.

Sep 4, 2014

Segera Lahir Kabupaten Cibaliung

KangAtepAfia.com - Wacana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) masih terus bergulir, termasuk di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Selain akan dimekarkan menjadi Kabupaten Caringin yang meliputi tujuh dari 34 kecamatan, ternyata ada juga rencana pembentukan Kabupaten Cibaliung yang meliputi tujuh kecamatan di bagian selatan Kabupaten Pandeglang.
Jika Kabupaten Cibaliung dan Kabupaten Caringin resmi dibentuk, maka wilayah Kabupaten Pandeglang tidak lagi memiliki kawasan pesisir dan pantai.
Kabupaten Cibaliung akan meliputi tujuh kecamatan yaitu Cibaliung, Cibitung, Cigeulis, Cikeusik, Cimanggu, Panimbang dan Sumur. Luas Kabupaten Cibaliung mencapai 1.552,68 km2 atau sekitar 56,52 persen dari luas Kabupaten Pandeglang. Jumlah penduduk Kabupaten Cibaliung 244.131 jiwa (tahun 2012) atau sekitar 20,66 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Pandeglang. Tingkat kepadatan penduduk Kabupaten Cibaliung jika mengacu pada data tahun 2012 sekitar 157 jiwa per km2, merupakan kabupaten dengan penduduk paling langka di Pulau Jawa.

Kabupaten Cibaliung memiliki potensi sumberdaya alam yang besar, mulai dari perikanan dan kelautan, pariwisata, pertambangan dan mineral (bahkan memiliki cadangan emas), agribisnis, dan sebagainya. Obyek wisata yang sangat terkenal ialah Taman Nasional Ujung Kulon dan Tanjung Lesung.  Di Kecamatan  Panimbang sedang dikaji pembangunan sebuah Bandara, selain itu ada kemungkinan dibangun  jalan tol yang menghubungkan Panimbang dan Balaraja (Kabupaten Tangerang).

Data dan peta:
http://kpu.go.id/dmdocuments/1_kab_pandeglang.pdf
http://pandeglangkab.bps.go.id/index.php?hal=tabel&id=102
http://www.dpd.go.id/berita-pembentukan-calon-daerah-otonom-baru-kabupaten-cibaliung-
http://www.parlemen.net/sites/default/files/dokumen/Daftar%20RUU%20Pembentukan%20DOB%20Usul%20Inisiatif%20DPR%2019Des13.pdf

7 comments:

  1. Asalamualaikum wr.wb
    Selamat Pagi Pak,


    Kecamatan Cibaliung adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Pandeglang,Provinsi Banten,Indonesia.Dikecamatan ini terdapat PT.Aneka Tambang.Kecamatan Cibaliung terdiri dari sembilan desa,yaitu Cibaliung,Cibingbin,Cihanjuang,Curug,Mahendra,Mendung,Sorongan,Sudimanik,dan Sukajadi.

    Pemerintah Kabupaten Pandeglang mendorong pembentukan Kabupaten Cibaliung dan Caringin yang merupakan pemekaran dari Pandeglang.

    Selain merujuk ke kecamatan, kata "Cibaliung" juga merujuk ke kedaerahan yang meliputi Kecamatan Cibaliung, Kecamatan Panimbang, kecamatan sobang, Kecamatan Cigeulis, Kecamatan Cibitung, Kecamatan Cimanggu, Kecamatan Sumur, dan lain-lain. Di antara yang biasa menggunakan Cibaliung dalam pengertian kedua adalah mahasiswa-mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Keluarga Mahasiswa Cibaliung (Kumaung). organisasi ini adalah organisasi yang didirikan pada tanggal 28 oktober 2013 di Serang, KUMAUNG ini didirikan dengan tujuan untuk bisa membantu kepentingan bersama dari masyarakat di daerah Cibaliung.

    Sejak disahkannya UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah yang kemudian direvisi menjadi UU Nomor 32 Tahun 2004, pemekaran wilayah atau pembentukan daerah otonom baru (DOB) semakin marak terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Terkait dengan pemekaran tersebut, Kecamatan Cibaliung mengajukan untuk dibentuknya calon DOB Kabupaten Cibaliung sebagai pemekaran dari Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

    Pembentukan Kabupaten Cibaliung membutuhkan perjuangan yang tidak kenal menyerah, untuk tingkat kabupaten harus 'bersaing' dengan Caringin. Ditingkat Propinsi 'bersaing' dengan usulan pembentukan Kota Serang (pemekaran Kab. Serang), Kota Tangerang Selatan (pemekaran Kab Tangerang) dan Kabupaten Cilangkahan (pemekaran Kab Lebak). Sementara ditingkat pusat harus 'bersaing' dengan lebih dari seratus usulan pembentukan daerah baru.

    Potensi Cibaliung untuk menilai layak-tidaknya sebuah kawasan menyandang status daerah otonom setingkat kabupaten, paling tidak ada enam kriteria yang harus dipenuhi, yaitu kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial politik, jumlah penduduk dan luas daerah.

    Berbagai Dampak

    Jika Cibaliung berhasil menyandang status sebagai daerah otonom, maka sebagai konsekuensinya akan mendapat dampak positif dan negatif. Dampak positif, daerah ini akan memiliki perangkat pemerintahan, baik Pemda dengan dinas-dinas teknisnya, maupun DPRD sebagai penyalur aspirasi masyarakat. Jika dua elemen pemerintahan ini bekerja profesional, maka kesejahteraan masyarakat pun dengan sendirinya akan meningkat. Sebagai gambaran, dengan adanya Dinas Pendidikan Kabupaten Cibaliung, maka berbagai persoalan bidang pendidikan seperti buta huruf, putus sekolah, kekurangan fasilitas belajar-mengajar dan sebagainya lebih mudah untuk mengatasinya. Namun jika elemen pemerintahan mengalami disfungsi kinerja, malah yang terjadi justru akan tambah menyengsarakan masyarakat.

    Dampak negatif dari terbentuknya Kabupaten Cibaliung ialah kawasan ini menjadi 'terbuka', apalagi jika Pemda mampu mendatangkan investor. Pepatah mengatakan ada gula ada semut, maka pertumbuhan penduduk akan meningkat pesat. Jika tidak tertanggulangi angka pengangguran pun akan bertambah. Setiap penambahan jumlah penduduk maka eksploitasi terhadap sumberdaya alam pun akan meningkat. Padahal kawasan ini menyimpan sedikit dari cagar alam yang ada di Pulau Jawa.

    Pemekaran Kabupaten Cibaliung dinantikan masyarakat.

    Demikian dari saya terima kasih

    TYO

    ReplyDelete
  2. Kabupaten Cibaliung memiliki potensi sumberdaya alam yang besar, mulai dari perikanan dan kelautan, pariwisata, pertambangan dan mineral (bahkan memiliki cadangan emas), agribisnis, dan sebagainya. Obyek wisata yang sangat terkenal ialah Taman Nasional Ujung Kulon dan Tanjung Lesung. Di Kecamatan Panimbang sedang dikaji pembangunan sebuah Bandara, selain itu ada kemungkinan dibangun jalan tol yang menghubungkan Panimbang dan Balaraja (Kabupaten Tangerang).

    terima kasih
    ade

    ReplyDelete
  3. Jika Cibaliung berhasil menyandang status sebagai daerah otonom, dampak positif yakni daerah ini akan memiliki perangkat pemerintahan, baik Pemda dengan dinas-dinas teknisnya, maupun DPRD sebagai penyalur aspirasi masyarakat. Jika dua elemen pemerintahan ini bekerja profesional, maka kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat. Sebagai gambaran, dengan adanya Dinas Pendidikan Kabupaten Cibaliung, maka berbagai persoalan bidang pendidikan seperti buta huruf, putus sekolah, kekurangan fasilitas belajar-mengajar dan sebagainya lebih mudah untuk mengatasinya. Namun jika elemen pemerintahan mengalami disfungsi kinerja, malah yang terjadi justru akan tambah menyengsarakan masyarakat.

    ReplyDelete
  4. Pemekaran daerah terutama di indonesia semakin tahun semakin banyak, mengikuti perkembangan suatu daerah itu sendiri,mungkin karena tergiur akan kepentingan politik dan kekuasaan.

    ReplyDelete
  5. Pokoknamah kabupaten Cibaliung kudu jadi dulur sadaya..

    Pokoknamah Cibaliung lah..

    ReplyDelete
  6. cibaliung berhasil menyandang status untuk sebagai daerag otonom dampak positif yaitu daerah ini memiliki perangkat pemerintahan baik PEMDA dengan dinas-dinas teknisnya maupun DPRD sebagai penyalur aspirasi masyarakat,cibaliung juga mempunyai sumber daya alam yang sangat besar mulai dari perikanan dan kelautan, pariwisata, pertambangan dan mineral (bahkan memiliki cadangan emas), agribisnis, dan sebagainya. Obyek wisata yang sangat terkenal ialah Taman Nasional Ujung Kulon dan Tanjung Lesung.

    ReplyDelete
  7. cibaliung berhasil menyandang status untuk sebagai daerag otonom dampak positif yaitu daerah ini memiliki perangkat pemerintahan baik PEMDA dengan dinas-dinas teknisnya maupun DPRD sebagai penyalur aspirasi masyarakat,cibaliung juga mempunyai sumber daya alam yang sangat besar mulai dari perikanan dan kelautan, pariwisata, pertambangan dan mineral (bahkan memiliki cadangan emas), agribisnis, dan sebagainya. Obyek wisata yang sangat terkenal ialah Taman Nasional Ujung Kulon dan Tanjung Lesung.

    ReplyDelete