Mar 23, 2017

Mengubah Hidup

Resensi Buku

Judul Buku : Change Your Life With NLP
Penulis : Lindsey Agness
Penerbit : Ufuk Press, 2012
ISBN : 978-602-9346-90-9
Tebal : 373 halaman


Lindsey Agness, Trainer NLP International menulis sebuah buku dengan judul : Change Your Life With NLP, dan diterbitkan tahun 2008. Empat tahun kemudian Ufuk Press sebuah penerbit di Jakarta Selatan, merilis edisi terjemahannya dengan judul yang sama, dan ditambahkan lalimat : Cara Mengubah Hidup Anda Lebih Dahsyat. Dalam cover bukunya yang didominasi warna kuning dan hijau dengan tulisan putih, antara lain disebutkan apa saja komponen dalam kehidupan yang dapat diubah, seperti:
Menemukan pasangan dan karier yang tepat; Melejitkan kepercayaan diri; Meningkatkan kebahagiaan; Melenyapkan kekhawatiran; Menurunkan berat badan dan mempertahankannya; Keluar dari jebakan utang; dan Mempererat hubungan dengan siapa saja.

Tujuh komponen yang diubah tersebut merupakan hal yang sifatnya klasik dalam kehidupan setiap orang. Mulai dari bagaimana menemukan pasangan dan karir yang tepat. Faktor pasangan dan karir sangat berpengaruh terhadap perjalanan hidup seseorang. Siapa yang menjadi pasangan, bagaimana kondisinya, bagaimana visi dan misinya tentu saja perlu dicermati sejak awal, jika salah memilih maka akan menimbulkan derita yang berkepanjangan. Sebaliknya kalau berhasil memilih pasangan yang tepat dan serasi, maka kebahagiaan akan menyertai sepanjang hari.

Buku terbagi dalam 12 bagian, mulai dari : Apakah yang bisa dilakukan NLP untuk saya?; Apakah Anda berada di wilayah abu-abu?; Apakah yang akan Anda lakukan bila Anda mengetahui  bahwa Anda tidak bisa gagal; Fokus pada apa yang Anda inginkan; Siapa saya?; Hasil atau alasan? Bertanggung jawablah atas apa yang benar-benar Anda inginkan; Percaya bahwa Anda bisa; Andalah yang menentukan keberhasilan Anda; Mempengaruhi dengan integritas; Maju dengan umpan balik; Mulailah; dan Apakah Anda menginginkan itu atau apa ?

Buku dengan tebal halaman 373 dan hasil terjemahan Ati Cahyani, cukup enak untuk dibaca dengan pembahasan secara renyah. Sementara dalam sinopsis yang dimuat dicover belakang ada kalimat yang menarik: Ada masa depan yang lebih baik di hadapan Anda. Dan, hal itu dimulai di sini, saat ini juga. Kalimat berikutnya juga cukup "menyengat" dan memotivasi: Tak penting, bagaimana hidup Anda selama ini. Tak penting, apa yang telah terjadi di masa lalu. Yang penting adalah sekarang. Perubahan bisa terjadi dalam sekejap. Semua yang Anda perlukan adalah mengubah pemikiran Anda. Lantas bagaimana caranya?, Nah dalam buku yang masuk katagorin bestseller dijelaskan mulai dari A sampai Z.  Ohh iya, yang dimaksud dengan NLP (Neuro-Linguistic Program) ialah metode pengembangan diri yang tergolong ajaib, bersifat praktis dan sudah teruji dapat mengubah kehidupan seseorang. Buku yang tergolong Psikologi Populer tersebut sangat layak untuk menjadi salah satu referensi dalam upaya pengembangan diri. (Atep Afia Hidayat).

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.