Apr 27, 2013

Klinik Nutrisi Online


Oleh : Atep Afia Hidayat - Adalah Dr. David Fadjar Putra, MS, SpGK., seorang dokter Spesialis Gizi Klinik (SpGK) yang berinsiatif membuka klinik nutrisi online melalui layanan situs http://www.kliniknutrisi.com/. Situs khusus nutrisi tersebut menyajikan beberapa menu, seperti Kalkulator Nutrisi, berfungsi untuk menghitung  dengan terlepih dahulu memasukan data tinggi badan, berat badan, jenis kelamin dan katagori aktivitas fisik.


Aktivitas fisik dikelompokan menjadi:  Sangat Ringan (duduk, berdiri, mengemudi mobil, mengetik, menjahit, memasak); Ringan : (berjalan santai pada permukaan rata, merawat mobil, membersihkan rumah, merawat anak, golf, sailing, tenis meja); Sedang (berjalan 6 km/jam, berenang, membawa beban, bersepeda, skiing, tennis, dansa); dan Berat (mendaki bukit, basket, memanjat tebing, sepak bola).

Setelah data dimasukan kemudian akan diketahui  berapa  Kebutuhan energi perhari (KCal/hari) dan Index Massa Tubuh  (Kg/m2). Sebagai gambaran, jika Anda seorang pria dengan berat badan 72 kg, tinggi badan 169, dengan aktivitas fisik sangat ringan, maka Kebutuhan Energi Anda sebesar 2.228,46  KCal/hari dan Indeks Massa Tubuh 25.21  Kg/m2.

Menurut grafik yang tersedia, dengan Indeks Massa Tubuh sebesar itu Anda tergolong normal. Jika Indeks Massa Tubuh di bawah 18,5 berarti kurus; 18,5 sampai 25 normal; 25 – 30 pre obesitas; 30 – 35 obesitas I, 35 – 40 obesitas II, dan di atas 40 obesitas III. Ingin menghitung berapa Kebutuhan Energi dan Indeks Massa Tubuh ? Klik Di Sini. 

Situs Klinik Gizi dilengkapi dengan menu Latest News, berisi kumpulan artikel mengenai gizi dan kesehatan. Selain itu dilengkapi Piramida Nutrisi yang  menjelaskan nutrien yang harus ada dalam makanan kita dan porsinya agar menjadi diet yang seimbang dan sehat. Melalui Piramida Nutrisi tersebut menjadikan masyarakat menjadi melek nutrisi, sehingga kandungan makanan keseharian bisa diketahui, baik karbohidrat, kolesterol, lemak, serat dan protein, baik menyangkut pengertian (definisi) maupun anjuran. Ingin melihat Piraida Nutrisi ? Klik Di Sini.  

Dalam halaman pengantarnya Dr. David Fadjar Putra, MS, SpGK  menjelaskan, bahwa situs Klinik Nutrisi  ditujukan untuk menyebar-luaskan pengetahuan tentang hubungan erat antara nutrisi dan kesehatan. Menurut dokter ahli spesialis gizi klinik tersebut, bahwa nutrisi adalah kebutuhan vital bagi semua makhluk hidup. Karena itulah ilmu gizi dipelajari dalam berbagai macam disiplin ilmu.  Nutrisi bagi manusia telah dipelajari dalam bidang kedokteran sejak lahirnya ilmu kedokteran. Sekarang bahkan menjadi satu bidang spesialis yaitu Spesialis Gizi Klinik.

Menurut keyakinannya peran utama nutrisi adalah di bidang preventif disamping terapeutik. Ditegaskan bahwa konsumsi nutrien (zat gizi) yang buruk bagi tubuh, sebanyak tiga kali sehari selama puluhan tahun,  akan menjadi racun yang mengakibatkan penyakit di kemudian hari. Tepat sekali, bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Mencegah lebih murah daripada mengobati.

Ingin konsultasi masalah nutrisi secara online dengan Dr. David Fadjar Putra, MS, SpGK  ? Klik Di Sini. (Atep Afia –/ Sumber : www.kliniknutrisi.com)

2 comments:

  1. Irfan Arliansyah
    @C08-IRFAN

    Artikel yang cukup informatif, dimana kita yang awam tentang apa saja nutrisi yang kita perlukan dalam tubuh serta indikasi-indikasi berapa energi yang diperlukan dalam sehari. http://www.kliniknutrisi.com/ adalah sebuah situs yang digagas oleh Dr. David Fadjar Putra, MS, SpGK. Seperti yang saya kutip dari artikel diatas bahwa Situs Klinik Gizi dilengkapi dengan menu Latest News, berisi kumpulan artikel mengenai gizi dan kesehatan. Selain itu dilengkapi Piramida Nutrisi yang menjelaskan nutrien yang harus ada dalam makanan kita dan porsinya agar menjadi diet yang seimbang dan sehat. Melalui Piramida Nutrisi tersebut menjadikan masyarakat menjadi melek nutrisi, sehingga kandungan makanan keseharian bisa diketahui, baik karbohidrat, kolesterol, lemak, serat dan protein, baik menyangkut pengertian (definisi) maupun anjuran. Situs tersebut juga bertujuan untuk menyebar-luaskan pengetahuan tentang hubungan erat antara nutrisi dan kesehatan.

    ReplyDelete
  2. Donni Setiawan
    @E05-TugasB05
    Artikel yang sangat bagus,disaat orang bingung mengenai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan adanya situs http://www.kliniknutrisi.com/ yang diluncurkan oleh Dr. David Fadjar Putra, MS, SpGK merupakan terobosan yang bagus bagi dunia kesehatan. Gagasan untuk membuat situs online tersebut agar supaya khalayak luar dapat mnegetahui dan memenuhi kebutuhan akan nutrusi yang diperlukan tanpa dengan konsultasi ke dokter yang masyarakat luar beranggapan sangatlah mahal bagi kalangan menengah kebawah.Tujuan yang sangat mulia sekali

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.