.

Apr 23, 2013

Situs Kampus Nomor Satu Di Indonesia


Oleh : Atep Afia Hidayat - Situs-situs web milik kampus di seluruh dunia terus berbenah dan berupaya tampil sebagai peringkat tertinggi, baik di negaranya, kawasan atau dunia. Ya, melalui Webometrics kini setiap enam bulan sekali peringkat situs kampus se dunia diumumkan. Berdasakan pengumuman resmi situs Webometrics periode Januari 2013, situs Universitas Gadjah Mada yang beralamat di http://www.ugm.ac.id/ , berhasil menempati peringkat 1 Indonesia,  peringkat 10 di Asia Tenggara, peringkat 64 di Asia dan 440 di dunia. Ya, situs UGM masuk peringkat 500 besar dunia, bersama ITB (peringkat 497).


Sebagai catatan, lima besar peringkat situs kampus di dunia secara berurutan ditempati Harvard University, Stanford University, Massachusetts Institute of Technology, University of Michigan, dan University of Pennsylvania, semuanya dari Amerika Serikat. Kampus di Amerika Serikat memang begitu mendominasi dari 50 besar peringkat dunia, 38 di antaranya merupakan kampus di Amerika Serikat, tiga kampus dari Inggris, dua dari Kanada, masing-masing satu dari Brasil, Meksiko, Swis, Belanda, Finlandia, Jepang dan Taiwan, . Ternyata ada dua kampus di Asia  yang menempati peringkat 50 besar dunia, tepatnya peringkat 48  University of Tokyo dan peringkat 38 National Taiwan University.

Webometrics menggunakan parameter penilaian terbaru  yang meliputi  Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Presence memiliki bobot 20 persen dari total penilaian, dihitung berdasarkan volume konten global yang dapat diindeks Google.  Impact, memiliki  bobot paling besar, yaitu 50 persen, merupakan kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibilitynya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. Sedangkan Openness memiliki bobot  15 persen dan menunjukkan jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) yang terindeks di google scholar. Adapun  Excellence merupakan karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international yang tergolong high-impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago. Parameter ini berbobot 15 persen dari total penilaian. (http://www.webometrics.info/)

Kembali ke situs UGM, dari empat parameter Webometrics yaitu Presence, Impact, Openness dan Excellence, situs UGMdengan  Presence menempati peringkat 96 dunia; Impact menempati peringkat 420 dunia; Openness peringkat 45 dunia; dan Excellence peringkat 2004 dunia. Peringkat Excellence menunjukkan produktivitas dalam menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal internasional, peringkat 2004 dunia menunjukkan perguruan tinggi sekelas UGM pun masih ketinggalan dalam menghasilkan karya akademik. Sedangkan peringkat Presence yang menempati peringkat 96 dunia, menunjukkan bahwa konten atau jumlah halaman elektronik situs UGM sangat banyak.

Dengan demikian, sebagai institusi penyelenggaran pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang tertua dan terkemuka di Indonesia, ternyata UGM belum bisa bersaing di kancah dunia dalam menghasilkan karya ilmiah berstandar internasional. Bandingkang dengan posisi National University of Singapore (NUS) dengan Presence hanya menempati peringkat 614 dunia, namun Exzellence berada pada peringkat 36 dunia, dan secara umum menempati peringkat 86 dunia.

Peringkat Webometrics idealnya identik dengan kualitas sebuah perguruan tinggi. Namun ternyata masih banyak institusi yang hanya sekedar mengejar peringkat, sehingga berbagai cara ditempuh, beragam rekayasa diterapkan. Hal itu dapat dengan mudah diketahui jika kita menelusuri isi situs web kampus-kampus tertentu. Dalam hal ini UGM sebagai salah satu kampus tertua di Indonesia (sudah melewati usia 63 tahun), hendaknya berupaya memberikan contoh kepada “adik-adik kampusnya”, setidaknya dapat memperbaiki peringkat Excellence dalam Webometrics, yang mencerminkan bagaimana produktivitasnya dalam menghasilkan karya atau publikasi ilmiah berstandar internasional.

Jumlah halaman web situs UGM memang tergolong hebat, peringkat 96 dunia, namun jumlah  karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international hanya menempati peringkat 2004. Apa kata dunia ? Hal ini hendaknya menjadi perhatian serius pimpinan dan segenap akademika UGM sebagai perguruan tinggi kebanggan bangsa Indonesia. (Atep Afia)

6 comments:

  1. betul sekali, ayo terus menulis dan publikasikan jurnal dan semua tulisan anda agar peringkat kampus di indonesia menjadi naik dan dapat lebih dikenal di dunia.

    ReplyDelete
  2. Mantabs..
    semua yang berbau edukasi dan membrikan value di lingkungan sekitar pasti akan berbuah hasil yang sangat baik...
    Salam,
    Fadli Mauladi

    ReplyDelete
  3. Bukan hanya UGM seharusnya semua Universitas tidak hanya mengajarkan para mahasiswanya, melainkan mendidik, sehingga kita mampu mengangkat nama bangsa kita Indonesia, dengan berbagai macam karya akademik yang di publikasi dan dilihan dunia, sehingga untuk tahun tahun kedepannya, Indonesia sudah disebut sebut sebagai Negara yang Maju Pendidikannya. Aamiin :)

    ReplyDelete
  4. Satriana Nova @B18-Novaa

    Universitas Gajah Mada menjadi kampus teladan dan kampus yang menjadi contoh untuk universitas universitas yang lain untuk Jumlah halaman web situs UGM yang tergolong situs yang terhebat.

    ReplyDelete
  5. Ivan Pratama Syawal
    @c21-ivan ,TugasTC05

    Universitas Gajah Mada salah satu universitas yang terbaik di Indonesia maka wajar sekali banyak kampus yang ada di Indonesia mencontoh UGM sebagai universitas terbaik

    ReplyDelete
  6. @E18-ariski, TugasB05
    Dengan artikel diatas semoga banyak universitas-universitas diindonesia dapat termotivasi agar dapat berprestasi seperti universitas gajah mada

    ReplyDelete