.

Apr 24, 2013

UI dan UGM Paling Ngetop Di Indonesia

Oleh : Atep Afia Hidayat - “Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, posisi Unpad versi QS Star di Indonesia No. 5 setelah UI, UGM, Unair dan ITB. Sedangkan di Asia nomor 128 setelah tahun lalu di posisi 161. Nuhun sekali lagi atas dukungan dan kerja keras semuanya”. Begitu tulis Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, D.E.A., Rektor Unpad dalam akun Facebook-nya, Rabu, 25 Mei 2011. Unpad memang berada pada peringkat lima perguruan tinggi (PT) paling ngetop di Indonesia, namun berada di luar 100 besar Asia.

Quacquarelli Symonds (QS) Ranking merupakan lembaga terkemuka yang mengeluarkan pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di dunia, kemudian di diterbitkan oleh Times Higher Education Supplement (THES). THES antara lain memuat daftar top 100 PT Asia, yang ternyata di dominasi PT asal Jepang, Hong Kong, China, Korea Selatan dan Taiwan. Sebagaimana dikutip Ganjar, Indonesia berhasil menempatkan empat PT dalam daftar top 100. Keempat PT tersebut ialah UI pada peringkat peringkat 50; UGM peringkat 80; Unair 86; dan ITB peringkat 98. Di luar 100 besar ada Unpad di peringkat 128 dan Undip 134.

Mengacu pada hasil pemeringkatan PT versi QS, posisi PT Indonesia masih tertinggal oleh PT di Singapura, Malaysia dan Thailand. Sebagai contoh National University of Singapore (NUS) berada dalam posisi 10 besar. Sementara PT asal Thailand, yaitu Universitas Mahidol berada di posisi 34, dan Universitas Chulalongkorn pada posisi 47. Sementara Malaysia yang pada periode tahun 1970-1980 banyak belajar pada PT di Indonesia, mendapatkan peringkat jauh lebih baik, masing-masing Universitas Kebangsaan Malaysia peringkat 53, University Sains Malaysia peringkat 54, dan Universiti Teknologi Malaysia pada peringkat 76.

Sejak tahun 2004 THES yang berbasis di Inggris telah secara rutin menerbitkan QS Ranking. Penilaian QS Ranking didasarkan pada academic review, employer review, citations per faculty, student faculty, international faculty, dan international students.

Pemeringkatan PT juga dilakukan berdasarkan Webometrics, di mana masing-masing situs web milik PT dinilai berdarakan katagori Size, Visibility, Rich Files dan Scholar dengan menggunakan mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan Exalead. Berdasarkan hasil pemeringkatan Webometrics periode Januari 2011, peringkat Pertama PT di Indonesia diduduki UGM ( No. 583 dunia); Kedua, UI (No. 599 dunia); Ketiga ITB (No. 770 dunia); Keempat Unair (No. 1.000 dunia); dan Kelima Undip (No. 1.004 dunia).

Masih adalagi alat ukur populeritas PT berdasarkan performa situs web, yaitu mengacu pada Alexa Traffic Rank. Mengacu pada Alexa Traffic Rank yang diunduh 24 Mei 2011. Dari top 500 situs web yang ada di Indonesia, hanya 11 yang merupakan situs PT, yaitu UGM (peringkat 164), UI (229), Undip (270), Gunadarma (322), Amikom Yogya (356), Teknologi Pendidikan Unesa (374), USU (398), ITB (408), UNS (435), ITS (460), dan UPI (461).

Sebenarnya masih cukup banyak upaya pemeringkatan PT oleh lembaga-lembaga tertentu, baik mengacu pada performa dan kinerja akademik maupun hanya sebatas pemeringkatan situs web. Namun dari uraian tersebut bisa diketahui PT mana saja yang termasuk paling ngetop di Indonesia. (Atep Afia).

9 comments:

  1. Moh.Muarif
    Memang universitas UI dan UGM yang terbaik di indosia,kita perlu bangga dengan adanya universitas tersebut mampu bersaing dan go internasional,mampu mencetak sarjana yang siap kerja.

    ReplyDelete
  2. UI dan UGM memang yang terbaik di Indonesia semoga universitas-universitas yang lainnya yang ada di indonesia dapat berkembang dan bersaing untuk menjadi yang terbaik dan menciptakan sarjana-sarjana yang berkualitas.amien

    ReplyDelete
  3. Semoga nantinya tidak hanya UI dan UGM yang menjadi universitas terbaik.. semoga kedepannya perkembangan pendidikan di Indonesia menjadi lebih maju dan banyak terciptanya Universitas yang bagus mutunya di Indonesia maupun luar negeri

    ReplyDelete
  4. Dengan adanya prestasi dari UGM dan UI, universitas yang lain harus ikut mencontoh hal-hal yang baik yang membuat kedua universitas tersebut dapat berkembang.

    ReplyDelete
  5. kedua universitas ini bisa ngetop dikarenakan banyaknya fakultas yang ada di kampus tersebut dan juga fasilitas dan kualitas dosen yang mengajar dan ini juga didukung oleh lulusan-lulusan yang telah dihasilkan dari unversitas tersebut sehingga mengharumkan nama kampus tersebut.

    ReplyDelete
  6. Semoga kedepannya tidak hanya UI dan UGM yang menjadi universitas terbaik dan ngetop, tapi nantinya perkembangan pendidikan di Indonesia menjadi lebih maju dan banyak terciptanya Universitas yang bagus baik dari mutu,dan berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang bisa diandalkan dan mempunyai keahlian yang berkualitas.

    ReplyDelete
  7. Semoga jadi contoh dan acuan universitas lainnya. Baik universitas suasta dan negri. Dan harapan nya supaya bisa bersaing dengan universitas di luar negri.

    ReplyDelete
  8. B-10 UTOMO,Muhammad Fawwaz Putro Utomo, Tugas TB05

    Fakta menarik mengenai PT yg ada di Indonesia memang kurang begitu memuaskan, akan tetapi hal ini harus tetap disyukuri karena banyak jg PT yg masuk dalam 100 besar.

    ReplyDelete
  9. @C13-ROHADI,TUGAS TC-05

    congratulation untuk Ui dan Ugm semoga dapat menjadi perguruan tinggi yang baik diikuti pula oleh universitas laiin nya di seluruh indonesia, setidak nya kemajuan dan kemakmuran bangsa ditentukan oleh generasi mudanya yang berpendidikan dan ber ahlak budi pekerti yang baik yang lahir puka dari perguruan tinggi yang baik

    ReplyDelete