.

Apr 23, 2013

Mengelola Citra Diri


Judul Buku : The 10 Minute Life Coach – Mewujudkan Citra Baru Diri Anda
Penulis : Fiona Hrrold
Penerjemah : Septina Yuda Purnamasari
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Peresensi : Atep Afia Hidayat

Tidak hanya selebriti atau politisi terkenal, setiap orang pun memiliki apa yang dinamakan citra diri. Kalau tokoh nasional sibuk dengan politik pencitraan, maka setiap orang pun sebenarnya demikian juga. Ya, setiap hari kita riweuh dengan yang namanya penampilan dan cara berpenampilan.

Adalah Fiona Harrold dalam bukunya “The 10-Minute Life Coach – Fast-Working Strategies for a Brand New You”, berupaya mengungkap beragam rahasia, setidaknya ada 23 strategi untuk mewujudkan citra baru diri Anda. Informasi lebih lengkap tentang Fiona Harrrold, bisa diakses melalui  www.fionaharrold.com .

Setiap orang memiliki hasrat, cita-cita, keinginan, obsesi atau tujuan, namun pencapaiannya ada yang sangat lambat, ada juga yang begitu cepat. Fiona seorang motivator terkemuka yang berdomisili di London, dan sering muncul di berbagai siaran televisi, begitu berminat untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk ditinggali, dengan membantu orang-orang menemukan dan mengembangkan kualitas dan bakat unik masing-masing.

Ya, setiap orang membutuhkan pemandu, tidak bisa tumbuh dan berkembang sendirian. Sehebat apapun pemain sepak bola, sudah pasti sangat membutuhkan pelatih. Sentuhan pelatih membuat bakat dan kemampuan pesepakbola makin bersinar. Begitu pula Fiona, melalui klub yang didirikannya, The Next Level terus menginspirasi dan memotivasi ribuan orang untuk memperlakukan diri dengan sangat baik, dan membantu mewujudkan impiannya.

Hanya dengan 10 menit sehari, Fiona menawarkan 23 strategi untuk mewujudkan citra baru diri Anda. Buku yang Di Indonesia diterjemahkan oleh Septina Yuda Purnamasari, dan diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama, berisikan judul-judul yang menginspirasi untuk segera bertindak, mulai dari “Hidup itu Berharga”, “Berdirilah Tegak”, “Yakinkanlah dan Taklukkan”, “Cintai Diri Anda”, “Jadilah Baik”, “Lepaskanlah”, “Menonjollah”, “Tirulah”. “Raihlah Keberuntungan”, “Harapan Besar”, “Bertindaklah Nyata”, “Tambahkan kekuatan Anda”, dan sebagainya.

Sebuah buku hanyalah sebuah buku, yaitu kumpulan kertas yang dijilid, yang setiap halamannya sudah dicetak dengan huruf-huruf. Manfaat buku tergantung siapa yang memegangnya, membacanya, mengapresiasinya, dan memaknainya. Kalau bersungguh-sungguh mengeksploitasinya, maka pengaruh dan manfaat buku begitu luar biasa. Nah, begitu  pula kumpulan motivasi dari Fiona Harrold ini, akan memberikan manfaat jika mulai dengan membacanya. Selanjutnya, terserah Anda. (Atep Afia).

23 comments:

  1. mengelola citra diri itu sangat penting untuk diri sendiri karena dengan kita mengelolanya semua hal yang ingin kita capai yang ada pada diri kita ada dasarnya dan ada strateginya. seperti fiona yang hanya dalam 10 menit sehari, Fiona menawarkan 23 strategi untuk mewujudkan citra baru. karena dengan mengelola diri kita jadi tau apa yang kita butuhkan dalam diri sendiri.

    ReplyDelete
  2. Menurut saya, mengelola citra diri itu merupakan suatu hal yang sangat penting, karena dengan mengelola citra diri kita bisa mengetahui keunggulan dan kelemahan pada diri kita, sehingga kita bisa mengembangkan atau mengeksploitasi bakat kita dan memperbaiki kekurangan pada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  3. mengelola citra diri adalah hal yang sangat penting karena citra diri yang baik akan menghasilkan suatu hal yang baik tapi apabila kita hanya melakukan pencitraan untuk membuat orang lain terkesan sedangkan tidak ada di dalam dirinya citra seperti itu suatu saat akan menjadi bumerang yang siap menghancurkan orang itu sendiri.

    ReplyDelete
  4. Mengelola citra diri sangat dibutuhkan oleh manusia, karna dengan kita memperhatikan citra diri dan selalu mengembangkan citra diri yang kita punya akan menyebabkan kita sebagai manusia akan menjadi lebih baik, karna setiap manusia mempunyai citra diri yang berbeda beda, mempunyai kekurangan mapun kelebihan, seperti yang saya katakan diatas, apabila kita memperhatikan citra diri kita, kita akan mengetahui kekurangan dari diri kita, dan kelebihan yang dapat kita kembangkan didalam diri kita.

    ReplyDelete
  5. mengelola citra diri itu harus dari sekarang kita bangun karena mengelola citra diri itu penting bagi kita untuk membangun apa yang kita cita-citakan.
    karna apabila citra diri kita jelek akan jelek pula istri dan keturunan kita.
    seperti hukum karma

    ReplyDelete
  6. Citra diri adalah hal yg sangat diperlukan setiap orang, citra diri bukan dari penampilan tetapi dari bersikap dan bermasyarakat maka akan tampil citra diri setiap individu. Dengan belajar mengelola citra diri kita bisa menggapai tujuan kita

    ReplyDelete
  7. menurut saya citra diri sangat lah penting untuk individu. karena setiap individu memerlukan citra diri dalam kehidupan bermasyarakat/sosialnya.kita sebagai individu harus lah mempunyai citra diri yang baik agar orang lain pun dapat menghargai kita.mengelola citra diri sangat penting bagi setiap individu agar menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  8. Setiap orang pasti menginginkan pencitraan yang baik. Oleh karena itu perlu untuk mengelolacitra diri. Bukan hanya dari segi penampilan, tapi juga dari kepribadian yang baik. Dengan mengelola citr diri, kita bisa mengetahui mana potensi dari dalam diri kita yang bisa dikembangkan dan dijadikan keunggulan dr diri kita.

    ReplyDelete
  9. Mengelola citra diri sangatlah penting bagi setiap orang, baik dalam segi penampilan, tutur kata bahkan dalam bersikap. Dimana dengan kita dapat mengelola citra diri pada diri kita sendiri, berarti kita sudah mengetahui keunggulan dan kelemahan yang ada pada diri kita sendiri. Kita akan mengetahui bakat atau potensi diri yang sebaiknya terus dikembangkan, sedangkan kita juga akan memperbaiki setiap kelemahan yang ada pada diri kita sendiri. Dengan adanya kelemahan pada diri kita, kita tidak harus merubahnya untuk menjadi seperti orang lain. Menurut saya wajar setiap orang memiliki kelemahan, tanggung jawabnya hanya terus belajar dari pengalamannya dengan tekun sehingga pencitraan dirinya semakin baik di mata orang lain.

    ReplyDelete
  10. Citra diri sebenarnya hal yang baik tetapi pada saat belakangan ini malah jadi banyak orang yg melakukan pencintraan demi keuntungan bagi dirinya sendiri. Citra diri sendiri tidak harus dari penampilan fisik luarnya saja, citra diri dari kepribadian masing2 oranglah yang lebih penting. Jadi citra diri itu memang bagus untuk kehidupan agar menjadi pribadi yg lebih baik lagi, asal tidak berlebihan & tidak memanfaatkan org lain untuk pencintraan diri sendiri.

    ReplyDelete
  11. dalam artikel ini kurang menjelaskan bagaimana membangun citra diri yang baik dengan kurangnya penjelasan bagaimana kita harus membangun citra diri yang baik,mungkin artikel ini perlu sedikit penambahan ya misalnya dengan penjelasan cara-cara yang lebih lengkap

    ReplyDelete
  12. Mengelola citra diri itu sangat penting. Dengan ini, kita tahu dimana letak kelebihan dan kekurangan kita dan tahu dimana kita harus berdiri kokoh. Banyak cara kita untuk mengetahui citra diri kita, salah satunya dengan mengembangkan diri kita ikut berorganisasi.

    ReplyDelete
  13. menurut pribadi saya mengelola citra diri itu sangat lah penting,tetapi semakin maju nya jaman kebanyakan orang selalu menyalah guna kan citra diri mereka,dengan merusak nama baik mereka sendiri hanya untuk bisa eksis di media media masa ..

    ReplyDelete
  14. Pencitraan diri itu memang perlu namun terlalu larut di dalamnya juga tidak baik.nanti malah jatuhnya lebih ke merubah diri menjadi tuntutan orang lain,mungkin citra diri kita memang menjadi baik,namun secara tidak langsung dia sedang menyiksa diri nya sendiri karena kepura-puraaan.

    ReplyDelete
  15. pencitraan diri itu sangat penting untuk diri kita namun jangan lah terlalu larut didalam nya tidak baik. namun sisi baik nya kita bisa mengembangkan diri kita untuk berorganisasi.

    ReplyDelete
  16. pencitraan adalah sangat penting bagi diri kita karena mengelola pencitraan itu kita bisa melihat dimana kekurangan kita dan dimana kelebihan kita nah kalau anda sudah mengerti kekurangan kita sendiri lebih baik kita ubah menjadi yang ebih positif karena it bisa membuat hidup kita menjadi sukses

    ReplyDelete
  17. mengola citra diri memang sangat dibutuhkan setiap manusia, namun terkadang manusia salah mengartikan, banyak yang menjadikan citra diri menjadi penutup kejelekannya dan mengembalikan nama baiknya

    ReplyDelete
  18. Seorang yang memiliki citra baik akan disegani dan disukai oleh setiap manusia. Karena saat 2 manusia bertemu sudah pasti yang dilihat pertama yaitu citra atau penampilan dirinya.

    Tetapi citra diri tidak selamanya digunakan dalam kebaikan. Pencitraan kadang digunakan untuk pamer, menutupi sifat asilnya, dan hanya ingin dipandang oleh orang(Riya). tentu ini sikap yang harus kita jauhi.

    ReplyDelete
  19. mengelolah citra diri sangat penting buat diri sendiri, makan kita lebih dihargai orang, dan kitapun bisa melihat kebaikan dan keburukan,bila ada buruknya apa salahnya untuk diperbaiki dengan baik

    ReplyDelete
  20. Mengelola citra diri sendiri merupakan perbuatan yang penting. Sebab dari sanalah kita bisa tau keburukan dan kebaikan yang ada pada diri kita sendiri. Yang buruk dibuang sedangkan yang baik segeralah dipertahankan didalam diri. Semua manusia pasti memiliki citra diri yang baik hanya saja kembali ke diri masing-masing dalam mengolah citra diri kita.

    ReplyDelete
  21. @B16-KRISNA, TB05 mengelola citra diri penting karena dengan itu kita bias mengetahuai kekurangan dan kelabihan kita sehingga akan lebih mudah untuk mewujudkan tujuan/ cita-cita. Selain motivasi tentunya niat dan usaha yang sungguh2 juga sangat diperlukan.

    ReplyDelete
  22. @C19-HILMAN, TC05

    Menurut saya sudah sewajarnya setiap manusia mengelola citra diri. Mulai dari segi penampilan, wawasan sampai dengan keagamaan. Semua itu harus di perbaiki setiap harinya sehingga kita bisa menjadi manusia yang baik dan cerdas.

    ReplyDelete
  23. Hendrik Milion Silaen
    @E16-Hendrik, @Tugas B05

    Mengelola citra diri itu merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kita lakukan, karena dengan mengelola citra diri kita bisa mengetahui kelebihan apa saja yang ada dalam diri kita dan kekurangan apa saja juga yang ada dalam diri kita. Tuhan menciptakan kita begitu sempurna dari segala makhluk hidup yang ada di bumi ini, oleh karena itu tunjukkan dan kelola citra diri yang baik kita sebagai makhluk yang paling sempurna.

    ReplyDelete