.

Jun 29, 2017

Potret Terkini Industri Kelapa Sawit Di Indonesia

Resensi Buku 

Judul Buku : Ada Apa dengan Industri Kelapa Sawit Di Indonesia ?
Editor Ahli : Pamudji Mangun Sarboe
Penulis : Atep Afia Hidayat, Ngalim dan Rahmad
Penerbit : Bunga Bangsa Media/Rafikatama
ISBN : 978-602-6850-50-8
Cetakan : Pertama/April 2017
Jumlah halaman : 409 + ix
Ukuran Buku : B5
Harga : Rp. 150.000,-

Komoditas kelapa sawit di Indonesia begitu populer, diusahakan melalui perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Kelapa sawit merupakan bahan baku bagi industri pangan dan sumber energi terbarukan. Industri kelapa sawit merupakan sumber penghasil devisa terbesar di Indonesia, memiliki daya saing yang sangat tinggi, bahkan saat ini Indonesia merupakan negara produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Untuk kelengkapan informasi mengenai industri kelapa sawit dari sektor hulu ke hilir, buku ini menyajikan data yang dikutip dan bersumber dari situs web resmi beberapa perusahaan swasta dan milik negara terkemuka, instansi pemerintah yang berkaitan dengan sub sektor perkebunan, lembaga riset, media online, dan sebagainya. Hal itu untuk memberikan sajian informasi yang lengkap dan aktual bagi masyarakat atau  pemangku kepentingan. Harapannya ialah adanya kemajuan yang nyata dalam industri kelapa sawit, baik menyangkut kualitas maupun produktivitasnya, sekaligus nilai tambah yang dihasilkan bisa lebih optimal.

Keberadaan industri kelapa sawit di Indonesia sudah menjalani sejarah yang cukup panjang, sehingga tumbuh dan berkembang pesat seperti saat ini. Dari beberapa biji yang disemai di sekitar Kebun Raya Bogor (Jawa Barat) kemudian di kebunkan di beberapa lokasi di Sumatera Utara, menggurita menjadi hamparan kebun sawit di seluruh pelosok Indonesia yang mencapai luasan sekitar 11,3 juta hektar, dengan pabrik kelapa sawit (PKS) hampir 700, dikelola oleh 1.300 perusahaan dan lebih dari dua juta petani (pekebun).

Buku “Ada Apa dengan Industri Kelapa Sawit Di Indonesia” berupaya memotret dan memaparkan keberadaan kelapa sawit secara transparan dan komprehenship, dengan mengacu pada informasi dan referensi terkini, terutama dengan mengutamakan riset berbasis internet. Seluruh bab ditulis dan dikupas dengan mengacu pada ratusan sumber data yang dapat dipertanggungjawabkan validitasnya. Industri kelapa sawit bukan sekedar bisnis atau industri semata, namun menyangkut berbagai hal lainnya, seperti keberadaan petani dan masyarakat sekitar perkebunan; potensi gangguan terhadap ekosistem hutan dan lingkungan global; pengelolaan limbah yang ditimbulkan oleh aktivitas industri; riset dan pengembangan mulai dari hulu sampai hilir; hingga bagaimana mengembangkan pola kemitraan yang kongkrit di antara berbagai pemangku kepentingan.

Buku “Ada Apa dengan Industri Kelapa Sawit Di Indonesia” ditulis oleh team yang terdiri dari praktisi industri perkebunan kelapa sawit, akademisi (bidang pertanian dan industri), serta praktisi bidang konservasi dan pengembang masyarakat di sekitar perkebunan kelapa sawit. Dengan membaca buku “Ada Apa Dengan Industri Kelapa Sawit Di Indonesia ?”, maka para pembaca akan mendapatkan peningkatan pemahaman mengenai :
  • Industri Kelapa Sawit dan Prinsip Demokrasi Ekonomi
  • Perkembangan Industri Kelapa Sawit
  • Bisnis dan Industri Kelapa Sawit
  • Dari Aceh Sampai Papua 
  • Pengembangan Industri Hulu dan Hilir
  • Pelaku Bisnis Kelapa Sawit Di Indonesia
  • Petani dan Industri Kelapa Sawit
  • Riset dan Pengembangan Industri Kelapa Sawit
  • Perkebunan Kelapa Sawit dan Kerusakan Hutan
  • Pengelolaan Limbah Industri Kelapa Sawit
  • Industri Kelapa Sawit dan Pola Kemitraan

No comments:

Post a Comment