.

Aug 18, 2013

Menjelajahi Negara-negara Di Planet Bumi



www.un.org
en.wikipedia.org


Oleh : Atep Afia Hidayat - Planet Bumi dihuni oleh hampir tujuh miliar manusia dan sekian banyak mahluk hidup lainnya dari beragam spesies. Namun manusia diberi mandat oleh Allah SWT, Tuhan Pencipta Alam Semesta, untuk menjadi khalifah di Bumi. Ya, manusia memegang peranan amat penting dalam keberlangsungan planet ini, manusia yang diberi kepercayaan untuk mengelola dan memakmurkannya. Planet Bumi yang meliputi daratan, lautan dan udara dibagi-bagi menjadi lebih dari dua ratus  negara, tentu saja dengan pembatas imajiner.

Jumlah negara yang menjadi anggota PBB mencapai 193 (sampai Juli 2013) :

Daftar lengkap menurut situs web resmi PBB dapat dilihat  disini, dilengkapi dengan nama negara, bendera, dan tanggal-bulan-tahun masuk keanggotaan PBB. Data tersebut dikutip oleh situs ensiklopedia terbesar di dunia, Wikipedia, dan dapat dilihat di sini.

Melalui situs web resmi PBB tersebut kita dapat menjelajahi 193 negara, mulai dari Afganistan sampai Zimbabwe. Sangat mengasyikan, tinggal klik nama negara yang akan kita tuju, dan beragam data mengenai negara tersebut akan terbuka.

Sebagai contoh, kita akan menjelajahi Belarus, yang memiliki situs web untuk perwakilannya di PBB dapat dibuka di sini. Informasi yang paling menarik disajikan dalam format video yang bisa diunduh melalui situs YouTube, yaitu dengan judul “Belarus: One Day In Life (2012)”, lihat di atas

Informasi mengenai Belarus lainnya antara lain tentang Chernobyl , atomic radiation, dan sebagainya. Profil negara Belarus dapat dilihat di sini (melalui klik ikon “UNdata”),  antara lain mengenai ringkasan statistik, indikator  ekonomi, indikator sosial, indikator lingkungan dan profil perdagangan.    

Lantas, mau terbang ke negara mana lagi ? Mesir ? Profil mengenai negara yang sedang kacau ini dapat dilihat di sini.  

Mau melihat Indonesia melalui situs web PBB, ya di sini yang memiliki link dengan situs Kementerian Luar negeri RI (Kemlu), dan ASEAN. Sedangkan profil Indonesia dapat dilihat  di sini.

Ya, dengan leluasa bisa melintasi 193 negara, tinggal klik dan klik, lalu baca. Masih belum puas, ya ternyata menurut situs ensiklopedia  Wikipedia jumlah negara mencapai 242, bisa dilihat jumlah penduduk, peringkat dan kontribusi (persentase) terhadap jumlah penduduk dunia. Sedangkan menurut CountryCode.org mencapai 237 negara, melalui situs ini dapat diperoleh peringkat negara berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah dan GDP.

Masih ada satu situs lagi, yaitu Nationsonline.org. Situs ini memanjakan penggunanya dengan beragam data, antara lain mengenai semua negara yang ada, termasuk data mengenai penduduk, kota,  peta, bendera, bahasa, kode internasional (termasuk kode area telepon), mata uang, maskapai penerbangan dan bandara. Mengenai Planet Bumi dan benua juga dikupas di sini.
       
Tunggu apa lagi, mari kita jelajahi negara-negara di dunia, paling tidak melalui fasilitas WebNet ini. (Atep Afia)

2 comments:

  1. Sungguh besar kuasa Allah SWT, banyak manusia di bumi ini dan banyak pula tempat-tempat yang indah untuk menjadi tujuan wisata.
    Jika berkunjung secara langsung belum bisa, maka melalui web yang bapak berikan maka saya dapat menjelajah negara lain walau hanya sekedar bayangan dan data. Sebelum menjelajah negara lain, jelajah terlebih dahulu seluruh Indonesia karena masih banyak tempat yang indah di negeri tercinta ini

    ReplyDelete
  2. Aam Komalasari
    @A17-AAM

    Luar biasa! jaman sekarang ini apapun bisa dapat kita lakukan, hanya dengan sekali klik saja kita bisa tau tempat tempat diluar negeri, mengetahui siklus ekonomi, perdagangan pariwisata dari negara tersebut, keren sekali. Melalui website ini saya jadi tahu webisite mana saja yang menyediakan data negara negara yang bisa diakses dengan mudah.

    ReplyDelete