Jun 9, 2021

CDOB Kabupaten Singkil Raya

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kabupaten Aceh Singkil berhasil meraih status daerah otonom pada tahun 1999 sebagai hasil pemekaran wilayah Kabupaten Aceh Selatan. Lantas apakah sudah memungkinkan  kabupaten yang memiliki wilayah daratan dan kepulauan tersebut "melahirkan" daerah otonomi baru (DOB) ?

Menurut  Munandar (2015), wacana pembentukan Kabupaten Singkil Raya sudah muncul ke permukaan mulai tahun 2010. Hal itu pada awalnya diprakarsai oleh tokoh masyarakat dari Kecamatan Gunung Meriah dan Simpang Kanan. Dalam perkembangan selanjutnya beberapa kecamatan lainnya menginginkan untuk bergabung, sehingga ada enam dari 11 kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil yang siap mendirikan DOB. Keenam kecamatan tersebut ialah Gunung Meriah, Simpang Kanan, Singkohor, Danau Paris, Kota Baharu dan Suro. 

Sebagaimana tuntutan utama pemekaran wilayah di daerah lain, hal yang mendasari keinginan untuk mengembangan DOB sendiri di kawasan Singkil Raya ialah persoalan klasik seperti minimnya pembangunan infrastruktur, minimnya lapangan pekerjaan, faktor letak geografis dan rentang kendali, serta faktor budaya dan bahasa (Munandar, 2015). Masyarakat setempat mendukung pembentukan DOB Singkil Raya yang diharapkan menjadi solusi untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteran.

Jika proses pembentukannya berjalan dengan baik dan usulannya sampai ke pemerintah pusat, maka Calon DOB (CDOB) Kabupaten Singkil Raya dengan enam kecamatan dan 86 desa (dari 120 desa yang ada di Kabupaten Aceh Singkil) akan memiliki wilayah dengan luas 1.240,22 km2 atau sekitar 66,75 persen dari luas Kabupaten Aceh Singkil. Adapun jumlah penduduk CDOB Kabupaten Singkil Raya dengan menggunakan data tahun 2020 (BPS Kab Aceh Singkil, 2021), yaitu sebanyak 86.046 jiwa atau sekitar 68,01 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Aceh Singkil. Sekitar 45,97 persen penduduk CDOB Kabupaten Singkil Raya bermukim di Kecamatan Gunung Meriah. (Atep Afia Hidayat).


Referensi :

Munandar, Rahmat Hidayat. 2015. Wacana Pemekaran Wilayah Kabupaten Aceh Singkil (Studi Kasus Pembentukan Kabupaten Singkil Raya). Dalam https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=17080

Kabupaten Aceh Singkil dalam Angka 2021. Dalam https://acehsingkilkab.bps.go.id/

Kabupaten Aceh Singkil. Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Aceh_Singkil

Peta Kabupaten Aceh Singkil. Dalam https://www.mkri.id/public/content/pemilu/KKPU/SK%20267%20THN%202018.pdf


  

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.