Selain itu juga perlu diadakan sejumlah tes keamana limbah yang akan dialirkan ke sungai agar cemaran sungai dan air di jakarta dapat berkurang.

    ReplyDelete
  50. Program Kali Bersih atau yang sering disingkat sebagai PROKASIH merupakan program yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas air sungai sehingga dapat memenuhi fungsi air sungai tersebut sebagaimana mestinya. Program ini adalah salah satu agenda Menteri Negara Lingkungan Hidup yang harus dilaksanakan mengingat terdapat banyak sekali sungai di Indonesia yang sudah tercemar.

    ReplyDelete
  51. Semua program yang direncanakan memang sudah bagus, namun dalam mengimplementasikannya yang belu maksimal mungkin karena banyak kendala dari berbagai bidang.
    Edukasi kepada masyarakat tentang program yang direncanakan juga merupakan hal penting agar masyarakat ikut serta dalam pelaksanaannya..
    Do the best for healthy, go green for the prevention flood!!!

    ReplyDelete
  52. untuk menjalankan gerakan kali bersih,harus di sokong dengan kebijakan yang lebih ketat terhadap para pengusaha yang masih membuang limbah pabriknya ke sungai,dengan memberikan sanksi tegas terhadap para pengusaha nakal..

    ReplyDelete
  53. Adanya gerakan kali bersih sangat bagus karena dapat mengurangi banjir, tapi jika sudah bersih jangan lagi membuang sampah sembarangan karena nantinya percuma saja dilakukan gerakan kali bersih jika tingkat kesadaran warganya masih kurang

    ReplyDelete
  54. Andiny Arifin - @C23-ANDINY
    Jika membicarakan tentang mirisnya sungai di Jakarta memang tidak ada habisnya. Segala rencana dan program pemerintah tentang pembersihan sungai memang sudah sangat bagus tapi realisasinya belum ada. Penyuluhan kepada masyarakat belum menyeluruh disusul dengan fasilitas pembuangan dan pengolahan limbah yang tidak diperhatikan dan disediakan secara optimal. Mindset penduduk sekarang, terutama di bantaran sungai DKI sudah seperti 'memang sungainya sudah rusak, apa boleh buat'. Hingga mencuatnya berita ditemukan bergulung-gulung kabel yang dibuang sembarangan di sungai hingga menyumbat aliran, saya tak habis pikir apa yang ada di kepala si pelaku. Memang jika dipikir, pembersihan sungai di Jakarta pasti bisa memakan waktu berdekade-dekade karena kondisinya yang makin hari makin parah dan pendangkalan sungai karena limbah-limbah yang telah mengendap sudah berumur puluhan tahun. Tapi saya yakin, jika AMDAL, Prokasih, dan lain-lain itu berjalan secara tegas dan konsisten, kita juga bisa menyulap sungai di Jakarta seperti sungai Han di Korea Selatan yang sudah dipakai sebagai tempat istirahat dan rekreasi warga sekitar.

    ReplyDelete
  55. Hartandi Januar - @B19-HARTANDI
    kesadaran dan kepeduliaan mencintai alam dan lingkungan hidup idealnya perlu ditanamkan sejak dini setidaknya sejak usia di bawah 5 tahun. Agar kelak di masa depan tidak ada lagi yang merusak lingkungan.

    ReplyDelete
  56. Muhammad Soim, @B20-SOIM

    Terdapat beberapa kesalahan penulisan di artikel ini yaitu pada paragraf dua "memperhatikan" seharusnya "memprihatinkan", kemudian pada paragraf tujuh yaitu "bias" seharusnya bisa. Dalam sebuah penulisan ini biasa terjadi, tetapi sebagai penulis handal ini tidak selayaknya teradi karena harus ada double check sebelum karya tulis dipublikasikan.

    Kemudian saya setuju dengan artikel ini bahwa memang kesadaran masyarakat memang masih rendah dalam menjaga lingkungan khususnya kali/sungai di DKI Jakarta. Pendidikan tinggi seseorang juga tidak menjamin bahwa dia akan menjaga lingkungan dengan baik. Oleh karena itu penanaman pemahaman bahwa membuang sampah, mengotori, atau merusak aliran sungai dapat menyebabkan banjir dan kerusakan lingkungan dikemudian hari. Hal ini lah yang harus ditanamkan sejak dini agar masyarakat dimasa depan tidak terkena dampak lingkungan.

    ReplyDelete
  57. Samuel Aditya Oka H. - @E20-Oka, @Tugas B05

    Saya melihat memang kesadaran masyarakat Jakarta akan kebersihan lingkungan masih rendah, oleh karena itu perlu upaya regulasi, penyuluhan serta tindakan dari pemerintah terkait agar masyarakat aware terhadap pencemaran sungai yang makin bertambah.
    Saat ini, pemerintah DKI Jakarta menggagas perekrutan PPSU (Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum) yang bertugas untuk menangani sarana dan prasarana di daerah Jakarta. Dengan adanya PPSU tersebut memang sangat efektif dalam mendukung kebersihan Kota Jakarta terutama sungai, oleh karena itu kita sebagai masyarakat perlu mendukung langkah pemerintah tersebut agar sungai dan Kota Jakarta yang bersih benar - benar terwujud.

    ReplyDelete
  58. @L08-Yoliati; Rena Yoliati Waruhu
    Analisa:
    Inti dari tercapainya Program kali bersih ini ialah berasal dari kesadaran dari setiap masyarakat Indonesia. Namun realita yang kita hadapi sampai saat ini adalah rasa tak ingin tahu dan tak peduli terhadap lingkungan, pemerintah sudah bertindak untuk membangun lingkungan bersih dengan mengadakan program kali bersih, namun jika kesadaran dari masyarakat sendiri tidak ada, maka hasilnya akan nihil, karena salah satu faktor paling besar yang mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan ialah diperbuat oleh masyarakat itu sendiri.

    maka dari itu sangatlah penting menumbuhkan kesadaran didalam diri tiap masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup serta dukungan untuk pemerintah dalam melaksanakan program tersebut.
    Dukungan itu berupa mencintai lingkungan hidup dengan tidak melakukan kegiatan yang dapat merusaknya. Dengan hal tersebut maka tujuan dari program kali bersih dapat terwujud.

    sekian, Terimakasih.

    ReplyDelete
  59. Kondisi Sungai di Jakarta memang sangat memprihatinkan karena air nya yang kotor,dan banyak nya tumpukan sampah serta aromah yan tidak sedap yang ditimbulkan nya.memang telah banyak hal yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi hal ini seperti gerakan bersih bersih kali / Sungai namun hasil nya masih tidak sempurna dan keadaan Sungai masih seperti itu juga dan hanya mengalami sedikit perubahan namun hnaya dalam jangka waktu yang pendek,mungkin hal ini perlu ada upay akesadaran dari masyarakat untuk lebih peduli akan kebersihan Sungai,dan perlu upaya pemerintah yang lebih ekstra lagi untuk membuat program bersih bersih Sungai agar kondisi Sungai di Jakarta jadi lebih bersih.

    ReplyDelete
  60. @M14-AGUS (Agus Sanjaya Putra)

    Kali dengan air yang keruh, bau, dan kotor dipenuhi sampah adalah wajah buram Jakarta. Nampaknya, tak ada satupun kali di kota ini yang betul-betul bersih dan menyejukkan kala dipandang mata. Ini adalah mimpi warga Jakarta yang entah kapan bakal terwujud.

    ReplyDelete
  61. Dendi Anggara (@M28-DENDI)

    Disamping Program air bersih, program pantai bersih dan program udara bersih, yang paling penting ada di Jakarta ini adalah Program Pemerintahan Bersih. yang jadi pemersalahan untuk sungai - sungai di Jakarta dalah karena susahnya pejabat pemerintah menyentuk elit elit dan konglomerat di Jakarta ini yang kontribusi nya terhadap limbah dan sampah sangat tinggi. ini sangat perlu perhatian serius. dan relokasi rumah penduduk yang berada di DAS dari hulu ke hilir masih belum dijalankan oleh pemerintah padalah tiap tahun nya DKI ini memiliki anggaran yang besar. itu lah perlunya pemerintahan yang benar - benar mau menyelamatkan kota tercinta ini dari segala polusi yang ada.

    ReplyDelete
  62. Juslinaria Mahulae M05-JUSLINARIA Berapapun banyaknya program mengenai kebersihan kali di Jakarta, jika tidak dibarengin dengan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan kali, tidak akan bisa membereskan masalah polusi kali Jakarta yang sudah terlanjur parah. Masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke kali, masih banyak yang menggunakan air kali untuk mandi dan mencuci sekaligus membuang limbahnya ke kali. Pemerintah mungkin bisa menyediakan fasilitas sanitasi umum untuk wilayah yang masih mengandalkan kali untuk sanitasinya. Pemerintah juga tetap bantu pantau untuk masyarakat atau pelaku industri nakal yang masih diam-diam membuang sampah ke kali. Harus kita sadari, bahwa sampah yang menumpuk di kali menimbulkan bau tidak sedap dan menyebabkan pendangkalan kali. Kali yang dangkal tidak sanggup menampung debit air yang tinggi dimusim penghujan maka akhirnya akan meluap ke permukiman. Bencana ini hanrusnya menyadarkan kita untuk melindungi kali Jakarta, karena melindungi kali sama dengan melindungi kelangsungan hidup kita.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.