.

May 8, 2013

Bisnis Berbatas Waktu

Oleh : Atep Afia Hidayat -  Segalanya berbatas waktu. Kehidupan manusia berbatas waktu, selalu ada limitnya. Bahagia berbatas waktu, sengsara pun berbatas waktu. Sehat berbatas waktu, sakit pun berbatas waktu. Waktu akan memisahkan setiap perjumpaan.


Waktu juga yang akan menghentikan beragam upaya manusia. Waktu adalah karuna Allah SWT yang begitu besar, detik demi detik begitu bermakna, sangat mahal bahkan tak ternilai. Bisnis pun berbatas waktu, ada saatnya jatuh tempo.

Aebekum jatuh tempo, ada peluang untuk memenangkan pertarungan, ada kesempatan untuk meraih nilai tambah seoptimal mungkin. Bisnis dengan Allah SWT berlangsung sampai batas waktu tertentu. Ada saatnya bagi setiap orang untuk jatuh tempo, tutup usia, kembali ke alam baqa.

Dengan menyadari adanya batas waktu, maka ada semangat yang luar biasa untuk menuntaskan seluruh “pekerjaan rumah”, semua target pencapaian. Ketika jatuh tempo, point yang terkumpul harus maksimal. Pulang ke alam baqa harus membawa bekal yang cukup, supaya tidak melarat di sana.

Bisnis dengan manusia pun berbatas waktu, urusan bisnis apapun. Selalu tiba saatnya untuk menunaikan kawajiban, membayar cicilan kredit, membayar gaji pegawai, membayar pajak, dan sebagainya. Sebelum jatuh tempo, harus ada persiapan yang sungguh-sungguh, antara lain kemampuan membayar.

Kemampuan tersebut diperleh melalui upaya pengisian waktu, dengan aktifitas yang produktif dan progresif, dengan kegiatan yang menghasilkan nilai tambah. (Atep Afia)

18 comments:

  1. sy kagum dgn bapak, tulisan bapak sangat bagus :)
    banyak berisi nasehat dan tips" untuk sukses dunia & akhirat.
    bagi saya tdk cukup 1x, 2x... melainkan melebihi tingkatan sering untuk membuat nasehat & tips" sukses tanpa disadari terekam dalam pola pikir saya. Seperti yg bapa bilang "butuh ribuan x".
    lanjutkan pak :D
    tulisan bapa menginspirasi sy... sebagaimana yg saya tau, tulisan yg seperti ini merupakan amal jariyah...
    trimaksih pak.

    ReplyDelete
  2. menurut saya mengenai artikel ini bagus sekali karena memang segala sesuatu itu terbatas oleh waktu karena dalam sehari hanya memiliki waktu 24 jam, dan tidak semua bisa dikerjakan dalam waktu 24 jam. dan tidak mungkin manusia tidak memiliki waktu untuk beristirahat. jadi segala sesuatu terbatas oleh waktu, maka kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih pak. dari cerita yang diangkat saya dapatkan bahwa waktu yang kita miliki bukan saja hanya berlebih sehingga kita dapat berbisnis setiap saat,tapi juga berbatas dan patut disyukuri dan dimanfaatkan dengan baik. terimakasih pak.

    ReplyDelete
  4. kalo kita berbica dengan waktu, kita memiliki waktu itu banyak bisa kita bilang sampe berhari hari
    tetapi waktu yang bisa kita gunain itu 24 jam. setiap individu yang memanfaatkan waktu hendak tidak di sia siakan, apapuin yang ada itu ada batasan batasan tersebut. yang kita harus perhatikan.

    ReplyDelete
  5. benar pak..
    waktu tidak akan dapat kembali lagi maka pergunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya..

    ReplyDelete
  6. sagat bener sekali pak waktu sangat berharga karena kita hidup didunia ini tak terlepas dengan waktu dan waktu tidak akan pernah kembali maka kita harus gunakan sebaik-baiknya..

    ReplyDelete
  7. ini sangat menarik untuk saya pahami, kehidupan manusia pasti dibatasi oleh waktu,maka manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  8. waktu itu sangat berharga karena tidak bisa diundur atau dimajukan jadi waktu adalah hal yang penting untuk meraih sukses

    ReplyDelete
  9. Makna waktu bagi kehidupan manusia sangat berharga,Karna setiap aktivitas di kehidupan manusia didunia ditentukan oleh waktu.Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk di isi dengan Hal yang bermakna didunia maupun untuk bekal diakhirat kelak.

    ReplyDelete
  10. Berbicara mengenai bisnis tentu berkaitan dengan sumber daya yang kita peroleh atau kita keluarkan, dan menurut ane waktu merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui yang artinya waktu tidak dapat dikembalikan seperti sebelum kita melaluinya, karena sifat waktu yang terbatas hendaknya dilalui dengan kegiatan/melakukan hal yang bermafaat untuk dunia serta akhirat. Apalagi jika menyinggung masalah berbisnis dengan tuhan sudah pasti sumber daya yang satu ini sangat dibutuhkan dalam berlomba membayar/memenuhi apa yang diamanat kepada kita sebelum kita lahir didunia ini sebelum kita kembali kepadanya, dan jika tidak membayarnya hehehe yah you know what i mean lah. tengkyu brad

    ReplyDelete
  11. waktu memang sangat penting karena tidak bisa terulang kembali oleh karena itu kita harus sangat memanfaatkan dengan sebaik baiknya agar tidak menjadi orang orang yang merugi.

    ReplyDelete
  12. kalau ngomongin waktu, waktu itu mahal,waktu itu sempit,waktu itu penting,dan waktu itu berharga setiap orang perlu memanfaatkan waktunya semaksimal mungkin,mengapa? karena didalam waktu itu ada persaingan yang dimana bila kita tidak memanfaatkannya dengan baik kita akan selalu kalah dalam persaingan tersebut dan percaya segalanya itu indah pada waktunya Terima Kasih

    ReplyDelete
  13. Menurut saya dalam artikel ini, memang benar waktu itu adalah karuna Allah SWT yang begitu besar, detik demi detik begitu bermakna, sangat mahal bahkan tak ternilai dan kalau dipikir sayang juga waktu kalau dibuang begitu saja, seperti menonton tv terlalu lama dalam kehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  14. itu emang benar kalau berbicara tentang waktu yang tidak akan pernah kembali meski satu detik maka dari itu dikatakan waktu adalah pedang yang kapan sajah dapat mumbunuh kita. sedangkan menurut orang barat waktu adalah uang.

    kesimpulamnya gunakan waktu sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  15. betul pak kita harus memamfaatkan waktu kita selagi kita hidup dan menggunakan waktu itu untuk hal yang baik terutama untuk allah SWT

    ReplyDelete
  16. dan dengan mengetahui apa bahwa apa yang kita lakukan itu berbatas dengan waktu, kita harus lebih bisa menghargai waktu dan melakukan segala sesuatu nya dengan sebaik mungkin agar tidak menyia-nyiakan waktu dan agar tidak muncul penyesalan di kelak..

    ReplyDelete
  17. Segala sesuatu memang ada masanya, pak. Nice Post :)

    ReplyDelete
  18. A04-YULIANI TUGAS-A05
    Betul pak, saya sangat setuju dengan artikel bapak ini. dengan membaca artikel ini, kita jadi tersadar untuk tidak membuang buang waktu s=yang ada dan memaksimalkannya.

    ReplyDelete