.

Apr 24, 2013

Pentingnya Latihan dan Pengulangan

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kalau kita membaca deretan nama berikut Kareem Abdul-Jabbar, Kobe Bryant, Wilton Norman Chamberlain, dan Shaquille Rashaun O'Neal, tentu cukup faham bahwa mereka adalah pemain basket terbaik sepanjang masa. Kapiawaian pemain basket ialah akurasinya memasukan bola ke dalam keranjang. 

Ternyata menurut sebuah penelitian, pemain basket yang melakukan lemparan bebas dengan akurasi 85 persen, setidaknya telah melempar sebanyak 550 ribu kali sepanjang karirnya. Begitu juga Thomas Alva Edison melakukan 1.000 kali percobaan untuk sampai pada kesempurnaan penemuan bola lampu pijarnya. Sementara Colonel Sanders si jagonya ayam goreng telah mengalami penolakan sekitar 1.000 restoran dalam mennawarkan resep keluarganya.

Di berbagai negara di semua penjuru dunia pun orang sukses ialah mereka yang telah melewati sekian banyak latihan dan pengulangan dalam bidangnya masing-masing. Di sisi lainnya, orang gagal pun adalah mereka yang telah melakukan “latihan” dan “pengulangan” tertentu sepanjang hidupnya. Lantas, apa bedanya orang sukses dengan orang gagal, kalau sama-sama melakukan latihan dan pengulangan. Sebenarnya pada dasarnya kehidupan itu sendiri merupakan latihan dan pengulangan.

Bagaimana bolak-baliknya Planet Bumi mengitari matahari; Bagaimana jam 07.00 WIB itu selalu datang dan datang lagi, setiap hari; Bagaimana kita harus mandi dan mandi lagi, makan dan makan lagi, kerja dan kerja lagi, belajar dan belajar lagi, setiap hari; Ya, pengulangan suatu aktivitas yang berlangsung secara terus-menerus. Siapapun, di manapun, kapanpun senantiasa melakukan pengulangan.

Persoalannya aktivitas apa yang diulang tersebut ? Apakah aktivitas biasa-biasa saja atau aktivitas luar biasa. Dalam hal ini bagaimana membiasakan aktivitas yang tidak biasa dilakukan orang lain. Kalau kita mengulang dan mengulang kegiatan seperti tidur dan makan, ya hanya akan menjadi jagoan tidur dan makan. Ketika akan melakukannya tanpa harus berpikir lagi, dilakukan secara refleks, hal ini erat kaitannya dengan yang disebut muscle memory.

Dengan demikian, pada dasarnya perbedaan orang sukses dengan orang gagal ialah terletak pada jenis aktivitas yang diulangnya. Orang sukses dibidang tertentu secara sadar memilih satu bidang yang digelutinya. Dengan sadar melakukan pelatihan (baik sendiri atau dengan pembimbing dan masuk institusi pelatihan tertentu), kemudian mengulang dan mengulang. Sebagai contoh sederhana, orang yang piawai dalam berbahasa asing, sehingga kemampuannya setara dengan penutur bahasa tersebut, adalah karena repetisi yang telah dilakukannya sekian lama.

Ternyata sukses dan gagal hanyalah produk dari latihan dan pengulangan, namun jenisnya berbeda. Orang yang berpikir positif merupakan akumulasi dari sikap dan kebiasaannya dalam berpikir yang selalu memilih jenis pikiran yang positif. Sebaliknya, orang yang berpikir negative merupakan kumpulan dari sikap dan kebiasaannya dalam memilih jenis pikiran yang negatif. Demikian halnya orang yang sehat dan orang yang sakit, orang kaya dan orang miskin, bahkan orang yang masuk surga dan neraka pun, tak lain merupakan hasil latihan dan pengulangan aktivitas tertentu dalam kurun waktu tertentu. (Atep Afia)

30 comments:

  1. tambahan dari saya kalo gagal dengan sukses itu bedanya dari output yang dihasilkan maksudnya begini orang sukses dan orang gagal sama-sama berusaha sama-sama mencoba tapi ketika gagal untuk kesekian kalinya orang gagal langsung berfikir negatif dan rata-rata pasti berkata apa yang salah pada diri saya sedangkan orang sukses ketika mencoba berkali-kali dia berpikir apa yang harus saya kembangkan dan apa yang harus saya rubah agar berhasil. yaa begitulahh perbedaan yang saya jelaskan dan intinya tidak beda jauh dari artikel diatas yaitu semua kegagalan dan kesuksesan itu berasal dari pikiran kita yang mengaturnya.

    ReplyDelete
  2. Saya setuju dengan penjelasan diatas, karena pepatah mengatakan bahwa SUATU KEBIAAAN BISA KARENA TERBIASA!!!. Oleh karena itu, dengan mengulan atau berlatih sesering mungkin akan membuat memori otak kita mudah mengingat akan materi atau pelajaran yang sedang kita tekunkan.

    ReplyDelete
  3. Saya setuju dengan artikel diatas. Karena menurut saya artikel diatas sesuai dengan kehidupan nyata. Karna hidup adalah latihan, latihan menjadi yang terbaik dan pengulangan mencoba mengulang setiap kegagalan agar mencapai sesuatu hal yang di inginkan

    ReplyDelete
  4. latihan dan pengulangan itu sangat penting kita lakukan apalagi kita yang masih dalam proses pembelajaran. saya setuju dengan pernyataan di atas. karena orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang selalu melakukan latihan dan pengulangan sesuai bidangnya. namun latihan dan pengulangan ini pun ada ketentuan nya. latihan dan pengulangan itu akan dikatakan baik apabila dalam proses latihan itu kita bisa meningkatkan potensi yg ada dalam diri kita maka pengulangan nya pun akan lebih baik lagi, seperti pepatah yang mengatakan bahwa "hari ini harus lebih baik dari hari kemarin"

    ReplyDelete
  5. Latihan dan pengulangan adalah salah satu kunci kesuksesan. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada orang di dunia ini yang tidak pernah mengalami kegagalan. Namun beberapa orang memiliki prinsip untuk terus berlatih dan mengulangi hal apa yang belum berhasil mereka lakukan, sehingga mereka mampu meraih kesuksesan, berbeda dengan orang yang mudah menyerah dan tidak mau memperbaiki kesalahannya, orang itu akan sulit untuk mendapatkan kesuksesan dan kesejahteraan di dalam kehidupannya.

    ReplyDelete
  6. saya setuju dengan artikel di atas karena keberhasilan atau kesuksesan tidak akan datang secra langsung melainkan melalui proses yang cukup panjang dan melalui pengulang yang sangat banyak dan melelahkan hingga nanti pada saat dia mencapai puncak kesuksesannya dia tau apa yang harus dia lakukan dan tidak terlena pada saat di puncak nanti. dan pengulangan penting bagi orang yang ingin sukses.

    ReplyDelete
  7. Saya sependapat dengan artikel diatas, dengan kita melakukan pengulangan dalam suatu hal kita akan terbiasa dengan hal tersebut, seperti yg dikatakan pepatah, bisakarna biasa, dan tambahan dari saya, setiap orang pasti mempunyai rasa malas, dan cara menanggulangi rasa malas tersebut adalah melawannya untuk melakukan hal yg membuat kita malas, setlah kita melawan untuk melakukannya kita perlu mengulangi hal tersebut beberapa kali, hingga rasa malas itu pun akan membuat kebiasaan kita yang sudah terbiasa.

    ReplyDelete
  8. saya setuju dengan artikel diatas bahwa hidup itu adalah perlu latihan dan pengulangan, apalagi bagi orang yang ingin didunianya sukses dan mapan, ingat tidak ada orang yang langsung sukses dan mapan kecuali ia melakukan latihan dan pengulangan dalam diri dia dan hidupnya agar mudah melewati semua tantangan yang di hadapi. ingat bisa karena terbiasa.

    ReplyDelete
  9. Saya sependapat. Karna pelatihan itu sangat penting untuk setiap individu dalam mencapai proses suatu yang akan di capai. dan tentunya semua itu harus melalui proses pengulangan agar bisa menjadi terbiasa dan dapat di kuasai. dan juga harus mempunyai kemauan dan tekad yang kuat hingga tercapainya suatu yang di inginkan.

    ReplyDelete
  10. pelatihan dan pengulanagan itu penting karna segala sesuatu itu harus dengan pelatihan dan pengulangan.
    contoh: di saat kita menghafal ilmu itu harus banyak di latih dan di ulang ulang karna ilmu itu ibarat pisau semakin di asa semakin ia tajam apabila di diam kan dia akan tumpuh atau hilang.
    jadi sangatlah penting

    ReplyDelete
  11. Saya setuju dengan artikel diatas. Latihan dan pengulangan akan menjadi suatu rutinitas yang baik dan itu berkaitan dengan suatu proses untuk mencapai suatu hasil yang baik. Namu latihan dan pengulangan bukan berarti melakukan sesuatu yang itu2 saja, melainkan harus ada kemajuan atau impovement dari tiap latihannya.

    ReplyDelete
  12. Saya sangat setuju dengan pernyataan-pernyataan di atas, bahwa latihan dan pengulangan itu sangat penting untuk kesuksesan kita nantinya. Yah namanya juga proses untuk hasil yang ingin kita capai pasti terdapat juga kegagalan, sekalipun. Menurut penglihatan saya, tidak ada seorang pun yang mencapai kesuksesannya tanpa adanya kegagalan sebelumnya, pasti orang tersebut pernah merasakan pahitnya kegagalan. Namun, itulah kunci kesuksesan seseorang, jangan pernah cepat berputus asa, sekali 2 kali 3 kali kegagalan dan seterusnya, diusahakan tetap berusaha dan latihan terus-menerus, serta kembangkan yang lebih baik lagi agar itu semua berbuah menjadi suatu keberhasilan atau kesuksesan. Dengan kita selalu berlatih dengan tekun secara terus-menerus dan melakukan pengulangan, kegagalan itu juga pasti akan mencapai titik ujungnya, itu semua karena kita sudah terbiasa dan sudah belajar dari kesalahan sendiri. Seperti prinsip kebanyakan orang, bisa karena terbiasa.

    ReplyDelete
  13. Saya sangat setuju dengan artikel diatas, karena pengulanan dan latihan sangat diperlukan dalam proses kegiatan belajar, apalagi bagi orang yang merasa dirinya kurang mampu dalam mengerakan soal2 yang rumit. sangat diperlukan sekali pengulangan karena bisa melancarkan pemikiran dal ingartan dalam materi yang sedang dipelajari

    ReplyDelete
  14. saya sangat setuju dengan artikel bapak karena pengulangan dan latihan itu sangatlah penting dalam diri manusia.manusia itu mempunyai keterbatsan memori penyimpanannya.jadi apabila kita tidak banyak latihan dan pengulangan apa yang telah kita dapat dan pelajari akan hilang begitu saja.

    ReplyDelete
  15. Ya saya sependapat dengan artikel diatas, kesuksesan itu tidak datang secara instan, pasti ada proses untuk mencapai kesuksesan itu sendiri, dan di dalam prosesnya itu pasti ada saja masalah yang datang dan menghasilkan kegagalan, disinilah pelatihan dan pengulangan menjadi penting sekali, karna jika kita tidak berlatih kita tidak akan mampu mengoptimalkan sesuatu secara maksimal dan jika kita tidak mau mengulang kembali disitulah kegagalan akan semakin mendekat dan kesuksesan pun akan semakin menjauh

    ReplyDelete
  16. ya semua kegagalan adalah proses meju keberhasilan jika kita terus mencoba dan tidak menyerah pada keadaan dengan cara terus berlatih dan melakukan pengulangan maka suatu saat kita akan behasil

    ReplyDelete
  17. Menurut pendapat saya,pengulangan dan pelatihan seharusnya sudah menjadi kewajiban yang lambat laun akan menjadi kebiasaan.Sebetulnya orang-orang cerdaspun bukan mereka yang selalu belajar tanpa henti,namun lebih pada seberapa seringnya mereka mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari.Dan metode ini sangat baik untuk generasi muda yang pada zaman sekarang di usia mudapun sudah sering lupa akan suatu hal,entah itu dari faktor makanan atau yang lainnya.

    ReplyDelete
  18. Dengan pelatihan dan pengulangan kita dapat menguasai suatu bidang yg kita tekuni dan mengurangi kesalahannya. Metode ini sangat cocok untuk kita generasi muda agar tidak terjatuh pada kesalahan yang sama, karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

    ReplyDelete
  19. pelatihan dan pergaulan itu sangat lah penting dalam kehidupan kita,dengan ada nya pelatihan dan pergaulan itu membuat kita lebih termotivasi dengan orang orang sekitar kita..

    ReplyDelete
  20. pelatihan dan pengulangan menurut saya hal yang wajar karna kalo tidak ada pelatihan yang tekun pasti tidak ada pengulangan tetapi pelatihannya kalo tidak tekun pasti ada pengulangan.

    ReplyDelete
  21. saya setuju dengan artikel yang diatas karna kenapa artikel di kehidupan yang nyata. pelatihan dan pergaulan itu sangat penting dan sangat memberi bantuan untuk kita dan orang lain , dan kita dapat menguasai bidang bidang yg ingin kita lakukan , dangan demikian kita dapat termotivasi oleh orang orang yg sukses disekitar kita.

    ReplyDelete
  22. saya sangat setuju dengan artikel ini , kenapa saya bilang sangat setuju karena menurut saya pelatihan dan pergaulan itu sangat penting dan bisa menentukan hidup seseorang itu menjadi sukses, mengapa saya bilang seperti itu contohnnya kalau kita berteman atau bergaul dengan tukeng minyak wangi kita secara tidak sadar kita juga akan wangi, coba kalau ita bergaul dengan tukang sampah kita akan bau seperti sampah

    ReplyDelete
  23. saya setuju dengan artikel diatas karena menurut saya orang dikatakan sukses jika ia terus berlatih dan sering melakukan pengulangan sampai ia berhasil

    ReplyDelete
  24. saya setuju dengan artikel tersebut. karena, pengulangan dan pelatihan dapat membuat kita menjadi terbiasa dan karena otak manusia akan lebih mudah mengingat hal hal yang sering di ulang seperti lagu dan lain lain

    ReplyDelete
  25. Latihan dan pengulangan itu sudah sejak dari lahir telah kita lakukan. Seperti bayi yang dilatih oleh orang tuanya agar bisa merangkak atau berjalan, berbicara, dsb. Orang sukses juga seperti artikel diatas. mereka melakukan latihan dan pengulangan terus menerus. Dan melakukan evaluasi terus menerus apa yang telah mereka lakukan agar hasil usaha mereka menjadi meningkat secara signifikan. Lain halnya seseorang yang tidak melakukan latihan dan pengulangan.

    ReplyDelete
  26. Dengan berlatih dan pengulangan maka kita akan terbiasa akan hal yg akan kita lakukan, seperti penjelasan artikel diatas banyak orang orang besar selalu melakukan latihan berulang kali dengan cara seperti itulah kita akan sukses

    ReplyDelete
  27. Karena dengan 2 hal diatas kita bisa merasakan yang mananya pahit kegagaln . Namaun kalo kitta bangun kita akan bisa merasakan indahnya keberhasilan .. 2 hal yg sangat berkaitan ;)

    ReplyDelete
  28. saya setu, karna pelatihan dan pengulangan itu sudah dari keciln dengan kita selalu berlatih terus maka kita akan terbiasa dengan hal itu

    ReplyDelete
  29. Pepatah mengatakan bisa karna terbiasa, ia panda bukan langsung instant saja tetapi melalui suatu proses yang tidaklah singkat. Dengan terus berlatih dan melakukan pengulangan maka tentunya kita akan terbiasa dengan apa yang kita lakukan. Karena setiap berlatih dan biasa melakukan pengulangan secara tidak sadar kita dapat melakukan hal tersebut dengan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  30. berdoalah sambil berusaha agar hidup jadi tak sia-sia

    ReplyDelete