.

Jun 29, 2017

Bergeser Ke “Peradaban Hijau”

Resensi Buku

Judul Buku : Kimia, Industri dan Teknologi Hijau – Untuk Lingkungan yang Hijau dan Lestari
Penulis : Atep Afia Hidayat dan Muhammad Kholil
Penerbit : Pantona Media/Rafikatama
ISBN : 978-602-6850-55-3
Cetakan : Pertama/Mei 2017
Jumlah halaman : 195 + xii
Ukuran Buku : B5
Harga : Rp. 80.000,-

Kondisi lingkungan di Planet Bumi semakin sumpek, keharmonisan alam sudah bergeser ke ekosistem yang banyak dipengaruhi campur tangan manusia. Atas nama peradaban manusia bahu-membahu mengelola Planet Bumi untuk kehidupannya yang lebih nyaman dan sejahtera. Namun apadaya terjadi salah kaprah dalam beragam tindakan dan perlakuannya, kenyamanan dan kesejahteraan semakin jauh.
Hal yang terjadi justru Planet Bumi semakin tidak nyaman, semakin berdebu dan beracun. Sebagai upaya kolektif guna menyelamatkan Planet Bumi, maka munculah gerakan hijau diberbagai aspek kehidupan, antara lain melalui Kimia Hijau, Industri Hijau dan Teknologi Hijau.

Kata kunci dari buku ini ialah Kimia, Industri, Teknologi dan Hijau. Kata hijau merujuk pada kelestarian lingkungan. Pengembangan kimia baik secara keilmuaan maupun terapan, berdampak langsung terhadap pengembangan industri dan teknologi. Perubahan kimia atau lebih popular dengan istilah rekasi kimia  memungkinkan terbentuknya zat-zat baru yang sebelumnya tidak dikenal. Hal ini memberikan peluang yang besar untuk berbagai kepentingan, mulai dari industri, pertanian, kedokteran, konstruksi, dan sebagainya. Namun di sisi lainnya tidak semua proses pembentukan zat baru menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, banyak juga di antaranya yang justru merugikan peradaban manusia seperti limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan sebagainya
Buku “Kimia, Industri dan Teknologi Hijau – Untuk Lingkungan yang Hijau dan Lestari” diterbitkan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya “Peradaban Hijau”, antara lain melalui pemaparan konsep dan contoh akual menganai Kimia Hijau, Industri Hijau dan Teknologi Hijau.

Dengan membaca buku “Kimia, Industri dan Teknologi Hijau – Untuk Lingkungan yang Hijau dan Lestari”, para pembaca diharapkan mendapat pencerahan dan  lebih memahamai aspek-aspek :
  • Kimia dan Perkembangannya
  • Kimia Kontekstual
  • Kimia Industri
  • Kimia Lingkungan
  • Kimia Hijau
  • Industri Hijau
  • Teknologi Hijau

No comments:

Post a Comment