.

Jan 31, 2015

Sekali Lagi Fokus

Oleh : Atep Afia Hidayat - Fokus dapat diartikan memperhatikan dengan sungguh-sungguh, mengerjakan dengan serius, mengupayakan secara terarah, dan sebagainya. Ada orang yang mudah berfokus pada satu kegiatan ada juga yang sulit. Istlah lain untuk fokus ialah konsentrasi atau khusyu. Kerjakan shalat dengan khusyu artinya dalam shalat itu harus berfokus.


Perjalanan hidup manusia erat kaitannya dengan pencapaian. Jika seseorang terus berjalan dengan arah tertentu, maka akan ada pencapaiannya, sudah sampai mana, sudah berapa jauh, tinggal berapa lama lagi, tinggal berapa jauh lagi. Bayangkan jika perjalanan tersebut tidak memiliki arah, maka tidak ada fokus, dengan sendirinya pencapaian pun menjadi tidak jelas. Padahal sudah sekian banyak energi, daya, upaya, dana dan waktu yang dikeluarkan.

Perjalanan hidup pasti ada ujungnya, ada batas waktu yang telah ditetapkan oleh sang sutradara kehidupan, Allah SWT. Nah, sebelum “ujung kehidupan” itu datang, pencapaian apa saja yang sudah didapatkan. Pencapaian tentu saja meliputi aspek dunia dan akherat, tidak bisa hanya salah satunya. Kedua aspek harus dilalui dengan perjalanan yang mulus atau berusaha maksimal untuk mulus, meskipun belokan ada di sana-sini. Begitu pula dengan rintangan, halangan dan gangguan selalu  menjauhkan dari fokus.

Perjalanan hidup tidak bisa ditempuh dengan sekenanya, sesukanya, suka-suka gue, atau sekerape dewe atau kumaha aing. Selain dibekali perangkat keras (hardware), setiap manusia juga dibekali perangkat lunak (software) sebagai panduan aktual bagaimana menjalani langkah demi langkah dalam kehidupan.

Untuk tetap fokus pada tujuan hidup yang sebenarnya, yaitu beribadah dan menyembah Allah SWT, Tuhan pencipta alam semeseta, maka ada instrumen  untuk meluruskan fokus, sekaligus menjadi evaluasi dalam perjalanan hidup, misalnya melalui shalat lima waktu untuk periode kehidupan harian dan puasa bulan Ramadhan untuk periode kehidupan tahunan. Begitu pula ada kitab suci Al Qur’an sebagai software actual bagi umat manusia untuk menjalani kehidupannya. Untuk meraih keberhasilan dalam menempuh perjalanan hidup, kata kuncinya ialah fokus, fokus dan fokus, selalu khusyu dan istiqomah. (Atep Afia).





11 comments:

  1. ketika kita sudah fokus terhadap tujuan hidup kita, apa yang harus diperhatikan dalam membentengi fokus tersebut agar fokus tersebut tidak buyar?

    ReplyDelete
  2. untuk membentengi dan memperkuat tujuan tentunya kita harus istiqomah terhadap pilihan kita, untuk itu mantapkan hati sebelum menentukan suatu pilihan, jika sudah menjadi sebuah pilihan maka yakinlah dan mantapkanlah dengan istiqomah dan berdoa.

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum wr wb...
    Pada intinya manusia itu bisa fokus dalam segala hal apabila tetap pada koridor dan aturan yang telah ada. Dalam semua agama pastilah ada tuntunan dan aturan yang telah ditetapkan, apabila kita semua selalu kembali pada aturan dan tuntunan tersebut maka insya Allah kita akan tetap fokus dalam menjalani kehidupan ini.
    Wassalamu'alaikum wr wb...

    ReplyDelete
  4. lalu bagaimana kita bisa fokus untuk meraih kehidupan yang aman tenang dan tentram ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bisa fokus kita harus mempunyai suatu tujuan. Sebagai seorang manusia tentu memiliki tujuan dalam hidup, baik itu hidup didunia atau hidup diakherat kelak. Dan untuk meraih kehidupan yang aman tenang dan tenteram, kedua tujuan tersebut harus dapat berjalan seimbang dan beriringan. Sehingga kita akan mendapat kebahagian dunia dan akherat.

      Delete
  5. Assalamualaikum wr wb

    Pada saat ini kebanyakan manusia banyak melakukan tindakan yang tidak difikirkan secara matang , itu menujukan dia tidak mempunyai suatu titik fokus yang bisa menentukan kearahmanakah dia menjalani suatu kehidupan , suatu titik fokus itu juga harus didasari dengan adanya keimanan dan harus sesuai dengan aturan yanga ada dalam agama yang tentunya suatu titik fokus itu harus didasarkan pada tuhan yang maha esa .artinya kita memang harus fokus pada suatu pencapaian tersebut namun hanya tuhanlah yang bisa menetukan kita bisa mecapai itu dengan kefokusan yang ada atau tidak , walaupun kita sudah berusaha .
    Intinya fokus kita dalam suatu hal harus sesuai dengan apa yang sudah allah aturkan .

    ReplyDelete
  6. fokus memang menjadi nomor satu namun juga harus di imbangi dengan konsistensi , karena jika kita hanya mencoba meraih mungkin bisa terbayangkan dan bisa di capai , tapi kita jarang membyangkan bagaimana konsistensinya

    ReplyDelete
  7. fokus emang sulit,tapi ketika ada niat dan tekat pasti bisa

    ReplyDelete
  8. Dalam menerapkan fokus terhadap tujuan hidup, bisa kita mulai dengan fokus dalam mengerjakan setiap halnya. Misalnya selalu fokus dalam bekerja, dalam belajar, dalam menyimak, dsb. Hal- hal kecil tersebut dapat menjadi latihan untuk menjadi fokus dalam hal lain yang lebih besar.

    ReplyDelete
  9. Muhammad Reza Wahyu.A.
    @A09
    Manusia itu bisa fokus dalam segala hal apabila tetap pada koridor dan aturan yang telah ada.
    Fokus memang menjadi nomor satu namun juga harus di imbangi dengan konsistensi , karena jika kita hanya mencoba meraih mungkin bisa terbayangkan dan bisa di capai

    ReplyDelete
  10. Muhammad Reza Wahyu.A.
    @A09
    Manusia itu bisa fokus dalam segala hal apabila tetap pada koridor dan aturan yang telah ada.
    Fokus memang menjadi nomor satu namun juga harus di imbangi dengan konsistensi , karena jika kita hanya mencoba meraih mungkin bisa terbayangkan dan bisa di capai

    ReplyDelete