Apr 27, 2020

Menelusuri Keberadaan Kota Ayah

Kec Ayah Kab Kebumen
(https://goo.gl/maps/XKRVbGuA4VMs8gQPA)
Oleh : Atep Afia Hidayat 

Ada ribuan kota di Indonesia ada yang masuk klasifikasi megapolitan, metropolitan, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Ada yang berstatus provinsi seperti Jakarta (Provinsi DKI Jakarta, meliputi lima kota administratif dan satu kabupaten adminstratif), kota otonom, setingkat di bawah provinsi seperti Bandung,  Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan sebagainya, dan ada kota berstatus kecamatan (di bawah kabupaten).  Lantas Kota Ayah statusnya apa dan ada di mana ?

Kota Ayah ternyata merupakan salah satu dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Kenapa masuk katagori kota, tepatnya kota kecil, karena pada tahun 2019 sudah berpenduduk lebih dari 57.000 jiwa. Berdasarkan "Klasifikasi Kota yang Dibedakan Secara Numerik", Kota Kecil berpenduduk antara 50.000 - 100.000 jiwa.

Berdasarkan Buku "Kabupaten Kebumen dalam Angka Tahun 2020", Kecamatan Ayah berpenduduk 57.000 jiwa, dengan luas wilayah 76,37 km2, berarti kepadatan penduduknya 747 jiwa per km2 (belum mencapai 1.000 jiwa per km2). Luas Kecamatan Ayah sekitar 5,96 persen dari luas Kabupaten Kebumen, berada pada ketinggian rata-rata 9 - 331 meter di atas permukaan laut (mdpl). Desa yang letaknya paling tinggi di atas permukaan laut ialah Watukelir.

Batas wilayah Kecamatan Ayah meliputi sebelah barat dengan Kabupaten Cilacap (Kecamatan Nusawungu, dipisahkan oleh Kali Bodo)  dan Samudera Indonesia; sebelah selatan dengan Samudera Indonesia; sebelah timur dengan Kecamatan Buayan; serta sebelah utara dengan Kecamatan Rowokele dan Kabupaten Banyumas (Kecamatan Tambak dan Sumpiuh).

Sekitar 16,63 persen (12,70 km2)  wilayah Kecamatan Ayah merupakan sawah, masih didominasi oleh sawah bukan irigasi tadah hujan); dan 83,37 persen (45,82 km2) berupa lahan kering, meliputi lahan untuk pertanian (tegal/kebun, ditanami pohon/hutan rakyat, lainnya meliputi tambak, kolam, empang dan hutan negara), serta lahan non pertanian. Luas lahan non pertanian sekitar 17,85 km2 (untuk bangunan dan lahan di sekitarnya). Dengan demikian, luas lahan terbangun di Kecamatan Ayah baru sekitar 23,37 persen (masih kurang dari 25 persen).

Pusat pemerintahan Kecamatan Ayah terletak di Desa Demangsari, berjarak sekitar 40 km arah barat pusat pemerintahan Kabupaten Kebumen di Kecamatan Kebumen. Jumlah penduduk Kecamatan Ayah sekitar 4,76 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Kebumen.

Kecamatan Ayah meliputi 18 desa, dengan kisaran luas setiap desa antara 1,56 km2 (Kedungweru) sampai 7,36 km2 (Argosari, sekitar 9,64 persen dari luas Kecamatan Ayah). Lima desa dengan wilayah paling luas berturut-turut Argosari, Candirenggo, Tlogosari, Jatijajar dan Argopeni.

Jumlah penduduk setiap desa di Kecamatan Ayah berkisar antara 1.194 jiwa (Kedungweru) sampai 6,260 jiwa (Jatijajar). Lima desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Jatijajar, Candirenggo, Demangsari, Karangduwur dan Argosari.

Desa yang berada di kawasan pesisir dan berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia ialah Ayah, Argopeni, Karangduwur, Srati dan Pasir. Kecamatan Ayah memiliki beberapa obyek wisata pantai/pesisir dan goa, serta obyek wisata lainnya. (Atep Afia Hidayat - InfoKotaKita)

Referensi:

BPS Kab Kebumen 2020. Kabupaten Kebumen dalam Angka 2020. Dalam : https://kebumenkab.bps.go.id/publication/download.html?
BPS Kab Kebumen 2019. Kecamatan Ayah dalam Angka 2019. Dalam https://kebumenkab.bps.go.id/publication/download.html?
KPU. 2014. Peta Dapil Kabupaten Kebumen. Dalam https://www.kpu.go.id/dmdocuments/3305_kab_kebumen.pdf





No comments:

Post a Comment