Aug 12, 2018

Dua Opsi Pemekaran Kabupaten Bangkalan

Kota Bangkalan dan Kabupaten Bangkalan
(Peta : http://kpu.go.id/)
Bangkalan merupakan salah satu daerah otonom di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Sudah cukup lama muncul wacana pembentukan Provinsi Madura, terpisah dari Provinsi Jawa Timur. Namun ada kendala belum terpenuhinya syarat jumlah minimal kabupaten/kota dalam satu provinsi, yaitu minimal lima.



Ada juga wacana lainnya untuk memekarkan Pulau  Madura menjadi sembilan kabupaten dan kota; masing-masing dua di Kabupaten Bangkalan (dibentuk Kota Bangkalan), Kabupaten Sampang (dibentuk Kota Sampang) dan Kabupaten Pamekasan (dibentuk Kota Pamekasan) serta tiga di Kabupateb Sumenep (dibentuk Kota Sumenep dan Kabupaten Sumenep Kepulauan.

Kota Bangkalan dan Kabupaten Bangkalan
(Peta : http://kpu.go.id/)
Untuk terwujudnya Provinsi Madura,  minimal salah satu dari empat kabupaten yang ada di Pulau Madura harus memekarkan diri. Kabupaten Bangkalan dapat dimekarkan menjadi Kabupaten Bangkalan dan Kota Bangkalan; atau Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Bangkalan Utara.



Sumber :
http://kpu.go.id/dmdocuments/3526_bangkalan.pdf
http://www.suarasurabaya.net/fokus/822/2016/178241-Persiapan-Jadi-Provinsi,-Madura-akan-Bentuk-Lima-Kabupaten-atau-Kota-Baru
https://bangkalankab.bps.go.id/publication/
http://surabaya.tribunnews.com/2016/04/07/p4m-pamakesan-ibu-kota-provinsi-madura-bangkalan-kota-madya

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.