.

Aug 2, 2015

Peringkat 25 Perguruan Tinggi “Terbaik” Di Jakarta

Oleh : Atep Afia Hidayat - Provinsi DKI Jakarta memiliki lebih dari 350 perguruan tinggi (PT) baik yang berstatus PTN atau PTS. Terdapat lima PTN yang dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan 335 PTS di bawah pengawasan Kemenristekdikti melalui Kopertis Wilayah III. Selain itu masih terdapat PTN di bawah pengelolaan institusi Non Kemenristekdikti, seperti di bawah Departemen Agama, Departemen Dalam Negeri atau Lembaga Pemerintah Non Departemen. Berdasarkan situs pemeringkatan Webometrics Edisi Juli 2015, terdapat  PTN dan PTS yang menempati peringkat 25 terbaik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya (karena ternyata beberapa PT berlokasi di wilayah perbatasan).

Dari table di bawah dapat di lihat dari 25 PT terbaik di Jakarta, ternyata enam PT merupakan PTN (UI, UT, UIN, UNJ, UPN  dan STAN) dan 19 merupakan PTS.  Berikut daftar lengkapnya :

Universitas Indonesia berhasil menempati peringkat satu di DKI Jakarta, sedangkan di Indonesia menempati perinagkat tiga, dan di dunia peringkat 910.

Universitas Indonesia sebagai salah satu PT tertua dan terbesar di Indonesia ternyata hanya menempati peringkat 910 dunia, sedangkan di Asia pada peringkat 218 dan di Asia Tenggara peringkat 22.

Tentu saja posisi yang tidak menggembirakan, masih sangat tertinggal dengan PT yang ada di Singapura, Thailand bahkan Malaysia. Sebagai catatan PT terbaik di Singapura, yaitu Universitas Nasional Singapura (NUS), berada pada peringkat 90 dunia; Sedangkan PT terbaik di Thailand, yaitu Universitas Mahidol menempati peringkat 299 dunia; dan PT terbaik di Malaysia, yaitu Universitas Malaya menempati peringkat 461 dunia.

Secara keseluruhan terdapat 13 PT di Thailand dan enam PT di Malaysia yang masuk 1.000 terbaik dunia, sedangkan di Indonesia hanya tiga.

Universitas Indonesia yang merupakan “raksasa” PT di Indonesia, ternyata masih belum dapat bersaing dengan PT yang ada di Singapura, Thailand dan Malaysia, apalagi di tingkat Asia dan Dunia.

Hal tersebut perlu menjadi catatan penting bagi manajemen Universitas Indonesia untuk memperbaiki performanya, termasuk membenahi situs web yang dimlikinya. Meskipun pemeringkatan Webometrics hanya menjadikan situs web institusi sebagai bahan evaluasi, namun secara langsung performanya dapat menjadi indikator kinerja PT. (Atep Afia Hidayat)

Gambar:
https://yudhaforsmansaku.files.wordpress.com/2011/12/universitas-indonesia.jpg

9 comments:

  1. benar untuk memperbaiki peforma PT perlu memperbaiki web , akan tetapi diindonesia jaringan web saja be;lum secepat yang ada di singapura , contohnya saja jaringan 4G hanya ada dalam jangkauan jabotabek oleh karena itu perlunya perhatian pemerintah terhadap internet senhingga proses belajar mengajar suatu PT bisa menjadi lebih cepat dan efisien

    ReplyDelete
  2. Mungkin di sini lah fungsi pemerintah di mana dalam hal ini di perlukan perhatian lebih pemerintah dan pengelola yayasan. Mungkin dalam hal ini PT di Indonesia hanya kalam dalam ketersediaan teknologi mengajar, fasilitas dan mungkin perlu juga di padukan antara tenaga pengajar dalam negeri dan luar negeri agar semua PT indonesia bisa segera meniru dan melampaui pencapaian di negara tetangga.

    ReplyDelete
  3. Ini menjadi jendela untuk kita semua, bagaimana jauhnya langkah yang harus kita tempuh untuk dapat bersaing dengan dunia global. Hal ini harus menjadi motivasi setiap pelaku pendidikan di seluruh Indonesia untuk terus menaikkan mutu pendidikan agar dapat bersaing secara global.

    ReplyDelete
  4. Pemeringkatan perguruan tinggi memang dinilai berdasarkan beberapa hal, diantaranya adalah situs web. Situs web yang populer dapat menjunjung peringkat PT karena secara logika jika website sebuah Universitas tersebut memiliki peringkat yang baik tentunya pasti terjadi sebuah interaksi Akademis baik itu dari dalam maupun luar pihak Civitas Akademik sebuah Universitas.
    Pemeringkatan yang didasarkan oleh web site biasanya dilakukan oleh directori " 4International Colleges Universitie

    ReplyDelete
  5. kualitas pendidikan di indonesia memang harus ditingkatkan dalam segala aspek, diantaranya mutu dan teknologi yang dapat meningkatkan semangat belajar demi daya saing pada level dunia.sehingga tidak perlu anak bangsa menimba ilmu di negeri orang yang justru akan menjadikan boomerang bagi nama baik PT di Indonesia.

    ReplyDelete
  6. meningktakan performa suatu PT di tunjang dari sumber daya pengajar, sumber daya mahasiswa dan fasilitas yang mendukung. fasititas ini yang terkadang masih menjadi kendala. dengan berbagai alasan fasilitas menjadikan mahasiswa kurang termotivasi untuk belajar. sehingga pemerintah seharusnya mulai memikirikan penyediaan fasilitas yang memadai bagi PT yang ada di Indonesia bila tidak ingin tertinggal.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Junitadahra
    @A08-JUNITA

    Perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan memiliki peran untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi makhluk yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosialnya. Oleh karena itu, memang sudah seharusnya setiap perguruan tinggi mengembangkan program studi dan riset yang dapat mendekatkan diri dengan realitas sosial serta mampu menawarkan solusi.
    Perguruan tinggi dituntut untuk bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi. Perguruan tinggi yang memiliki kelenturan organisasi memandang perubahan sebagai tantangan, mampu melihat peluang penyelesaian masalah dalam setiap perubahan, dan mampu memanfaatkan energi perubahan menjadi energi bagi perkembangan organisasi.
    Perguruan tinggi di Indonesia masih harus meningkatkan SDM dan kesiapan teknologinya untuk mengembangkan kualitas mahasiswanya.

    ReplyDelete
  9. Nova Andriyanto
    @D05-Nova

    Indonesia Memiliki Banyak Universitas Yang Berkualitas. Tapi sayangnya Belum ada yang mencapai tingkat paling tertinggi di dunia, Mungkin sistem atau cara belajar mengajar nya yang berbeda dengan negara negara lain

    ReplyDelete