.

Apr 13, 2017

Blogspot, Aina Mulyana dan Pendidikan Kewarganegaraan

Oleh : Atep Afia Hidayat - Apa hubungannya Blogspot, Aina Mulyana dan Pendidikan Kewarganegaraan; serta siapa Aina Mulyana? Tulisan berikut akan memaparkan keterkaitan di antara ketiganya.

Blogspot adalah salah satu domain yang ada di hosting Google. Sebagai catatan selain Blogspot yang khusus untuk aplikasi blog, Google juga menyediakan fasiltas email (Gmail), peta (Google Maps), Pencarian (Google Search), Video (YouTube), Media Sosial (Google +), Terjemahan dari dan ke 98 bahasa (Translate), serta beragam aplikasi lainnya (Google Drive, Google Calendar, Goole Play, Google Photos, Google Docs, Google Books, Google Contacts, Google Hangouts, dan Google Keep.


Blogspot.co.id merupakan domain khusus untuk wilayah Indonesia, yang menurut situs web Alexa sebagaimana dikutip oleh WolframAlfa, dalam setiap harinya halaman web yang dilihat mencapai 43 juta, sedangkan jumlah pengunjung harian mencapai 14 juta, dan menempati peringkat situs web ke 199 di dunia. Lantas, ada berapa jumlah blog yang menggunakan platform blogspot, dan berapa yang ada di domain blogspot.co.id ? Penulis belum menemukan datanya. Namun blog mana yang paling banyak dikunjungi dan siapa nama pemiliknya, sudah ditemukan, yaitu  dengan memanfaatkan situs web WolframAlpha (Computational Knowledge Engine). Inilah sepuluh blog (subdomain) di domain blogspot.co.id yang paling banyak dikunjungi (pengamatan 13 April 2017):


Ternyata diperingkat pertama ditempati oleh blog http://ainamulyana.blogspot.co.id, luar biasa, selamat dan sukses untuk Pak Aina Mulyana sebagai blogger (blogspot.co.id) nomor wahid di Indonesia, dengan jumlah pengunjung mencapai 155.900 orang per hari. Lantas siapakan Pak Aina Mulyana, kita cari tahu dengan membuka blog pribadinya tersebut.

Pak Aina Mulyana ternyata merupakan seorang pendidik, yang saat ini mendapatkan amanah sebagai Pengawas SMP dan Mata Pelajaran Kewarganegaraan Di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa, sudah selayaknya pihak Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan apresiasi kepada Pak Aina Mulyana.

Blog dengan judul Pendidikan Kewarganegaraan mencantumkan tagline: Wahana Info Akual, Inspiratif, Normatif dan Aspiratif. Lantas bagaimana trik dan strategi Pak Aina Mulyana supaya blog Kewarganegaraannya ramai pengunjung, berdasarkan pengamatan tanggal 13 April 2017, Pukul 16.25 WIB jumlah pengunjung blognya sudah mencapai 53.636.873 orang, sedangkan jumlah penguna saat itu (online) mencapai 145 orang. 

Blog Pendidikan Kewarganegaraan dibagi dalam Katagori : Home, Daftar Isi Blog, Info Sertifikasi, Info Lomba, Download, Link Web Blog, Materi PPKN dan Lowongan Kerja. Selain itu dilengkapi link website Kemendikbud. Adapun jumlah followers mencapai 697 orang. Sedangkan jumlah artikel yang diposting berturut-turut sejak tahun 2012 (42 artikel); 2013 (62 artikel); 2014 (178 artikel); 205 (399 artikel); 2016 (634 artikel); dan 2017 (sampai dengan 13 Aprik 2017, sebanyak 269 artikel). Sedangkan jumlah halaman publikasi elektronik berdasarkan mesin pencari Google (site:http://ainamulyana.blogspot.com/) sebanyak 2.130.

Nilai tambah dan hal menarik lainnya dari konten blog ini ialah Materi PPKN SMP/MTs Kurikulum 2013 mulai dari Kelas 7 sampai 9 tersedia lengkap, dan dapat dimanfaatkan siapapun, kapanpun dan di manapun. Pembelajaran Kewarganegaraan memiliki peranan yang sangat penting untuk setiap warga negara, dengan adanya konten PPKN yang disebarluaskan oleh blog dengan jumlah pengunjung 155.900 orang per hari ini menjadi sangat efektif. Sekali lagi, selamat dan sukses untuk Pak Aina Mulyana di Pandeglang. (Atep Afia). 


1 comment:

  1. Terima kasih, semoga Anda Saya dan yang Lain sukses selalu

    ReplyDelete