.

Jan 4, 2017

Wacana Pemekaran Kabupaten Sukabumi

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah otonomi yang paling luas di Pulau Jawa, dengan luas wilayah mencapai 4.123,56 km2. Luas wilayah Kabupaten Sukabumi lebih dari enam kali luas Povinsi DKI Jakarta, terbagi menjadi 47 kecamatan. Dengan demikian, pemekaran wilayah di Kabupaten Sukabumi menjadi sangat layak.

Wacana pemakaran wilayah Kabupaten Sukabumi sudah bermunculan dari berbagai elemen masyarakat. Melalui artikel ini Penulis mengajukan opsi pemekaran Kabupaten Sukabumi menjadi satu daerah induk dan tiga daerah otonomi baru (DOB).


Kabupaten Sukabumi hasil pemekaran  meliputi 12 dari 47 kecamatan yang ada, berada di bagian timur laut Kabupaten Sukabumi, di bagian tengahnya terdapat wilayah Kota Sukabumi sebagai enklave. Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Bogor di sebelah utara; dengan Kabupaten Cianjur di sebelah timur dan selatan; dengan Kabupaten Jampang Tengah di sebelah selatan; dan dengan Kabupaten Cibadak di sebelah barat.


Kabupaten Cibadak meliputi wilayah bagian utara Kabupaten Sukabumi saat ini, berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor di sebelah utara; dengan Kabupaten Sukabumi di sebelah timur; dengan Kabupaten Jampang Tengah dan Pelabuhan Ratu di sebelah selatan; dan dengan Kabupaten Pelabuhan Ratu di sebelah barat. Kabupaten Cibadak meliputi 11  dari 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Kabupaten Pelabuhan Ratu dapat dikatakan sebagai daerah induk, karena Kabupaten Sukabumi beribukota di Pelabuhan Ratu. Kabupaten Pelabuhan Ratu berada di bagian barat Kabupaten Sukabumi saat ini, meliputi tujuh kecamatan, dengan batas wilayah Provinsi Banten di sebelah barat; Teluk Pelabuhan Ratu dan Kabupaten Jampang Kulon di sebelah selatan; Kabupaten Cibadak di sebelah utara; serta Kabupaten Cibadak dan Jampang Tengah di sebelah timur.

Kabupaten Jampang Kulon berada di bagian barat-selatan  (barat daya) Kabupaten Sukabumi, meliputi delapan kecamatan. Adapun batas wilayahnya meliputi bagian selatan dengan Samudera Indonesia; sebelah timur dengan Kabupaten Jampang Tengah; sebelah utara dengan Kabupaten Jampang Tengah dan Pelabuhan Ratu; serta sebelah barat dengan Teluk Pelabuhan Ratu.

Kabupaten Jampang Tengah meliputi sembilan kecamatan.Letaknya berada di bagian timur-tengah-selatan Kabupaten Sukabumi, merupakan kabupaten hasil pemekaran dengan wilayah paling luas. Batas wilayahnya meliputi sebelah barat dengan Kabupaten Pelabuhan Ratu dan Jampang Kulon; sebelah selatan dengan Samudera Indonesia; sebelah timur dengan Kabupaten Cianjur; serta sebelah utara dengan Kabupaten Sukabumi, Cibadak dan Pelabuhan Ratu.

Sumber Data:
http://www.westjavainc.org/wp-content/uploads/2016/04/Sukabumi-Dalam-Angka-2015_opt.pdf?bf98dc

Buku Putih Sanitasi Kabupaten Sukabumi


Sumber Peta:
http://kpu.go.id/dmdocuments/3202_sukabumi.pdf

No comments:

Post a Comment