.

May 8, 2013

Mendengar Suara Hati

Oleh : Atep Afia Hidayat - Hati itu merasa, bepikir, mendengar dan bersuara. Suara hati terus bisa lembut, bisa begitu kencang. Suara hati yang lembut justru lebih mudah didengar, sedangkan suara hati yang kencang, nyaris tak terdengar. Perhatikan dalam kerumunan orang, masing-masing hatinya bersuara sendiri-sendiri. 

Mereka merindukan pemimpin atau tokoh yang mengkonsolidasikan suara hati. Pemimpin sejati adalah pemimpin yang mampu mendengar suara hati, menanggapinya dan memberikan keteduhan hati. Suara hati adalah suara yang bersih, jujur dan obyektif. Kecuali kalau hatinya dalam keadaan berpenyakit.

Suara hati tak pernah berhenti, selalu terdengar kalau memang didengar. Menjadi samar-samar kalau telinga hati kurang berfungsi, bahkan tidak terdengar kalau telinga hati tuli. Suara hati pada dasarnya adalah kesadaran. Sedangkan kesadaran tertinggi adalah kesadaran akan posisi diri sebagai mahluk yang diciptakan, kesadaran akan keberadaan Allah SWT, sebagai Sang Pencipta, atau Sang Khalik.

Mari dengar suara hati masing-masing. Belum terdengar, coba lebih berkonsentrasi, lebih fokus. Hati berbisik, bahkan berteriak. Lantas, apakah kehendak hati saat ini ? Apakah ada kesesuaian antara suara hati dengan pikiran dan tindakan kita. Jika cocok, di sanalah letak kebahagiaan hidup. Hidup yang tenang, damai, bahagia dan sejahtera hanya terjadi jika ada kesatuan atau kekompakan antara suara hati, pola pikir dan tindakan. (Atep Afia)

30 comments:

  1. untuk mencapai hidup yang tenang, damai, bahagia dan sejahtera hanya terjadi jika ada kesatuan antara suara hati atau kesadaran kita dengan pikiran dan tindakan kita.

    ReplyDelete
  2. mdh"an kami (pemuda) selalu diberikan kemudahan dalam bertindak dgn kejernihan hati...
    terkadang kami (pemuda) ceroboh dalam bertindak, dgn menafikkan suara hati, cenderung menuruti hawa nafsu.yg lebih gawwatnya lgi, sring kami tdk menyadarinya.
    semoga kami senantiasa memiliki kehati-hatian dlm bertindak
    amiin

    ReplyDelete
  3. hati memang tidak dapat berbicara namun hati dapat didengarkan melalui suara hati yang senantiasa harus kita hayati...

    ReplyDelete
  4. suara hati memiliki peran yang sangat sensitif dalam kehidupan kita, suara hati bersifat abstrak maksudnya adalah suliy untuk diprediksikan sebelumnya, suara hati dapat kita jadikan sebagai acuan mengenai ke mana kita akab melangkahkan kaki kita untuk berjalan, dan dapat memberikan manfaat yang besar mengenai apa yang kita capai di masa mendatang, suara hati juga dapat dikatakan memiliki peran yang sangat sentral.

    ReplyDelete
  5. Suara hati, lirih namun bermakna dan berpengaruh.
    Mengapa? Karena dari suara hati itulah kita akan memutuskan atau menentukan sesuatu hal. Apabila hati kita diisi dengan yang baik-baik, maka dengan sendirinya hati kita pun akan selalu baik. Begitupun sebaliknya. Jadi, selalu dengarkan kata hati kita, karena akan menentuka setiap apapun yang akan kita pilih.

    ReplyDelete
  6. memang suara hati tidak pernah meleset suara hati selalu tepat tetapi terkadang suara hati tidak didengar karena rasa terburu-buru dalam mengambil keputusan sehingga sering sekali timbul kegagalan dan penyesalaan terhadap tindakan yang tidak mendengarkan suara hati kita sendiri.

    ReplyDelete
  7. saya setuju , masih banyak manusia yang belom bisa mendengar suara hati masing masing dan salah dalam melakukan tindakan , menjadikan manusia itu sendiri galau , resah dan tidak tenang , bila pikiran dan tindakan kita kompak pasti menjalani hidup terasa indah dan damai (muhammad rendy)

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum..suara hati hanya dapat di dengar pada jiwa yang tenang, jiwa yang tenang hanya bisa di dapat pada raga yang bersih dan sehat, dari jiwa dan hati yang bersih kita dapat mendengarkan apa kata hati kita dan dari kesinambungan antara hati jiwa dan pikiran kita, maka kedamaian dalam hidup akan kita dapatkan

    ReplyDelete
  9. suara hati memang sangat penting untuk diri sendiri, karena suara hati memiliki peranan yg sangat penting bagi kita untuk menentukan kedepannya tuh harus bagaimana, suara hati itu timbul dari perasaan emosional. oleh karena itu jika kita ingin sukses harus memiliki hati yg bersih.

    ReplyDelete
  10. Ini artikel yang sangat bagus tentang suara hati karena suara hati menentukan tindakan yang kita perbuat dimasa yang akan datang. jadi bertindaklah sesuai isi hati karena dari dalam hatilah kita dapat ketenangan jiwa yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  11. itulah yang membedakan manusia dengan makhluk Allah yang lain. hati diberikan Allah kepada manusia untuk dipakai,didengar dengan baik. agar tidak salah arah, tidak salah kaprah. karena suara hati adalah suara kebenaran yang terkadang hilang kalah oleh luapan amarah dan kesenangan.

    ReplyDelete
  12. banyak orang menyepelekan suara hati. memang suara hati itu tidak bisa didengar tapi kita bisa merasakannya. terkadang suara hati itu kalah dengan keegoisan dan kemauan kita yang tidak memikirkan baik-buruknya keputusan yang akan kita ambil. jika kita dihadapi dengan beberapa pilihan, berdoalah, pikirkanlah secara matang dan ikuti suara hati kita.

    ReplyDelete
  13. sebenarnya banyak orang yang telah mengalami suara hati,tidak hanya mendengar namun mereka tidak menyadarinya bahwa adanya suara hati di diri kita masing-masing.

    suatu tindakan atau suatu perilaku seseorang hendaknya mengikuti suara hati dan jangan bertindak mengikuti suara hati orang lain.

    ReplyDelete
  14. semua orang punya suara hati tapi tidak semua orangtau cara mendengarkan suara hati

    ReplyDelete
  15. suara hati tidak bisa didengar.. namun dapat dirasakan , karena suara hati bisa mewakili apa yg kita ingin ungkapkan..

    ReplyDelete
  16. Suara hati adalah hal yang sangat sensitif.. tidak mudah untuk di ungkapkan tapi bisa dirasakan dengan raut wajah yang dipancarkan oleh setiap insan

    ReplyDelete
  17. Menurut saya Suara Hati ini bukan lah suatu dengung atau gema yang menjadi sebuah resonansi dan dapat kita rasakan dengan gendang telinga menjadi suara yang dapat kita dengar.
    Namun suara hati ini adalah dimana rasa kepedulian kita atau rasa sadar dan bentuk apapun terhadap rasa sosial kepada sesama makhul hidup (manusia, hewan, alam) itu dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Tercermin dalam setiap sila dan pancasila.

    ReplyDelete
  18. menurut saya : Suara hati adalah hal yang sangat sensitif.. tidak mudah untuk di ungkapkan tapi bisa dirasakan dengan raut wajah yang dipancarkan oleh setiap insan.
    itulah yang membedakan manusia dengan makhluk Allah yang lain. hati diberikan Allah kepada manusia untuk dipakai,didengar dengan baik. agar tidak salah arah, tidak salah kaprah. karena suara hati adalah suara kebenaran yang terkadang hilang kalah oleh luapan amarah dan kesenangan.

    ReplyDelete
  19. kalau menurut saya, kita itu harus lebih mengukuti apa kata hati kita. tidak mengikuti kata orang lain, kita harus bisa menjadi diri sendiri dan menjadi pribadi yang kuat yang tidak mudah di pengaruhi orang lain.

    ReplyDelete
  20. Suara yang bening identik dengan suara alam. Suara yang senang berbagi kebaikan, bukan mengutamakan kenikmatan duniawi. Perhatikanlah sifat matahari. Ia senantiasa berbagi, tidak memilah kepada siapa ia memberikan cahayanya. Sifat matahari yang demikian selaras dengan sifat semesta. Matahari adalah alat Dia Yang Mahapemberi untuk menerangi kegiatan manusia. Banyak sekali manfaat cahaya ataupun panas matahari membantu aktivitas manusia. Berbagilah demi keuntungan banyak orang. Itulah suara hati yang murni.
    Itulah sifat yang selaras dengan alam. Jadi yang dimaksud dengan suara hati adalah keselarasan hidup dengan sifat-sifat alam. Sifat yang lebih mengutamakan kepentingan umum. Bukan golongan, kelompok atau diri sendiri

    ReplyDelete
  21. layaknya seorang pemimpin sering menghadapi berbagai keputusan yang harus diambil, dalam pengambilan keputusan perlulah pertimbangan pertimbangan yang konkrit dalam hal ini pasti banyak masukan dari orang lain ada yang negatif ada yang positif tetapi yang sangatlah dibutuhkan adalah kata hati/suara hati, begitupun dalam kehidupan sehari hari kita haruslah peka terhadap suara hati kita yang pastinya juga dengan bantuan sebuah doa Terima Kasih

    ReplyDelete
  22. setiap yang dilakukan manusia selalu dibisikkan oleh suara hati, mana yang benar mana yang salah. oleh karena itu kita harus selalu membersihkan hati dan akal kita agar kita dapat mengikuti suara hati.

    ReplyDelete
  23. Suara hati kitalah yang mencerminkan perilaku kita , suara - suara atau bisikan yang mampu membuat kita melakukan suatu hal yang berbau perbuatan positif dan perbuatan negatif.

    ReplyDelete
  24. suara hati.
    kita pasti melakukan sesuatu haruslah dengan mendengarkan isi hati terlebih dahulu, karena isi hati adalah hal yang murni bukan hasil dari suatu kebohongan yang di ciptakan oleh mulut.
    tetapi hatilah yang akan membawa kita kepada kebenaran yang sesungguhnya agar kita menjadi manusia yang lebih baik.

    ReplyDelete
  25. hati diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa. bukan hanya untuk merasa tapi juga untuk berkomunikasi dengan kita. contohnya jika kita sedang menghadapi pilihan yang sulit maka hati akan menuntun dan membisikan kita ke pilihan yang tepat dan benar. bisikan hati itu sangat bersih jujur dan obyektif kecuali hatinya sudah gelap. maka dari itu kita harus mendengarkan kata hati kita karena disitulah letak kebahagiaan kita. itu pun terlaksana jika orang tersebut mengikuti bisikan hati. walau terkadang orang lebih memilih pilihannya atau ceroboh dari pada mengikuti kata hatinya. sudah pantasnya kita harus mengikuti kata hati kita karena itu sangat berguna untuk diri kita.

    ReplyDelete
  26. mendengar suara hati dapat membuat kita memahami diri kita sendiri lebih jauh dan lebih dekat. memahami diri sendiri lebih baik sebelum memahami diri orang lain.

    ReplyDelete
  27. suara hati selalu mengatakan hal yang baik
    contohnya saat kita ingin melalukan hal yang tidak baik,suara hati kita selalu berkata jangan lakukan itu.
    oleh karna itu marilah kita hidup menurut suara hati kita bukan menurut keinginan daging kita.

    ReplyDelete
  28. Suara hati bisa berasal dari Tuhan ataupun dari setan.
    Jika kita tidak bisa mendengar suara hati terdalam kita itu karena sudah tertutupi oleh noktah dosa. Dan bisa-bisa yang terdenngar ternyata suara setan.

    ReplyDelete
  29. @D20-Ayu, Tugas A05 mengenai artikel suara hati . Kita diberikan oleh Allah SWT pendengaran yang cukup baik, begitu pula kita ditakdirkan untuk mendengar suara hati yang ada dalam diri kita. Dengan adanya suara hati kita dapat menghadapi segala hal mengikuti suara hati.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete