Apr 21, 2013

Perokok Bahayakan Kesehatan Orang Sekitar

Oleh : Atep Afia Hidayat - Seorang kakek begitu asyiknya mengisap asap rokok dari berbatang-batang rokok yang dipegangnya secara bergiliran, entah sudah batang ke berapa. Kalau usianya 70 tahun dan si kakek merokok sejak usia 17 tahun, berarti sudah 53 tahun jam terbang merokoknya. Jumlah batang rokok yang dihabiskan bisa mencapai minimal 5 batang x 365 hari x 53, yaitu 96.725 batang, hampir 100.000 batang. Ketika anak dan cucunya menasehati supaya si kakek segera berhenti merokok, supaya hidupnya lebih sehat, si kakek pun berkilah bahwa tanpa merokok ia jadi mati gaya, bahkan mati kutu.

Rokok dengan merk tertentu sudah menjadi bagian dari kehidupan si kakek, bahkan sudah menjadi icon atau bagian dari karakternya. Gencarnya perusahaan rokok berpromosi menyebabkan dampak psikologis yang luar biasa, rokok menjadi bukan sekedar tembakau, tetapi menjadi gaya hidup. Pengiklan rokok begitu piawai dalam meluncurkan kata-kata sugesti plus gambar yang menarik. Iklan tersebut dipajang dipinggir jalan dalam ukuran raksasa, baik dalam bentuk spanduk, billboard, poster, balon, dan sebagainya. Media cetak pun banyak dihiasi iklan rokok, begitu pula televisi dan internet. Kampanye ayo merokok yang digencarkan perusahaan-perusahaan rokok begitu sukses, sehingga perokok tua seperti si kakek tetap setia sampai mati, begitu pula perokok pemula dari kalangan muda usia jumlahnya terus bertambah.

Rokok bukan sekedar industri, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Bahkan bagi orang tertentu rokok lebih dari sekedar sembilan bahan pokok. Ada yang beranggapan, lebih baik tidak makan daripada tidak merokok. Dari kalangan masyarakat miskin pun, kebutuhan akan rokok melebihi kebutuhan bahan pangan. Banyak petani, nelayan, buruh, abang becak yang asyik merokok, sementara anaknya di rumah menderita kekurangan gizi kronis.

Upaya mengurangi kebiasaan merokok memang sudah dijalankan, tak kurang dari Pemda DKI telah berhasil membuat Perda larangan merokok di tempat-trempat tertentu. Namun aturan tinggal aturan, himbauan tinggal himbauan, yang jelas jumlah perokok cenderung bertambah. Lebih banyak pendatang baru daripada mereka yang bertobat. Kalau peraturan larangan merokok berhasil diterapkan, salah satu indikasinya ialah adanya perusahaan rokok yang gulung tikar. Namun sampai saat ini, nyaris tak terdengar adanya pabrik rokok yang tutup. Kalaupun ada, lebih disebabkan persoalan kenaikan cukai. Yang terjadi di lapangan ialah kampanye Ayo Merokok berhasil memukul KO kampanye Jangan Merokok.

Nasib tragis sebenarnya terjadi di sekitar perokok, terutama di rumah tempat tinggal perokok seperti si kakek dan sesama perokok. Sebuah Jurnal Kesehatan di Inggris, The Lancet http://www.thelancet.com/) baru-baru ini melaporkan, bahwa sekitar 600.000 orang perokok pasif meninggal dunia karena terpapar asap rokok. Data tersebut dihimpun dari 192 negara, termasuk Indonesia. Sebagian besar perokok pasif yang meninggal adalah anak-anak , kemudian kaum perempuan.

Ternyata pembunuh berdarah dingin itu ada di dalam rumah sendiri dan anggota keluarga sendiri. Si kakek berpotensi membunuh cucu kesayangannya, begitu pula si suami berpotensi membunuh istri dan anak kesayangannya. Akibat perilaku tidak sehat serta kenikmatan sesaat dan sesat, keselamatan dan nyawa darah daging sendiri bisa dikorbankan. Di sisi lainnya sebenarnya nyawa sang perokok pun terancam, sebab pada tahun 2004 sekitar 5,1 juta perokok aktif mengalami kematian, dipicu oleh berbagai penyakit akibat asap rokok.

Rokok sudah menjadi tradisi hidup si kakek, sulit dihentikan, meskipun ancaman serangan jantung, stroke, dan kanker paru-paru siap menerjang kapan saja. Si kakek nyaris tidak peduli, emang gue pikirin, kilahnya. Padahal di sisi lainnya, si cucu keluar masuk rumah sakit, klinik dan tempat praktek dokter, karena beragam gangguan kesehatan. Dengan tubuh kurus-kerontang, muka pucat, mata sayu, dan nafas tersengal, si cucu berbisik pada si kakek, kek, kok asap rokonya enggak ditelan semua . (Atep Afia)

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. fajar ari utomo @C29-FAJAR
    Kode Tugas : Tugas TC05

    saya sebagai perokok aktif memang merasa bahwa rokok tidak bisa lepas dari keseharian saya. seperti saat nongkrong atau sekedar santai.

    namun saya sadar akan bahayanya sehingga sekarang ini saya berlatih untuk mengurangi kebiasaan saya sampai nanti ahirnya benar- benar berhenti.

    ReplyDelete
  3. Rahthino Giovanni10/07/2016 8:41 PM

    Rahthino Giovanni @B26-RAHTHINO
    Kode Tugas: @B26-RAHTHINO

    Rokok itu menurut saya adalah pemmbunuh berdarah dingin yang dapat membunuh tidak hanya diri sendiri, melainkan orang lain juga. Maka sangat disayangkan apabila ada seseorang yang merokok di dekat orang banyak apalagi di dekat keluarganya sendiri.

    Dan jika dipikirkan kembali, kita dapat menabung lebih banyak dengan tidak membeli rokok. Dengan perhitungan 1 bungkus rokok seharga Rp. 12.000 dan bila seorang perokok dapat menghabiskan 1 bungkus dalam sehari maka dalam sebulan dia dapat menghabiskan Rp. 360.000. Dengan uang sebesar itu kita dapat membeli sesuatu yang lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Gilang Pratama : @E26-gilang, @Tugas B06

    rokok memang bisa membunuh siapa saja termasuk orang-orang yang disekitar kita. maka dari itu berhentilah merokok sebelum menyesal dikemudian hari.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.