.

Apr 23, 2013

Gaya Hidup Sehat itu Mudah

Oleh : Atep-Afia.com  - Setiap hari kita bergaya, untuk urusan apapun dan dimanapun.  Mulai cuma diam terpaku, sampai jingkrak-jingkrak full, semuanya termasuk gaya. Ya, kalau kehidupan masih dijalani maka seluruh rangkaiannya sengaja atau tidak sengaja diisi tipe gaya tertentu, mau masuk katagori gaya popular sehingga menjadi pusat perhatian, atau gaya yang tidak menarik minat siapapun. Pendek kata, kehidupan harus diisi dengan pilihan gaya, mulai gaya berjalan, gaya duduk, gaya tidur, gaya mengetik, gaya membaca, gaya berbicara, gaya menyetir mobil dan sebagainya.

Lantas, apa yang dimaksud dengan gaya hidup sehat ? Nah, gaya hidup meliputi keseluruhan atau akumulasi gaya dalam kehidupan. Dengan demikian, sebenarnya gaya hidup itu bukan sekedar menjaga kondisi badan supaya tetap sehat, antara lain dengan pola makan dengan gizi seimbang. Gaya hidup meliputi bagaimana Anda duduk, berjalan, membaca, bekerja, berbicara, berpikir, berperasaan, dan sebagainya. 

Menerapkan gaya hidup sehat berarti kita harus duduk dengan cara yang sehat, misalnya badan tidak boleh membungkuk, tetapi harus tegak; Berjalan harus dengan cara yang sehat, sama seperti duduk, harus tegak, bahkan untuk profesi tertentu cara berjalan ini ada aturan yang ketat; Tidur harus dengan cara yang sehat, sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW, bahwa posisi tidur paling sehat ialah mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan). Selain itu  tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam atau pun tidur siang. Bagaimana cara tidur berdasarkan tuntunan Rasulullah lihat  di sini.

Ya, semua rangkaian aktivitas dalam kehidupan harus dijalani dengan cara atau gaya yang sehat. Gaya hidup sehat adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan kualitas hidup yang mumpuni. Detik demi detik kehidupan akan berasa sangat nikmat jika dijalani dengan gaya hidup sehat. Ternyata pangkal beragam penyakit terutama bersumber dari gaya hidup sakit, yaitu akumulasi sikap, kebiasaan dan cara hidup yang bertolak belakang dengan tuntunan, paduan atau pedoman hidup sehat. Selain itu tidak selaras dengan Sunatullah yang diterapkan bagi kehidupan manusia.

Sebenarnya tuntunan gaya hidup itu sudah sangat lengkap, tinggal mempelajari dan berupaya menerapkannya. Sebagai contoh, tuntutan bagaimana mengisi perut (lambung) sudah begitu jelas, yaitu diisi sepertiga makanan, sepertiga air dan sepertiga udara. Di dalam perut perlu ada keseimbangan, sehingga kondisi badan secara keseluruhan jadi segar bugar. Begitu pula apa yang masuk ke perut ada panduan yang jelas, yaitu harus makanan dan minuman yang halal dan baik (halalan toyyiban).

Ternyata gaya hidup sehat itu sangat mudah, tinggal memilih satu panduan yang holitik dan komprehenshif. Terapkan gaya hidup sehat jasmani dan rohani. Aplikasikan gaya hidup sehat fisikal, mental, intelektual, sosial, manajerial, finansial, dan sebagainya. (Atep Afia). 

37 comments:

  1. pola hidup sehat yang perlu diperhatikan seperti: memperhatikan pola makan, olahraga, istirahat yang cukup, maka dari itu dengan mengikuti pola hidup seperti itu tubuh kita akan selalu sehat walaupun sakit atau maut kita tidak pernah tahu.

    ReplyDelete
  2. sehat tidak harus mahal tidak harus kurus dan tidak harus gendut yaa itu menurut saya apapun bentuk badan kita yang pertama adalah kita harus bersyukur dahulu. memang banyak dokter yang ber opini bahwa orang yang berbandat gendut itu banyak tersimpan penyakit. sekarang jangan terkontaminasi sama kata dokter tapi buat diri kamu yang badannya gendut banyak banyak olahraga tujuannya bukan diet tapi menghancurkan lemak jahat yang ada pada dalam tubuh. simpel kan. sehat mudah kok jika kita makan-makanan yang sehat dan tidak makan makanan yang instan itu adalah hal simpel yang harus di perhatikan.

    ReplyDelete
  3. Gaya hidup sehat. banyak orang di dunia itu yang kurang memperhatikan tentang gaya hidup sehat. padahal dampaknya itu akan terasa pada jangka panjangnya. Seperti sering merokok, dampaknya pun sudah banyak di rasakan tapi masih saja banyak yang merokok. Oleh karena itu, kita sebagai makhluk ciptaan tuhan wajib menjaga pemberian tuhan dengan menjaga pola hidup sehat kita.

    ReplyDelete
  4. Kalo versi saya gaya hidup sehat itu simple yah, selalu bersyukur kepada Allah SWT atas pemberian nikmatnya, tidak neko neko terhadap diri kita sendir contohnya merokok, menindik daun telinga, minum-minuman keras dll banyakin olahraga serta mengkonsumsi makanan yang bergizi karena apa yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap diri kita. Satu lagi yaitu isi diri kita dengan kerohanian karena jasmani yang sehat saja tidak cukup untuk mencapai gaya hidup sehat melainkan rohani yang sehat juga ikut andil dalam gaya hidup sehat.

    ReplyDelete
  5. kita diciptakan sebagai manusia yang terlahir sempurna itu bukan semata-mata hanya bentuk penciptaan saja tetapi tugas kita adalah untuk bertanggung jawab terhadap apa yang sudah Allah ciptakan untuk kita. salah satu rasa tanggung jawab yang dapat kita lakukan yaitu dengan kita menciptakan gaya hidup sehat. menurut saya gaya hidup sehat itu akan timbul apabila kita memiliki pemikiran yang sehat pula. karena segala sesuatu itu berawal dari pemikiran kita jadi apabila pemikiran kita itu baik-baik inshaaAllah gaya hidup kita pun akan mengikutinya.

    ReplyDelete
  6. Gaya hidup sehat itu sebenarnya sederhana, kita tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Cukup dengan berolahraga, mengatur pola makan, istirahat yang cukup, itu sebenarnya sudah termasuk ke dalam pola hidup yang sehat. Namun sehat itu tidak hanya dilihat dari fisik atau jasmani saja, rohani juga harus kita perhatikan. Jadi kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah swt. yang telah memberikan kita nikmat kesehatan sampai saat ini.

    ReplyDelete
  7. gaya hidup sehat adalah dengan cara menjaga setiap hal yang di lakukan dengan benar dan seperti artikel di atas yang sudah memuat hal tersebut dengan segala tuntunan yang baik dan contoh yang baik pula dari rasululoh karena ALLAH SWT menurunkan banyak hal baik yang diajarkan oleh nabi muhammad kepada umatnya.

    ReplyDelete
  8. Menurut saya hidup sehat adalah hidup yang sederhana, dengan selalu mensyukuri nikmat Allah SWT, hidup sehat sebenarnya sangat mudah diterapkan, dengan kita meminum air putih 22 gelas setiap hari termasuk saatkita bangun dan tidur, itu saja sudah mencegah berbagai macam penyakit untuk hari tua nanti, karna 70% dari tubuh manusia terdiri dari air, maka dari itu air yang kita minum menentukan kehidupan kita esok hari

    ReplyDelete
  9. menurut saya, gaya hidup sehat itu sangat mudah dan sederhana, hanya dengan mengikuti dan menjaga pola makan dan selalu berolahraga kita sudah termasuk orang yan sehat, menjaga pola makan bukan berarti kita harus menjadi vegetarian, tetapi dengan memberikan asumsi izi yang dibutukan oleh tubuh.

    ReplyDelete
  10. sehat itu mahal disaat kita sakit pasti kita kepingin sehat. maka jagalah kesehatan kita dengan cara 4 sehat 5 sempurna.
    gaya hidup sehat itu memang mudah tergantung bagai mana kita berpandai pandai bersyukur ke pada allah.

    ReplyDelete
  11. Menurut saya, gaya hidup sehat yang paling utama adalah kita harus bersyukur terlebih dahulu terhadap karunia kesehatan yang Allah SWT. berikan kepada kita dan tujuan kita hanya bertanggung jawab untuk senantiasa menjaga kesehatan pada diri kita agar tidak terkontaminasi dengan sesuatu yang buruk-buruk. Karena di zaman sekarang, banyak manusia yang tidak menjaga kesehatannya sendiri atau gaya hidup sehatnya sangat kurang, seperti merokok. Mereka menganggap dengan tindakan merokok, gaya hidup mereka akan terlihat lebih keren di mata orang lain, tentu tidak sama sekali, itu bahkan akan terlihat sangat bodoh yang dimana dapat merusak kesehatannya sendiri dan orang-orang sekitarnya yang tidak bersalah, mungkin bisa juga berujung dengan kematian dalam jangka waktu yang panjang. Menurut saya, jangan sesekali menyepelekan gaya hidup kita, maksudnya kita jangan sembarangan dalam mengatur pola hidup. Ingat jika kita sekarang sudah salah dalam bergaya hidup, efek yang terjadi pada kesehatan badan, hati, dan pikiran kita tidak akan terjadi dalam sedetik atau semenit ke depan, tetapi nanti di puluhan tahun mendatang kita akan merasakan dampak negatifnya dan munculah rasa penyesalan. Makanya dianjurkan lebih baik kita mengikuti saja gaya hidup Sunatullah yang dimana Allah SWT. memberikan pelajaran yang baik dan benar kepada Rasulullah untuk selanjutnya kita umat manusia diajarkan untuk mengikuti pedoman atau tuntunan Rasulullah agar kondisi badan, hati, dan pikiran kita akan selalu sehat dan bugar.

    ReplyDelete
  12. saya berpendapat memang gaya hidup sehat itu sangat lah mudah untuk kita lakukan.namun terkadang manusia kurang akan perhatian tentang gaya hidup sehat bagi diri mereka.apalagi bagi kalangan remaja saat ini.misalkan saja mereka kurang bisa untuk membagi atau mengatur waktunya.hal kecilnya saja mereka kurang menjaga pola makan,tidur dan aktivitas lainnya. kesehatan itu sangat mahal harga nya oleh karena itu harus dapat menjaga kesehatan kita.

    ReplyDelete
  13. Banyak orang berpendat bahwa gaya hidup sehat adalah dengan makan yang bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup dan sebagainya. Saya setuju dengan itu. Tapi untuk menjadi sehat bukanlah melulu soal fisik atau jasmani. Sehat yang harus dipenuhi terutama adalah kesehatan rohani. Hati yang bersih, hidup yang bahagia, selalu bersyukur, tidak iri hati juga merupakan gaya hidup sehat. Sehat itu sangatlah mahal.Menerapkan gaya hidup sehat itu murah jika menyeimbangkan antara kesehatan jasmani dan rohani. Mencegah memang lebih baik dripada mengobati.

    ReplyDelete
  14. Sehat merupakan suatu nikmat yang tak ternilai dalam hidup ini. bayangkan saja jika anda sakit maka segala aktifitas yang anda jalani akan terganggu. Banyak sekali orang bekerja keras sekali hingga ia tidak peduli dengan kondisi tubuhnya sendiri di tambha dengan makan makanan cepat saji yang tidak sehat bagi kesehatan dia. Oleh karena memeperhatikan kesehatan dan hidup dengan gaya sehat itu penting bagi semua orang. Mulai lah dengan hal - hal; kecil dengan beristirahat cukup, berolahraga , tidak merokok makan makanan yang sehat. insya Allah badan kita aka n sehta secara jasmani dan Rohani danhasilnya kita akan menjalani aktifitas kita dengan lancar.

    ReplyDelete
  15. Sehat itu mahal, coba bayangkan jika anda sakit parah dan harus dibawa ke rumah sakit pastinya itu semua akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, namun itu semua dapat dihindari dengan kita bergaya hidup sehat, dan bergaya hidup sehat itu tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak, kita dapat menjaga kesehatan jasmani kita dengan rutin berolahraga, tidak merokok, dan makan makanan yang bergizi atau tidak sering mengkonsumsi makanan dan minuman instant misalnya. Bukan hanya jasmani saja yang harus diperhatikan, namun rohaninya juga harus diperhatikan, dengan cara banyak-banyaklah mendekatkan diri kepada Allah SWT minta perlindungannya dari penyakit-penyakit jasmani maupun rohani

    ReplyDelete
  16. melakukan gaya hidup memang sangatlah murah tidak harus pergi ke gym atau membeli suplemen-suplemen yang harganya mahal cukup dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik tentu saja kebiasaan yang berhubungan dengan kesehatan

    ReplyDelete
  17. gaya hidup sehat, lebih utama kita harus bersyukur kepada tuhan yang telah memberikan kesehatan. untuk gaya hidup sehat dan menjaganya sangat mudah ya itu kita harus berolahraga, tidak perlu mahal juga ko olahraga yg murah saja contoh seperti lari pagi atau pun sore, bersepedah, banyak - banyak minum air putih, jus buah dan yg lebih penting jauhkan yang bernama ROKOK, dan NARKOBA

    ReplyDelete
  18. Sehat itu mahal, wajib untuk kita merawat dan menjaga tubuh yang telah diberikan Allah kepada kita. Banyak cara untuk menerepakan gaya hidup sehat, misalnya dengan makan makanan sehat, olahraga teratur, mengatur waktu dll. Dan tidak lupa untuk selalu meminta perlindungan kepada Allah Swt.

    ReplyDelete
  19. Saya sangat setuju dengan artikel ini, kesehatan adalah hal yang paling utama dalam hidup setiap manusia. Karna kesehatan itu emas mahal harganya tidak bisa terbayarkan oleh materi, maka dari itu gaya hidup sehat perlu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari minimal 4 Sehat 5 Sempurna.

    ReplyDelete
  20. gaya hidup sehat itu sangat mudah untuk didapat kan,dengan cara menjaga pola makan yang teratur,dan berolahraga dengan begitu hidup sehat pun dapat di peroleh,terkadang banyak orang yg suka menyepelekan hidup sehat hal hasil mereka mendapat kan penyakit.. LEBIH BAIK MENCEGAH DARI PADA MENGOBATI !!!!!

    ReplyDelete
  21. kembali kepada gaya hidup sehat seperti yang sudah bapak post diatas : gaya berjalan, gaya duduk, gaya tidur, gaya mengetik, gaya membaca, gaya berbicara, gaya menyetir mobil dan sebagainya :
    kemabli pada diri kita , kebanyakan orang sulit untuk melakukan kegiatan sehari hari dengan gaya hidup sehat mereka lebih kerasan dengan gaya hidup :kenyamanan: tapi tidak salah untuk kita mencoba .. seperti orang kebanyakan berkata sehat itu mahal harganya .. terimakasih

    ReplyDelete
  22. Pola hidup sehat itu sangat kita perlukan,namun tidak semua tahu bagaimana cara menerapkannya.sebenarnya gampang atau susah nya itu tergantung bagaimana cara kita membiasakannya.dan yang harus selalu kuta ingat bahwa kesehatan itu nomor satu dan seperti kata istilah "sehat itu mahal"

    ReplyDelete
  23. gaya hidup sehat itu sangat penting bagaimana kita menerapkan nya saja, dan gaya hidup sehat itu harus dimulai sejak dini sampai nanti. Saya setuju dengan artikel bapak, tapi kembali lagi kepada diri kita sendiri apakah kita sudah bisa menerapkan nya itu, dan harus kita coba.

    ReplyDelete
  24. pola hidup sehat adalah sangat penting bagi tubuh kita , dengan apa kita bisa hidup sehat??? salah satunnya adalah dengan memakan-makanan yang sehat dan di si imbangi dengan berolah raga

    ReplyDelete
  25. sehat itu mahal.kenapa di katakan mahal,karena jika kita sakit maka kita harus mengeluarkan uang untuk datang ke dokter dan membeli obat untuk penyakit kita.jadi lebih baik menjaga dari pada mengbati

    ReplyDelete
  26. menurut saya gaya hidup sehat itu mudah, mengapa mudah? karena pola hidup sehat tidak perlu mahal dan juga tidak sulit di lakukan hanya saja kita sebagai manusia dapat mengolah diri dengan baik atau mungkin sebaliknya. bagi sebagian rang hidup sehat itu sulit karena mmkebanyakan malas mengurus diri bahkan tak jarang yang tidak memperhatikan pola hidupnya

    ReplyDelete
  27. Hidup sehat itu menurut saya simple, tidak dengan penjabaran yang kompleks. Rutinitas sehari-hari yang simple tapi benar juga memiliki efek yang bagus. Namun kita harus jeli dalam memilih asupan gizi untuk tubuh kita, karena efeknya sangat fatal sekali bagi tubuh.

    ReplyDelete
  28. Gaya hidup sehat sudah diajarkan sejak dahulu dan agama kita mengajarkan utk bergaya hidup sehat dari hal terkecil hingga terbesar, tergantung bagaimana diri kita bisa bergaya hidup sehat

    ReplyDelete
  29. Pola hidup sehat akhir" ini sedang sangat di gencar-gencarkan selama.beberapa tahun belakangan ini , hal ini menjadi diutamakan karena semakin banyaknya jenis penyakit baik dari yang biasa sampai mematikan. Pola hidup sehat memang sudah seharusnya tertanam dalam diri tiap orang karena hidup sehat memiliki dampak yang baik , mau dalam hal berpakaian berprilaku ,pola makan, dan sebagainya. Yang harys penjadi gaya hidup juga adalah dalam beragama gaya hidup untuk menjadi orang beragama yang seharusnya memang tidak bisa dipungkiri , bahwa gaya hidup menjadi orang beriman adalah suatu tindakan yang terpuji.

    ReplyDelete
  30. hidup sehat itu sangat diperlukan, mulailah dengan makannan yang baik dan sangat menjaga kesehatan kita sendiri, karna penyakit sekarang sudah bnyak yang terkena , yang dimana lebih banyak terkena di masa remaja..

    ReplyDelete
  31. Gaya hidup sehat itu memang pilihan. Banyak sekali seseorang yang tidak menyayangi dirinya sendiri dengan selalu Begadang tiap malam , makan tidak teratur , merokok , minum beralkohol dan lain-lain. Gaya hidup sehat itu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Cukup dengan pola hidup yang baik dan menjaga asupan gizi yang masuk kedalam tubuh dan tidak lupa berolahraga. Segeralah ganti gaya pola hidupmu dengan gaya pola hidup sehat!

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Menurut saya , saya menyetujui dengan gaya hidup sehat itu mudah , karena setiap apa yang kita lakukan dalam aktifitas setiap harinya dari jalan kaki,duduk,makan ataupun aktifitas kerja dll adalah termasuk gaya manusia, sehingga setiap aktifitas memiliki gaya dan dapat dikatakan gayapun memiliki gaya yang sehat atau tidak sehat . salah satu contoh kita membuang sampah sembarangan itu termasuk gaya hidup yang tidak sehat , sedangkan banyak gaya hidup sehat yang mudah dilakukan tapi masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki kesadaran dan pengetahuan yang banyak tentang gaya hidup sehat . gaya hidup sehat sangatlah penting bagi pertumbuhan manusia dan masa yang akan datang dan dengan gaya hidup sehat banyak manfaat yang di dapat salah satunya masa hidup akan lebih lama didunia dan bumipun akan ramah dengan kita dan manfaat lainnya . yang saya dapat gaya hidup sehat memiliki manfaat yang tak terhingga .
    Banyak manfaat yang didapat jika kita dapat gaya hidup sehat, diantara nya seperti :

    1. Dapat tidur dengan nyenyak
    2. Dapat bekerja lebih maksimal serta meningkatkan kinerja
    3. Dapat belajar dengan baik
    4. Berpikiran positif dan sehat
    5. Merasa damai, nyaman dan tentram
    6. Memiliki penampilan yang sehat
    7. Mendapatkan kehidupan dan interaksi sosial yang baik
    8. Lebih percaya diri
    9. Menghemat pengeluaran untuk kesehatan
    10. Terhindar dari penyakit DLL .

    Nama :Ashim asy’ari (41615110029) TB05

    ReplyDelete
  34. Dwi Muji Abako
    @C18-Muji, Tugas TC05

    Manusia selalu ingin terjauh dari segala penyakit. Gaya hidup sehat adalah cara yang tepat untuk mendapatkan kualitas hidup yang mumpuni.menerapkan gaya hidup sehat berarti harus mengikuti panduan yang tepat, seperti cara duduk, berjalan, bekerja, membaca,berbicara, dsb

    ReplyDelete
  35. Dwi Muji Abako
    @C18-Muji, Tugas TC05

    Manusia selalu ingin terjauh dari segala penyakit. Gaya hidup sehat adalah cara yang tepat untuk mendapatkan kualitas hidup yang mumpuni.menerapkan gaya hidup sehat berarti harus mengikuti panduan yang tepat, seperti cara duduk, berjalan, bekerja, membaca,berbicara, dsb

    ReplyDelete
  36. @E32-Theo, @Tugas B05
    Gaya hidup sehat yaitu dimana pola makan diatur dengan baik, asupan gizi terjaga dengan baik, antara kegiatan aktifitas dan istirahat seimbang, antara bekerja dengan liburan proporsional, tidak mengikuti kebiasaan kebiasaan yang buruk serta menjaga pola pikir dan mengembangkan potensi diri dan otak dengan baik.

    ReplyDelete
  37. Bintang Pamungkas
    E10-Bintang, @Tugas B05
    Haya hidup sehat dangatlah mudah dan murah. cukup kita berolahraga saja setiap hari 15 menit akan membuat badan kita tetap sehat. tidak lupa menjaga pola makan yang baik agar tubuh kita tetap kuat menjalani kegiatan setiap harinya.

    ReplyDelete