.

Jan 10, 2016

Lupa Diri Karena Media Sosial

Oleh : Atep Afia Hidayat. Menurut catatan  Wikipedia, Medsos merupakan media online, dalam hal ini setiap pennggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berkontribusi dan berkreasi baik melalui web-blog, jejaring sosial, forum maupun dunia virtual.


Media Sosial (Medsos) yang sifatnya online penggunaannya semakin marak, menembus batas-batas wilayah. Tidak hanya di perkotaan, di pedesaan paling terpencil pun masyakatnya sudah melek, bahkan keranjingan medsos. Sisi positifnya keberadaan Medsos menjadi jembatan untuk terjadinya interaksi antar individu, siapapun, di manapun dan kapan pun. 

Sisi positif lainnya ialah dapat menggerakan perekonomian, melalui Medsos bergam peluang usaha makin terbuka, mulai dari yang kecil-kecilan sampai usaha besar berskala internasional. Selain itu Medsos juga menjadi alat edukasi yang penting, terutama dalam penyebar-luasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Untuk meningkatkan pemahaman terhadap agama yang benar, Medsos pun dapat menjadi alat untuk menyebar-luaskan syiar.

Sisi negatif Medos ialah menyangkut konten atau aktivitas virtual yang menyimpang dari norma kehidupan yang baik dan benar. Sisi negatif lainnya ialah efek bius Medsos yang seringkali membuat penggunanya lupa diri dan lingkungannya. Penggunaan Medsos yang berlebihan menyenankan beragam penyakit, mulai dari penyakit fisik, psikis sampai sosial. Banyak yang aktif di dunia maya, memiliki ribuan teman, namun sangat disayangkan sangat sulit menyesuaikan diri di dunia nyata.

Sebagai gambaran bagaimana begitu dominannya penggunaan medsos sehingga mengalahkan aktivitas sosial di dunia nyata, ialah ketika hari lebaran (Idul Fitri) tiba. Setiap orang mengunjungi sanak saudara, bahkan ada yang menempuh perjalanan mudik hingga ribuan kilometer. Namun ketika keluarga besar sudah berkumpul, jika pada era sebelumnya asyik bercengkerama dan melepas kangen, pada era kemudian malah asyik nonton televisi yang penuh acara hiburan; maka pafa era terkini justru asyik dengan gadget masing-masing. Anak-anak kecil tidak berinteraksi dengan sesamanya, malah masing-masing sibuk nonton film kartun melalui YouTube; remajanya sibuk dengan Twitter, sementara orang-orang dewasa, bahkan kakek dan nenek sibuk maen WhatsApp dan Facebook.  

Fenomena "mabuk" Medsos antara lain karena keterjangkauan terhadap beragam gadget yang makin meluas. Gadget dengan beragam fitur dan canggih, saat ini dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. (Atep Afia)

Gambar:
http://cdn.tmpo.co/data/2014/01/04/id_251671/251671_620.jpg
  

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. @A05-AGNES Tugas TA05

    Sosial media akhir-akhir ini memang sangat digandrungi oleh tiap individu mulai dari yang muda hingga orang tua. Ada yang digunakan untuk berbisnis, ada pula yang digunakan hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain.
    Sosial media memang sangat membantu untuk kita tetap menjalin komunikasi dengan teman atau kerabat yang ada di kota atau bahkan negara lain. Namun dibalik kemudahan itu malah ada yang menyalah gunakan sosial media seperti banyak remaja yang rela membuka auratnya di sosial media hanya demi ketenaran seperti yang sekarang sedang menjadi perbincangan banyak orang, bahkan KPAI pun telah memblock akun-akun yang dikira dapat merusak moral pemudi Indonesia dengan pakaian yang sangat minim.
    Di sisi lain sosial media juga membuat penggunanya malah susah berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Mereka yang telah kecanduan sosial media tidak akan bisa jika hidup tanpa gadget. Hidup tanpa gadget bagi mereka adalah sebuah bencana.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. @A04-YULIANI Tugas A05

    saya setuju dengan bapak, munculnya sosial media memiliki memiliki dampak yang sangat besar baik dampak postif dan dampak negatif bagi penggunanya. dengan adanya sosial media, komunikasi menjadi semkain mudah dan berkembangnya bisnis online pada sosial media juga baik. namun tetap saja banyak sisi negatifnya seperti akun akun sosial media yang tidak memiliki moral. oleh karna itu mari kita memanfaatkan sosial media ini tentunya denga hati hati.

    ReplyDelete
  7. @D02-Andi @Tugas A05

    Saya sangat setuju dengan pembahasan diatas selain banyak keuntungan dari media sosial tapi banyak pula dampak negatifnya

    ReplyDelete