Jul 2, 2013

Persib Bandung Klub Sepak Bola Terbaik Di Dunia ?

Oleh : Atep Afia Hidayat - Awalnya berita ini didapatkan dari running text  sebuah stasiun televisi swasta nasional, yang menyebutkan bahwa versi The Top Ten  Persib Bandung merupakan klub sepak bola terbaik di dunia. Agak unik juga membaca berita tersebut, lantas nama situsnya ditelusuri, maka ketemulah http://www.thetoptens.com/best-football-soccer-club/.

Ternyata benar, disitu tercantum Persib Bandung (Indonesia) berada di peringkat pertama sebagai klub terbaik di dunia, berikutnya disusul peringkat kedua dan seterusnya, Barcelona (Spanyol), Manchester Unites (Inggris),   Real Madrid (Spanyol), Chelsea (Inggris), sampai peringkat keseratus, Cruz Azul (Meksiko).

Adapun penentuan peringkat mengacu pada hasil voting, ketika tulisan ini diturunkan Persib Bandung sudah meraih 13 persen suara, sementara Barcelona 11 persen, dan Manchester United (10 persen). Sukses Persib Bandung mengalahkan klub-klub raksasa dunia tentu saja sangat mengejutkan banyak pihak. Bahkan, banyak partisipan (voter) yang baru pertama mengetahui nama Persib, bahkan nama Bandung sekalipun.

Pencapaian Persib Bandung tidak terlepas dari dukungan luar biasa dari para pendukung (bobotoh) yang berada di tanah Pasundan, Indonesia dan manca negara. Tak heran jika muncul komentar bahwa Persib bukan hanya sekedar sepkabola belaka, melainkan sudah menjadi bagian hidup masyarakat Jawa Barat khususnya Bandung. Dari kakek nenek, orang tua hingga anak-anak senantiasa  mendukung Persib dengan sepenuh hati.

Adapun untuk peringkat pemain sepak bola terbaik dunia 2012 – 2013, hasilnya sebagaimana yang diprediksi banyak pihak, yaitu peringkat pertama Lionel Messi (23 persen suara), Christiano Ronaldo (23 persen), Neymar (6 persen), Wayne Rooney (5 persen) dan Robin van Versie (5 persen). Selengkapnya sampai peringkat 100 dapat dilihat di  http://www.thetoptens.com/best-soccer-players-2012-2013/ .

Sebagai catatan Persib Bandung didirikan pada tahun 1933, memiliki julukan pangeran biru dan lebih terkenal sebagai maung Bandung. Beberapa bulan mendatang klub sepak bola ini akan menempati stadion sepak bola terbaik di Indonesia, yaitu Stadion Gelora Bandung lautan Api di bagian timur Kota Bandung. Sampai tulisan ini diturunkan, yaitu pada musim kompetisi 2012 – 2013,  Persib  menempati peringkat kedua Liga Super Indonesia di bawah Persipura Jaya Pura. Sedangkan prestasi tertingginya sebagai juara liga Indonesia dicapai tahun 1995.
  

12 comments:

  1. sebagai warga negara indonesia,saya sangat bangga dengan hasil survei atau voting ini.tetapi jujur saja setalah membaca artikel ini,saya menjadi memiliki banyak sekali pertanyaan terkait dengan hal yang menyatakan PERSIB BANDUNG adalah klub terbaik di dunia,kalau boleh saya tahu apa acuan dan kelebihan dari PERSIB BANDUNG ini sehingga klub ini dinobatkan sebagai salah satu klub terbaik di dunia,sedangkan partisipasi dan prestasi klub ini di tingkat internasianal belum terbukti sama sekali.sebagai warga Indonesia dan pecinta sepak bola,saya sangat kecewa terhadap kinerja dari PSSI dan juga suporter yang terkadang merusak citra negara kita di dunia sepak bola.saya dulu pernah menjadi pemain sepak bola,jadi sedikitnya saya tahu betapa kotor dan tidak profesionalnya negara ini dalam mengolah pencarian pemain berbakat,pembinaan di SSB,sampai ke pemilihan pemain dan petinggi - petinggi klub.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PERSIB BANDUNG klub sepak bola terbaik di dunia , itu di ambil dari hasil voting, jika anda menanyakan berdasarkan PRestasi dan partisipasi di tingkat internasional, sudah jelas dan di jangan ditanyakan lagi, karena tidak layak PERSIB BANDUNG dinobatkan sebagai klub sepakbola terbaik di dunia. Dan tentang kekecewaan anda terhadap kinerja PSSI dan suporter sepak bola Indonesia yang sering berbuat anarkis, saya setuju, karena bagaimana bisa maju da berprestasi sepak bola tanah air jika kompetisi di dalam tingkat nasional saja sudah amburadul.

      Delete
  2. Persib memang memiliki basis suporter yang kuat. hal ini tidak lain karena tidak adanya klub sepak bola laen di wilayah jawa barat yang memiliki prestasi melebihi Persib. jadi, hampir semua pecinta sepak bola se Jawa Barat adalah suporter Persib yang menamakan dirinya Viking. hal ini lah yang membuat tingginnya fanatisme suporter sePersib, baik secara langsung mendukung Persib, maupun hanya melalui media On line. hal ini berbeda dengan klub sepak bola di provinsi lain, seperti Jawa Timur, maupun Jawa Tengah, di Jawa Timur, kekuatan sepak bola terpecah di beberapa wilayah seperti Surabaya, MAlang, Kediri, yang sama sama pernah merajai persepak bolaan nasional, juga dari Lamongan, Gresik, Pasuruan, Madlitar juga MAdura yang siap menrusak tatanan tim mapan Indonesia. hal tersebut membuat terpecahnnya pula suporter di Jawa Timur yang pastinya akan mendukung tim kesebelasan daerahnnya.

    ReplyDelete
  3. meskipun hanya dilihat dari hasil voting dan bukan dilihat dari prestasi dan penampilannya di kancah internasional, hal tersebut bisa di jadikan motivasi oleh jajaran tim dan ofisial platih dan menejemen persib, dan bisa di jadikan suatu harapan untuk para bobotoh (pendukung persib), dan jangan heran apabila melihat ke fanatikan para bobotoh untuk sang pangeran biru, karena seperti yg di sebutkan diatas bahwa persib bukan sekedar sebuah tim sepakboal akan tetapi suatu kebanggaan dan bagian dari hidup masyarakat sunda khusunya bobotoh.

    ReplyDelete
  4. apapun club sepakbola dari negeri ini yang menyandang prestasi dan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional perlu mendapat apresiasi positif dari seluruh masyarakat.karena PERSIB dimata dunia sangat merepresentasi seluruh masyarakat.
    langkah kecil yang mungkin dapat dilakukan oleh masyarakat sebagai bukti dari apresiasi yang positif adalah dari bangku penonton.diharapkan para supporter apapun team favoritenya dapat lebih sportif dan berbesar hati jika teamnya kalah atau menang.
    Kita semua turut bangga jika,salah satu club nasional yang mendapatkan gelar seperti PERSIB ini luar biasa sekali!!! Setidaknya dapat menjadi motivasi bagi para pelaku yang berurusan di dunia si kulit bundar ini

    ReplyDelete
  5. PERSIB BANDUNG mungkin seluruh warga bandung akan sangat hafal klub sepak bola lokal ini karena begitu di gandrungi masyarakat se-jawa barat. Untuk hasil voting di http://www.thetoptens.com/best-soccer-players-2012-2013/ .
    mungkin dilihat dari banyak nya penggemar dan pencarian di google atau situs browser lainnya. Jadi bukan merujuk pada kualitas tim ataupun manajemen nya. Kita patut berbangga kepada klub asal bandung ini karena membantu mengharumkan nama Indonesi juga.

    ReplyDelete
  6. Semoga bukan hanya terbaik via "online" saja namun benar2 dapat ditunjukan untuk menjadi terbaik dari segi permainan, manajemen., serta infrastrukturnya.

    ReplyDelete
  7. ini kan bebagai vesi yang menaobatkan persib sebagai klub terbaik didunia,karena juga persib mempunyai suporter yang sangat loyal didunia bahkan tidak kalah dengan suporter manapun,dari faktor keuangan dan masalah finansial persib memang solid dan tidak ada satu pemainpun yang telat masalah gaji,sponsor dari tanah airpun terus mengalir ini di karenakan menejemennya yang bagus.kalau di lihat dari prestasi mngkin persib jauh tertinggal dari klub eropa maupun amerika latin,di laga uji coba saja lawan klub asing saja secara sklil mungkin masih jauh, namun persib juga serkarang mengeluarkan tajinya sebagai mental juara dan berhasil menjuarai ISL musim 2014,dengan ini semoga persib bisa berprestasi lagi di tingkan asia maupun dunia supaya bisa membawa nama indonesia persepakbolaan juga di tinggat dunia.apalagi musim depan juga akan berpartisipasi di level asia dengan masuk liga champion asia jadi persib punya peluang untuk hal itu.semoga sukses PERSIB

    ReplyDelete
  8. Mochamad Alvin
    @A21-Alvin

    Sebagai catatan supaya persib menyadari Persib Bandung didirikan pada tahun 1933, memiliki julukan pangeran biru dan lebih terkenal sebagai maung Bandung. Beberapa bulan mendatang klub sepak bola ini akan menempati stadion sepak bola terbaik di Indonesia, yaitu Stadion Gelora Bandung lautan Api di bagian timur Kota Bandung. Sampai tulisan ini diturunkan, yaitu pada musim kompetisi 2012 – 2013, Persib menempati peringkat kedua Liga Super Indonesia di bawah Persipura Jaya Pura. Sedangkan prestasi tertingginya sebagai juara liga Indonesia dicapai tahun 1995

    ReplyDelete
  9. Dan dengan hasil voting ini juga seluruh dunia menjadi penasaran dan ingin tahu lebih jauh tentang persepakbolaan di Indonesia terutama pada club PERSIB

    ReplyDelete
  10. Dan dengan hasil voting ini juga seluruh dunia menjadi penasaran dan ingin tahu lebih jauh tentang persepakbolaan di Indonesia terutama pada club PERSIB

    ReplyDelete
  11. @D18-Yulius, Tugas A05

    Ya, semogs sepakbola Indonesia bisa lebih baik dan lbaik baik lagi.
    dan Klub di Indonesia bisa terkenal karena permainnya, bukan hanya dari supporternya yang luar biasa

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.